Advertisements
Connect with us

15 Umpan Jitu Ikan Nila, Cara Membuat Umpan Nila yang Ampuh

Umpan Jitu Ikan Nila, Lumut

Umpan

15 Umpan Jitu Ikan Nila, Cara Membuat Umpan Nila yang Ampuh

15 Umpan Jitu Ikan Nila, Cara Membuat Umpan Nila yang Ampuh

Loading...

Hewan.id – Umpan Jitu Ikan Nila adalah jenis umpan yang dirasa paling ampuh untuk mancing Nila. Orang memang kerap bingung menentukan umpan seperti apakah yang paling cepat disambar. Apalagi spesies Oreochromis niloticus tergolong jenis ikan omnivora yang mau makan tumbuh-tumbuhan maupun daging.

Ikan jenis omnivora memang memiliki kebiasaan yang unik. Selain suka plankton, ikan ini juga gemar makan lumut dan gulma di air. Makanya ikan Nila dianggap sebagai pembersih kolam yang cocok dipelihara. Apalagi kalau sudah besar enak sekali dimakan. Olahan nila bakar jadi favorit banyak orang.

Umpan jitu ikan Nila bisa diperoleh dengan cara meracik sendiri maupun yang langsung utuh. Kalau meracik sendiri, artinya umpan ini dibuat layaknya sedang masak makanan. Kalau utuh itu misalnya langsung menggunakan tumbuhan atau binatang tertentu, tanpa perlakuan khusus.

Mancing Ikan Nila

Mancing Ikan Nila

Loading...

Umumnya mancing ikan Nila dapat dilakukan di sungai-sungai yang debit airnya banyak. Nila juga suka menghuni kawasan danau. Namun bisa pula Nila berenang di perairan payau dan muara dekat pantai.

Meski tubuhnya besar, ikan ini punya daging yang relatif tipis. Makanya jenis yang banyak dibeli oleh restoran biasanya yang jumbo. Namun ada pula yang suka beli kecil-kecil, untuk keperluan menjual paket masakan nila harga ekonomis. Untuk soal harganya, olahan nila dijual mulai dari Rp10.000 hingga Rp70.000/porsinya. Cukup terjangkau memang.

Mancing ikan nila itu mengasikkan. Apalagi kalau sambil belajar meracik umpan jitu ikan nila. Biasanya ada pemancing yang suka main simple aja. Mancing ikan ini pakai lumut. Jadi kailnya dipasangi lumut saja. Dan biasanya dapat pula.

Umpan Jitu Ikan Nila, Lumut

Umpan Jitu Ikan Nila, Lumut

1. Udang

Umpan Jitu ikan nila yang pertama adalah udang. Semua orang tentu kenal binatang bercangkang agak keras ini. Rasanya sangat lezat dan terdiri dari 2 jenis, yaitu udang laut dan udang kali. Kalau untuk mancing ikan nila bisa pakai kedua jenisnya. Silahkan pilih saja mana yang paling mudah ditemukan.

2. Ikan Kecil

Tahukah bahwa untuk mancing ikan nila itu gampang banget. Pakai saja ikan kecil. Umpan jitu ikan nila ini juga gampang dicarinya loh. Cukup dijaring saja di sungai. Nanti kan dapat ikan kecil-kecil. Kalau di sungai bisa pakai ikan lunjar.

3. Kroto

Untuk mancing ikan nila itu tidak susah kok. Umpan jitu ikan nila cukup pakai kroto juga bisa. Pilih saja telur-telur semut krangkang ini yang besar-besar. Biar mudah dipasang di alat pancingnya.

4. Pupa

Tahukah apa itu Pupa? Ini adalah serangga yang sedang bermetamorfosa. Pupa dapat diperoleh di dedaunan atau pohon-pohon. Lebih dikenal dengan kepompong yang hampir terbang. Karena meski bentuknya mirip kepompong, tapi sudah menunjukkan ciri fisik seperti serangga dewasa. Pupa dapat dijadikan umpan jitu ikan nila loh!

5. Serangga

Kalau susah dapatkan Pupa, serangga pun bisa. Pilih serangga dewasa yang tidak memiliki racun dan gampang ditangkap. Pastikan pula kalau serangga ini memang telah biasa digunakan orang untuk memancing dan dijadikan umpan jitu ikan nila.

6. Pelet

Pelet yang untuk memancing juga ada loh. Khusus dijadikan umpan ikan nila. Silahkan beli di toko peralatan dan perlengkapan memancing. Jangan lupa pula untuk meminta rekomendasi pada teman yang sudah jago mancing, biar tidak salah pilih merek.

7. Cacing

Sudah bukan rahasia dan cara baru kalau cacing sangatlah ampuh untuk memancing ikan. Umpan jitu ikan nila pun bisa memakai jenis cacing tanah maupun cacing yang diddapatkan di pelepah pisang busuk. Mancing nila pakai cacing pun cepat dapatnya loh.

8. Katak

Ini sangat aneh, mancing kok pakai katak? Tapi memang ini menjadi umpan jitu ikan nila. Pakainya katak yang masih kecil-kecil ya. Tapi juga jangan yang bentuknya masih kecebong. Nanti ikannya kurang doyan.

9. Cicak

Umpan jitu ikan nila juga bisa pakai cicak. Daripada cicak di dinding rumah tidak dimanfaatkan. Mending untuk mancing ikan. Tidak hanya nila pula yang akan didapatkan dengan umpan ini, tapi juga bisa ikan lain.

10. Wortel

Oleh karena ikan nila itu omnivora, maka ikan ini suka banget makan wortel. Untuk itu, coba saja mancing ikan ini pakai wortel. Siapa tahu dapat.

Baca Lagi: 18 Umpan Jitu Ikan Mas, Cara Membuat Umpan Ikan Mas yang Ampuh

11. Tahu Kuning

Tahu kuning memang sangat lezat. Kamu bisa coba mancing ikan nila pakai tahu kuning ini. Caranya gampang banget. Tinggal pakai saja tahu yang belum digoreng. Langsung dipasangkan ke kail dan ceburkan ke sungai. Sungguh bisa jadi umpan jitu ikan nila deh.

12. Keju

Keju juga sangat ampuh menjadi umpan jitu ikan nila. Tapi kejunya ini hanya sebagai bahan tambahan saja ya. Diparut dan dicampurkan ke kroto atau daging binatang lain.

13. Susu

Sama saja dengan keju. Susu untuk umpan jitu ikan nila juga digunakan untuk bahan campuran saja. Karena mana mungkin langsung dipasangkan ke alat pancing. Susu itu kan bubuk, kental atau cair.

14. Mie

Mie di sini bisa pakai mie instant atau mie lainnya yang sudah dimasak setengah matang. Memang mie itu terkenal ampuh sebagai umpan jitu ikan nila. Mungkin si nila mengira mie ini adalah cacing.

15. Rumput Tuton

Rumput pun bisa dijadikan umpan jitu ikan nila. Jenis yang digunakan adalah rumput tuton. Yang besar dan memiliki semacam sulur-sulur buah mirip bunga. Rumput ini benar-benar ampuh deh buat mancing.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Umpan

To Top