3 Tips Memelihara Kucing Persia, Anggora dan Savannah
Advertisements

3 Tips Memelihara Kucing Persia, Anggora dan Savannah

Tips Memelihara Kucing

Tips

3 Tips Memelihara Kucing Persia, Anggora dan Savannah

3 Tips Memelihara Kucing Persia, Anggora dan Savannah

Hewan.id – Tips memelihara kucing banyak dicari oleh orang yang memang menyenangi dunia kucing. Memang akhir-akhir ini kucing sedang jadi favorit binatang piaraan. Bersaing dengan hobi burung dan anjing, hobi kucing pun berkembang pesat. Berbagai ras kucing baru bermunculan, menambah semarak koleksi kucing hias yang cantik.

Memang rasanya belum bisa disebut Catlover sejati kalau seseorang belum memelihara jenis kucing yang unik bentuk tubuhnya. Kalau cuma pelihara kucing kampung rasanya belum keren. Begitu pun kalau belum punya spesies kucing yang cantik, seperti Persia, Anggora atau Savannah. Berasa kurang pede kalau mau memproklamirkan diri sebagai pecinta kucing.

Padahal sebenarnya memelihara jenis kucing apapun boleh saja kok. Tidak harus jenis yang mahal. Karena pada dasarnya, tips memelihara kucing hanya berisi tentang bagaimana caranya merawat kucing penuh kasih sayang dan tanggungjawab. Agar kucing bisa tumbuh sehat dan besar.

Tips Memelihara Kucing

Tips Memelihara Kucing

Tidak ada perlakuan khusus dalam memelihara Kucing. Terutama dalam hal pakannya. Semua kucing akan doyan dengan aneka pakan kucing. Kalaupun ada pembeda dalam perawatan kucing, itu hanya seputar bulunya saja. Kalau kucingnya punya bulu lebat atau biasa disebut Long Hair. Maka butuh perawatan ekstra.

Tips Memelihara Kucing juga sangat berkaitan dengan pola komunikasi. Seseorang harus melakukan komunikasi yang intensif agar kucing miliknya mau nurut. Memberikan sikap tegas, seperti mengajari cara kencing dan tidur yang benar di kandangnya juga menjadi bagian dari latihan komunikasi dengan kucing.

Komunikasi ini fungsinya untuk membangun jalinan psikologis. Sehingga kucing jadi semakin nurut dan mau diatur. Tidak seenaknya sendiri. Selain itu juga agar memberikan efek bahagia pula pada manusia. Karena kucing yang nurut pastilah menyenangkan buat dipelihara dan diajak bermain.

Loading...
Komunikasi dengan Kucing

Komunikasi dengan Kucing

Beberapa jenis kucing yang populer di pelihara di antaranya adalah:

  • Persia
  • Anggora
  • Savannah

Ketiganya pernah mengalami masa kejayaannya masing-masing. Bahkan hingga hari ini masih memiliki penggemar yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Tapi khusus Indonesia, nampaknya kucing Savannah ini tidak terlalu booming dan akrab. Soalnya harganya kan mahal sekali. Bisa mencapai 300 juta rupiah per ekor. Kucing Savannah padahal bukanlah ras asli, melainkan ras persilangan antara Kucing Serval dengan Kucing Siam.

Tapi itulah yang namanya hobi. Kalau sudah suka, semahal apapun akan tetap dibeli. Tapi konon kalau harga di pasaran Indonesia, Kucing Savannah ini tidak sampai ratusan juta. Paling-paling hanya 70 juta. Silahkan saja cari di Pet Shop atau Peternakan Kucing jika memang tertarik.

Kucing Savannah

Kucing Savannah

Di bawah ini adalah penjelasan lengkap tentang tips memelihara kucing Persia, Anggora dan Savannah agar ketiga kucing ini selalu sehat dan mau tumbuh besar. Hingga saatnya dewasa kelak menemui ajalnya dengan tenang.

1. Tips Memelihara Kucing Persia

"<yoastmark

Untuk tips memelihara kucing Persia adalah mula-mula harus memilih jenis Persia yang memang sungguh diinginkan. Perlu diketahui bahwa Persia ini adalah 3 macam, yaitu: Himalaya, Flatnose dan Peaknose. Tentukan dulu, jenis manakah yang cocok di hati dan benar-benar ingin dirawat. Kalau sudah menentukan jenisnya, silahkan beralih ke hal yang lainnya.

Selanjutnya, pemilihan kandang yang sesuai dengan ukuran tubuh Persia juga menjadi Tips Memelihara Kucing yang satu ini. Pasalnya, ukuran kandang juga sangat mempengaruhi pertumbuhan kucing. Kandang yang lebih besar dari tubuh Persianya akan membuatnya mengalami perkembangan otot yang pesat.

2. Tips Memelihara Kucing Anggora

Tips Pelihara Kucing Anggora

Tips Pelihara Kucing Anggora

Kucing Anggora adalah binatang yang banyak dipelihara pula. Sejak tahun 2003-an, kucing ini mulai populer di Indonesia. Banyak orang dari kalangan, menengah atau bawah memelihara jenis kucing ini. Pasalnya, si cantik Anggora memang punya perawakan yang sungguh beda dari kucing lokal. Kesan elegan benar-benar didapat.

Tips Memelihara Kucing Anggora yang paling penting adalah soal pakan dan kebersihan tubuhnya. Belilah pakan khusus kucing yang dijual di Pet Shop karena kandungan gizinya jelaslah sudah terukur. Selain itu juga mesti rutin membersihkan tubuh Anggora, agar kucing ini tidak kena penyakit kulit seperti kurap.

Baca Lagi: 15 Tips Merawat dan Memelihara Kucing yang Benar Untuk Pemula

3. Tips Memelihara Kucing Savannah

Tips Pelihara Kucing Savannah

Tips Pelihara Kucing Savannah

Kucing hasil kawin silang ini seakan jadi bukti tentang status sosial dan ekonomi seseorang. Harganya setara dengan mobil kalau di Indonesia. Meski kebanyakan adalah orang bule di negara barat sana yang memelihara. Namun tetap saja Savannah adalah sebuah fenomena kucing yang langka. Bisa dibilang dia adalah ras buatan yang paling unggul dan populer.

Secara fisik, kucing Savannah ini tidak ada yang aneh. Keunikan tubuhnya hanyalah pada tingginya yang memang di atas rata-rata. Maklum saja karena indukannya kan adalah Kucing Serval yang memang kucing tinggi di daerah Afrika sana. Konon disebut Savannah karena habitat induknya, si Serval ini ada di Savana alias padang rumput.

Tips Memelihara Savanna yang penting ada pada pola pengasuhannya yang harus penuh kasih sayang. Agar kucing ini juga punya sifat lembut kepada manusia. Tidak doyan mencakar dan cenderung kalem serta aktif berinteraksi dengan manusia.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top