Advertisements
Connect with us

23 Cara Beternak Kelinci Hias untuk Pemula dan Profesional

Ternak Kelinci

Kelinci

23 Cara Beternak Kelinci Hias untuk Pemula dan Profesional

23 Cara Beternak Kelinci Hias untuk Pemula dan Profesional

Loading...

Cara Beternak Kelinci Hias adalah sebuah usaha mengembang-biakkan kelinci, guna memperbanyak jumlahnya. Spesies kelinci yang dipelihara dalam usaha ternak ini adalah kelinci hias. Yang mana memiliki ciri fisik lucu, cantik dan menggemaskan.

Jenis kelinci yang dikenal oleh manusia hingga sekarang memang adalah kelinci hias dan kelinci lokal (kampung/biasa). Kalau kelinci lokal harganya lebih murah daripada kelinci hias. Peminatnya kini kurang banyak, bahkan hampir tidak ada. Karena semua penggemar kelinci lebih memilih kelinci hias, seperti kelinci Anggora dan Havana.

Ternak Kelinci

Ternak Kelinci

Loading...

Untuk mengetahui cara beternak kelinci hias, mula-mula seseorang harus mengamati dulu para peternak yang sudah berhasil. Pelajari bagaimana mereka mengembang-biakkan binatang lucu ini. Serta jenis apa yang mereka pelihara. Karena pengalaman mereka lebih berharga daripada teoritis belaka soal kelinci.

Berikut adalah 23 cara beternak kelinci hias untuk pemula, bisa dicoba di rumah masing-masing.

Menyiapkan Modal Beternak Kelinci Hias

Cara Beternak Kelinci Hias

Cara Beternak Kelinci Hias

1. Modal Uang

Langkah awal dalam beternak hewan apapun itu menyiapkan modal. Ujung tombak dari segala macam jenis modal yaitu uang. Dengan uang, calon peternak kelinci hias pemula maupun profesional bisa membeli peralatan dan bibit kelincinya.

2. Modal Ilmu

Tanpa ilmu, cara beternak kelinci hias tak ada gunanya. Ilmu di sini tentunya adalah ilmu beternak kelinci hias. Yang bisa didapatkan dari membaca literatur dan belajar dari pengalaman orang lain.

3. Modal Keterampilan

Setelah ilmu, yang selanjutnya tak kalah penting adalah keterampilan. Ini merupakan penerapan dari ilmu secara empiris dan eksperimental melalui praktek langsung. Ketika seorang peternak sudah jago mengenai materi keilmuan teoritis mengenai kelinci dan kelinci hias, maka sudah saatnya terjun langsung dengan praktek.

4. Modal Tenaga Kerja

Tenaga kerja adalah cara beternak kelinci hias yang terkadang terlupakan. Jika ingin besar menjadi pengusaha ternak kelinci, jangan ragu-ragu buat rekrut tenaga kerja (pegawai). Walaupun tugasnya hanya membersihkan kandang dan memberi makan, ini akan menciptakan situasi peternakan yang serius kerjanya dan antusias.

5. Modal Jaringan Sosial Penggiat Kelinci

Jangan remehkan soal jaringan sosial di antara sesama penggiat kelinci. Mereka adalah modal tak ternilai. Tanpa koneksi dan relasi dengan mereka, mustahil bisnis kelinci akan dilirik masyarakat. Karena biasanya orang membeli kelinci langsung di peternakan berdasarkan dari track record dan berita di dalam komunitas kelinci itu sendiri.

Mempersiapkan Peralatan dan Perlengkapan Ternak Kelinci Hias

Jenis Kelinci Hias

Jenis Kelinci Hias

6. Menyiapkan Lahan Peternakan Kelinci Hias

Lahan merupakan sarana yang paling penting dalam cara beternak kelinci hias ini. Untuk keperluan ternak kelinci, sebaiknya lahannya dibuat mirip dengan lapangan. Keuntungannya adalah kelinci hias akan merasa senang dan betah. Sebab, banyak rumputnya.

7. Membuat Kandang Kelinci Hias

Kandang kelinci hias bisa dibuat dengan bamboo, kayu, triplek, alumunium, besi, baja dan logam jenis lainnya. Apapun bisa dijadikan kandang. Asalkan bukan berbahan kertas, karton dan plastik. Karena ini akan lebih repot membersihkannya dan gampang rusak.

8. Menyiapkan Peralatan untuk Makan dan Minum Kelinci

Kalau memang serius dalam beternak kelinci, maka perlu siapkan pula alat makanan dan minum buat kelinci. Yang menunjang kebutuhan peternakan. Karena kelincinya bakalan banyak, jadi makanan dan minuman bisa tersebar rata pada kelinci-kelinci hiasnya.

9. Mempersiapkan Sumber Air untuk Peternakan

Cara beternak kelinci hias yang kadang dilupakan adalah soal sumber air. Padahal air itu sangat vital fungsinya. Sebaiknya siapkan dulu minimal satu sumber mata air. Akan lebih baik bila berwujud sumur.

