Advertisements
Connect with us

19 Fakta Tupai Kekes, Tupaia Javanica yang Pemalu

Fakta Tupai Kekes

Fakta

19 Fakta Tupai Kekes, Tupaia Javanica yang Pemalu

19 Fakta Tupai Kekes, Tupaia Javanica yang Pemalu

Loading...

Fakta Tupai Kekes menarik buat dibahas. Salah satu jenis Tupai yang endemik di Indonesia sangat pemalu. Sampai-sampai susah buat mengamati gerak-geriknya di alam. Pergerakannya di alam sangat tersembunyi dan lincah.

Tupai Kekes memiliki nama ilmiah Tupaia javanica. Jenis Tupai bergenus Tupaia ini memiliki habitat asli di pulau Jawa. Orang sering salah sangka menganggapnya sama dengan Bajing Kelapa, sebab memang bentuk tubuh dan ukurannya sama persis.

Fakta Tupai Kekes

Loading...

Agak pusing memang membedakan Tupai dengan Bajing. Apalagi yang dinamakan sebagai “Bajing Kelapa” pun kerap disebut “Tupai Kelapa”. Padahal spesies Tupaia javanica ini jelas-jelas beda dari Callosciurus notatus.

Namun hal tersebut wajar saja, sebab secara fisik dan kebiasaan pun sama-sama doyan menghuni pohon kelapa. Perbedaan keduanya secara fisik ada di kepala. Kalau Bajing Kelapa lebih membulat kepalanya, sedangkan Tupai Kekes pipih lancip.

Fakta Tupai Kekes

Klasifikasi Ilmiah Tupai Kekes

FAMILY GENUS NAMA SPESIES NAMA LAIN HABITAT DAN PENYEBARAN MITOS GAMBAR
Tupaiidae Tupaia Tupaia javanica Celemes Asia Tenggara Di zaman dulu, keberadaan Tupai Kekes di perkebunan sering dianggap malapetaka. Suara “kes, kes, kes” yang terdengar di lahan perkebunan menjadi ancaman yang mengerikan. Perlu segera dilakukan ritual pengusiran Fakta Tupai Kekes
Tupai Kekes Tupai Kekes bermata merah dicurigai sebagai penjelmaan jin. Sebab, jin-jin jahat memang kerap menjelma jadi binatang pengerat ukuran kecil, macam Tupai dan Tikus Fakta Tupai Kekes
Javan treeshrew Digigit Tupai Kekes bisa menyebabkan umur seseorang memendek. Mitos atau fakta? Fakta Tupai Kekes

Melihat klasifikasi di atas, terlihatlah bahwa memang secara biologis, tidak ada hubungan kekerabatan yang berarti dan dekat antara Bajing Kelapa dengan Tupai Kekes. Namun hanya kebetulan saja, kedua binatang pengerat ini punya tubuh yang persis. Di bawah ini adalah 19 Fakta Tupai Kekes yang menarik buat diketahui. Selain pemalu, ternyata Tupai javanica ini punya banyak keunikan lainnya, seperti:

Fakta Tupai Kekes

1. Tupai Kekes Mirip dengan 3 Binatang Lainnya

Fakta Tupai Kekes yang pertama. Ternyata spesies Tupaia javanica ini punya beberapa kembaran lain. Selain dengan Bajing Kelapa, ada lagi binatang yang sering dianggap si-Kekes ini, yaitu Tupaia Minor (Tupai Kecil) dan Tupaia glis (Tupai Akar). Keduanya sama-sama dari genus Tupaia, jadi wajar saja ya kalau mirip?

2. Ukuran Otak Tupai Kekes Lebih Besar dari Otak Manusia

Perlu diketahui bahwa meskipun bertubuh kecil. seluruh jenis Tupai di dunia ini punya otak yang lebih besar dari manusia. Pengukuran ini berdasarkan dengan perbandingan proporsional tubuh. Pantas saja, Tupai jadi binatang cerdas dan lincah, ya?

3. Fakta Tupai Kekes Mengeluarkan Bunyi Aneh yang Menyeramkan di Malam Hari

Pada dasarnya, Tupai Kekes adalah binatang diurnal, artinya ia aktif di pagi dan siang hari. Namun kalau malam hari mereka akan tidur terus. Mereka suka ngorok dan mengeluarkan bunyi aneh, “kes, kes, kes”. Makanya disebut Tupai Kekes.

4. Nama-Nama Lain Tupai Kekes

Fakta Tupai Kekes selanjutnya, rupanya jenis Tupai ini punya beberapa nama lain yang terkenal, seperti: Celemes, Javan treeshrew, Tupai Kelapa, Tupai Jawa dan Kekes. Tapi kalau di Indonesia, terkenalnya sebagai Kekes.

5. Tempat Tinggal Tupai Kekes

Habitat dari Tupai Kekes itu hidup di pepohonan tinggi, besar dan menahun. Mereka akan tinggal di sana sendirian maupun bersama anak-anaknya yang masih kecil. Jarang ditemukan Kekes yang berkoloni. Meskipun tinggalnya di pohon tinggi, mereka lebih senang bepergian dan bermain di pohon-pohon buah yang rendah. Ia banyak ditemukan di Pohon Kelapa.

Fakta Tupai Kekes

6. Makanan Tupai Kekes di Alam

Fakta Tupai Kekes soal makanannya di alam, ternyata mereka tergolong binatang omnivora atau pemakan segalanya. Ia doyan makan buah-buahan dan serangga. Ketika buah di alam sedang langka, dia akan berburu serangga. Namun jika sedang banyak buah, mereka akan pilih makan buah doang.

