Connect with us

15 Tips Merawat dan Memelihara Kucing yang Benar Untuk Pemula

Tips

15 Tips Merawat dan Memelihara Kucing yang Benar Untuk Pemula

15 Tips Merawat dan Memelihara Kucing yang Benar Untuk Pemula

Hewan.id – Kucing merupakan salah satu hewan yang paling sering dipelihara oleh manusia. Sifatnya yang lucu dan penurut, membuat kucing mudah sekali dirawat dan pastinya tidak berbahaya. Namun, berbeda ceritanya jika anda benar-benar seorang pemula yang sebelumnya belum pernah memelihara kucing sekalipun.

Memelihara kucing itu memang mudah, namun jangan sampai di salah artikan. Karena meskipun mudah, ada beberapa hal yang harus perhatikan agar kucing peliharaan anda tetap sehat dan bahagia. Berikut ada beberapa tips memelihara kucing yang harus diketahui jika anda adalah seorang pemula.

1. Nama

Salah satu hal yang harus anda lakukan saat pertama kali memelihara kucing adalah memberikannya nama. Nama kucing ini sangat penting sekali, apalagi jika kucing peliharaan anda masih sangat kecil. Nama kucing akan memudahkan anda memanggil kucing kesayangan anda. Selain itu, nama kucing juga dibutuhkan saat anda menitipkannya di penitipan kucing dan juga saat melakukan vaksinasi.

2. Makanan dan Minuman

Hal pokok yang wajib anda lakukan lainnya adalah memperhatikan asupan makanan dan minumannya. Saat kucing peliharaan anda sudah mulai memasuki usia 2 bulan. Biasanya kucing akan mulai pintar untuk makan sendiri.
Jadi pastikan, anda memberikan makanan dan minuman yang cocok untuk kucing peliharaan anda. Selain itu, anda juga harus pintar-pintar memberinya makanan selingan agar kucing anda tidak bosan dengan makanan yang sering dimakannya. Sedangkan untuk minumannya, cukup pastikan selalu penuh dan tidak kotor agar kucing anda lebih sering meminumnya.

3. Kasih Sayang

Tak hanya manusia saja yang membutuhkan kasih sayang. Sebab hewan pun juga membutuhkannya dan tak terkecuali juga kucing yang saat ini sedang anda pelihara. Mau itu kucing kampung atau juga kucing ras pasti membutuhkan kasih sayang dari pemiliknya.

Kucing merupakan hewan yang paling senang jika disayang-sayang dan dibelai bulunya. Saat memiliki waktu luang, pastikan anda selalu mengelus bulu badannya. Karena dengan cara ini kucing peliharaan anda akan tahu jika tuannya sangat menyayanginya. Sering mengelus bulunya juga akan membuat kucing peliharaan anda bisa menjadi lebih penurut.

4. Mandikan Kucing Setiap 1 Kali Seminggu

Jika anda memiliki peliharaan kucing, itu berarti anda harus memenuhi segala kebutuhannya. Termasuk juga memandikannya secara rutin 1 kali seminggu. Meskipun kucing peliharaan anda jarang ke tempat-tempat kotor. Tetap saja anda harus memandikannya.

Hal ini untuk menjaga agar bulunya selalu sehat dan tidak rontok. Selain itu, rutin memandikan kucing juga akan menghilangkan kutu yang ada di dalam bulunya. Namun perlu diingat, saat ingin memandikannya pastikan anda memiliki teman yang membantu memegangnya.

Karena umumnya, kucing sangat tidak suka pada air. Jadi tidak usah heran, jika nanti kucing anda akan meronta-ronta saat sedang dimandikan.

5. Perawatan Bulu

Baik itu kucing kampung maupun kucing ras, pasti bulu-bulunya akan lebih sering rontok. Jadi untuk mengatasinya, anda harus selalu memperhatikan kesehatan bulunya yakni dengan cara sering menyisirnya.

Tak maukan bulu kucing peliharaan anda terbang ke seluruh ruangan rumah. Nah, maka dari itu jika anda memiliki waktu luang usahakan sisir bulu kucing peliharaan anda 1 kali sehari. Namun harus diingat, sisir yang digunakan itu harus sisir yang khusus untuk kucing.

6. Jangan Berikan Makanan Anjing untuk Kucing Peliharaan Anda

Jika kebetulan anda juga memiliki peliharaan anjing. Ada satu hal yang harus anda ingat, yakni jangan pernah sekalipun memberikan makanan anjing untuk kucing anda. Ini karena di dalam makanan anjing tidak terdapat kandungan taurin. Sebuah nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing untuk mencegah munculnya penyakit jantung serta penglihatan yang kabur.

