> > 21 Cara Merawat Burung Nyulam dan Pantangannya - Hewan.id
Connect with us

21 Cara Merawat Burung Nyulam dan Pantangannya

Burung Nyulam, Cucak Ijo Nyulam, Pleci Nyulam, Kacer Nyulam, Cucak Jenggot Nyulam, Lovebird Nyulam

Tips Burung

21 Cara Merawat Burung Nyulam dan Pantangannya

Nyulam pada burung merupakan proses dimana mabungnya tidak tuntas. Kondisi burung nyulam tersebut akan sangat berpengaruh terutama pada hormonalnya. Oleh karena itu sangat perlu diperhatikan dalam hal merawat burung. Jika terjadi kesalahan dalam merawat burung nyulam. Maka akan mengakibatkan si burung mengalami ketidak tuntasan dalam proses nyulamnya.  Akibatnya proses nyulam pada burung ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan dapat berpengaruh pada suara.

Burung Nyulam, Cucak Ijo Nyulam, Pleci Nyulam, Kacer Nyulam, Cucak Jenggot Nyulam, Lovebird Nyulam

Pengertian Nyulam Pada Burung :

Nyulam bisa diartikan untuk burung yang sedang tumbuh bulu baru demi menggantikan bulu yang sudah rontok.Namun jika dilihat dari keseluruhan han prosesnya, bulu-bulu burung tersebut sudah dalam kondisi bagus.

Penyebab Nyulam Pada Burung :

Nyulam biasanya disebabkan oleh proses mabung yang tidak/belum tuntas. Ada beberapa bulu tua yang masih ikut menempel pada deretan bulu-bulu baru, bisa dikatakan sebagai bulu tua yang telat rontoknya. Namun bulu-bulu yang jatuh tersebut tidak dalam jumlah yang banyak. Biasanya dalam sehari bisa ditemukan 1-2 helai bulu jatuh.

Lama  Proses Nyulam Pada Burung :

Dalam beberapa kasus, sampai ada bulu besar yang jatuh seperti bulu sayap ataupun bulu ekor. Tetapi yang paling sering terjadi pada proses Nyulam ini adalah jatuhnya bulu-bulu yang lembut saja. Semua itu tergantung bulu manakah yang belum jatuh semasa proses mabung dulu.

Lalu, apa saja penyebab terjadinya proses Nyulam ini?

Loading...

Banyak faktor yang mendorong terjadinya proses Nyulam. Biasanya disebabkan oleh perawatan yang keliru, proses mabung yang tidak tuntas, makanan tidak cocok, dan masih banyak lagi. Perawatan yang salah bisa mengakibatkan terjadinya Nyulam yang berkepanjangan, begitu pula dengan proses mabung yang tidak tuntas. Akibatnya, suatu waktu bulu yang sudah kelewat tua tersebut bisa jatuh kapan saja.

Cara Merawat Burung Nyulam :

Untuk merawat burung nyulam secara keseluruhan atau global yaitu :

1. Menempatkan Burung di Tempat Tenang

Cobalah untuk menempatkan burung Anda yang sedang nyulam di tempat yang sunyi dan tanang. Tujuannya yaitu agar burung bisa konsentrasi dalam proses merontokkan bulu-bulu. Tips ini bisa dilakukan untuk mempercepat proses nyulam pada burung. Selain itu, cara ini bisa dilakukan jika sburung terlalu semangat dalam berkicau dan bisa menghabiskan energinya. Masa nyulam pada burung merupakan fase di mana pengeluaran energi sangat banyak, jadi tetap jaga asupan energinya.

2. Menjaga Asupan Nutrisi

Ketika burung sedang dalam fase nyulam, wajib bagi kicaumania agar memberikan jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi terbaik. Ingat bukan hanya memberikan makanan dalam porsi banyak saja. Makanan pada burung yang sedang dalam konsisi nyulam harus kaya akan nutrisi.

3. Jangan Terlalu Memberikan Makanan Berpotein Tinggi

Makan pada burung nyulam dengan kadar protein 16-20% sudah cukup. Jika proteinnya mencapai lebih dari 30%, justru dari dapat membuat birahi burung meningkat dan lebih rajin berkicau. Itu mengakibatkan proses nyulam pada burung terhambat.

4. Jangan Terus Menerus Full Krodong

Mengkrodong burung selama nyulam memang dianjurkan agar burung tersebut selalu dalam kondisi tenang. Akan tetapi jangan terus-menerus menutup burung nyulam di dalamnya tanpa pernah membuka.

Perhatikan dan jaga juga suhu sekitar. Ingat ketika kita full krodong pada saat burung nyulam, udara di dalamnya sangat pengap. Jadi untuk para kicau mania sesekali untuk membuka krodong tersebut. Tujuannya yaitu burung saat nyulam bisa menghirup udara segar.

