13 Cara Merawat Selendang Biru Harian Agar Gacor - Hewan.id
Advertisements

13 Cara Merawat Selendang Biru Harian Agar Gacor

Merawat Selendang Biru Harian

Tledekan

13 Cara Merawat Selendang Biru Harian Agar Gacor

Selendang biru merupakan salah satu jenis burung yang memiliki penampilan menarik dan kicauan tergolong merdu. Untuk mendapatkan selendang biru bukan lah hal yang sulit. Harganya tledekan jenis ini relative lebih murah di pasar burung. Meski begitu, banyak sekali para penghobi yang merawat burung ini. Merawat selendang biru harian pun cukup mudah. Namun sering kali ketidaktahuan tentang perawatan selendang biru kandang menjadi kendala besar.

Merawat Selendang Biru Harian

Selendang biru terkenal dengan suaranya yang bagus. Selain itu, bulu indahnya juga menjadi salah satu penarik perhatikan. Bulu indahnya berwarna biru pada bagian kepala, punggung, dan ekor. Sedangkan bagian perut, berwarna putih bersih. Bagian bawah dagu atau paruh sampai dada berwarna hitam pekat. Meski bertubuh mungil, Anda tak boleh memilihara bulunya saja, tapi lihat juga perawatan dalam tubuhnya agar performa dan kesehatannya tetap terjaga.

Sebagai pemiliki yang baik, Anda dituntut untuk terus sabar, gigih, dan tekun dalam perawatan selendang biru. Sama dengan tubuhnya yang mungil, selendang biru juga sangat sensitive bagian mental dan kesehatan. Jika bakteri menyerang, burung ini akan mudah terkena penyakit.

Mental juga perlu di jaga agar selendang biru yang merupakan keluarga tledekan ini tak rusak atau mati. Mental yang baik bisa Anda latih seperti membiasakan mandi malam. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara merawat selendang biru harian yang baik dan benar agar tetap gacor.

Cara Merawat Selendang Biru Harian :

1. Pengembunan

Untuk memulai hari yang baik, ada baiknya Anda melakukan proses pengembunan terlebih dahulu. Untuk selendang biru sendiri, baik diembunkan pada pukul 05.00 pagi secukupnya. Pengembunan sangat baik menjaga kesehatan otak selendang biru dan juga pengembunan membantu dalam mengatasi stres pada selendang biru.

Loading...

2. Angin-Anginan

Sama dengan pengembunan, angin-anginan sebelum melakukan aktivitas harian seperti mandi, menjemur, dan makan perlu dilakukan minimal 15 menit. Metode harian ini juga membantu dalam menurunkan stres agar selendang biru Anda tak mudah stres yang bisa mengakibatkan banyak masalah seperti tak mau berkicau dan lainnya.

3. Memandikan Selendang Biru

Mandi bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu burung. Mandi juga bisa menurunkan stres karena sifat sejuk yang dimiliki air. Selendang biru baik dimandikan antara pukul 07.00 pagi sampai 08.00 pagi dan lebih baik tidak dimandikan jika udarah sekitar sudah sedikit hangat atau panas karena bisa merusak kesehatan kulit. Metode mandi boleh menggunakan wadah atau disemprot dengan sprayer.

4. Pemberian Pakan (Voer, Koroto, dan EF)

Setelah mandi, berikan pakan voer dengan kroto dan EF sebagai makanan tambahan. Berikan voer secukupnya kemudian kroto sekitar 1 sendok teh. EF yang baik untuk selendang biru adalah jangkrik, ulat hongkong, cacing tanah, dan lainnya. Berikan jangkrik 2 – 3 ekor saja setiap pagi dan sore harinya. Khusus untuk pemberian kroto sebanyak 1 sendok teh tadi, cukup berikan 1 kali dalam 2 hari atau 2 kali dalam 1 minggu untuk tetap menjaga performa birahinya, tidak berlebihan tapi tidak juga terlalu rendah.

5. Penjemuran

Sama dengan burung jenis lain seperti tledekan, durasi penjemuran untuk burung selendang biru adalah 1 – 2 jam untuk setiap harinya. Waktu yang paling bagus untuk menjemur selendang biru adalah pukul 08.00 sampai 10.00 atau 09.00 karena menjemur selendang biru di atas pukul 11.00 siang, bisa membuat selendang biru kepanasan dan bisa mengakibatkan mati. Perhatikan juga keadaan cuaca yang cocok untuk menjemur selendang biru. Jika terlalu panas, sebaiknya penjemuran cukup 30 – 60 menit saja.

