Connect with us

18 Cara Ternak Ayam Kampung Petelur

Ayam Kampung Petelur, Telur Ayam Kampung, Ayam Petelur, Ternak Ayam Kampung

Ternak

18 Cara Ternak Ayam Kampung Petelur

18 Cara Ternak Ayam Kampung Petelur

Cara Ternak Ayam Kampung Petelur adalah sebuah panduan bagaimana beternak ayam petelur dari jenis ras ayam kampung. Ini merupakan langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh mereka yang memiliki orientasi penjualan produk telur ayam kampung untuk peternakannya.

Seperti diketahui bersama bahwa salah satu output atau produk dari ayam kampung yakni telurnya. Meskipun jenis telur ini tidak lazim dikonsumsi sehari-hari, tidak seperti telur ayam lehorn. Namun permintaan akan telur ayam kampung di pasaran tidak pernah surut.

Justru jika dipandang secara logis dan ekonomis, budidaya ayam kampung petelur justru sangat menguntungkan. Sebab harga telur ayam kampung itu bisa 2-3 kali lipat dari harga telur lehorn. Meski memang untuk mencari konsumennya mesti pintar.

Ayam Kampung Petelur, Telur Ayam Kampung, Ayam Petelur, Ternak Ayam Kampung

Loading...

Di masyarakat Indonesia sendiri, telur ayam kampung lebih dipandang secara holistik sebagai sebuah obat. Jadi orang mengonsumsi telur ini biasanya karena untuk jamu, obat, atau syarat-syarat pengobatan herbal lainnya. Apalagi ukuran telur ayam kampung yang lebih kecil daripada ayam lehorn, tentu akan membuat masyarakat jadi sedikit enggan memakannya untuk sehari-hari, selain sebatas untuk pengobatan alternatif.

Di bawah ini adalah 18 cara ternak ayam kampung petelur yang bisa dicoba. Panduan ternak ayam di bawah ini disusun berdasarkan sistem peternakan tradisional dan modern.

1. Memilih Bibit Ayam Kampung yang Tepat

Cara ternak ayam kampung petelur mula-mula harus memilih bibit ayam yang tepat. Pilihlah jenis ras yang memang mampu menghasilkan telur banyak. Biasanya, ras ini pun tak menutup kemungkinan merupakan ayam hibrida.

2. Menyiapkan Lahan Peternakan

Lahan peternakan untuk ayam kampung petelur umumnya tidak terlalu luas. Asalkan masih memiliki ruang gerak untuk ayam, di dalam maupun di luar kandangnya. Hindarilah lahan yang dekat dengan rumah warga. Sebab, biasanya para warga akan terganggu dengan kebisingan suara ayam dan kotoran yang dikeluarkan ayamnya.

3. Membuat Kandang

Kandang untuk cara ternak ayam kampung petelur ini bisa dibuat secara sederhana dari jalinan bambu. Namun bisa pula menggunakan triplek dan kayu. Namun akan lebih baik kalau dari rangka besi atau baja.

4. Mempersiapkan Sistem Listrik, Irigasi dan Sanitasi

Listrik digunakan untuk menyalakan lampu yang dipasang di kandang. Irigasi adalah sistem pengairan yang akan berguna sekali untuk memberi minum ayam dan melakukan bersih-bersih peternakan. Sedangkan sanitasi mengarah pada pembuangan limbah dari peternakan ayam.

5. Membuat Pagar Keliling

Pagar keliling sangat penting dibuat. Apalagi kalau peternakannya berada di sekitar pemukiman warga. Supaya ayamnya tidak kabur-kaburan.

6. Menyiapkan Wadah Makanan dan Minuman

Wadah makanan dan minuman untuk ayam kampung petelur bisa dibuat sendiri dengan modifikasi yang sesuai. Namun juga bisa beli langsung jadi.

7. Meracik Pakan Ayam Kampung Petelur

Racikan pakan ayam kampung petelur umumnya mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Campuran dedak, nasi, dan aneka sayuran biasanya sering dipakai.

