Connect with us

15 Jenis Makanan Tledekan Lomba, Harian, dan Mabung

Makanan Sulingan Tledekan Sikatan

Tledekan

15 Jenis Makanan Tledekan Lomba, Harian, dan Mabung

Loading...

Jenis Makanan Tledekan, Sulingan atau Sikatan Lomba, Harian, dan Mabung – Pada umumnya setiap burung memerlukan makanan. Tledekan merupakan salah jenis burung pemakan serangga. Secara alami, makanannya adalah serangga. Kebutuhan protein dalam tubuh tledekan sangat tinggi sehingga pemberian serangga yang penuh protein sangat diperlukan. Mengetahui makanan tledekan yang baik dan paling bergizi, sangat penting untuk diketahui oleh pemiliknya.

Makanan Sulingan Tledekan Sikatan

Loading...

Untuk membuat tledekan berkicau dengan bagus dan dengan frekuensi yang sering, Anda perlu untuk tahu makanan apa saja yang baik untuk burung Anda. Karena pemberian makanan dan perawatan harus lah seimbang. Tledekan juga dikenal sebagai sulingan atau sikatan.

Jika Anda seseorang penghobbi burung sulingan yang ingin burungnya gacor baik di rumah atau arena lomba, makanan harus Anda berikan yang terbaik. Meski termasuk dalam keluarga burung pemakan serangga, tapi faktanya buah-buahan juga disukai oleh tledekan dan dapat membantu memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan.

Selain makanan, Anda juga harus perlu memerhatikan perawatan tambahan seperti pengembunan, angin-anginan, memandikan, menjemur, memaster, dan mengkrodong tledekan. Disamping itu, jika Anda masih bingun dengan pemberian makanan apa yang bagus untuk burung tledekan, berikut ini adalah beberapa daftar makanan tledekan yang baik dan sehat untuk Anda berikan.

Macam Jenis Makanan Tledekan :

1. Jangkrik

Jangkrik menjadi peningkat birahi untuk semua burung pemakan serangga. Sejak dulu, jangkrik memang menjadi menu utama jika sudah berbicara tentang ekstra fooding. Pemberian untuk tledekan cukup 5 pagi hari dan 5 sore hari. Selebihnya akan dilengkapi dengan pemberian voer, kroto, dan makanan tambahan lainnya. Jenis jangkrik untuk makanan burung dibagi menjadi 2 yaitu

  1. Jangkrik Biasa
  2. Jangkrik Alam

Pada saat tertentu, pemberian jangkrik boleh ditingkatkan atau dikurangi sesuai dengan birahi  burung. Karena protein yang terkandung dalam tubuh jangkrik sangat banyak, maka dari itu birahi tledekan bisa meningkat dengan tajam pula. Jika birahi menurut Anda terlalu tinggi, bisa Anda pangkas pemberian EF nya atau bisa juga dihilangkan untuk sementara.

2. Kroto

Hampir sama dengan makanan jangkrik, kroto juga bermanfaat untuk meningkatkan birahi. Selain itu, bagi tledekan cita rasa kroto sangatlah kuat. Pemberian kroto yang baik adalah pada waktu pagi dan sore hari dengan takaran kira-kira sepertiga sendok teh untuk setiap harinya.

3. Ulat Hongkong

Ulat hongkong dalam hal mendongrak birahi pada tledekan sangatlah tinggi daripada jangkrik. Maka dari itu, pemberiannya tak boleh melebihi jangkrik. Khusus untuk tledekan sebaiknya diberikan cukup 1 ekor saja setiap harinya. Jika birahi sudah terlalu tinggi (Over birahi) maka tak usah diberikan EF ulat hongkong.

4. Ulat Pohon

Memiliki kandungan protein tinggi dengan cita rasa khas untuk burung sulingan. Pemberiannya bisa banyak sesuai dengan pemberian jangkrik mengingat jenis pakan satu ini tak terlalu mendongkrak birahi namun tetap saja, takaran harus benar-benar dikontrol.

5. Ulat Buah

Ulat buah bisa didapat dari buah yang membusuk. Meski termasuk jenis makanan yang susah didapat, namun pemberian ulat buah untuk tledekan sangat bermanfaat karena akan mendapat asupan protein sekaligus vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan performa suara si tledekan. Ulat buah yang bagus adalah ulat yang berasal dari buah pisang yang sudah matang dan bonyok.