10. Membuat Ruang Khusus Kelinci Siap Jual

Sebaiknya, ruangan untuk kelinci-kelinci hias yang siap panen (siap dijual) dipisah dari kelinci yang masih perlu dibesarkan lagi. Sebab, supaya nantinya jadi lebih tertata dan mudah diambilnya. Sekaligus untuk pendataan kelinci juga mudah.

Membeli Indukan Kelinci Hias

Peternakan Kelinci Hias

Peternakan Kelinci Hias

11. Membeli Indukan Kelinci Hias

Salah satu langkah penting di dalam cara beternak kelinci hias adalah membeli indukannya. Kalau memang niatnya beternak kelinci hias, maka harus beli berpasang-pasang indukan kelinci dari berbagai jenis kelinci hias. Indukan ini maksudnya adalah sepasang kelinci hias yang bisa dikawinkan dan bakal punya keturunan.

12. Membeli Anakan Kelinci Hias

Untuk kebutuhan peternakan, membeli anakan kelinci hias juga baik. Fungsinya untuk membuat ramai suasana peternakan. Sehingga antusiasme masyarakat calon pembeli jadi tinggi. Apalagi kadang ada orang yang maunya beli anakan kelinci saja.

13. Membeli Kelinci Hias yang Sudah Siap Jual

Nah, khusus untuk kelinci hias yang sudah siap jual. Untuk awal mula membuka peternakan kelinci juga penting juga. Cara beternak kelinci hias pada bagian ini lebih berfungsi sebagai retorika pemasaran. Seolah-olah kelinci yang sudah siap jual itu hasil dari kembang-biak di peternakan tersebut.

Memelihara dan Merawat Kelinci Hias

Memelihara Kelinci Hias

Memelihara Kelinci Hias

14. Memelihara Kelinci Hingga Siap Jual

Cara beternak kelinci hias tidak bisa lepas dari aktivitas memeliharanya hingga siap jual. Butuh proses panjang hingga berbulan-bulan, sebelum kelincinya siap panen. Untuk itu butuh ketelatenan.

15. Merawat Kelinci Supaya Sehat dan Tumbuh dengan Baik

Wujud perawatan kelinci adalah dengan memperhatikan pola makan dan kesehatannya. Jangan sampai kelinci jatuh sakit karena ini akan mudah mewabah menulari kelinci lainnya. Produk keluaran peternakan pun pada akhirnya buruk.

16. Memberi Makan dan Minum Kelinci Hias

Berilah makan dan minum pada kelinci hias secara rutin. Hanya dengan pakan-pakan terbaik. Hindari pemberian sayuran dan buah yang busuk karena ini tidak baik untuk pencernaan kelinci hias.

17. Memberi Obat, Vitamin dan Suplemen Pertumbuhan Kelinci

Untuk masalah obat, vitamin dan suplemen pertumb

uhan kelinci hias terkadang juga terlupakan. Padahal rahasia cara sukses beternak kelinci hias ada pada pemberian ketiganya secara medis maupun herbal.

18. Menjaga Kebersihan Tubuh Kelinci Hias

Jika sudah memulai peternakannya, apalagi jumlah kelincinya banyak. Jangan lupa buat rajin memandikan kelinci hiasnya. Dan memeriksa kesehatan bulu dan kulit kelincinya. Kebersihan tubuh jadi nilai plus yang bisa menaikkan harga jual kelinci, kelak.

Baca Lagi: 20 Cara Membuat Pakan Kelinci Biar Gemuk-Gemuk

Memasarkan Kelinci Hias

Beternak Kelinci

Beternak Kelinci

19. Menjual Kelinci Pada Masyarakat

Output dari cara beternak kelinci hias tentu saja adalah penjualannya. Jenis kelinci hias punya laju penjualan yang tinggi. Permintaannya banyak di pasaran. Jadi jangan khawatir kalau nanti produk peternakan kelinci hiasnya ini tidak laku.

20. Melakukan Promosi dan Branding Kelinci Hias

Kunci lakunya ada pada promosi dan branding. Teruslah berupaya mempromosikan kelinci hiasnya dan kalau perlu branding pula secara internet marketing. Biar pangsa pasarnya makin luas.

21. Mengadakan Pertemuan dengan Komunitas Kelinci

Sangat penting sekali buat gathering dengan komunitas kelinci. Sekadar bertemu saling memamerkan koleksi akan menambah link mengenai klien-klien calon pembeli kelinci.

22. Menggelar Pameran Kelinci

Pameran kelinci juga banyak dilakukan sebagai cara beternak kelinci. Karena biasanya peternakan kelinci ini dikelola oleh UKM (Usaha Kecil Menengah), maka pameran akan jadi ajang yang bagus buat sosialisasi kelinci hias.

23. Melakukan Sharing Ilmu dalam Wujud Seminar atau Workshop Kelinci Hias

Bisnis kelinci hias tidak sekadar menjual kelincinya saja. Namun juga ilmunya. Untuk para peternak kelinci yang sukses, jika memang sudi dan rela. Bagilah ilmu beternak kelincinya dalam wujud seminar dan workshop berbayar! Ini akan menambah jaringan sosial customer sekaligus menambah pundi-pundi uang.

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Kelinci

To Top