Connect with us

16 Cara Ternak Ayam Kampung Umbaran

Ayam Kampung, Ternak Ayam Umbaran

Ternak

16 Cara Ternak Ayam Kampung Umbaran

16 Cara Ternak Ayam Kampung Umbaran

Ternak Ayam Kampung Umbaran merupakan sebuah cara untuk mengembang-biakkan jenis ayam kampung. Seperti diketahui bersama bahwa jenis-jenis ayam itu banyak sekali. Baik yang merupakan ayam ras spesies asli maupun ayam hasil persilangan.

Ayam pun terbagi berdasarkan habitatnya. Ada yang ayam ras lokal asli Indonesia. Ada pula ayam yang berasal dari luar negeri. Umumnya, untuk ternak ayam kampung dilakukan dengan  teknik umbaran.

Cara ternak ayam kampung umbaran yaitu teknik beternak ayam kampung dengan jalan membiarkan ayamnya berkeliaran bebas, tanpa perlu pemantauan tiap saat. Ini adalah cara konvensional yang membiarkan ayamnya bepergian ke sana ke mari, keluar dari kandangnya.

Ayam Kampung, Ternak Ayam Umbaran

Loading...

Meskipun disebut sistem umbaran, tidak berarti ayamnya tidak mendapatkan perlakuan khusus. Perlakuan layaknya beternak tetap ada. Mulai dari membuatkan kandang hingga memberi pakan di jam-jam tertentu.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara ternak ayam kampung umbaran:

1. Memilih Jenis Ayam Kampung

Jenis ayam kampung yang baik untuk beternak haruslah dianalisis di awal. Pilihlah bibit ayam yang memang prospeknya bagus, di daerah di mana peternakan itu berada. Intinya, varietas ayamnya harus berbanding lurus dengan pangsa pasar.

2. Membuat Kandang Berukuran Kecil dan Besar

Kandang amat diperlukan sebagai cara ternak ayam kampung umbaran. Buatlah dua tipe kandang, yang besar dan kecil. Fungsinya untuk memisahkan anakan ayam dengan indukannya. Jadi ayam besar dengan ayam kecil dipisahkan.

3. Menyiapkan Jaringan Listrik

Listrik menjadi sarana vital dalam cara ternak ayam kampung umbaran. Sebab, listrik ini berfungsi untuk menyalakan lampu-lampu yang berada dalam kandang ayam kampung. Lampu kan amat berguna di malam hari sebagai penerangan dan penghangat.

4. Membuat Wadah Makanan dan Minuman

Wadah untuk makanan dan minuman ayam biasanya sudah dijual sepaket. Jadi langsung tinggal pakai saja. Namun untuk cara ternak ayam kampung umbaran dalam skala peternakan besar kerap membutuhkan wadah yang modifikasi dan besar.

5. Meracik Pakan yang Tepat

Racikan pakan yang tepat dalam memelihara jenis ayam kampung akan membuatnya hidup dengan lebih sehat. Pakan ayam racikan ini tentunya dibuat setelah melalui proses pembelajaran dan riset.

6. Mengeksplorasi Lingkungan Kandang

Kegiatan eksplorasi lingkungan kandang dalam cara ternak ayam kampung umbaran ini berguna untuk mengamati bagaimana lingkungan sekitar peternakan. Apakah ketika ayam diumbar, mereka akan aman atau tidak?

7. Membuat Simulasi Keliaran Ayam

Simulasi keliaran ayam maksudnya adalah cara ternak ayam kampung umbaran dalam hal rekayasa lalu-lintas bermain ayam. Ketika ayam diumbar, kiranya mereka akan jalan-jalan ke mana saja? Apakah area bermain ayam ini aman atau tidak?

8. Mengawasi Ayam Kampung

Meskipun menggunakan cara ternak ayam kampung umbaran, bukan berarti sama sekali tanpa pengawasan. Justru umbaran ini membutuhkan pengawasan yang ekstra. Sebab, di sekeliling peternakan tidaklah ada pagar pembatas seperti pada peternakan modern semi intensif.

9. Memberikan Suplemen dan Vitamin Khusus

Untuk cara ternak ayam kampung umbaran selanjutnya adalah pemberian suplemen dan vitamin khusus. Yang mana ini amat dibutuhkan guna memastikan ayam tumbuh dengan sehat. Suplemen dan vitamin ini sebaiknya yang aman-aman saja. Jangan yang aneh-aneh seperti injeksi penggemuk yang bahaya.

10. Mengidentifikasi Ayam

Mengidentifikasi ayam amat diperlukan jika memang menginginkan mekanisme peternakan yang modern yang konvensional. Meskipun umbaran adalah sistem tradisional, namun dalam mekanisme nya alangkah baiknya tetap dilakukan identifikasi terhadap ayam-ayam. Catat mengenai kapan menetas dari telur dan kapan kiranya bisa dipanen.

11. Mencatat Umur Ayam

Umur ayam sangat penting diingat-ingat. Sebab, jika panen nanti sangat ditentukan oleh umur pula. Jangan sampai telat memanen atau justru terlalu dini memanen.

Baca Lagi: 20 Cara Beternak Sapi Pedaging Agar Sukses

12. Memanen Ayam

Cara ternak ayam kampung umbaran tidak lengkap jika tidak disertai bagaimana teknik memanen ayam. Untuk jenis ayam kampung ini, bisa dipanen di tiap umur, asalkan masih kategori muda. Karena kalau ayamnya sudah tua, nanti dagingnya jadi keras.

13. Memotong Ayam Kampung dengan Benar

Peternakan yang baik sebenarnya juga menyediakan jasa layanan potong ayam. Sekaligus cabut bulunya tentunya. Ini harus dilakukan sesuai prosedur kesehatan sehingga mutu dan gizinya terjamin.

14. Menjual Ayam Kampung

Menjual ayam kampung  itu tak kalah penting sebagai cara ternak ayam kampung umbaran. Setelah masa panen, maka segera saja distribusikan ayam-ayam ini. Apalagi jika menjualnya adalah produk ayam potong. Karena kalau tidak cepat, nanti bisa jadi ayam tiren yang bahaya.

15. Melakukan Usaha Branding dan Promosi

Tiap jenis usaha membutuhkan branding dan promosi. Sebagai cara ternak ayam kampung umbaran, jangan lupa branding dan promosi. Manfaatkan media sosial agar lebih efektif.

16. Kerjasama dengan Pabrik Pengolahan Ayam dan Restoran Ayam Kampung

Melakukan kerjasama dengan pabrik pengolahan ayam dan resto ayam pun jadi langkah tepat untuk cara ternak ayam kampung umbaran. Pasalnya, mereka akan selalu membutuhkan ayam kampung tiap harinya.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ternak

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top