16 Cara Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging
Advertisements

16 Cara Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging

Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging

Ternak

16 Cara Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging

16 Cara Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging

Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging adalah cara beternak ayam kampung yang diprioritaskan untuk diambil dagingnya, daripada telurnya. Cara beternak ini diharapkan bisa menunjang pertumbuhan dan kualitas ayam kampungnya. Sehingga ketika panen bisa mencapai nilai yang sempurna. Terutama mengenai bobot tubuh, kesehatan total dan waktu masa panen.

Meski dalam bidang pemanfaatan ayam kampung, tidak ada pembedaan mengenai output panennya. Dalam arti, tiap jenis ayam kampung itu sanggup menjadi ayam petelur sekaligus ayam pedaging. Namun cara ini perlu diketahui oleh mereka yang memang berfokus pada penjualan produk ayam kampung potong pedaging.

Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging

Cara Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging ini secara umum terbagi ke dalam 4 tujuan, yaitu:

  • Untuk meningkatkan kualitas daging ayam kampung potong
  • Demi menunjang kesehatan ayam kampung sehingga layak konsumsi
  • Agar bisa meningkatkan hasil panen
  • Supaya bisa menunjang percepatan masa panen tanpa mengurangi kualitasnya

Agar keempat tujuan utama cara ternak ayam kampung potong pedaging ini bisa sukses. Silahkan simak 16 cara di bawah ini:

1. Menganalisis Pangsa Pasar

Pada dasarnya ayam potong pedaging memiliki pangsa pasar yang luas. Jenis ayam ini bisa menjadi alternatif bisnis yang menjanjikan. Memelihara ayam potong pedaging dalam jumlah banyak bisa memberikan pengalaman bisnis dengan omzet besar dan bukan musiman. Karena tiap hari, permintaan ayam selalu ada.

Loading...

2. Menyiapkan Bibit Ayam Kampung Unggulan

Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging juga mesti selektif terhadap bibitnya. Sebab, bibit ayam ini akan mempengaruhi hasil panen dan tingkat penjualan nantinya. Pilihlah bibit ayam kampung yang memang enak untuk konsumsi. Sebab, ayam kampung potong kan tujuannya untuk dimakan.

3. Mengadakan Eksperimen dengan Beberapa Spesies Ayam

Menentukan ayam kampung terbaik bukan perkara mudah. Apalagi kalau hanya modal pernyataan orang lain. Maka sebagai peternak sejati, alangkah baiknya mengadakan eksperimen. Agar tahu sendiri mana sebenarnya varietas unggulannya.

4. Melakukan Perkawinan Silang Ayam

Perkawinan silang ayam kampung juga menjadi cara Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging. Biasanya untuk meningkatkan jumlah produksi panen dan kualitas dagingnya agar lebih lezat dan besar. Kawin silang ini juga mesti dilakukan dengan sistem trial dan eror, terus-menerus hingga menemukan yang pasti, mana sebenarnya ayam kampung hibrida terbaik.

5. Menemukan Spesies Ayam yang Tepat Dikembangbiakkan

Usai menemukan spesies ayam yang tepat. Maka Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging yang sungguhnya barulah dimulai. Kembangkan jenis hibrida ini. Biasanya masing-masing peternakan punya teknik jitu pengembangan spesies hibrid ini memang.

6. Membuat Kandang Ayam

Pembuatan kandang ayam amat baik dalam Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging. Sebab, kandang inilah yang bakal jadi tempat tidur ayam sehari-harinya.

7. Memilih Sistem Peternakan Terbuka atau Tertutup

Selanjutnya adalah seorang peternak mesti memutuskan dulu. Apakah akan menggunakan sistem pertanian terbuka alias Teknik Umbaran. Atau justru sistem tertutup alias Intensif? Jika memilih peternakan terbuka, maka harus membuat pagar keliling di sekitar peternakan. Sedangkan kalau intensif, maka harus siapkan kandang yang nyaman dan luas untuk ayam. Agar bebas jalan-jalan meskipun dikurung terus.

8. Membuat Rancangan Jadwal Makan Ayam

Rancangan jadwal makan ayam maksudnya adalah rincian mengenai jam-jam berapa saja ayam harus makan. Jadwal makan ini sebainya dibuat secara permanen dan jangan diubah-ubah.

9. Mengidentifikasi Ayam Terkait Umur

Selanjutnya yang mesti dilakukan dalam Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging adalah mencatat umur ayam. Masing-masing ayam harus diberi identitas dan data umur yang valid. Ini akan mencerminkan adanya sistem peternakan yang modern dan profesional.

10. Memeriksa Kesehatan Ayam Secara Rutin

Periksa kesehatan ayam secara rutin menjadi langkah yang cerdas untuk Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging. Apalagi kalau diperiksanya langsung oleh dokter hewan.

Baca Lagi: 17 Panduan Ternak Ayam Kampung Semi Intensif

11. Sering Menimbang Berat Badan Ayam

Sering-seringlah menimbang berat badan ayam. Sebab, terkadang ayam berumur muda yang bobot tubuhnya sudah memenuhi syarat pun sudah bisa dipotong.

12. Memanen Ayam Kampung

Memanen ayam kampung idealnya dilakukan di usia antara 3-5 bulan. Ini ayamnya sudah berukuran besar dan telah memiliki daging yang tebal dan lembut. Kalau panennya kelamaan, nanti tekstur dagingnya bisa keras.

13. Menjual Ayam Kampung

Juallah ayam kampung di peternakan langsung atau melalui distributor agen yang aman mengambil ayam potong tiap harinya. Namun umumnya, penjualan ayam dari peternakan masih dalam kondisi hidup. Untuk mencegah ayam mati dan busuk.

14. Branding dan Promosi Ayam

Sebuah peternakan ayam yang menerapkan Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging secara modern. Maka harus memiliki brand alias merek dagang. Promosi juga wajib dilakukan melalui sosial media atau jalan lainnya.

15. Kerjasama dengan Pihak yang Membutuhkan

Kerjasama dengan pihak lain yang butuh juga merupakan langkah Ternak Ayam Kampung Potong Pedaging yang cerdas. Ada baiknya kerjasama dilakukan dengan shopping shopping mall yang memang memiliki display penjualan daging ayam. Bisa pula dengan para pedagang ayam potong di pasar. Serta restoran-restoran cepat saji.

16. Update Informasi Terbaru Mengenai Harga Jual Ayam Kampung dan Minat Beli Masyarakat

Seorang peternak haruslah update mengenai harga jual ayam kampung tiap harinya. Jangan sampai jadi kurang update. Nanti bisa rugi sendiri menjualnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ternak

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top