> > 29 Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Macet Bunyi - Hewan.id
Connect with us

29 Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Macet Bunyi

Tledekan Macet Bunyi, Sulingan Macet bunyi, Sikatan Macet Bunyi

Tledekan

29 Penyebab dan Cara Mengatasi Tledekan Macet Bunyi

Penyebab dan cara mengatasi tledekan, sulingan atau sikatan macet bunyi dengan mudah dalam waktu 1 minggu. Macet bunyi menjadi masalah besar bagi para tledekan mania khususnya harian dan lomba. Macet bunyi merupakan istilah di kalangan para penghobbi yang menggambarkan burung berkicau tiba-tiba tak mau berkicau lagi. Biasanya hal ini disebut macet berbunyi karena berhenti berkicau di tengah jalan. Untuk mengatasi tledekan macet bunyi bukanlah hal yang sulit, Anda hanya perlu untuk yakin, tekun, dan sabar dalam perawatannya.

Tledekan Macet Bunyi, Sulingan Macet bunyi, Sikatan Macet Bunyi

Faktanya ternyata tledekan merupakan jenis burung yang mudah stress. Stress pada tledekan bisa mengakibatkan macet bunyi pada saat sedang berkicau. Perawatan harian sulingan yang baik tentu saja akan membantu dalam mengatasi masalah prilaku tledekan satu ini. Birahi juga menjadi penentu utama. Hampir semua masalah yang terkait dengan prilaku seperti ini disebabkan oleh birahi yang kurang dalam mengontrol.

Untuk tledekan lomba, macet bunyi bisa menjadi ancaman yang sangat besar. Apalagi jika tledekan Anda macet bunyi di tengah arena lomba. Tentu sebagai pemilik tledekan tak mau burungnya macet bunyi. Namun jika sudah terlanjur dan bingun bagaimana cara mengatasinya, berikut ini adalah tips dan trik bagaimana merawat tledekan macet bunyi yang baik dan benar beserta penyebabnya.

Penyebab Tledekan Macet Bunyi:

1. Sangkar yang kurang nyaman.

2. Sangkar yang Terlalu Sempit.

Loading...

3. Tangkringan yang tak nyaman bagi tledekan.

4. Terlalu dekat dengan sangkar burung lain.

5. Sangkar yang terlalu luas.

6. Penjemuran yang terlalu lama.

7. Birahi yang terlalu tinggi atau over birahi.

8. Burung sedang sakit.

9. Stress pada tledekan.

10. Galak atau giras.

11. Masa mabung, moulting, atau ngurak.

12. Tledekan tersebut adalah betina.

13. Gangguan pada tenggorokan.

14. Tledekan yang masih muda.

Cara Mengatasi Tledekan Macet Bunyi:

1. Atasi Sakit pada Burung dan Jaga Kondisinya

Jika penyebabnya adalah sakit, cepat lakukan penanganan yang tepat. Pertama, posisikan burung Anda di tempat isolasi yang baik kemudian eksekusi dengan ratin memberikannya vitamin, mineral, makan, minum, jaga kebersihan kandang, dan berikan obat yang cocok dengan sakit yang di derita.

2. Jangan Membuat Tledekan Stress

Jangan pancing tledekan untuk stress seperti membentaknya, pemberian EF terlalu tinggi, tak membuatnya nyaman, dan lainnya. Stress bisa mengakibatkan macet bunyi dan sakit. Selain itu stress, juga bisa mengakibatkan masalah prilaku lain seperti sering melukai dirinya sendiri atau takut akan suatu hal.

3. Mengatasi Karena Masih Giras

Jika masih giras, maka tentu saja akan macet bunyi karena belum terlalu mengenal Anda dan lingkungan sekitar. Anda perlu melakukan proses penjinakan terlebih dahulu. Giras juga bisa mengakibatkan kelakuan ekstrim seperti membenturkan paruh ke jeruji atau melukai dirinya sendiri. Jika Anda mendapati ciri tersebut bersamaan dengan macet bunyi, sudah jelas tledekan Anda perlu dijinakkan terlebih dahulu.

4. Mabung

Macet bunyi karena sedang mabung hal yang wajar. Anda hanya perlu diam dan tunggu sampai mabungnya selesai. Jika ingin, cobalah untuk membantu mempercepat mabungnya dengan memberikan perawatan tledekan khusus jika sedang mabung karena biasanya akan berbeda dengan perawatan biasanya.

5. Masalah Tenggorokan

Bisa jadi macet bunyi pada tledekan disebabkan karena sakit pada tenggorokan. Biasanya di tandai dengan seringnya tledekan mengeluarkan suara-suara aneh dan terdengar sedikit serak. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya berikan urusan ini pada orang yang sudah ahli atau langsung ke dokter hewan spesialis burung saja.

