17 Cara Merawat Selendang Biru Bakalan Agar Cepat Gacor - Hewan.id
Advertisements

17 Cara Merawat Selendang Biru Bakalan Agar Cepat Gacor

Merawat Selendang Biru Bakalan,Selendang Biru Ombyokan, Selendang Biru Bahan

Tledekan

17 Cara Merawat Selendang Biru Bakalan Agar Cepat Gacor

Merawat selendang biru bakalan, bahan atau ombyokan sering kali menjadi perkara yang sulit bagi penghobi pemula. Burung selendang biru akan tidak mudah gacor karena kurangnya pengalaman dalam perawatan bakalannya. Selendang biru merupakan jenis burung tledekan yang terkenal memiliki bulu yang indah berwarna biru. Selain itu, selendang biru juga memiliki suara yang indah untuk didengar meskipun bukan termasuk burung lomba.

Merawat Selendang Biru Bakalan,Selendang Biru Ombyokan, Selendang Biru Bahan

Sebelum Anda membeli bakalannya di pasar burung, Anda wajib untuk tahu seperti apa ciri-ciri yang baik dan berpotensi untuk dirawat nantinya. Karena juga termasuk keluarga tledekan, sepertinya cirinya hampir sama dengan tledekan pada umumnya yaitu sehat, lincah, tak cacat, dan postur tubuh proposional. Jika Anda berhasil memilih selendang biru seperti ini, maka sudah dipastikan untuk perawatannya nanti tak akan menyusahkan.

Mental menjadi malah utama saat berhadapan dengan selendang biru bakalan. Karena biasanya, burung yang dibeli dari pasar burung akan memiliki mental yang buruk saat pertama kali bertemu dengan Anda. Hal ini karena baru pertama kali melihat Anda dan beranggapan bahwa Anda adalah ancaman yang harus dihindari. Maka dari itu, pada umumnya penjinakan harus dilakukan pada selendang biru bakalan.

Berbicara tentang perawatannya sendiri tak berbeda jauh dengan perawatan harian selendang biru. Hal yang membedakan ada pada kehati-hatian Anda dan kesabaran Anda dalam membuat selendang biru bakalan Anda mau beradaptasi dengan baik. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara merawat selendang biru bakalan yang baik dan benar.

Cara Merawat Selendang Biru Bakalan :

1. Mempersiapkan Sangkar

Jangan gunakan sangkar yang terlihat penuh corak dan mewah karena bisa menakuti selendang biru bakalan yang masih giras. Lebih baik untuk pertama kali letakkan saja selendang biru Anda di sangkar yang sederhana dengan ukuran sedang, tak kecil tapi tak besar juga. Intinya adalah memberikan kesan nyaman pada tledekan biru tinggal untuk pertama kalinya.

Loading...

2. Paham Cara Memilih Bakalan

Usahakan ketika membeli dan memilih bakalan burung selendang biru di pasar harus bagus. Selain itu anda juga dituntut untuk mempelajari ciri-ciri tledekan biru bakalan yang bagus. Mulai dari bentuk kepala, postur tubuh dan lainnya.

3. Paham Cara Membedakan Kelamin

Ketika ingin merawat bakalan selendang biru maka yang perlu anda perhatikan yaitu harus paham cara membedakan kelamin jantan dan betina. Usahakan untuk memilih bakalan selendang biru bahan yang berkelamin jantan, karena jantan lebih gacor dari pada betina. Jika sudah paham barulah ketahap proses merawat selendang biru tersebut.

4. Pengembunan

Pengembunan sangat bermanfaat untuk burung bakalan karena membantu dalam menjinakkan burung yang rata-rata dialami oleh setiap burung bakalan. Manfaatnya untuk selendang biru adalah membantu dalam menurunkan tingkat stres dan membuat performa berpikir selendang biru menjadi meningkat. Dengan melakukan pengembunan rutin, bisa membuat selendang biru menjadi cerdas.

5. Angin-Anginan

Sama seperti pengembunan, angin-anginan bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan pikiran. Lakukan angin-anginan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan harian seperti mandi, menjemur, memberi makan, dan lainnya.

6. Memandikan Selendang Biru

Mandi tak berbeda dengan perawatan harian. Masih menggunakan cara sprayer dan disemprot dari luar sangkar atau bisa dengan memandikannya menggunakan wadah. Untuk membantu dalam penjinakan yang sering menjadi masalah saat berhadapan dengan burung bakalan, sebaiknya mandikan dengan tangan Anda. Namun ingat, Anda harus tahu bagaimana memegang burung yang baik karena cara memegang ada tekniknya sendiri.

