Connect with us

15 Cara Merawat Cililin Lomba Agar Juara dan Tampil Maksimal

Merawat Cililin Lomba, Merawat Cililin Sebelum Lomba, Merawat Cililin Setelah Lomba

Tangkar

15 Cara Merawat Cililin Lomba Agar Juara dan Tampil Maksimal

Loading...

Cara merawat cililin lomba agar di arena perlombaan mau tampil secara maksimal. Untuk setingan atau setelan burung cililin lomba itu mudah asalkan kita paham karakter burung tersebut. Cililin terkenal dengan suara melengkung dan tajamnya. Suara burung ini juga sangat rapat, lantang dan tembakan panjang.

Merawat Cililin Lomba, Merawat Cililin Sebelum Lomba, Merawat Cililin Setelah Lomba

Loading...

Cililin umumnya memiliki 2 jenis yang sering ditemukan di Indonesia, hitam di daerah Jawa dan cililin coklat di luar Jawa. Salah satu tujuan penghobby merawat burung ini adalah dengan mengikutkannya lomba. Karena itulah, sebagai penghobby yang baik Anda wajib tahu tata cara merawat cililin lomba yang baik dan benar.

Selain sering diikutkan dalam lomba, cililin juga sering dijadikan burung master untuk memaster banyak burung kicauan seperti cilbek, kacer, kenari, dan lainnya. Perawatan cililin lomba terbilang tidak gampang, mengingat mahalnya keperluan yang dibutuhkan seperti makanan, vitamin, dan lainnya. Karena dikhususkan untuk lomba, ada baiknya Anda lebih memaksimalkan kualitas suaranya karena hal tersebut menjadi penilaian utama dalam arena lomba.

Tentu saja Anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk menjaga terus kesehatannya, jadi tidak hanya terlalu fokus pada suara karena jika burung selalu sehat, tentu performa suara juga akan baik. Dalam merawat cililin lomba, tingkat birahi sangatlah penting. Jangan terlalu tinggi namun jangan terlalu rendah juga karena cililin merupakan jenis burung yang sangat mudah stress. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah bagaimana cara merawat cililin lomba yang baik dan benar serta mudah Anda terapkan di rumah.

Cara Merawat Cililin Lomba :

1. Perawatan Pagi Hari Pukul 07.00

Sebelum melakukan segala aktivitas seperti memandikan, menjemur, memberi makan, dan lainnya, ada baiknya Anda melakukan proses pengembunan dan angin-anginan terlebih dahulu. Pengembunan bisa dilakukan pada pukul 05.00 pagi kemudian pada pukul 07.00 pagi, angin-anginkan sebentar selama 30 menit.

2. Proses Memandikan

Memandikan burung tangkar ongklet boleh dimulai pada pukul 07.00 pagi bisa menggunakan sprayer kemudian disemprot atau menggunakan cara lain yang Anda sukai. Untuk meningkatkan mental burung cililin, Anda boleh melatihnya untuk mandi sendiri di kandang keramba.

3. Pembersihan Kandang

Sembari cililin Anda sedang dimandikan, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihkan kandang atau sangkar yang meliputi kandang itu sendiru, capuk makanan, tempat air minum, dan lainnya.

Sangkar wajib anda perhatikan kebersihan. Kerena jika sangkar cililin yang anda gunakan tidak bersih, maka akan berdampak tidak bagus untuk kesehatannya. Apakah anda pernah melihat cililin lomba menggunakkan sangkar kotor? Pasti juga malu dan gengsi bukan.

4. Pemberian Makanan Segar dan Voer

Setelah membersihkan kandang, isi air minum dengan air mineral yang baru. Capuk makanan juga di isi dengan voer serta buah-buahan segar. Pemberian EF juga disarankan, kalau boleh sedikit ditingkatkan untuk mendongkrak sedikit birahi pada burung agar nantinya dapat gacor dengan kencang di arena lomba. Hal ini baik dilakukan hari-hari sebelum lomba. Tingkatkan menjadi 2 kali lipat dari setingan harian.

5. Penjemuran

Proses penjemuran tak boleh terlalu lama karena cililin bisa mati. Cukup 30 menit sampai 1 jam saja. Namun beberapa ahli menganjurkan menjemur hingga 2 jam, namun berhenti sebelum pukul 10.00 pagi.

6. Angin-Anginkan dan Krodong

Setelah dijemur, cari tempat yang baik kemudian angin-anginkan burung tangkar ongklet sambil dikrodong full. Gunanya untuk memberikan istirahat full pada burung cililin agar nanti di arena lomba dapat berkicau dengan fit.

