> > 14 Cara Membuat Tledekan Gacor dengan Gaya Nyeklek - Hewan.id
Connect with us

14 Cara Membuat Tledekan Gacor dengan Gaya Nyeklek

Membuat Tledekan Gacor

Tledekan

14 Cara Membuat Tledekan Gacor dengan Gaya Nyeklek

Tledekan gacor menjadi idaman para penghobi para tledekan mania. Membuat tledekan gacor bukanlah hal yang sulit selama Anda mau mempertahankan prinsip kesabaran, ketekunan, ketelitian, dan kehati-hatian. Semua hal itu perlu untuk menghasilkan tledekan yang mampu berkicau dengan gacor dengan durasi panjang. Bahkan bisa jadi sampai mengeluarkan gaya nyeklek yang menjadi ciri khas burung bernama lain sulingan dan sikatan ini.

Membuat Tledekan Gacor, Tledekan Nyeklek, Tledekan Juara, Sulingan Gunung

Sebelum melakukan proses membuat gacor tledekan anda, pastikan Anda sudah tahu betul seperti apa ciri tledekan yang memiliki potensi baik khususnya bidang suara. Dengan cikal bakal yang memang sudah sangat baik sejak awal, tentu saja membuatnya gacor bisa jadi hal yang mudah dilakukan. Meski berikutnya akan tergantung pada metode perawatan sulingan harian yang Anda terapkan.

Tledekan jantan cenderung lebih baik dilatih untuk menjadi gacor karena basicnya memang jantan lah yang lebih baik dalam hal suara di banding betina. Masih sama dengan perawatan harian, perawatan agar tledekan gacor juga hampir sama dengan perawatan harian. Bedanya ada pada takaran pakan yang diberikan seperti pakan EF dan kroto.

Penjinakan perlu dilakukan sebelum masuk tahap untuk membuat tledekan gacor. Dengan pemberian pakan khususnya pakan EF yang benar akan membuat tledekan sering berkicau dengan durasi panjang. Tidak hanya itu, pemberian pakan harus diimbangi dengan perawatan tambahan seperti mandi, penjemuran, dan lainnya karena semuanya juga berdampak pada birahi dan mental tledekan. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagaimana cara membuat tledekan gacor dengan gaya nyeklek berdurasi panjang.

Cara Membuat Tledekan Gacor:

1. Proses Memandikan

Mandi sangat wajib untuk tledekan. Selain bisa membantu untuk membuat bulunya tetap indah, mandi juga membantu untuk meningkatkan mood kicauan agar bisa gacor. Waktu memandikannya pun tak sembarangan. Lebih baik dimandikan pas pukul 07.00 karena udara masih terbilang sejuk dan sangat bermanfaat untuk menjaga mental tledekan.

Loading...

2. Pembersihan Kandang

Kandang yang selalu bersih bisa membuat tledekan nyaman dan gacor pun bukan masalah baginya. Kandang atau sangkar dibersihkan minimal 1 kali dalam sehari. Kalau bisa, dibersihkan sebanyak 2 kali dalam sehari. Pastikan tidak ada jamur yang tumbuh atau kotoran tledekan yang menumpuk karena bisa mengakibatkan bakteri yang bisa membuat tledekan ngedrop.

3. Pemberian EF

EF sangat baik untuk membuat tledekan tetap gacor atau sering berbunyi karena akan meningkatkan birahi pada tledekan. Berikan extra fooding setiap pagi dan sore hari untuk tetap menjaga performanya. Pemberian EF juga bisa dicampur dengan makanan lain seperti voer dan kroto. Sesaat setelah mandi pagi, berikan 2 ekor jangkrik. Trik ini sering digunakan oleh ahli tledekan. Namun perlu anda ingat makanan tledekan harian harus tetap terjaga, jangan sampai basi atau kotor.

3. Proses Penjemuran

Lakukan penjemuran seperti biasanya saja. Sekitar 1 – 2 jam saja setiap pagi hari atau sore hari. Anda juga bisa meningkatkan sedikit durasi penjemuran untuk membuat birahi tledekan lebih meledak agar bisa gacor nantinya. Namun anda juga harus ingat proses penjemuran jangan terlalu lama. Penjemuran di atas jam 10 pagi dapat membuat burung sulingan ini gampang terkena penyakit.

4. Angin-Anginkan

Dianginkan sangat bagus untuk menjaga tledekan tetap fit baik fisik dan pikirannya. Selain itu, kebiasaan angina bagi tledekan membantunya untuk rajin berbunyi dan gacor. Proses ini baik dilakukan sebelum mandi, menjemur, dan lainnya. Bisa diletakkan pada teras rumah atau di mana pun itu.