7. Penjemuran

Penjemuran dilakukan untuk membantu merontokkan kutu dan menyehatkan tubuh selendang biru. Selain itu, penjemuran juga membantu dalam meningkatkan birahi yang bisa membuat selendang biru menjadi gacor dan berkicau kencang di dalam sangkar. Untuk selendang biru sendiri, durasi penjemuran yang baik adalah 1 – 2 jam dan jangan jemur selendang biru Anda di atas pukul 11 siang karena berbayaha untuk kesehatan selendang biru.

8. Pemberian Pakan Pagi

Pakan yang diberikan pada pagi hari adalah voer, kroto, dan makanan EF lainnya. Berikan voer atau bisa campur dengan kroto sebanyak 1 – 1 ½ sendok teh saja. Sedangkan untuk pakan EF seperti jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, cacing, dan lainnya, cukup berikan 3 – 5 ekor saja sesuai dengan kebutuhan dan karakter si selendang biru Anda.

9. Pemberian Multivitamin

Untuk memberikan asupan vitamin bagi tubuh selendang biru khususnya bakalan yang masih muda, berikan multi vitamin seperti BirdVit. Pemberiannya bisa dilakukan sesaat sesudah makan pagi. Pemberiannya cukup 2 kali dalam seminggu sesuai kebutuhan saja. Dengan kandungan vitamin yang selalu terjaga, bisa membuat selendang biru bakalan Anda menjadi lebih semangat dan cerdas.

10. Pemberian Multimineral

Berikan BirdMineral yang menjadi andalan banyak penghobi karena khasiatnya yang benar-benar ampuh untuk memenuhi asupan mineral dalam tubuh burung. Berikan pada waktu yang sama dengan pemberian BirdVit.

11. Pemberian Air Minum

Berikan air minum yang benar-benar bersih. Berikan air minum yang sudah dimasak atau jika tak mau repot-repot, berikan air minum mineral saja yang biasa Anda beli. Pemberian air minum cukup ditaruh dalam capuk air minum. Jika airnya sudah terlihat kotor, ganti dengan air yang baru dan pastikan capuk air minum selalu penuh dengan air bersih.

12. Kebersihan Kandang atau Sangkar

Bersihkan kandang atau sangkar yang digunakan selendang biru bakalan dengan baik hingga benar-benar bersih, bebas dari kotoran dan jamur. Pembersihkan kandang atau sangkar bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, pada pagi dan sore hari. Minimal dibersihkan 1 kali dalam sehari. Dengan kebersihan yang selalu terjaga akan membuat selendang biru bakalan menjadi nyaman dan membantu dalam beradaptasi dengan cepat.

13. Pemberian Pakan Sore

Untuk pakan sorenya sendiri berikan 1 sendok teh voer yang sudah dicampur kroto kemudian taruh di capuk makanan selendang biru Anda. Untuk makanan tambahan, berikan 3 – 5 ekor jangkrik. Jangkrik bisa digantikan dengan makanan EF lain seperti cacing, belalang, ulat jerman, ulat hongkong, dan ulat kandang.

14. Menjinakkan

Untuk membantu menjinakkan selendang biru yang masih giras, cobalah untuk melakukan segala sesuatu menggunakan tangan Anda sebagai tips tambahan. Berikan jangkrik dengan tangan Anda, mandikan tangan Anda, bermain dengan tangan Anda, dan lainnya. Meski memakan waktu lama sampai berbulan-bulan, lakukan terus menerus sampai benar-benar jinak.

15. Pelatihan Mental

Mental yang baik akan membuat selendang biru bakalan cepat mengenal Anda dan lebih tangkas dalam mengatasi masalah seperti stres dan lainnya. Melatih mental bisa dimulai dari membuat kandang umbaran, mandi dengan keramba, mandi malam, dan lainnya. Intinya jangan memanjakan selendang biru Anda agar mentalnya tetap terjaga.

16. Pengkrodongan

Lakukan full krodong pada malam hari dan lakukan semalaman sampai esok harinya. Pengrodongan hanya dilakukan saat burung Anda terlihat lelah dan butuh istirahat.

17. Pemasteran

Pemasteran dilakukan pada saat selendang biru Anda sedang istirahat. Boleh pagi, siang, dan sore hari. Waktu yang paling bagus adalah malam hari di saat selendang biru sedang istirahat full. Lakukan pemasteran 1 minggu setelah Anda membeli selendang biru.

Baca Juga: Cara Merawat Selendang Biru Anakan Agar Gacor

Itu dia tips bagaimana cara merawat selendang biru bakalan atau ombyokan yang baik dan benar serta bisa diterapkan dengan mudah di rumah Anda. Jangan membuat hal yang tak diperlukan yang bisa membuat mental selendang biru menjadi drop karena di masa awal bakalan, burung sangat mudah terpengaruh. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tledekan

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top