Connect with us

20 Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Stres dengan Cepat

Penyebab dan Cara Mengatasi Sulian Stres, Tledekan Stres, Penyakit Tledekan, Penyakit Burung

Tledekan

20 Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Stres dengan Cepat

Loading...

Stres bisa terjadi pada setiap burung termasuk tledekan. Burung jenis tledekan memiliki tingkat stres yang naik turun. Maka sehingga sebagai seorang pemilik yang baik Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi tledekan stres yang baik dan benar. Perawatan menjadi kunci utama untuk mengatur tingkat stres tledekan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sulian Stres, Tledekan Stres, Penyakit Tledekan, Penyakit Burung

Loading...

Anda sangat perlu untuk mengerti bagaimana cara memperlakukan tledekan Anda dengan lembut dan baik. Karena stres juga berpengaruh pada mental dan kesehatan tledekan. Banyak hal yang bisa diakibatkan oleh stres seperti membuatnya bertingkah aneh, melukai dirinya sendiri, diam termenung, tak mau berkicau, dan resiko terparah adalah mati.

Biasanya stress sangat mengganggu untuk tledekan, baik itu untuk ternak, harian, atau pun lomba. Untuk harian dan lomba, stres sangat berpengaruh pada kualitas kicauan. Sering kali para penghobi mengsalah artikan suatu masalah apakah disebabkan oleh stres atau kah over birahi. Pada umumnya over birahi akan meningkatkan semangat tledekan, sehingga ciri yang bisa diambil dari over birahi salah satunya adalah bertingkah terlalu energic.

Sedikit berbeda dengan stres meskipun stres bisa juga mengakibatkan prilaku-prilaku yang sepertinya memerlukan tenaga banyak. Namun pada dasarnya, stres hanya mengakibatkan prilaku yang cenderung tak memakan tenaga seperti terdiam di tempat tanpa kegiatan. Sebelum masuk ke cara penanganan yang baik, ada baiknya Anda mengetahui penyebab apa saja yang bisa mengakibatkan stres.

Penyebab Tledekan Stres:

1. Sangkar atau kandang kurang nyaman.

2. Birahi terlalu tinggi.

3. Birahi terlalu rendah.

4. Air minum yang kotor dan tercemar.

5. Setingan pakan yang tak disukai.

6. Pemberian makanan yang tak bersih dan tak disukai tledekan.

7. Lokasi yang tak disukai tledekan.

8. Kurangnya proses mandi.

9. Kurangnya angin-anginan dan pengembunan.

10. Tidak diberikan pakan EF dan multivitamin.

Cara Mengatasi Tledekan Stres:

1. Pengembunan di Pagi Hari

Pengembunan bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi stres pada tledekan. Sudah sejak lama pengembunan menjadi obat stres bagi burung sulingan. Karena itulah, pengembunan sebenarnya wajib dilakukan. Untuk tledekan sendiri, pengembunan yang baik adalah pengembunan yang dilakukan pada pukul 05.00 pagi sampai 05.30 pagi.

2. Angin-Anginan

Sama dengan pengembunan, angin-anginan juga bisa membantu untuk membuat pikiran tledekan menjadi plong dan segar. Berbeda dengan pengembunan yang hanya dilakukan pada saat waktu subuh saja, angin-anginan bisa dilakukan setelah pemgenbunan sekitar pukul 06.00 secukupnya dan baik dilakukan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan seperti memandikan, menjemur, memberi makan, dan lainnya.

3. Perawatan Kandang dan Kenyamanannya

Untuk membuat tledekan tak mudah stres, Anda harus perhatikan perawatan harian kandang atau sangkar. Bersihkan setiap 1 kali sehari, kalau bisa 2 kali sehari untuk hasil maksimal. Dengan kebersihan yang terjaga, tentu tledekan juga merasa nyaman dan tak merasa risih.