7. Pakan Alternatif Tupai Kekes

Buat yang berniat memelihara Tupai Kekes, ada beberapa pakan alternatif yang bisa diberikan, seperti: Kelapa, Jagung Rebus, Belalang dan Jangkrik. Tupaia javanica ini akan sangat senang melahapnya.

8. Ukuran Tubuh Tupai Kekes

Ukuran tubuh Tupai kekes yang paling panjang hanyalah 20 cm. Namun rata-rata hanya berkisar 13-17 cm saja. Kecuali kalau anakan Kekes, tentu lebih pendek.

9. Warna Tubuh Tupai Kekes

Fakta Tupai Kekes selanjutnya terkait dengan warna tubuhnya. Bulu Kekes warna coklat tua. Bagian ujung hidungnya kebanyakan merah. Bola matanya warna hitam legam seolah tanpa pupil.

Fakta Tupai Kekes

10. Perbedaan Tupai Kekes dengan Bajing Kelapa, Tupai Kecil dan Tupai Akar

Perbedaan Tupai Kekes dengan Bajing Kelapa ada pada bentuk kepalanya. Bajing lebih membulat, sedang Kekes pipih lancip. Ukuran tubuh Kekes juga lebih kecil daripada Bajing Kelapa. Sedangkan kalau dengan Tupaia glis dan Tupaia minor, si Kekes ini beda warnanya. Ia bertubuh coklat, sedangkan yang lainnya abu-abu kehitaman. Tupaia glis dan Tupaia minor juga tubuhnya lebih besar sedikit.

11. Cara Menangkap Tupai Kekes

Untuk menangkap Tupai Kekes, mesti disesuaikan dengan tujuannya. Kalau tujuannya sekadar untuk konsumsi, sepertinya dengan memanah atau menembaknya jauh lebih praktis. Beda dengan kalau tujuannya untuk dipelihara, maka si Kekes harus ditangkap dengan perangkap yang aman dan tidak mematikan serta melukai.

Baca Lagi: 19 Fakta Bajing Kelapa yang Keren Banget, Wajib Diketahui!

12. Tupai Kekes Musuh Para Petani

Fakta Tupai Kekes juga ada yang menyedihkan. Rupanya, jenis Tupai ini tergolong hama bagi para petani. Apalagi kalau jumlah Kekes sedang banyak di kebun, bisa-bisa semua Kekes diberangus dengan Rodentisida, obat pemberantas hama hewan pengerat.

13. Tips Memelihara Tupai Kekes

Selanjutnya, Fakta Tupai Kekes ada pada tren memeliharanya. Meski tergolong binatang liar, namun Tupai Kekes termasuk jenis Tupai yang berhasil didomestifikasi oleh banyak orang, baik awam maupun profesional. Tupai ini sengaja ditangkap dari alam untuk dipelihara. Tipsnya, agar mudah menjinakkan adalah tangkap Tupai Kekes yang umurnya masih muda. Beri makan sesuai dengan makanannya yang lazim di alam.

14. Harga Tupai Kekes

Untuk harga Tupai Kekes fluktuatif. Umumnya bisa  diperoleh hanya dengan uang Rp50.000 hingga Rp500.000. Tergantung musimnya, kalau sedang musim banyak Kekes tentu harganya murah. Sedangkan kalau sedang langka, harganya mahal. Selain buat dipelihara, biasanya Tupaia javanica juga dicari untuk membuat obat alternatif.

15. Fakta Tupai Kekes dan Anakannya

Seluruh Tupai adalah binatang mamalia, artinya ia akan menyusui anaknya. Fakta Tupai Kekes, ia tergolong binatang yang sayang sama anak. Setelah melahirkan, ia bakalan menyusui anaknya dan mencarikan makan untuk anaknya hingga sang anak bisa tumbuh sendiri di alam liar.

Fakta Tupai Kekes

16. Fakta Tupai Kekes yang Pemalu

Fakta Tupai Kekes menunjukkan bahwa ia tergolong jenis Tupai yang pemalu. Ia lebih baik menghindari manusia dan binatang lain, daripada harus bersikap galak dan menggigit. Makanya memelihara Tupai Kekes jauh lebih mudah daripada memelihara Bajing Kelapa. Sebab, si Kekes ini penurut, tidak suka memberontak.

17. Trik Menjinakkan Tupai Kekes

Namun khusus untuk Tupai Kekes dewasa dan jantan, mereka cukup ganas. Bisa mencakar dan menggigit. Untuk menjinakkannya dibutuhkan teknik khusus. Kebanyakan orang dengan cara mengurung Kekes  di kandang beberapa jam, tanpa diberi makanan apa-apa. Baru kemudian ia merasa sangat lapar, diberilah makanan dan minuman. Pasti nanti Kekes jadi jinak dan nurut.

18. Kandang Tupai Kekes

Fakta Tupai Kekes juga perlu diketahui soal kandangnya. Untuk memelihara Kekes, hindarilah kandang yang berbasis kayu dan kain. Sebab ia akan dengan mudah melubangi dan kabur. Sebaiknya buat kandang dari rangka besi, aluminium, seng, baja atau stainless steel.

19. Status Konservasi Tupai Kekes

Lalu, Fakta Tupai Kekes yang terakhir soal konservasinya. Statusnya tergolong binatang yang aman, jumlahnya banyak di alam. Namun semenjak merebaknya deforestasi hutan, jumlah Kekes berkurang. Sehingga ia tetap akan dikonservasi melalui cagar alam, taman marga satwa, taman nasional atau kebun binatang.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Fakta

To Top