Advertisements
Connect with us

11 Umpan Jitu Ikan Air Laut, Tips Mancing Ikan Laut yang Strike Terus!

Umpan Jitu Ikan Air Laut

Umpan

11 Umpan Jitu Ikan Air Laut, Tips Mancing Ikan Laut yang Strike Terus!

11 Umpan Jitu Ikan Air Laut, Tips Mancing Ikan Laut yang Strike Terus!

Loading...

Hewan.id – Mancing Ikan di Laut bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Pasalnya, bisa mendapatkan jenis ikan yang lebih beragam. Karena spesies ikan paling banyak memang ada di laut. Umpan Jitu ikan air laut dibutuhkan agar mendapatkan tangkapan yang memuaskan. Percuma kepanasan atau kedinginan di laut, kalau ternyata tidak dapat apa-apa.

Umpan Jitu adalah sebuah umpan yang disiapkan khusus agar dapat menarik perhatian ikan. Teknik pemilihan umpan jitu dibutuhkan agar tepat sasaran. Perilaku ikan air tawar dengan ikan laut itu beda. Kalau air tawar lebih gampang umpannya. Sedangkan air laut itu mesti teliti dan analitik. Masing-masing jenis ikan laut pun umpannya beda-beda.

Umpan Ikan Laut

Umpan Ikan Laut

Loading...

Umpan Jitu Ikan Air Laut harus dibuat sendiri maupun sudah jadi. Kalau yang dibuat sendiri maksudnya adalah khusus diracik oleh seorang pemancing. Misalnya menggunakan pelet yang dicampur dengan daging hewan. Namun untuk mancing di laut, umumnya butuh umpan yang terlihat sangat alami. Kalau mau pakai daging binatang, maka pakai saja ikan-ikan utuh atau udang.

Sedangkan kalau mau mancing pakai umpan jitu yang sudah jadi, itu gampang banget. Cukup pakai saja ikan-ikan artificial alias ikan tiruan. Tentu kita sering melihat dalam acara Mancing Manis para strikernya suka pakai ikan palsu buat mancing ikan beneran. Bentuk ikan palsu itu pun beragam. Warnanya juga banyak. Mengikuti wujud asli ikan di laut.

Umpan Jitu Ikan Air Laut

Umpan Jitu Ikan Air Laut

1. Ikan Artificial

Ikan Artificial adalah jenis umpan jitu ikan air laut yang bentuknya sangat mirip dengan ikan. Tapi terbuat dari bahan-bahan tiruan. Jadi bukan ikan beneran. Umpan ini memiliki beragam wujud dan material. Namanya pun banyak. Seperti bucktail jig, minnow dan metal jig. Jenis umpan ini bahkan ada yang bentuknya mirip sama udang. Biasanya digunakan untuk mancing ikan pelagis maupun demersal di lautan yang besar dan dalam.

2. Udang

Umpan jitu ikan air laut selanjutnya adalah udang. Ini adalah jenis udang asli, bisa pakai udang galah misalnya. Sebaiknya ukuran udangnya memang besar. Dan dalam kondisi masih hidup dan segar. Supaya ikan mau memakannya. Umpan jitu ikan air laut dengan udang ini bisa digunakan untuk mancing di kawasan pantai saja. Jadi tidak jauh dari daratan.

3. Cacing Laut

Cacing Laut adalah jenis cacing yang hidup di laut. Namun banyak pula ditemukan di ekosistem hutan nipah. Mengingat tanaman nipah ini kan memang adanya di pesisir pantai. Bentuk cacing laut yang besar-besar memungkinkan untuk ikan mau menyambarnya. Umpan jitu ikan air laut ini memang agak ribet mencarinya karena pemancing mesti menelusuri sendiri di mana letak keberadaannya.

4. Rumput Laut

Rumput laut sangatlah lezat dimakan. Tidak hanya diolah menjadi nori, rupanya rumput laut pun bisa dijadikan umpan jitu ikan air laut. Ikan yang bisa dipancing dengan ini tentunya adalah ikan laut herbivora seperti ikan Kakak Tua. Mancingnya pun harus di daerah yang berterumbu karang dan tidak terlalu dalam.

5. Ikan Agak Besar

Mancing ikan dengan ikan tentu saja sudah lazim dilakukan. Masalahnya, kalau mancingnya di laut maka umpan jitu ikan air laut ini harus berbadan besar. Apalagi kalau mau mancing ikan-ikan besar. Karena kalau umpannya kecil itu tidak menarik perhatian.

6. Daging Ikan Besar

Tapi bisa juga loh mancingnya pakai daging ikan. Jadi ikan yang ukurannya besar dipotong-potong dulu atau difillet dulu. Umpan jitu ikan air laut ini juga harus dimbangi dengan peralatan, terutama pelampung yang handal.

7. Top Water

Top Water adalah jenis umpan jitu ikan air laut yang diperuntukkan untuk memancing di permukaan air laut. Biasanya untuk memancing ikan-ikan pelagis. Top Water adalah umpan yang berbentuk tiruan ikan yang memiliki kemampuan mengapung dengan baik.

8. Metal Jig

Metal Jig adalah sebuah umpan lure (tiruan) yang digunakan untuk mancing di kedalaman dengan teknik jigging. Biasanya umpan metal jig ini digerakkan secara vertikal untuk menarik perhatian ikan. Bentuk umpan tiruan ini sangat lurus dengan warna menyerupai ikan laut pada umumnya, yakni warna-warni.

9. Swimbaits Vibration

Smimbaits Vibration adalah umpan jitu ikan air laut berbentuk ikan tiruan yang memiliki badan gempal dan memiliki kemampuan bergetar layaknya ikan asli. Umpan ini memang dilengkapi dengan material yang fleksibel dan didesain dengan sirip yang lentur.

10. Minnow

Minnow adalah umpan jitu ikan air laut yang terbuat dari material kayu atau plastik. Ukurannya kecil sekali dibandingkan jenis umpan tiruan lainnya. Biasanya digunakan untuk memancing di perairan laut yang dangkal. Meski bentuknya kecil, Minnow punya kemampuan berenang yang menyerupai ikan asli. Sehingga kemungkinan untuk disambar ikannya banyak.

Baca Lagi: 15 Umpan Jitu Ikan Air Tawar, Tips Mancing Ikan Tawar yang Strike Terus!

11. Balon Kondom

Sungguh sangat aneh memang, umpan jitu ikan air laut kok dengan kondom? Lebih tepatnya balon kondom. Namun jangan membayangkan si kondom ini dijadikan pakannya. Tidak… Namun ternyata hanya sebatas untuk pelampung. Umpan ikannya tetap akan menggunakan ikan atau udang.

Teknik memancing dengan balon kondom banyak ditemukan di negara Kuba. Mereka mengaku melakukan ini untuk memudahkan mancing tanpa pergi jauh dari pantai. Mengingat mayoritas pemancing di kuba tidak memiliki kapal karena tidak diijinkan oleh pemerintah negara Kuba.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Umpan

To Top