4. Penempatan Sangkar yang Baik

Jangan tempatkan sangkar atau kandang yang dekat dengan hewan-hewan pengganggu karena bisa membuatnya menjadi stres berat. Lebih baik ditempatkan pada tempat yang sunyi agar saat masa istirahat, bisa beristirahat dengan tenang. Untuk masalah posisi gantangan sebaiknya tak terlalu tinggi namun tidak terlalu rendah juga.

5. Pemberian Multivitamin

Vitamin membantu dalam menurunkan stres karena kandungan aktif yang dikandungnya. Pemberian suplemen BirdVit sangat wajib untuk Anda berikan. Baik diberikan saat stres berat melanda karena akan bekerja lebih baik lagi di dalam tubuh tledekan.

Zat pada BirdVit juga berfungsi baik untuk meningkatkan kualitas suara, membuat tledekan tetap fit, sehat, dan gacor. Berikan pada waktu siang hari bersama buah-buahan. Atau bisa juga diberikan bersamaan dengan makan sore dan pagi hari.

6. Pemberian EF yang Benar

Kesalahan dalam pemberian EF bisa mengakibatkan stres untuk tledekan. Untuk mengatasinya, Anda perlu tahu bagaimana cara pemberian EF yang baik dan benar jika tledekan mengalami stres mendalam. Pemberian EF di sini lebih baik jangkrik, ulat hongkong, dan kroto saja karena sifatnya yang lebih efektif mengatasi stres.

Kroto diberikan sekitar 1 sendok teh saja yang diberikan sesudah tledekan mandi. Setelah itu, berikan beberapa ekor jangkrik 3 – 5 ekor saja untuk menunjang birahinya. Setelah mandi dan pemberian pakan sesuai setingan tadi, Anda angin-anginkan sebentar kemudian di jemur.

7. Penjemuran

Meski tledekan sedang stres, penjemuran wajib dilakukan karena membantu dalam meningkatkan birahi tledekan yang bisa membuatnya menjadi energic dan fit. Penjemuran masih sama dengan perawatan harian yaitu 1 – 2 jam saja dan di angkat sebelum pukul 11 siang. Namun sebelum melakukan penjemuran, Anda wajib melaksanakan setingan pakan yang ada di poin 6 di atas.

8. Mandi Rutin

Mandi rutin tidak hanya bisa berfungsi untuk menurunkan birahi yang terlalu tinggi, namun juga bisa berguna untuk tledekan yang sedang stres. Mandi rutin tak bermaksud untuk mandi sesering mungkin, namun cukup 1 atau 2 kali sehari tapi jadwalnya terlaksana dengan baik.

Waktu yang baik saat mandi untuk tledekan adalah pukul 05.30 setelah pengembunan, waktu ini khusus jika tledekan sedang stres saja. Metode mandi yang digunakan bisa dengan cara disemprot atau dengan menggunakan wadah.

9. Pemberian Air Minum yang Baik

Air minum harus tetap terisi penuh, tak boleh kurang. Jika sudah terlihat kotor, ganti dengan air yang baru. Air yang diberikan juga harus yang benar-benar bersih, kalau perlu air yang sudah di masak atau menggunakan air mineral kemasan yang bisa dibeli di warung-warung.

10. Menjaga Prilaku Anda

Pada umumnya stres menjadi masalah burung yang diakibatkan karena prilaku Anda yang kurang baik dengan burung yang dirawat. Prilaku yang tak baik seperti kekerasan, membentak, dan lainnya cenderung membekas ke ingatan burung sebagai hal yang harus dihindari. Jika tledekan bertemu dengan hal yang tak disukai setiap hari, tentu bisa membuatnya stres. Maka dari itu, mengontrol diri saat melakukan perawatan harian pada sulingan sangat lah penting.

Baca Juga: Cara Menjaga Performa Tledekan Lomba Agar Stabil dan Gacor

Itu dia tips tentang bagaimana cara mengatasi tledekan stres yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan di rumah Anda. Mental dan kesehatan yang menjadi hal utama yang harus diperhatikan karena mental buruk dan sakit bisa mengakibatkan tledekan stres. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tledekan

To Top