15 Cara Merawat Cililin Mabung Agar Cepat Tuntas - Hewan.id
Advertisements

15 Cara Merawat Cililin Mabung Agar Cepat Tuntas

Merawat Cililin Mabung

Tangkar

15 Cara Merawat Cililin Mabung Agar Cepat Tuntas

Mabung, mbodol atau ngurak pada cililin pasti terjadi, bahkan di setiap unggas dan sebagian hewan. Merawat cililin mabung mungkin hampir sama dengan perawatan mabung pada burungnya lainnya. Namun ada sedikit perbedaan mengingat cililin adalah burung yang mudah stress, maka tingkat kehati-hatian dalam merawat haruslah kuat. Pertama, jangan sampai mental burung cililin menjadi tidak ada atau drop.

Merawat Cililin Mabung

Mabung merupakan proses pergantian bulu lama ke bulu baru yang lebih kuat, mengkilap, dan kokoh. Pada cililin, mabung merupakan masa-masa sulit dalam perawatannya karena mental dan pikirannya benar-benar sensitive. Khususnya rangsangan karena panas. Panas merupakan masalah paling utama jika sudah mencakup si cililin. Bahkan penjemuran yang terlalu lama dan panas, bisa membunuh cililin.

Sebagai pemilik, hal yang harus Anda lakukan adalah merawatnya dengan baik. Namun pada saat mabung sering kali setingan harian yang biasa Anda terapkan tiba-tiba serasa tak cocok. Hal tersebut wajar dan Anda harus mencoba untuk menyelaraskannya serta membantu proses mabung cililin cepat selesai. Berikut ini adalah tips dalam merawat cililin mabung yang baik dan benar. Salain itu cara ini dapat mempercepat proses cililin susah mabung.

Cara Merawat Cililin Mabung :

1. Tidak Usah Dimandikan

Mandi tidak usah dilakukan pada saat cililin sedang mabung karena bisa menghambat pertumbuhan bulunya. Mandi boleh dilakukan pasca mabung saat tunas-tunas bulu sudah muncul. Namun banyak ahli yang lebih menyarankan untuk dimandikan, namun tidak sering. Seperti 2 kali dalam seminggu sampai masa mabungnya selesai. Gunanya agar tingkat stress cililin tak memuncak karena panas tubuh.

2. Jangan Menjemur Cililin

Pantang menjemur cililin jika sedang mabung. Selain bisa merusak bulu, cililin yang dijemur pada saat mabung bisa meningkatkan birahi hingga tak terkontrol atau over birahi. Maka dari itu, sebaiknya tak usah dilakukan. Penjemuran bisa merusak bulu, mengeringkan bulu, tidak mengkilap, dan lainnya.

Loading...

3. Jangan Biarkan Cililin Banyak Berbunyi

Mabung memang memakan stamina banyak dan membuat burung malas untuk berkicau. Namun ternyata ada juga cililin yang tetap rajin saat sedang mabung. Jangan biarkan, karena pemakaian nutrisi tubuh sangat banyak dan bisa menghambat proses mabung. Untuk mencegahnya bisa melakukan full krodong untuk membuatnya tak berkicau.

4. Kurangi Pemberian EF

EF peningkat birahi tidak boleh diberikan saat sedang mabung karena bisa menyebabkan over birahi. Meski begitu, cililin perlu protein karena saat mabung tubuh burung memakan banyak protein. Cukupi dengan pemberian 16-20% protein sudah sangat cukup dalam persiapan melawan masa mabung.

6. Jangan Sering Dikerodong

Kerodong memang perlu, bahkan sangat perlu untuk membuat cililin banyak istirahat dan membuat masa mabungnya terlewat dengan cepat. Namun jangan sampai terlalu sering mengkrodong karena tidak baik untuk kesehatan burung. Selain itu, hal tersebut juga bisa meningkatkan stress. Krodong boleh dilakukan dalam waktu cukup lama jika dalam hal mendesak seperti yang dibahas pada poin ke-3.

7. Jangan Tempatkan Ditempat yang Ramai

Cililin merupakan burung yang mudah stress, apalagi jika sedang mabung. Jangan coba-coba untuk menempatkan cililin Anda di tempat yang ramai karena bisa memancing emosi si cililin. Jalan terbaik, letakkan cililin Anda di tempat yang sunyi agar cililin bisa berkonsentrasi penuh dalam merontokkan bulu-bulunya.