5. Jangan Memandikan Burung Nyulam

Para kicau mania kebanyakan keliru apabila ada yang beranggapan bahwa ketika nyulam, harus sering di mandikan. Setelah burung menyelesaikan masa nyulamnya, barulah proses mandi bisa diberikan, atau ketika tunas-tunas bulu baru tumbuh. Jadi, memandikan burung ketika nyulam merupakan tindakan yang kurang tepat.

6. Jangan Menjemur Burung Nyulam

Menempatkan burung nyulam di tempat sedikit lembap atau kering sekalipun dapat membantu burung tersebut untuk segera menjatuhkan bulu-bulu lamanya. Akan tetapi jika anda memaksa burung nyulam untuk tetap menjemur, bisa mengakibatkan pertumbuhan bulu kurang sempurna.  Akibatnya malah bulu tumbuh menjadi cepat rusak, kering, bulu sampai terbalik dan terlihat melintir.

7. Rutin Membersihkan Sangkar

Faktor utama burung macet bunyi sehabis nyulam yaitu sang pemilik tidak rutin dalam hal menjaga kebersihan. Kebersiahan kandang atau sangkar sangat berpengaruh bagi kesehatan burung itu sendiri.

8. Melakukan Pemasteran

Fasa nyulam pada burung adalah fase yang sangat ideal untuk melakukan pemasteran. Memaster burung bisa menggunakan 2 metode yaitu menggunakan burung masteran asli dan menggunakan MP3 atau MP4.

Proses memaster burung nyulam bisa dilakukan dengan metode mp3 player yang murah dan mudah digunakan. Saat istirahat, contohnya pukul 6 sore sampai pagi hari, perdengarkanlah suara master.

Cara Merawat Burung Setelah Nyulam :

  1. Segera mandikan burung setelah selesai masa nyulamnya dengan menggunakan beberapa shampo. Ingat shampo yang digunakan harus khusus untuk burung. Jangan menggunakan shampo manusia.
  2. Bersihkan semua sangkar atau kandang sampai bersih agar burung tetap dalam kondisi sehat serta terhidar dari berbagai macam penyakit.
  3. Lakukan lah proses penjemuran. Jangan terlalu lama menjemur burung setelah nyulam, cukup 30 menit saja. Ingat juga jangan menjemur burung di atas jam 10, karena dapat menimbukan penyakit.
  4. Berilah asupan makanan yang sehat, contohnya saja extra fooding. Berikanlah menurut setelan harinannya masing-masing.
  5. Berikanlah juga beberapa vitamin pada minumnya agar burung tetap sehat.
  6. Jangan lupa untuk memaster burung kembali.
  7. Rawatlah secara konsisten agar burung dapat kembali gacor.

Cara Merawat Berbagai Jenis Burung Saat Nyulam :

1. Cucak Ijo

Cara Merawat Cucak Ijo Nyulam :

a. Pemberian Makanan

Ketika proses Nyulam sudah terjadi, wajib bagi peternak burung untuk memberikan jenis pakan terbaik, bukan hanya memberikan pakan dalam jumlah banyak saja, ya. Pakan yang kaya akan nutrisi tentu dibutuhkan oleh burung yang sedang dalam kondisi Nyulam.

b. Penempatan Sangkat atau Kurungan

Alangkah lebih baik jika menempatkan kurungan Cucak Ijo jauh dari keramaian agar terhindar dari stres dan segera menyelesaikan proses Nyulamnya. Ini bertujuan agar Cucak Ijo tidak terganggu konsentrasinya.

c. Mengontrol Kondisi Kesehatan Burung

Usahakan untuk selalu memastikan kondisi burung bukan hanya ketika Nyulam saja, namun juga setiap harinya. Pastikan burung terkenal virus atau tidak, karena virus jelas mempengaruhi kesehatan burung, bahkan bisa memperlambat proses Nyulam burung.

2. Kacer

Cara Merawat Kacer Nyulam :

  1. Memandikan burung dengan sampo khusus dan berkualitas, salah satunya ialah produk merek Jati Fajar.
  2. Segera pakaikankerodongpada sangkar burung,kemudian gantung sangkar di dalam atau di depan rumah.
  3. Berikan pakan kepada burung berupa jangkrik sebanyak 6-10 ekor.
  4. Kemudian hari ada esok harinya, jemurlah burung selama 2-3 jam.Lakukan perawatan ini sampai burung gacor kembali.
  5. Kemudian turunkan intensitas penjemuran burung menjadi 1-2 jam.
  6. Setelah itu Anda bisa mengaplikasikan setingan atau perawatan harian seperti saat burung dalam keadaan normal.

