14 Cara Membuat Tledekan Nyeklek dengan Mudah - Hewan.id
Advertisements

14 Cara Membuat Tledekan Nyeklek dengan Mudah

Membuat Sulingan Nyeklek

Tledekan

14 Cara Membuat Tledekan Nyeklek dengan Mudah

Nyeklek atau ngobra menjadi ciri khas gaya yang sering diperlihatkan pada burung tledekan jika sedang mencapai fisik dan birahi yang benar-benar bagus. Sama seperti lovebird, tledekan kerap memperlihatkan berkicau sambil nyeklek yang tentu bagus dalam menunjang performanya. Untuk membuat tledekan nyeklek, Anda perlu tahu perawatan harian yang baik karena semuanya tergantung pada diri Anda.

Membuat Sulingan Nyeklek, Tledekan Gacor, Tledekan Juara Nasional, Sulingan Juara

Nyeklek merupakan istilah bagi burung yang berbunyi sambil mengangkat kepalanya dan berkicau dengan kencang. Dengan cara ini, tledekan bisa berkicau dengan lebih keras dan berdurasi lama. Untuk bisa membuatanya nyeklek, harus di latih terlebih dahulu. Pada umumnya tledekan memang merupakan jenis burung fighter yang memiliki ciri khas nyeklek seperti yang telah dijelaskan di atas.

Untuk membuatnya nyeklek sebenarnya bukan lah hal yang sulit, namun sering kali kesabaran dan ketekunanlah yang harus diperhatikan. Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan pemilik jika burung tledekannya sampai bunyi sambil nyeklek. Salah satunya adalah rasa senang yang dirasakan serta rasa kagum terhadap si tledekannya. Selain itu, untuk Anda yang sering mengikutkan lomba si tledekan, tentu mau jika tledekan Anda sampai nyeklek di arena lomba.

Tledekan jantan menjadi jenis yang bagus untuk membuatnya nyeklek karena akan memberikan performa suara yang lebih baik daripada si betina. Berikut ini adalah perawatan dan cara membuat tledekan nyeklek yang baik dan benar.

Cara Membuat Tledekan Nyeklek :

1. Menyiapkan Tledekan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan mental, fisik, dan kesehatan si tledekan sebelum melatihnya untuk bisa nyeklek saat berkicau. Hal yang harus Anda perhatikan selain dari tubuh si burung adalah peralatan dan perlengkapan yang digunakan seperti kandang keramba, sangkar, dan lainnya. Setelah semuanya siap, baru kita akan masuk dalam perawatan tledekan untuk membuat karakter fighter sejati.

Loading...

2. Proses Pengembunan

Untuk membuat burung tak mudah stress, lakukan pengembunan terlebih dahulu. Hubungannya dengan nyeklek banyak sekali, diantaranya bisa membuat tledekan lebih plong saat berkicau nantinya. Pengembunan yang baik boleh di mulai dari pukul 05.00 sampai matahari terlihat telah terbit.

3. Angin-Anginan

Sama dengan fungsinya pengembunan, angin-anginan sebelum melakukan aktivitasi seperti mandi, menjemur, mengkrodong, dan lainnya sangat perlu untuk menjaga kesehatan dan tingkat stress si tledekan.

4. Memandikan

Memandikan tledekan cukup 1 kali saja dalam sehari. Namun jika Anda ingin, boleh dimandikan sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari. Mandi yang jarang akan membuat birahi si tledekan menjadi tinggi dan berpotensi besar untuk nyeklek nantinya saat sedang berkicau.

Jangan dimandikan terlalu sering sampai 4 kali sehari. Mandi seperti itu hanya boleh digunakan dalam keadaan tertentu seperti mengatasi over birahi pada si tledekan. Jika perlu, lakukan mandi es untuk mengurangi over birahi yang terjadi pada tledekan Anda.

5. Pemberian Makan

Setelah mandi, berikan makanan ekstra fooding berupa atau voer kroto dan 1 ekor jangkrik untuk tetap mendongkrak birahinya. Birahi menjadi hal penting dalam membuat nyeklek si tledekan. Salah satu cara yang bisa dilakukan saat ingin meningkatkan birahi si tledekan adalah memberikannya asupan EF peningkat birahi seperti jangkrik dan ulat hongkong.

Untuk makanan sore hari menunya tetap sama. Berikan voer atau kroto dengan takaran pas serta berikan 1 ekor jangkrik. Makanan jangkrik boleh dilebihkan namun disesuaikan dengan karakter si tledekan agar tak over birahi nantinya. Untuk melengkapi asupan nutrisinya, jangan lupa untuk memberikannya air minum, multi vitamin, multi mineral, buah-buahan, bijian, sayur, dan lainnya.

