20 Cara Beternak Sapi Pedaging Agar Sukses
Advertisements

20 Cara Beternak Sapi Pedaging Agar Sukses

Jenis Sapi Pedaging

Ternak

20 Cara Beternak Sapi Pedaging Agar Sukses

20 Cara Beternak Sapi Pedaging Agar Sukses

Cara Beternak Sapi Pedaging adalah sebuah teknik beternak sapi yang akan diambil dagingnya saat masa panen. Sapi pedaging menjadi nama lain dari sapi potong, jenis sapi yang memang khusus diambil daging-dagingnya.

Lain halnya dengan Sapi Perah yang merupakan jenis sapi yang akan diambil susunya. Maka sapi pedaging ini diambil daging beserta jeroan-jeroannya yang biasanya untuk dikonsumsi. Jenis sapi pedaging ini sangat laris tiap harinya dan menjadi salah satu komoditi pangan penunjang gizi nasional.

Jenis Sapi Pedaging

Harga sapi pedaging sangat fluktuatif dan cenderung mahal. Per kilonya selalu tembus di atas 100 ribu rupiah. Apalagi menjelang hari raya. Terkadang juga muncul hari-hari paceklik sapi, yang artinya sama sekali tidak ada daging sapi di pasaran. Sekalinya ada, harganya bisa naik berkali-kali lipat.

Kalau soal kelangkaan sapi ini terkadang juga merupakan permainan dari para cukong tengkulak. Sengaja sapi dibuat hilang agar harganya naik. Kemudian setelah naik, maka harganya enggan turun lagi. Bahkan saat jumlah sapi di pasaran sudah banyak lagi.

Ternak Sapi

Loading...

Terlepas dari polemik sapi demikian, sebenarnya para peternak sapi tidak perlu risau. Sebab, pemerintah Indonesia sebenarnya sudah sangat peduli pada nasib peternak sapi domestik. Mereka selalu berusaha menjaga stabilitas harga sapi dan ketersediaannya di pasar. Sehingga para peternak tak perlu bingung menyalurkan sapinya ke mana.

Di bawah ini adalah cara beternak sapi pedaging yang bisa dicoba, baik oleh pemula maupun profesional:

Menyiapkan Modal

Ternak Sapi Pedaging

1. Modal Uang

Untuk memulai beternak sapi pedaging, alangkah baiknya mengumpulkan modal uang dulu. Sebab jenis sapi ini harganya mahal. Sehingga untuk pembibitan dan perawatan pastilah makan budget yang besar.

2. Modal Ilmu

Cara beternak sapi pedaging butuh ilmu. Tanpa ilmu, mana mungkin seseorang akan sanggup membesarkan dan merawatnya.

3. Modal Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis dalam mengembangbiakkan jenis sapi pedaging pun amat penting dilakukan. Cara beternak sapi pedaging mutlak butuh skill teknis macam ini.

4. Modal Tenaga Kerja

Untuk membuka peternakan sapi pedaging juga dibutuhkan tenaga kerja. Maksudnya adalah karyawan yang akan membantu proses jalannya bisnis ini. Tanpa karyawan, maka owner peternakan tidak akan sanggup mengurus sendiri sapi-sapinya. Dan tenaga kerja ini haruslah yang terampil dan kompeten.

5. Modal Jaringan Sosial

Jaringan sosial maksudnya adalah perkenalan dengan mereka yang sama-sama kecimpung di bisnis ternak sapi pedaging. Bisa pula berarti para oknum di hulu dan hilir penjualan sapi.

Mengadakan Perlengkapan dan Peralatan

Beternak Sapi

6. Penyediaan Lahan Peternakan

Lahan peternakan amat penting saat akan memulai cara beternak sapi pedaging. Lahan yang dibutuhkan untuk membuat peternakan sapi ini tentu saja luas. Butuh pula lapangan untuk menggembalakannya.