Baca Lagi: 19 Jenis Kucing Hutan, Sifat, Warna, Makanan, Ciri Fisik dan Gambarnya

7. Kotak Pasir

Hal penting lainnya yang harus anda lakukana adalah menyediakan kotak pasir. Fungsi dari kotak pasir di sini adalah tempat untuk kucing anda membuang kotorannya. Jadi pastikan, jika kotak pasir tidak terlalu kecil dan muat untuk ditempati oleh kucing anda.

Sedangkan untuk pasirnya, anda bisa menggunakan pasir bersih seperti pasir yang ada di pantai. Namun jika anda kesulitan mendapatkannya, bisa juga membelinya di petshop-petshop terdekat.

8. Ajarkan Kebiasaan Sehari-hari

Jika kucing peliharaan anda masih sangat kecil, anda bisa mengajarinya kebiasaan sehari-hari seperti makan, tidur, dan juga buang kotoran pada tempatnya. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang akan selalu diingat oleh kucing hingga dewasa dan anda pun tidak akan kerepotan dibuatnya.

9. Ajak Jalan-Jalan Keluar Rumah

Meski kucing sangat suka tidur, namun terkadang kucing itu juga bisa merasa bosan. Apalagi jika anda hanya memiliki 1 kucing. Sudah pasti kucing anda akan merasa bosan, karena hanya bermain sendirian di dalam rumah.
Maka dari itu, sesekali ajaklah kucing peliharaan anda keluar rumah agar tidak stres. Alternatif lain yang bisa anda coba adalah memelihara 1 kucing lagi yang sebaya dengannya. Agar kucing peliharaan anda punya teman dan pastinya bisa lebih bahagia.

10. Bersikap Tegas Terhadap Perilaku Buruknya

Kucing itu terkadang juga tidak selalu menurut dan ada saat tertentu dia akan melakukan sesuatu yang tidak anda sukai. Misalnya seperti buang kotoran tidak pada tempatnya atau juga teriak-teriak karena sesuatu yang tidak jelas.
Mengatasi hal itu anda harus bersikap tegas dengan cara memarahinya namun jangan berlebihan. Cara ini bisa menjadi efektif agar kucing anda tidak mengulanginya kembali.

11. Vaksinasi

Selain memberikannya makanan dan kasih sayang, anda juga harus memperhatikan kesehatannya yakni dengan cara memberikannya vaksin secara rutin. Hal ini harus anda lakukan agar kucing peliharaan anda selalu sehat dan tidak sakit-sakitan.

12. Kebersihan

Meski sudah dimandikan, namun sesekali anda juga harus memperhatikan beberapa bagian tubuh tertentu dari kucing seperti telinga, gigi, dan kuku. Bagian-bagian tubuh kucing tersebut biasanya memang lebih rentan kotor dan tempat favorit untuk kuman bersarang. Maka dari itu, pastikan kucing selalu bersih demi untuk menjaga kesehatan anda juga.

13. Mainan

Mau usia berapapun kucing itu akan selalu suka bermain. Karena memang itulah sifat bawaan dari kucing yang selalu periang dan ceria. Sangat jarang sekali ditemui kucing yang tidak suka bermain. Kecuali kucing tersebut adalah kucing jalanan yang tidak ada pemiliknya.

Sebab itulah, anda perlu memberikannya mainan seperti tikus-tikusan, tali kain, bola, dan lainnya. Sering bermain akan membuat kucing anda menjadi lebih sehat dan gemuk.

14. Biaya

Jika saat ini sedang memelihara kucing, ada baiknya jika anda memikirkan biaya khusus untuk segala kebutuhannya. Namun, biaya di sini juga tergantung jenis kucing yang anda pelihara. Jika kucing ras biasanya membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada kucing kampung.

Hal ini karena kucing ras membutuhkan perawatan tersendiri. Terutama untuk perawatan bulunya agar selalu lebat dan sehat. Mungkin agak sedikit memberatkan, tapi itu akan sebanding dengan apa yang akan didapatkan. Karena dengan memelihara kucing, maka mood anda bisa selalu baik dan ceria.

15. Kandang

Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah kandang. Jika anda memiliki kandang untuk kucing peliharaan. Tentu ini akan memudahkan anda melakukan aktifitas seperti biasa. Dan anda pun tidak perlu takut kucing pergi keluar rumah.

Karena saat sedang istirahat atau bekerja, anda bisa memasukkannya ke dalam kandang. Namun jangan lupa, saat mengurungnya di kandang. Anda harus menyediakan makanan dan minumannya agar tidak kelaparan nantinya.
Demikian artikel tentang 15 tips memelihara kucing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk anda yang saat ini baru memelihara kucing. Cukup ikuti beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas. Maka kucing peliharaan pun akan selalu sehat dan bahagia.

Loading...

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 15 Tips Memelihara Kucing Persia, Anggora, Savannah dan Manx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top