6. Proses Penjemuran

Penjemuran boleh dilakukan selama 1 sampai 2 jam setiap harinya. Jika ingin menambah birahi si tledekan, ada baiknya ditambah lagi sekitar 2 setengah jam atau 3 jam. Jangan jemur tledekan di atas pukul 11 siang karena bisa membuat stress bahkan kematian. Selain itu, waktu yang bagus untuk menjemur tledekan adalah antara pukul 07.00 pagi sampai 08.00 pagi sembari memberikan makan pada tledekan.

7. Pengkrodongan

Jika sudah dimandikan, dijemur, dan diberi makan, lakukan full krodong dan biarkan burung beristirahat. Boleh tak dikrodong jika perlu, cukup gantang saja dan biarkan berkicau seharian. Jika sore hari, Anda boleh memberikan makan dan memandikannya, jangan lupa untuk melakukan angin-anginan terlebih dahulu. Full krodong kembali bisa dilakukan pada saat malam hari.

8. Pemasteran

Lakukan pemasteran menggunakan burung master yang benar-benar bagus untuk tledekan seperti kenari dan cililin. Pemasteran yang baik dilakukan pada saat tledekan sedang istirahat, biasanya siang hari dan malam hari. Untuk lebih efektifnya, malam dan masa mabung adalah waktu yang sangat bagus untuk melakukan pemasteran.

9. Pemberian Ulat Hongkong Putih

Untuk menunjang lebih keras birahi si tledekan sehingga bisa nyeklek pas berbunyi adalah dengan memberikan makanan EF yang kuat cita rasanya seperti ulat hongkong putih. Pemberian yang disarankan adalah 12 ekor, namun dalam waktu tertentu seperti menjelang lomba atau 1 kali dalam seminggu. Selain itu, pemberian ulat jenis ini bisa membuat stamina tledekan meningkat yang bisa membuatnya nyeklek gaya patah leher tanpa lelah.

10. Memberikan Pasangan

Pancing birahi tledekan dengan cara memberikannya pasangan. Cobalah untuk terus menggoda tledekan agar mau berkicau dengan sedikit dibantu dengan makanan EF peningkat birahi dan lawan jenis di sampingnya, namun sangkar sebaiknya di pisah saja. Namun jika berjodoh, boleh ditempatkan dalam satu sangkar yang sama.

11. Sering Diajak Jalan-Jalan

Nyeklek sebenarnya gaya dari bawaan lahir, namun juga bisa anda buat. Tledekan nyeklek harus juga membutuhkan mental yang bagus dan baik. Maka darai itu seringlah ajak jalan-jalan agar mentalnya jadi.

12. Sering Diikutkan Lomba

Membuat tledekan atau sulingan agar bisa nyeklek yaitu rajin aja di ikutkan dalam perlombaan. Kalah menang urusan belakangan, memang membuat gaya nyeklek sulingan bukan perkara mudah. Dengan sering mengikutkan dalam perlombaan secara tidak sengaja dapat membuat burung bisa nyeklek.

13. Konsisten

Sebagai penghobby yang baik dan sangat terobsesi agar burungnya bisa nyeklek, maka jangan sekali-kali menunjukkan sikap tak konsisten. Laksanakan metode yang Anda yakini dalam membuat tledekan nyeklek. Kuncinya adalah tetap menjaga birahi si tledekan agar mau berkicau kencang. Tentu saja sedikit pancingan seperti godaan dari Anda dan lawan jenisnya.

14. Perawatan Tambahan

Lakukan perawatan tambahan lainnya seperti rutin membersihkan sangkar, mengganti air minum, dan lainnya. Jangan membuat tledekan bermental buruk karena juga akan berdampak pada performa suaranya.

Baca Juga: Cara Menjinakkan Tledekan Giras Dalam Waktu 3 Hari

Itu dia tips tentang bagaimana cara membuat tledekan nyeklek yang baik dan benar. Cara di atas dapat Anda terapkan dan coba dengan mudah di rumah. Birahi sebenarnya menjadi kuncinya, jika ingin membuat tledekan Anda berkicau sambil nyeklek maka carilah setingan yang mementingkan controlling birahi yang bagus.

Birahi tinggi juga bisa membuat tledekan berkicau nyeklek, namun dengan asumsi bukan over birahi. Coba saja menambah porsi ektra fooding dan lihat hasil perkembangannya. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tledekan

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top