Connect with us

15 Cara Menjinakkan Tledekan Giras Dalam Waktu 3 Hari

Menjinakkan Tledekan, Menjinakkan Sulingan, Tledekan Jinak, Sulingan Jinak

Tledekan

15 Cara Menjinakkan Tledekan Giras Dalam Waktu 3 Hari

Loading...

Menjinakkan burung merupakan hal yang paling asyik bagi kicaumania, termasuk juga menjinakan tledekan atau sulingan. Cara menjinakkan ini juga dapat diterapkan untuk semua jenis sulingan, mulai dari tledekan gunung, tledekan bakau, tledekan kembang, tledekan laut, selendang biru. Tledekan yang jinak bisa didapat dari perawatan yang baik, semua tergantung pada pemilik dalam pemeliharan kesehariannya. Menjinakkan tledekan bukanlah hal yang terlalu sulit, Anda bahkan bisa mencoba untuk membuatnya jinak di rumah sendiri. Beberapa hal yang harus Anda kuasai adalah bagaimana cara bersikap sabar, tekun, dan selalu konsisten untuk membuatnya jinak.

Menjinakkan Tledekan, Menjinakkan Sulingan, Tledekan Jinak, Sulingan Jinak

Loading...

Burung jinak menjadi impian setiap penghobby burung. Bahkan Anda bisa bermain-main dengan burung Anda di luar sangkar. Manfaat lain dari penjinakkan adalah untuk mempermudah Anda dalam perawatan sehingga bisa lebih terkontrol. Jadi jangan berpikiran yang penting gacor dan jinak atau tidaknya itu hal yang tidak penting.

Proses penjinakan khususnya burung tledekan memakan waktu yang lama, bahkan bisa berbulan-bulan. Tentu saja jika Anda sangat rajin dan konsisten, waktu penjinakkan juga tak akan terlalu lama. Selama proses penjinakkan, Anda tak boleh untuk mengganggu kestabilan mental tledekan karena bisa membuatnya menjadi lebih stress.

Tledekan yang ditangkat dari hutan dan tledekan yang berasal dari tangkaran (Hasil beli bakalan) biasanya berbeda tingkat girasnya. Namun pada dasarnya penanganannyaa sama saja. Untuk tledekan terserah mau berasal dari mana itu, berikut ini adalah trik dan tips dalam cara mengatasi dan menjinakkan tledekan yang baik dan benar.

Cara Menjinakkan Tledekan:

1. Tinggi Rendahnya Sangkar di Gantang

Berbeda dengan perawatan cililin di mana untuk mudah membuatnya beradaptasi Anda harus menggantang sangkarnya di ketinggian rendah, sangkar tledekan lebih baik ditinggikan saja. Sebenarnya sesuai diri Anda saja dan karakter burung tersebut. Jika lebih suka dan tidak stress jika digantang terlalu rendah, maka lakukanlah hal tersebut.

2. Lokasi Penggantangan Sangkar

Lokasi yang bagus adalah tempat yang ramai, gunanya untuk mempercepatkan proses penjinakan burung tledekan. Lokasi yang bagus adalah tempat ruangan keluarga yang ramai, depan rumah, samping rumah, atau di mana pun yang lokasinya cukup ramai oleh suara-suara manusia.

3. Jauhkan dari Hewan Pengganggu

Jangan tempatkan di tempat yang dekat dengan hewan pengganggu seperti tikus, burung lain, kucing, anjing, dan lainnya karena bisa mengganggunya dalam beradaptasi. Selain itu, tledekan giras bisa sangat berpengaruh dalam urusan mental jika diganggu oleh hewan pengganggu bahkan untuk burung sejenisnya.

4. Perhatikan Kesehatan Burung Tledekan

Umunya burung jenis ini sangatlah agresif jika sudah sangat giras. Jika sudah terlalu galak, biasanya teldekan suka membuat dirinya kesakitan. Tanda yang sering ditemui adalah pendarahan bagian paruh dan dapat merusak bulunya. Namun hal tersebut sangat wajar, hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menjaga kesehatan si tledekan dengan cara mengobati lukanya.

5. Memandikan Tledekan

Proses memandikan tledekan giras dengan yang sudah jinak sangat berbeda. Untuk yang masih sangat giras, sebaiknya mandikan dengan spayer kemudian semprot dari luar sangkar untuk memberinya rasa aman. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, cobalah mandikan menggunakan tangan Anda. Caranya dengan menaruh tledekan di baskom kecil kemudian mandikan dengan air dan shampoo khusus dengan teknik memegang burung yang benar.

6. Biarkan Kelaparan

Pertama, biarkan tledekan kelaparan dengan sendirinya karena pada esok hari, Anda akan mencoba langkah penjinakan dengan memanfaatkan rasa laparnya. Jika tledekan sudah di rasa sangat lapar, berikan jangkrik dan letakkan di telapak tangan Anda. Ulurkan secara perlahan ke tledekan dan dorong jangkrik menggunakan lidi untuk memancing ia memakan. Lakukan hal tersebut selama 10 menit sekali sampai burung kenyang.