8. Pembersihan Sangkar dan Kandang

Peletakan tempat yang bagus harus seimbang dengan kebersihkan sangkar atau kandang yang digunakan selama mabung. Sangkar yang kotor bisa membuat burung sakit dan pada akhirnya membuat cililin terhambat masa mabungnya. Pembersihan kandang yang baik adalah minimal satu kali dalam sehari.

9. Konsisten

Jangan mengubah setingan mabung yang Anda berikan karena bisa berpengaruh pada mental si cililin. Pembersihkan kandang juga tak boleh sesuai mood si pemilik saja. Harus tetap konsisten meski memakan banyak waktu karena masa mabung adalah masa-masa sulit untuk si cililin.

10. Pemberian Vitamin yang Tepat

Untuk memenuhi asupan vitamin saat cililin sedang mabung, perlu diberikan multivitamin seperti BirdVit yang cukup. Selain itu, pemberian vitamin juga bisa membuat bulu yang tumbuh nantinya menjadi kuat, kokoh, rapat, dan lebih mengkilap dari sebelumnya. Tentu saja harus diimbangi oleh pemberian makan seperti voer, EF, kroto, buah-buahan, dan lainnya. Vitamin juga bisa didapat dari buah-buahan seperti jeruk, pisang, apel, dan papaya.

11. Memenuhi Asupan Mineral

Berikan BirdMineral atau suplemen multimenral lainnya untuk memenuhi asupan mineral yangi diperlukan cililin semasa mabung. Mineral akan membantu dalam pertumbuhan tulan lebih kuat serta bulu baru yang lebih kokoh nantinya.

12. Pemasteran

Melakuka pemasteran sebenarnya jangan khusus di cililin karena bisa membuat stress si cililin. Namun jika sebelumnya mental cililin sudah kuat dari awal, sebaiknya lakukan pemasteran karena masa mabung adalah fase yang sangat bagus untuk melakukan pemasteran. Pemasteran boleh dilakukan pada masa istirahatnya seperti mulai dari pukul 06.00 sore sampai esok harinya.

13. Berikan Istirahat Penuh

Pada awalnya Anda hanya perlu membersihkan kadang atau sangkar, memberi makan, minum, dan segala keperluan yang penting saat cililin sedang mabung. Namun selebihnya adalah istirahat. Masa mabung merupakan masa yang panjang bagi si cililin, apalagi setiap hari sibuk untuk merontokkan bulunya sendiri.

Istirahat pada burung cililin mabung bukan hanya dimaksudkan tidur pada malam atau siang hari, namun jangan sekali-sekali di ganggu seperti bermain tangan dengannya atau iseng bersiul dengannya. Sebaiknya tak perlu Anda lakukan karena bisa memicu stress tinggi untuk cililin. Jika perlu, setelah pemberian makan dan lainnya lebih baik lakukan full krodong dan digantang agar cililin dapat istirahat dengan full.

14. Pemberian Air Minum

Jangan berikan air minum yang kotor. Berikan air minum yang benar-benar bersih seperti air minum mineral kemasan. Pemberian air sembarangan bisa memicu bakteri untuk merusak tubuh cililin dan berakibat sakit. Ingat juga untuk mengisi air minum cililin jika sudah kosong atau diganti jika sudah terlihat kotor. Hal ini bisa menjadi penghambat cililin mabung dengan cepat.

15. Jauhkan dari Faktor Pengganggu

Burung cilililin yang susah mabung di akibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu karena adanya faktor penggangu. Maka jauhkanlah dari beberapa faktor pengganggu. Contoh salalah satunya yaitu hewan, biasanya kucing, semut dan tikus merupakan pengganggu yang ditakuti burung.

Baca Juga: Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina Paling Akurat

Itu dia pengethuan tentang bagaimana cara merawat cililin mabung yang baik dan benar. Metode di atas bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Tentu saja semuanya memerlukan waktu dan konsistensi yang kuat dalam penerapannya. Khusus untuk perawatan cililin, jangan sampai mentalnya terganggu karena bisa memicu tingkat stress tinggi.

Stress yang tinggi bisa mengakibatkan banyak penyakit bahkan kematian. Bersikap lembut lah pada cililin yang sedang mabung agar mental, stress, maupun birahinya tetap terkontrol baik. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tangkar

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top