8. Membuat Jadwal Memberi Makan

Jadwal memberi makan terkadang diabaikan dalam cara ternak ayam kampung petelur. Padahal ini adalah salah satu kunci kesuksesannya. Bahwa memberi makan harus teratur di jam-jam yang sama.

9. Mengatur Jadwal Mengumbar Ayam Kampung Petelur

Penting sekali untuk tiap hari mengumbar ayam beberapa jam. Fungsinya agar ayam tidak stress dan mampu mendapatkan pasokan udara dan cahaya dari alam. Nantinya ini bisa meningkatkan produksi telur.

10. Memeriksa Kesehatan Ayam Kampung Secara Rutin

Periksalah kesehatan ayam kampung secara simultan. Sebuah peternakan yang besar biasanya mengambil jasa seorang dokter hewan untuk rutin check up kesehatan ayam kampung petelur.

Baca Lagi: 10 Jenis Aquarium Bulat, Contoh Model Akuarium Bundar Paling Keren

11. Mengidentifikasi dan Mencatat Umur dan Kondisi Ayam Selalu

Langkah cara ternak ayam kampung petelur yang tak kalah penting juga adalah mengidentifikasi dan mencatat umur ayam, masing-masing. Ini tujuannya agar lebih termenej ayamnya. Sehingga nanti masanya panen lebih gampang.

12. Merancang Jadwal Panen Telur

Jadwal panen telur sebenarnya tidak begitu pasti. Namun begitu ayam kampungnya bertelur. Segera saja ambil telurnya. Namun sebagai sebuah peternakan besar, tentunya ada ilmu khusus agar bisa panen banyak secara serempak.

13. Melakukan Pengecekan Telur dan Sortir

Jika sudah panen telur, maka yang harus dilakukana adalah cek dan sortir. Pilih hanya telur-telur kualitas terbaik.

14. Usaha Mengawinkan Ayam Petelur

Kawin silang ayam kadang dilakukan dalam cara ternak ayam kampung petelur. Tujuannya untuk meningkatkan produksi telurnya.

15. Identifikasi dan Memilah Ayam Kampung Produktif dengan yang Tidak Produktif

Tiap sehabis panen dan selama cara ternak ayam kampung petelur ini dijalankan. Lihatlah bagaimana tingkat produksi telur untuk masing-masing ayamnya. Sebaiknya ayam yang sudah tidak produktif dipisah saja dari kandang dan disembelih untuk jadi ayam potong.

16. Menjual Ayam Kampung

Menjual ayam kampung dan telurnya bisa dilakukan dalam berbagai cara. Mulai dari dropping ke agen. Atau justru agen distributor yang mengambilnya sendiri ke peternakan.

17. Branding dan Self Packaging Telur Ayam Kampung

Peternakan yang bagus selalu memiliki branding dan packaging yang baik atas produk telur ayamnya maupun daging ayamnya.

18. Kerjasama dengan Pihak yang Membutuhkan Telur Ayam Kampung

Kerjasama ini bisa dilakukan dengan mall-mall ritel atau pasar tradisional dan modern. Bekerjasama dengan restoran juga langkah yang cerdas. Supaya tiap harinya produk peternakan selalu bisa terjual.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ternak

Lihat Juga

Perbedaan Kodok dengan Katak
Contoh hewan amfibi diplocaulus
Contoh hewan amfibi
Jenis Ikan Koi, Budidaya Ikan Koi, Ikan Mas Koi
Burung Walet Collocalia vestita
Bekantan
Ayam Serama Sombong, Fakta Ayam Serama
Fakta Tupai Kekes
Fakta Bajing Kelapa
Jenis Tupai, Spesies Tupai, Tupai Endemik
Beda Bajing dengan Tupai
Jenis Bajing, Bajing Hidung Panjang
Harga Ikan Koki, Jenis Ikan Koki
Mitos Ayam Cemani
Harga Ayam Kampung Terbaru Hari Ini
To Top