3. Love Bird

Cara Merawat Lovebird Nyulam :

  1. Jangan menjemur lovebird karena jenis burung ini tidak membutuhkan aku pemasukan matahari ketika mengalami proses mabung ataupun proses Nyulam. Justru burung jenis ini membutuhkan tempat dengan tingkat kelembapan tinggi demi mempercepat proses merontokkan dan pertumbuhan bulu.
  2. Tempatkan lovebird pada tempat yang sepi agar ia dapat fokus menyelesaikan proses Nyulam. Bagus untuk membuka kerodong sekitar 35 menit ketika pagi dan sore, agar Anda dapat memantau perkembangannya.
  3. Cukup mandikan lovebird sekali seminggu, karena pada masa ini jika terus-menerus memandikan bulu akan menghambat penumbuhan bulu sehingga bulu yang tua pun juga tidak kunjung rontok. Namun apabila Nyulam tidak terjadi, justru disarankan untuk memandikan burung secara rutin ketika masa mabung selesai dan bulu baru mulai tumbuh.
  4. Anda bisa memberikan telur kepada burung guna membangun metabolisme pada tubuh burung Anda bisa dengan mudah mendapatkan makanan ini karena tersedia hampir di setiap warung. Rebus dahulu sebeluk diberikan kepada Burung. Telur rebus sendiri mempunyai kandungan berupa biotin dan energybooster. Selain itu ada juga bisa berikan fujifuyamin, biji kuaci, da makanan Multi vitamin & mineral lainnya.
  5. Jangan memaksa Love Birduntuk berbunyi meskipun masa mabung bisa dikatakan hampir selesai. Sebab ia masih mengalami Nyulam yang membuatnya harus tetap dalam kondisi terawat.

4. Murai Batu

Cara Merawat Murai Batu Nyulam :

  1. Rajin dalam pembersihan kandang. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari, agar kandang tetap dalam kondisi steril.
  2. Segera dimandikan ketika ekor burung sudah kelihatan tumbuh sekitar 5 cm.
  3. Jangan sampai menjemur burung, cukup diangin-anginkan saja setelah pemandian selesai.
  4. Dan jangan lupa juga untuk memberikan pakan jangkrik bila ekor burung sudah kelihatan 5 cm.

5. Cucak Jenggot

Cara Merawat Cucak Jenggot Nyulam :

  1. Tempatkan Cucak jenggot ditempat yang tenang, jauh dari aktifitas manusia dan gangguan-gangguan lain disekitarnya yang berpotensi menghambat proses mabungnya.
  2. Full kerodong, buka kerodong hanya pada saat memberikan pakan dan minum serta pembersihan kandang.
  3. Mandikan Cucak jenggot cukup 1x seminggu saja.
  4. Penjemuran cukup 15 menit saja setiap hari mulai jam 7 pagi.
  5. Berikan juga Porsi ExtraFooding (EF) dengan porsi diperbanyak. Jangkrik diberikan sekenyangnya pada setiap pagi dan sore, karena burung pada proses ini membutuhkan lebih banyak protein demi pembentukan bulu-bulu baru, dan mempercepat proses Nyulam.

6. Pleci

Cara Merawat Pleci Nyulam :

  1. Berikan ekstra Food yaitu kroto dan jangkrik yang kandungannya dibutuhkan pada masa Nyulam tersebut.
  2. Mengerodongi burung selama proses mabung/Nyulam berlangsung.
  3. Dalam waktu 1 minggu anda hentikan proses pemberian jenis Ef tersebut pada burung kacer.
  4. Membersihkan sangkar burung paling tidak 3 kali dalam 1 hari, dari semua kotoran yang ada dan berikan pakan yang baru.
  5. Proses pengerodongan burung bisa Anda lakukan selama bulu burung tersebut belum tumbuh secara sempurna.
  6. Memberikan pakan jenis pur yang di dalamnya memiliki kandungan gizi berkualitas.

Manfaat Susu Bubuk Untuk Penunjang Burung Nyulam

Susu bubuk bisa dimanfaatkan sebagai penunjang penuntasan masa burung gagal mabung atau sedang dalam kondisi Nyulam. Hal ini disebabkan karena susu sendiri mengandung banyak sekali nutrisi yang dapat membantu pembukaan pori-pori pada burung sehingga burung bisa merontokkan bulu-bulu tuanya.

Adapun cara pemberiannya adalah dengan mencampur pur dengan susu dalam cepuk sebagai menu utama bagi burung. Jangan sampai takaran susu berlebihan, ya, sebab bisa akibatkan burung mengalami diare. Dan untuk menu ini, disarankan memakai susu putih.

Dalam merawat burung nyulam yaitu kita harus konsisten, telaten dan sabar. Jika hal-hal tersebut sering terlalaikan dalam merawat burung yang sedang nyulam maka akan berdampak fatal. Contohnya saja macet bunyi serta dapat menyebabkan kematian.

Loading...

Continue Reading

More in Tips Burung

To Top