6. Ukuran Sangkar yang Baik

Ukuran sedang adalah saran terbaik karena pada umumnya, sangkar yang terlalu luas dan sempit bisa memicu stress dan mengakibatkan macet bunyi.

7. Lokasi Sangkar

Jangan letakkan sangkar tledekan di tempat di mana ia mudah tertekan seperti dekat dengan burung fighter lain atau sering adanya hewan pengganggu seperti tikus dan lainnya yang datang mengganggunya. Lokasi sangkar yang baik tentunya di tempat yang tinggi, sunyi, atau ramai sesuai dengan karakter tledekan Anda.

8. Pemberian Pakan

Pemberian pakan yang salah juga bisa mengakibatkan macet bunyi. Pemberian over dan kroto wajib pada saat pagi dan sore hari. Sedangkan untuk makanan tambahan seperti buah-buahan dan lainnya, berikan pada malam hari. Untuk pemberian EF nya bisa dilakukan pada pagi hari, sore, dan malam hari. EF yang baik untuk tledekan adalah jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan lainnya.

9. Proses Mandi

Mandi lakukan sekitar pukul 07.00 pagi. Jangan mandikan terlalu sering karena bisa menurunkan birahi yang bisa mengakibatkan burung tledekan macet bunyi karena kurangnya birahi. Mandi juga bermanfaat untuk memperkuat bulu dan menjaga kebersihkan kulitnya. Selagi mandi, jangan lupa untuk membersihkan juga kandang atau sangkar agar terbebas dari virus dan bakteri yang bisa merusak system pernapasan burung yang bisa mengakibatkan macet bunyi.

10. Pengembunan

Pengembunan bisa memicu tledekan untuk selalu berkicau dan menghentikan masalah macet bunyinya. Lakukan pengembunan sebelum mandi antara pukul 05.00 sampai 05.30. selain itu, pengembunan bisa menurunkan tingkat stress tledekan yang menjadi salah satu penyebab utama tledeka macet bunyi.

11. Pemasteran

Masa pemasteran yang baik saat tledekan sedang macet bunyi adalah pada saat di angin-anginkan. Jika tak mau bunyi juga, cobalah untuk menempelkan sangkar betina di dekatnya sekitar 1 – 2 jan.

12. Pengkrodongan

Saat siang hari, lakukan full krodong untuk membuat tledekan istirahat full dan sembuh dari macet bunyinya. Setelah pukul 16.00, buka krodong kemudian berikan 3 ekor jangkrik dan 1 ekor ulat hongkong. Setelah itu, lakukan mandi sore dan sedikit penjemuran.

13. Perawatan Malam Hari

Untuk malam harinya boleh lakukan full krodong kemudian di master sampai pagi hari esoknya. Namun khusus untuk tledekan, sebaiknya tak perlu di krodong. Biarkan tak dikrodong gunanya untuk memancing tledekan untuk berkicau lagi. Jika tempat sudah sepi, burung bunyi, dan sepertinya macet bunyinya tak terjadi lagi, maka boleh setingan harian sebelumnya di terapkan kembali.

14. Multivitamin

Jangan lupa untuk tetap meningkatkan asupan vitamin  jika burung tersebut macet bunyi. Banyak sekali multivitamin yang dapat anda berikan untuk sulingan macet bunyi. Contohnya saja produk vitamin burung yaitu Ebod vit yang menjadi salah satu suplemen vitamin yang sangat komplit dan cocok sekali dengan burung pemakan serangga seperti tledekan. Berikan Ebod vit pada burung tledekan macet bunyi sesuai dengan petunjuk penggunaan.

15. Multimineral

Mineral membantu dalam melengkapi asupan mineral yang hilang pada tubuh seperti zat besi. Asupan multimineral yang tercukupi juga dapat menghindari dari tledekan macet bunyi. Selain itu juga membantu dalam memperkuat tulang burung sulingan. Rutin lah untuk memberikannya beberapa multimineral sebagai suplemen yang bisa memberikan asupan mineral sehat untuk pertumbuhan tubuh tledekan.

Baca Juga: Cara Menjinakkan Tledekan Giras Dalam Waktu 3 Hari

Itu dia tips dan trik bagaimana cara merawat tledekan macet bunyi agar gacor kembali. Mental juga menjadi masalah utama. Jangan pernah untuk merusak mental si tledekan saat sedang macet bunyi karena bisa memperparah keadaannya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda pecinta tledekan. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tledekan

To Top