7. Pemasteran

Pemasteran bisa dilakukan pada siang hari, sekitar pukul 10.00 pagi sampai sore hari yaitu 15.00 sore. Proses pemasteran tangkar ongklet bisa menggunakan alat mp3player yang telah diisikan suara master kemudian di seting medium volumenya agar hanya didengar oleh si cililin saja. Untuk memaksimalkan, lakukan hal yang sama semalaman sampai esok harinya.

8. Mandi dan Angin-Anginkan Sore

Pada sore hari, cililin bisa dimandikan kembali. Setelah dimandikan, angin-anginkan burung agar bulunya kering kembali. Setelah itu, lakukan full krodong kemudian bisa diperdengarkan suara master sampai pukul 18.00

9. Pemberian Jangkrik dan Pemasteran Malam

Setelah mandi dan bulu sudah kering, beri makan si cililin 1 ekor jangkrik. Diamkan kira-kira 15 menit saja, kemudian lakukan pemasteran hingga esok harinya. Pastikan untuk melakukan full krodong agar cililin bisa berkonsentrasi penuh.

10. Setingan Cililin Lomba H-3

3 hari sebelum hari H, lakukan perawatan yang disarankan. Naikkan pemberian makanan EF peningkat birahi menjadi sedikit lebih banyak. Berikan lah 2 ekor jangkrik pada pagi hari dan 2 ekor jangkrik lagi pada sore hari. Jika masih kurang, Anda boleh menambah porsi atau mengganti pakan jangkrik tadi ke pakan EF seperti ulat hongkong, kroto atau cacing tanah.

11. Setingan Cililin Lomba H-2

Setingan makanan dan harian masih sama dengan yang telah dibahas di atas. Bedanya, penjemuran cukup 30 menit saja pada hari tersebut untuk membantu dalam mengontrol birahi si burung. Birahi akan sedikit meningkat, namun pada titik yang telah ditentukan. Mengingat burung cililin adalah burung yang mudah stress, disarankan sebelum lomba jangan dijemur terlalu lama.

12. Setingan Cililin Lomba Hari H

Burung tak perlu dimandikan di rumah. Penjemuran jugak jangan dilakukan, namun jika ingin Anda boleh menjemurnya sekitar 15 menit saja. Di arena lomba, baru dimandikan di sana dan berikan 1 ekor jangkrik untuk mendongkrak birahi si cililin. Setingan ini baik dilakukan 1 jam sebelum di gantang dalam arena lomba. Jangan lupa juga untuk cililin yang masih baru, pastikan sudah terbiasa dan beradaptasi dengan lingkungan arena lomba agar nantinya berkicau dengan baik dan ngeroll.

13. Penanganan Over Birahi

Sering kali cililin akan over birahi jika perawatan Anda salah. Karena cililin akan mudah stress Karena setingan keras yang Anda berikan secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, turunkan birahi ke titik tertentu. Pangkas pemberian jangkrik menjadi 1 pagi hari dan 1 sore hari. Pengembunan wajib dilakukan dan mandilah sesering mungkin. Penjemuran tak terlalu lama dan pemberian cacing 1 ekor dua kali seminggu.

14. Penanganan Cililin Tidak Birahi

Tingkatkan pemberian jangkrik 3 kali lipat, pemberian kroto 3 kali seminggu, mandi dua kali sehari, dipancing dengan cililin betina, dan penjemuran sedikit ditingkatkan durasinya. Namun sebaiknya untuk tidak memberikan setingan yang menunjang secara drastis, lebih baik sedikit demi sedikit.

15. Pemberian Vitamin

Vitamin untuk cililin lomba sangat diperlukan agar nantinya kalau burung digantang bisa kerja secara maksimal. Pemberian vitamin ada baiknya diberikan ketika h-2 sebelum lomba agar kondisi burung bisa seratus persen fit. Untuk takaran pemberian berikan 2 tetes kedalam cepuk air minum.

Baca Juga: Cara Merawat Cililin Bakalan Agar Gacor dan Tidak Mudah Mati

Itu dia tips tentang bagaimana cara merawat cililin lomba yang baik dan benar agar bisa gacor di arena lomba. Perhatikan mental burung tangkar ongklet, jangan sampai jadi drop di arena lomba. Kita tahu karena cililin adalah burung yang sangat agresif. Jadi mental saat lomba harus tetap terjaga.

Selain itu birahi juga harus diperhatikan, ingat burung over birahi akan susah bunyi ketika di gantang. Maka atur birahi cililin agar pas, tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah. Anda juga dapat membaca tips cara merawat cililin lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tangkar

To Top