5. Pemberian Pakan Sore Hari

Untuk mengatasi tledekan yang tak mau gacor, cobalah untuk memberikan ulat hongkong sebanyak 3 ekor pada sore hari sekitar pukul 3 sore. Berikan juga kroto sebanyak setengah sendok the setiap sore hari. Metode ini bisa Anda terapkan sampai benar-benar performa gacor tledekan bisa bertahan lama.

6. Pengkrodongan

Proses pengkrodongan sangat baik dilakukan untuk setiap burung termasuk tledekan. Proses ini bisa dilakukan pada pagi hari, sore, atau malam hari, tergantung di mana dan kapan tledekan Anda istirahat. Biasanya sangat bagus dikrodong pada saat malam untuk membatasi tledekan bergerak yang bisa menguras tenaganya. Selain itu, krodong malam bisa membuat tledekan fit di pagi esok harinya.

 

8. Pemasteran

Pemasteran membantu untuk tetap menjaga performa suara dari tledekan. Waktu pemasteran bisa kapan saja dan di mana saja. Namun untuk memaksimalkan, waktu yang baik untuk pemasteran tledekan adalah pada malam hari sampai esok harinya. Berbicara tempatnya lebih baik dilakukan pada tempat yang sepi agar tak terganggu dengan hal-hal lain. Kenari, cililin, dan lainnya adalah beberapa burung master yang sangat cocok untuk memaster tledekan.

9. Melatih Mental Tledekan

Mental lemah menjadi salah satu penyebab kenapa tledekan tau mau berkicau dan akhirnya menjadi drop. Untuk membuatnya tetap gacor sepanjang masa, berikan pelatihan mental yang baik. Apalagi untuk tledekan lomba yang memerlukan mental kuat agar tak kalah dalam pertandingan.

Untuk melatihnya biasanya bisa dimulai dengan rutin memberikan mandi malam. Mandi malam ini bisa membantu dalam meningkatkan performa suara. Selain mandi malam, Anda juga bisa melakukan pengembunan secara rutin sekitar pukul 05.00 dengan catatan baik pengembunan dan mandi malam, berikan 2 – 3 ekor jangkrik setelah Anda sesesai memandikan dan mengembunkan tledekan.

10. Menjinakkan Tledekan

Agar tledekan cepat gacor, maka buatlah dia jinak. Caranya, berikan perlakuan khusus kepada burung tledekan tersebut, seperti mengelus-elus bulunya, mengajaknya makan bersama, nonton televisi bersama, memanggil dengan nama kesukaannya, dan lain-lain. Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat artikel cara menjinakkan tledekan giras dalam waktu 3 hari.

11. Meningkatkan Birahi

Birahi yang tinggi bisa membantu dalam membuat tledekan tetap gacor karena pada dasarnya, gacor memerlukan birahi yang bagus. Tentu saja Anda harus hati-hati dalam pemberian EF peningkat birahi seperti jangkrik, ulat hongkong, dan lainnya. Pemberian yang terlalu banyak bisa menyebabkan tledekan over birahi yang bisa mengakibatkan gagal gacor nantinya.

12. Pemberian Vitamin

Vitamin sangan diperlukan oleh burung untuk menjaga kesehatannya. Namun salah satu cara membuat tledekan gacor yaitu dengan memberi vitamin secara rutin. Untuk caranya dapat anda menggunakan Ebod Joss maupun Ebod Strong.

13. Diadu dengan Tledekan Lain

Supaya burung tledekan cepat gacor, Anda bisa mengadu suaranya dengan burung lain. Cara ini mampu membuat tledekan terpancing untuk lebih gacor dari pesaingnya. Namun, sebaiknya pilihlah pesaing yang level suaranya lebih rendah dari tledekan anda agar burung Anda tidak minder dan stres.

14. Setingan Khusus 2 Kali Seminggu

Dalam dua kali seminggu, Anda siapkan makanan EF kroto segar benar-benar baru dari sarang semut dan berikan sebanyak 1 sendok makan kepada tledekan. Untuk memaskimalkan, Anda bisa memberikannya multi vitamin untuk membantu dalam meningkatkan stamina agar nanti bisa gacor kencang.

Metode ini diterapkan khusus 2 kali seminggu tanpa harus mengubah setingan harian. Pastikan juga air minum yang diberikan benar-benar bersih. Setingan ini semua makanan dan minuman haruslah benar-benar segar karena tujuannya adalah untuk menjaga performa suaranya.

Baca Juga: Cara Merawat Tledekan Bakalan Agar Gacor dan Juara

Itu dia tips bagaimana cara membuat tledekan gacor dengan benar dan mudah Anda terapkan di rumah Anda. Cara-cara di atas dapat anda terapkan untuk semua jenis tledekan, mulai dari tledekan gunung, tledekan bakau, tledekan laut atau selendang biru. Namun perhatikan juga kesehatan mental dan fisik tledekan karena percuma saja Anda menerapkan metode-metode di atas jika pada dasarnya tledekan Anda sedang sakit.

Loading...

Continue Reading

More in Tledekan

To Top