Connect with us

15 Umpan Jitu Ikan Air Tawar, Tips Mancing Ikan Tawar yang Strike Terus!

Umpan Jitu Ikan Air Tawar

Umpan

15 Umpan Jitu Ikan Air Tawar, Tips Mancing Ikan Tawar yang Strike Terus!

15 Umpan Jitu Ikan Air Tawar, Tips Mancing Ikan Tawar yang Strike Terus!

Hewan.id –  Mancing ikan yang paling mudah dilakukan adalah mancing ikan air tawar. Artinya ini dilakukan di kawasan air yang rasanya tawar. Seperti di sungai dan danau. Untuk melakukannya butuh keahlian dalam teknik memancing dan meracik umpan. Sungguh untuk mancing ikan tawar itu butuh umpan jitu ikan air tawar. Tidak boleh sembarangan pakai umpan karena sudah pasti tidak bakalan dimakan.

Mancing menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi kaum laki-laki. Tidak memandang status ekonomi, mau kaya atau miskin, semuanya hobi mancing. Orang yang gemar mancing terkadang mendapatkan stigma buruk di hadapan masyarakat. Karena dianggap sebagai pengangguran yang malas-malasan. Hobinya kok mancing padahal bukan nelayan. Tapi kini kegiatan mancing sudah lebih bisa diterima sebagai hobi. Apalagi semenjak menjamurnya acara-acara TV bertajuk mancing. Yang mana juga di acara itu banyak dibagikan tips umpan jitu ikan air tawar maupun laut.

Umpan Ikan Air Tawar

Umpan Jitu Ikan Air Tawar

Loading...

Umpan Jitu Ikan Air Tawar beragam. Tergantung jenis ikan apakah yang ingin ditangkap. Apakah ikan karnivora, herbivora, atau omnivora. Makanya pemancing harus memiliki pamahaman yang banyak tentang karakteristik ikan air tawar. Jadinya kalau pergi mancing sudah pasti ada hasilnya.

Umpan Jitu ikan air tawar terkadang di luar mainstream. Dalam arti merupakan kreasi sendiri dari seseorang yang sudah terjun dunia memancing sejak lama. Jangan heran deh kalau umpannya jadi aneh-aneh dan tidak lazim. Misalnya harus pakai keju dulu atau susu bubuk. Sungguh tidak lazim, kan?

Umpan Mancing Ikan Sungai

Umpan Mancing Ikan Sungai

Jika sedang mencari tahu tentang umpan jitu ikan air tawar, silahkan coba resep-resep di bawah ini:

1. Cacing Tanah

Umpan jitu mancing ikan tawar yang pertama adalah cacing tanah. Tentu semua orang tahu jenis cacing ini. Mudah sekali ditemukan, cukup dengan menggali tanah saja langsung dapat. Apalagi pada tanah yang gembur. Mancing ikan dengan cacing tanah ini sepertinya yang paling mudah disiapkan. Cukup mengambil sepotong badan cacing saja, dikaitkan ke kailnya. Lalu tinggal lempar ke sungai dan tunggu hasilnya.

2. Udang

Udang rupanya juga menjadi favorit umpan mancing ikan air tawar. Apalagi bisa dipakai pula jenis undang rebon Yang tidak akan merepotkan pemancing karena bisa dibeli di warung. Namun paling ampuh tentu saja pakai jenis udang segar. Jadi mesti menyeser udang dulu nih di kali untuk umpannya.

3. Ikan Kecil

Siapa yang tidak suka dengan ikan kecil? Manusia saja suka, apalagi ikan. Untuk memancing ikan karnivora yang ukurannya besar memang membutuhkan ikan kecil ini. Umpan jitu ikan air tawar haruslah disiapkan dengan baik, maka pilihlah ikan yang masih segar. Misalnya ikan betik atau lunjar.