7. Pemberian Kroto dan Voer

Untuk tetap menjaga tledekan sehat, berikan makanan voer yang dicampur kroto sebanyak 1 sendok teh setelah Anda melatih tledekan jinak menggunakan pancingan jangkrik tadi. Intinya jikan Anda ingin membuat cililin mau memakan agar jinak, buat dia lapar terlebih dahulu.

8. Pasangkan dengan Lawan Jenis

Jika tak mau kunjung jinak juga, cobalah untuk memberikan pasangan lawan jenis untuk membuatnya jinak. Caranya mudah, cukup tempelkan kedua tledekan Anda namun tetap berada di sangkar yang berbeda. Berikan makanan ke tledekan yang sudah jinak dan pastikan si tledekan giras melihatnya. Dengan begitu, si giras akan merasa Anda sudah aman karena pasangannya di beri makan.

9. Mengajaknya Ngobrol

Meski tak direspon oleh si burung, dengan mengajaknya berbicara bisa memberikan kesan bahwa Anda adalah sesuatu yang tak perlu dihindari. Bahkan burung tledekan cenderung takut jika Anda bergerak tapi tak bersuara. Bersuara tak diharuskan harus berkata sendiri, namun lebih efektif jika menggunakan siulan saja karena akan sedikit mirip dengan suara-suara burung pada umumnya. Bukan berarti kata-kata lain tidak bermanfaat. Itulah cara cepat menjinakkan tledekan dengan mudah.

10. Memberikan Makanan dengan Tangan Anda

Cobalah untuk setiap memberi makan seperti jangkrik, harus menggunakan tangan. Dengan begitu, tledekan akan tahu kalau Anda adalah tuannya yang memberikan makan. Jangan segan-segan untuk selalu menjulurkan tangan, kalau bisa menyentuhnya. Namun perlu Anda lihat dulu tingkat kegirasan si burung, jangan buat ia panic karena tangan Anda yang menyeramkan baginya.

Pemberian voer juga bisa menggunakan tangan. Cukup taburkan ke tangan Anda kemudian ulurkan. Untuk lebih memaksimalkan, ada baiknya tledekan di buat lapar terlebih dahulu.

11. Tempatkan di Sangkar Kecil

Dalam menjinakkan sulingan bakalan bakalan ada cara mudah namun sering disepelekan yaitu jangan meletakkan burung tledekan bahan atau ombyokan di sangkar yang terlalu besar. Jika di sangkar atau kandang besar burung juga susah ditangkap dan dijinakkan.

Maka dari itu rawatlah burung di sangakar kecil, serta terapi perlahan lahan agar burung tledekan liar anda cepat jinak.

12. Kosongkan Tempat Makan

Jika burung sulingan anda masih liar, anda dapat mengosongkan pakan burung. Hal ini akan membuat burung tledekan kelaparan. Kemudian anda dapat memulai memberinya pakan dengan lidi. Jika burung tetap tidak mau makan ulangi lagi setelah beberapa jam. Cara dan tips ini terbilang cukup sadis tapi sangat efektif untuk menjinakkan tledekan liar.

13. Melatihnya di Ruang tertutup

Jika burung sulingan anda sudah terbiasa dengan tangan, anda dapat mengeluarkan burung anda dari dalam sangkar. Anda dapat memulainya di ruangan tertutup. Hal tersebut bermanfaat untuk menghindari burung terbang tledekan liar menghilang. Dengan melakukan kebiasaan meloloh burung bakalan di ruangan tertutup burung akan terbiasa dengan anda. Selanjutnya anda dapat melatih tledekan bakalan di alam terbuka atau ruangan terbuka.

14. Perawatan Tambahan

Lakukan pengembunan dan angin-anginan saat akan melakukan proses mandi atau lainnya. Pemasteran juga bisa dilakukan, tapi lihat dulu seperti apa kondisi burung sekarang. Jika memang terlalu giras sampai melukai dirinya sendiri, lebih baik proses pemasteran tak perlu dilakukan karena bisa memicu tingkat stress yang lebih tinggi lagi. Jangan lupa untuk tetap lakukan penjemuran dan lengkapi asupan makanan yang diperlukan.

15. Jangan Emosian

Sering kali penghobby tidak bisa mengontrol emosinya jika si tledekan sangat susah untuk dijinakkan. Jangan perlihatkan emosi Anda saat perawatan karena bisa membuat tledekan menjadi lebih giras. Sedikit saja Anda membuatnya kaget seperti membentak bisa membuat tledekan menjadi stress dan giras dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Cara Merawat Tledekan Lomba Agar Juara

Itu dia tips bagaimana cara menjinakkan tledekan yang baik dan benar serta mudah Anda terapkan sendiri di rumah. Intinya adalah tetap sabar karena biasanya, penjinakkan memerlukan waktu yang cukup lama. Keadaan mental pun perlu diperhatikan agar proses penjinakkan bisa berjalan dengan baik dan cepat. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tledekan

To Top