6. Ulat Kandang

Sama seperti jangkrik, ulat kandang memiiliki kandungan protein tinggi yang bisa membantu meningkatkan birahi. Maka dari itu, jika jangkrik tidak ada atau kurang, bisa ditambah dengan ulat kandang. Sebenarnya ulat kandang merupakan pakan sulingan utama selain kroto.

7. Voer

Jenis makanan ini sangat baik untuk kesehatan dan stamina tledekan. Voer diberikan setiap pagi hari. Anda boleh mendapatkan voer dengan cara membeli, tentu saja Anda akan dihadapkan oleh banyak merk voer. Jangan salah dalam memilih merk voer terbaik, ada baiknya Anda bertanya pada orang yang sudah ahli dalam perawatan tledekan. Namun voer yang disarankan adalah Voerzoo Insect Blend karena mengandung protein 30% yang sudah cukup memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan tledekan.

8. Apel

Apel sangat baik untuk kesehatan tledekan. Pemberian buah apel setiap hari bisa membantu tledekan untuk gacor setiap hari dengan frekuensi sering. Bahkan, untuk memaksimalkan Anda dapat membuat racikan makanan dengan bahan utama apel. Seperti ramuan campuran antara apel dengan kroto untuk menghasilkan khasiat lebih.

9. Peer

Buah peer juga sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan vitamin untuk tledekan. Untuk pemberiannya sendiri sama saja dengan apel. Boleh diberi langsung atau jika ingin lebih manjur, boleh dicampur dengan taburan kroto. Pemberian buah-buahan seperti peer dan apel sangat baik pada siang hari karena burung akan lelah dan memerlukan asupan tenaga ekstra di siang hari.

10. Cacing

Salah satu jenis dari makanan extra yang bagus untuk diberikan kepada tledekan yang memerlukan birahi tinggi untuk tetap gacor. Pemberian cacing sewajarnya saja seperti 1 kali dalam sehari atau beberapa kali dalam seminggu saja. Jenis cacing yang bagus adalah cacing gelang atau cacing tanah.

11. Kelabang

Pemberian kelabang sebenarnya tidak terlalu diperlukan untuk burung tledekan. Kita tahu serta  mengingat kandungan kelabang yang terlalu tinggi dan susah untuk didapatkan. Namun kelabang sangat baik untuk mengatasi tledekan yang sedang drop akibat stress berlebihan, kurang birahi, atau sakit. Pemberiannya cukup 1 kali sehari sampai tledekan benar-benar fit sepenuhnya. Sebenarnya manfaat kelabang juga sangat penting untuk burung tledekan lomba.

12. Belalang

Jangkrik dan belalang sudah sejak lama bersama dalam pemberian makanan kepada burung pemakan serangga. Manfaat yang bisa didapat dari belalang hampir sama dengan jangkrik yaitu protein yang bisa meningkatkan birahi burung tledekan. Jadi jenis makanan tledekan ini sangat bagus ketika sedang menyiapkan burung lomba.

13. Multivitamin

Jangan lupa untuk tetap meningkatkan asupan vitamin yang diperlukan tledekan selama hidupnya dengan cara memberikannya suplemen vitamin. Dalam hal ini, Birdvit menjadi salah satu suplemen vitamin yang sangat komplit dan cocok sekali dengan burung pemakan serangga seperti tledekan.

14. Multimineral

Mineral membantu dalam melengkapi asupan mineral yang hilang pada tubuh seperti zat besi dan membantu dalam memperkuat tulang tledekan. Rutin lah untuk memberikannya Bird Mineral sebagai suplemen yang bisa memberikan asupan mineral sehat untuk pertumbuhan tubuh tledekan.

15. Air Minum

Untuk air minumnya jangan lupa untuk selalu dijaga penuh di capuk air minum atau diganti dengan yang baru jika sudah terlihat sangat kotor. Air yang disediakan harus bersih sudah dimasak.

Baca Juga: Cara Membuat Tledekan Nyeklek dengan Mudah

Itu dia beberapa jenis makanan tledekan yang terbukti aman untuk diberikan kepada tledekan Anda. Imbangi pemberian makanan dengan perawatan harian yang baik. Jangan memberikan makanan sembarangan jika tak cocok dengan karakter tledekan karena bisa membuat tledekan Anda menjadi stress dan bermental buruk. Kita bertemu lagi di tips dan cara perawatan tledekan lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tledekan

To Top