4. Kroto

Umpan jitu ikan air tawar rupanya adalah kroto. Tahukah apa itu Kroto? Ini adalah telur semut krangkang. Jika dulu orang mencari kroto mesti manual dengan menjaringnya di pohon, tapi kini sudah tidak lagi. Karena umpan ini banyak dijual di toko. Memang mulai banyak yang membudidayakan kroto ini, makanya ketersediaannya di pasaran selalu terjamin.

5. Lumut

Lumut adalah jenis umpan jitu ikan air tawar herbivora. Kalau mau mancing ikan mas dan nila juga bisa pakai ikan ini. Karena mereka kan jenis ikan omnivora yang selain makan daging juga bisa makan lumut.

6. Mie Setengah Matang

Memang di luar yang dapat dibayangkan manusia. Bagaimana bisa ikan mau makan mie? Tapi ini ternyata nyata loh. Dan dapatnya pun bisa ikan macam-macam. Mungkin si ikan ini mengingira mienya adalah cacing yang sangat lezat. Sebaiknya kalau mau jadikan mie sebagai umpan jitu ikan air tawar, maka rebuslah mie setengah matang saja. Asalkan tidak telalu keras lagi. Biar mie nya juga tidak melar dan hancur saat kena air sungai.

7. Cacing Nipah

Cacing nipah sering disebut pula sebagai cacing laut. Ini adalah jenis cacing yang biasanya muncul di pohon nilah. Ukurannya besar-besar. Cocok sebagai umpan jitu ikan air tawar di daerah muara.

8. Gendon

Tahukah apa itu gendon? Ini adalah ulat yang ditemuakn dalam batang pohon kelapa yang membusuk. Gendon sangatlah menjijikan. Ukurannya besar-besar mirip dengan kecipir. Ulat gendon juga bisa loh dijadikan umpan jitu ikan air tawar. Kalau mancing pakai ulat ini, bakalan dapat ikan yang besar dan istimewa. Coba deh!

9. Kecoa

Kecoa dalam bahasa Jawa disebut Coro. Rupanya juga bisa dijadikan umpan jitu ikan air tawar. Mancing ikan pakai kecoa ini lumayan ampuh untuk menangkap ikan-ikan karnivora yang berukuran sedang.

10. Keong

Wah, ternyata keong juga bisa banget dijadikan umpan jitu ikan air tawar. Mencarinya pun tidak jauh-jauh dari sungai kok. Biasanya ada di sawah yang sedang dialiri air. Namun karena keong kerap dianggap hama oleh petani, maka mencarinya mungkin agak susah kalau bukan benar-benar musimnya.

Baca Lagi:12 Jenis-Jenis Ikan Kerapu, Harga Ikan Kerapu Terbaru

11. Kecebong

Siapa yang tidak kenal dengan kecebong? Ini adalah umpan jitu ikan air juga loh. Anakan kodok ini sering dijadikan simbol politik di Indonesia belakangan ini. Dengan konotasi, kecebong adalah para simpatisan Jokowi, sang presiden Indonesia.

12. Telur

Telur yang dapat dijadikan umpan jitu ikan air tawar adalah telur matang tentunya. Bisa telor yang diceplok, dadar maupun rebus.

13. Pupa

Siapa yang tidak tahu pupa? Ini adalah tahapan metamofosa dari serangga bersayap. Satu tahapan sebelum menuju dewasa. Pupa sering juga disebut kepompong tua. Makhluk ini rupanya bisa banget dijadikan umpan jitu ikan air tawar.

14. Ikan Palsu

Mancing ikan pakai ikan palsu. Ini bisa juga jadi umpan jitu ikan air tawar loh. Jadi tidak hanya di laut saja bisa dilakukan. Namun juga di sungai, danau dan perairan payau.

15. Jangkrik

Jangkrik kini semakin langka saja keberadaannya di alam. Padahal jangkrik bisa dijadikan umpan jitu ikan air tawar. Sudah pernah mencoba?

Loading...

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 11 Umpan Jitu Ikan Air Laut, Tips Mancing Ikan Laut yang Strike Terus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Umpan

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top