Advertisements
Connect with us

20 Cara Beternak Sapi Perah untuk Pemula dan Profesional

Susu Sapi Perah

Ternak

20 Cara Beternak Sapi Perah untuk Pemula dan Profesional

20 Cara Beternak Sapi Perah untuk Pemula dan Profesional

Loading...

Cara Beternak Sapi Perah adalah sebuah usaha untuk mengembang-biakkan sapi untuk diambil susunya. Memang salah satu produk unggulan dari peternakan sapi yakni susunya. Olahan susu sapi sangat digemari oleh manusia. Dan menjadi salah satu sumber gizi nasional.

Untuk ternak sapi perah dibutuhkan teknik khusus. Terutama dalam hal pakannya. Khusus sapi perah, makannya harus benar-benar dijaga. Diberi makanan yang merangsang produksi susu jadi melimpah. Selain itu juga mesti diperhatikan jadwal pemerahan susu.

Peternakan Sapi Perah

Loading...

Waktu pemerahan susu amat berpengaruh dalam jumlah produksi susunya. Harus ada jeda pemerahan karena kalau diambil semuanya nanti bisa habis dalam sekejap. Apalagi kapasitas masing-masing sapi berbeda produksi susunya. Ada yang cuma 1 liter per hari, ada pula yang mampu hingga 2-3 liter per hari.

Untuk memperoleh informasi mengenai cara beternak sapi perah, memang jalannya dengan banyak belajar. Membaca literatur di buku dan internet sangat membantu. Namun lebih baik langsung sharing ilmu dengan sesama peternak sapi. Karena nantinya informasinya sifatnya lebih praktis dan teknis.

Berikut adalah cara beternak sapi perah untuk pemula dan profesional yang bisa dicoba:

Mengumpulkan Modal Materi dan Non Materi

Jenis Sapi Perah

1. Pendanaan Uang

Untuk mulai beternak sapi perah, tentu mula-mula harus kuat dulu modal uangnya. Tiada bisnis yang gratis. Apalagi bisnis peternakan sapi, modal uangnya bisa ratusan juta.

2. Pembelajaran Ilmu

Sebelum mulai beternak sapi, alangkah baiknya untuk memiliki ilmu dulu. Belajar mengenai segala hal tentang sapi dapat menjadi cara beternak sapi perah yang paling ampuh.

3. Pergaulan Sosial

Selain itu, seorang calon peternak sapi juga mesti memiliki pergaulan sosial yang luas. Sikap supel ini akan membawa keuntungan bagi bisnis di masa depan. Sebab, kemajuan bisnis juga sangat erat kaitannya dengan jejaring pertemanan.

4. Penyiapan Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah hal yang paten dan mutlak harus ada dalam segala bisnis. Cara beternak sapi perah mesti dilandaskan pada penyiapan SDM ini.

5. Persiapan Tenaga Kerja

Selain itu juga harus memiliki tenaga kerja yang mumpuni di bidang peternakan. Mempekerjakan seorang ahli atau sarjana peternakan jauh lebih baik daripada mempekerjakan 10 orang awam yang tidak memiliki skill dan ilmu peternakan sama sekali.

Mempersiapkan Perlengkapan dan Peralatan

Ternak Sapi Perah

6. Pembukaan Lahan Peternakan

Cara beternak sapi perah juga dimulai dari mempersiapkan lahannya. Pembukaan lahan mesti luas dan kalau bisa memiliki lapangan rumput sendiri. Cara beternak sapi perah memang butuh modal lahan yang luas. Dan alangkah baiknya berada di dataran tinggi.

7. Penyediaan Kandang

Kandang tentu saja sangat vital dibutuhkan dalam beternak sapi perah. Buatlah kandang yang permanen dari rangka baja misalnya. Karena sapi itu kan tenaganya besar, kalau dari kayu atau bamboo nanti bisa dijebol.

8. Pengairan

Cara beternak sapi perah juga amat membutuhkan sistem drainase atau pengairan. Air sangat dibutuhkan untuk minum sapi dan membersihkan tubuh sapi serta lingkungan sapi.

9. Pembelian Berbagai Peralatan Penunjang

Membeli berbagai peralatan penunjang seperti lampu dan tali amat penting.

Menyiapkan Bibit Sapi Perah Unggulan

Peternakan Sapi Perah

10. Membeli Bibit Indukan Sapi Perah

Cara beternak sapi perah amat bergantung pada indukannya. Belilah indukan kualitas super yang kesehatannya terjamin. Agar peranakan sapinya kelak bisa bagus pula.

11. Usaha Kawin Silang Sapi Perah

Mengawinsilangkan sapi perah dapat pula dijadikan cara beternak sapi perah. Ini untuk memperbaiki hasil produksi agar lebih melimpah susunya.

Merawat dan Mengembang-Biakkan Sapi Perah

Susu Sapi Perah

12. Memberi Pakan Terbaik

Pakan sangat mempengaruhi jumlah produksi susu. Pilihlah makanan yang memang nyata bisa melancarkan asi. Seperti daun katuk misalnya, juga bus banget diberikan pada sapi. Cara beternak sapi perah memang akan gagal bilamana pakannya juga gagal. Jadi hati-hatilah dalam memilih pakan!

13. Memeriksa Kesehatan Sapi Perah

Memeriksa kesehatan sapi perah amat penting sebagai cara beternak sapi perah. Langsung saja undang dokter hewan atau ahli peternakan untuk menganalisis bagaimana kondisi fisik dan mental sapinya.

Baca Lagi: 25 Pakan Sapi Alternatif, Bikin Sapi Gemuk-Gemuk

14. Menjaga Kebersihan Sapi Perah

Cara Beternak Sapi Perah harus selalu dalam kondisi higienis. Apalagi orientasi produk keluaran dari peternakan sapi perah adalah susu. Yang mana susu sapi segar harus benar-benar steril dari bakteri dan berbagai virus serta organisme yang membahayakan kesehatan.

Pemerahan Susu Sapi

Cara Beternak Sapi Perah

15. Cara Pemerahan Susu Sapi

Memerah susu sapi menjadi tonggak ujung dari cara beternak sapi. Cara memerah yang baik akan menghasilkan susu yang baik pula.

16. Jadwal Memerah Susu Sapi

Selain itu, jadwal memerah susu sapinya juga harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai  salah waktu memerah, malah sapinya enggan memproduksi susu lagi.

Memasarkan Produk Susu Sapi

Pemasaran Susu Sapi Perah

17. Menjual Susu Sapi di Lokasi Peternakan Langsung

Cara beternak sapi perah dalam hal penjualan harus punya banyak strategi. Salah satu strategi penjualan yang paling bagus adalah dengan menjual produk susu sapi langsung di area peternakan. Buatlah café atau tempat khusus pembelian susu yang berada di kompleks peternakan. Ini akan menarik konsumen datang.

18. Pemasaran Susu Sapi Melalui Agen Distributor

Selain itu, bisa pula disalurkan melalui distributor. Tarohlah agen-agen susu sapi murni di tiap kota. Ini menjadi cara beternak sapi perah yang banyak dipraktekkan orang.

19. Branding dan Packaging Susu Sapi

Jika mampu membuat branding packaging yang bagus untuk susu sapinya, maka akan mendapatkan nilai plus lebih.

20. Mencoba Internet Marketing untuk Promosi Susu Sapi

Sekarang adalah masa di mana modernitas merajela. Teknologi internet bisa dijadikan alat marketing. Cara beternak sapi perah dapat dikatakan sukses bila sudah berhasil mengusai pangsa pasar internet ini.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Ternak

To Top