 

6. Pembersihkan Kandang dan Sangkar

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kandang dan sangkar selendang biru. Minimal 1 kali dalam sehari atau lebih baik 2 kali dalam sehari. Jangan sampai jamur atau kotoran selendang biru menumpuk dan mengakibatkan penyakit. Pembersihkan kandang jangan di bilas dengan air saja. Lebih baik menggunakan shampoo khusus dan gunakan sikat agar benar-benar bersih.

7. Di Gantang di Lokasi yang Baik

Untuk menggali potensi kicauan dari selendang biru, lebih baik di gantang pada tempat yang menurut Anda dan karakter burung Anda nyaman. Disarankan untuk menggantangnya di tempat yang sunyi, tidak tinggi dan tidak juga terlalu rendah. Jangan lokasikan selendang biru Anda di tempat dekat jendela atau angin yang terlalu kencang karena bisa membuat burung Anda takut dan sakit. Perhatikan juga keamanan di lingkungan tersebut, pastikan jauh dari hewan-hewan pengganggu seperti tikus dan lainnya.

8. Pengkrodongan

Krodong perlu dilakukan untuk menjaga stamina selendang biru dan membuatnya benar-benar istirahat. Untuk waktunya sendiri disesuaikan dengan kondisi selendang biru Anda. Jika sedang sakit atau kurang fit, lebih baik lakukan full krodong untuk membantunya cepat beristirahat. Jika dalam keadaan normal, full krodong dilakukan pada malam hari sampai esok hari.

9. Pemasteran

Selendang biru merupakan burung jenis tledekan yang bukan termasuk burung lomba namun banyak digunakan sebagai burung master untuk burung lomba atau kicauan lainnya. Untuk tetap menjaga performa kicauannya, selendang biru wajib dimaster, bisa menggunakan suara burung kenari, cililin, dan lainnya. Pemasteran baik dilakukan pada saat selendang biru sedang istirahat. Untuk lebih maksimal, lakukan pemasteran pada malam hari semalaman sampai pagi hari.

10. Pemberian Multivitamin

Untuk menjaga kesehatan tubuh, tentu saja memerlukan asupan vitamin yang baik. BirdVit menjadi salah satu merk suplemen yang sangat baik untuk memenuhi asupan vitamin dalam tubuh selendang biru. Selain Itu, BirdVit juga membantu dalam memenuhi asupan energy yang digunakannya untuk berkicau.

11. Pemberian Multi Mineral

Bird Mineral menjadi salah satu suplemen terbaik untuk diberikan kepada selendang biru untuk memenuhi asupan mineral dalam tubuh selendang biru. Mineral juga membantu dalam pembentukan organ dalam, khususnya tulang. Karena itulah Multi Mineral dan Multi Vitamin sangat perlu diberikan pada saat selendang biru masih anakan atau masih muda.

12. Pelatihan Mental

Mental menjadi hal yang penting untuk burung kicauan. Meski bukan termasuk burung lomba di mana mental juara menjadi salah satu tujuan perawatan yang baik, namn untuk menjaga performa gacornya, mental baja sangat diperlukan. Untuk melatih mentalnya sendiri cukup mudah. Lakukan kebiasaan mandi malam dan mandi keramba untuk melatih mentalnya.

13. Jauhkan Dari Para Penggangu

Bukan hanya manusia saja yang suka iseng mengganggu burung selendang biru anda. Namun ada juga para binatang sering menggangu tledekan biru bakalan yang sedang dirawat. Jadi para pemilik sebaiknya menjauhkan burung yang anda rawat dari berbagai binatang penggangu lainnya. Contohnya seperti kucing, anjing, tikus dan hewan pengganggu lainnya.

Baca Juga: Cara Merawat Selendang Biru Anakan Agar Gacor

Itu dia tips tentang bagaimana cara merawat selendang biru harian dengan baik dan benar serta mudah Anda terapkan di rumah Anda. Perawatan mental juga bisa diterapkan seperti pelatihan mandi sendiri, penjemuran, dan lainnya. Konsisten dalam merawat burung selendang biru harian yang harganya cuma ratusan ribu bakal bisa jadi jutaan rupiah. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tledekan

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top