7. Mengadakan Sistem Drainase dan Listrik

Sistem drainase adalah sistem pengairan. Amat penting dimiliki tiap peternakan. Begitu pun dengan sistem listrik, amat penting! Semuanya harus terintegrasi dengan baik.

8. Membuat Kandang

Kandang sapi sebaiknya dibuat secara permanen. Cara beternak sapi pedaging akan lancar bilamana kandangnya dibuat 2 macam, yakni kandang untuk sapi yang siap panen. Dan kandang untuk sapi yang belum saatnya dipanen.

9. Menyiapkan Tempat Pemotongan Hewan

Oleh karena ini adalah jenis sapi pedaging, maka harus ada tempat pemotongannya yang khusus. Usahakan memiliki sistem drainase dan pembuangan limbah yang baik.

10. Membeli Berbagai Peralatan Penunjang Ternak Sapi

Cara beternak sapi pedaging juga sebaiknya ditunjang oleh berbagai peralatan yang dibeli baru. Apalagi bisnis peternakan ini kan sifatnya jangka panjang. Barang-baru baru tentu saja lebih terjamin kualitasnya.

Merawat dan Memelihara Sapi Pedaging

Sapi Potong

11. Memberi Pakan Sapi yang Tepat

Jika ingin beternak sapi pedaging, juga harus mampu memberikan pakan yang tepat. Tentunya orientasi pakannya harus pada pembentukan daging dan otot. Agar sapinya besar-besar secara alami, bukan karena disuntik obat macam-macam.

12. Memeriksa Kesehatan Sapi Secara Rutin

Jika sudah memutuskan bisnis peternakan sapi ini, juga harus memperhatikan kesehatannya. Cara beternak sapi pedaging memang kesuksesannya bergantung pada kesehatan sapinya.

13. Membersihkan Tubuh Sapi

Menjaga kebersihan tubuh sapi amat penting agar sapinya higienis kala diolah. Dan bisa terbebas dari segala macam penyakit.

Baca Lagi: 20 Cara Beternak Sapi Perah untuk Pemula dan Profesional

14. Memanen Sapi Disaat yang Tepat

Panenlah sapi disaat yang tepat. Yakni kala usianya sudah matang dan layak dikonsumsi.

15. Usaha Mengawinkan Sapi

Usaha mengawinkan sapi bisa menjadi jalan untuk cara beternak sapi pedaging. Umumnya, sapi hibrida memiliki sifat lebih baik dari indukannya. Karena memang sapi dikawinkan guna mendapatkan keturunan lebih baik.

Memasarkan dan Menjual Sapi Pedaging

Ternak Sapi Potong

16. Membuka Peternakan sebagai Tempat Wisata Edukatif

Cara beternak sapi pedaging selanjutnya adalah membuka peternakannya sebagai tempat untuk wisata edukatif. Wisata peternakan itu peminatnya banyak loh, bila mampu dikelola dan sosialisasi dengan baik.

17. Menjual Sapi Pedaging Pada Distributor

Penjualan sapi juga bergantung pada distributornya. Jika para tengkulaknya ini bagus kinerjanya, maka sapinya akan cepat laku.

18. Menjual Produk Daging Sapi Siap Olah

Para pemilik peternakan sapi juga bisa mengolah produk daging sapi sendiri. Dengan memberi merek tersendiri. Namun ini membutuhkan teknik pengolahan daging sapi yang mumpuni. Agar tidak terkontaminasi bakteri.

19. Menjual Produk Sapi ke Luar Daerah

Penjualan sapi ke luar daerah juga ampuh untuk melejitkan angka penjualan.

20. Mencoba Pemasaran Sapi Melalui Internet

Cara beternak sapi pedaging dapat mengalami puncak kejayaannya bila para pemiliknya sanggup menjalankan internet marketing. Karena sekarang adalah era di mana informasi dan transaksi jual-beli dapat dilakukan via online.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ternak

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top