Connect with us

8 Cara Merawat Cililin Bakalan Agar Gacor dan Tidak Mudah Mati

Merawat Cililin Bakalan

Tangkar

8 Cara Merawat Cililin Bakalan Agar Gacor dan Tidak Mudah Mati

Loading...

Cara merawat cililin bakalan, omyokan, bahan, tangkapan liar atau muda hutan agar cepat gacor dan tidak mudah mati. Bagi Anda yang membeli cililin bakalan di pasar burung, pengetahuan dasar tentang bagaimana cara merawat cililin bakalan yang baik dan benar harus Anda kuasai jika Anda ingin membentuk burung yang benar-benar berkualitas. Cililin terkenal sebagai burung master karena suaranya yang sangat enak didengar. Burung jenis ini memiliki suara khas rapat tajam melengking dengan speed yang cepat.

Merawat Cililin Bakalan

Loading...

Cililin sangat pas dijadikan suara master untuk memaster burung kicauan lain seperti lovebird, pantet, anis kembang, murai batu, kacer, cucak ijo, dan lainnya. Makanan cililin dan perawatan yang baik sangat diperlukan untuk menjaga performa suara. Jika perlu, Anda tingkatkan lagi sampai titik di mana cililin benar-benar mencapai suara terbaiknya.

Burung ini termasuk dalam keluarga gagak, meski secara umum tak terlalu mirip dengan gagak. Cililin memiliki dua warna yaitu coklat dan hitam serta disebut jenis lain sesuai warna bulu. Karena merupakan jenis burung yang sangat sensitive menyangkut mental dan tingkat stress, Anda sangat disarankan untuk tetap menjaga perasaan dan mental si cililin.

Untuk Anda yang baru saja memiliki cililin bakalan, tentu saja akan sedikit bingun bagaimana perawatan pertama yang harus Anda berikan. Mengingkat tingkat stress dari cililin sangat mudah terpancing, tentu saja Anda harus ekstra hati-hati dalam perawatannya. Berikut ini adalah bagaimana cara merawat cililin bakalan yang baik dan benar serta mudah diterapkan.

Cara Merawat Cililin Bakalan :

1. Proses Penjinakkan

Tidak hanya pada cililin saja, semua jenis burung harus melalui yang namanya penjinakkan jika Anda membeli bakalannya. Umumnya setiap burung yang baru mengenal Anda akan giras atau liar. Tentu saja sebelum Anda membeli, harus tahu seperti apa memilih cililin bakalan yang baik dan berpotensi. Penjinakkan boleh Anda mulai dari tempatnya. Cobalah untuk memberikan tempat yang baik, jauh dari hewan-hewan pengganggu agar cililin tak stress.

Ada dua pilihan suasana lokasi yang bagus untuk membantu mengadaptasi cililin, yaitu tempat yang ramai agar terbiasa dengan lingkungan sekitar namun ada juga yang menyarankan untuk ditempatkan di tempat yang sepi agar tak kaget dan cepat beradaptasi. Sepertinya semua tergantung pada Anda dan karakter cililin Anda.

Metode penjinakkan sangat banyak. Namun menurut para ahli cililin, metode yang baik adalah menggunakan prilaku Anda. Sering-seringlah menggunakan tangan Anda dalam setiap kegiatan cililin seperti memberikan makanan, menggodanya, memandikan, dan lainnya. Dengan begitu, secara perlahan cililin akan mulai sadar bahwa Anda bukanlah makhluk yang harus dihindari olehnya.

2. Pemberian pakan

Untuk pakannya beragam. Berikan voer pada pagi hari disertai dengan makanan EF seperti jangkrik atau ulat hongkong. Kadang cililin tak mau makan voer karena tak biasa di tempat tangkarangnya dulu. Jika Anda mengalami masalah ini, cobalah untuk mencari tempat yang sepi dan diamkan selama 30 menit kemudian berikan voer lagi. Jika masih tak mau, cobalah untuk mencampur voer dan kroto kemudian berikan padanya.

Selain voer, ingat juga untuk memberikan makanan EF seperti jangkrik setiap pagi dan sore hari sebanyak 3-4 ekor pagi dan sore. Sebagai pengganti jangkrik, Anda boleh memberikannya ulat hongkong yang juga bisa membantu meningkatkan birahi si cililin. Sebagai makanan tambahan, Anda boleh memberikannya makanan buah, biji-bijian, dan sayuran.

Pastikan juga untuk memenuhi asupan BirdVit dan BirdMineral untuk burung karena bisa membantu dalam membentuk tulang dan memenuhi asupan vitamin si cililin. Untuk membuatnya jinak, berikan makanan menggunakan tangan Anda, khususnyak dalam pemberian perut jangkrik.

3. Pengembunan dan Angin-Anginan

Pengembunan dan diangin-anginkan sangat bagus untuk kesehatan si cililin bakalan. Proses pengembunan boleh dilakukan antara pukul 5.00 pagi sampa 5.30 atau 6.00 pagi. Sebelum dimandikan, pastikan untuk diangin-anginkan terlebih dahulu agar burung lebih fresh.

4. Memandikan Burung

Jika masih giras, mandikanlah menggunakan tangan Anda. Dengan cara taruh burung di wadah dengan air sedang kemudian usap secara perlahan dengan tangan sampai basah dan bersih. Hal ini akan membuat burung tahu kalau Anda adalah tuan yang baik. Memandikan juga bisa menggunakan sprayer dan langsung disemprot dari luar sangkar saja.

Memandikan bisa dilakukan 1 atau 2 kali dalam sehari untuk membuat burung benar-benar bersih. Mandi sering juga menjadi salah satu cara menurunkan birahi burung jika terlalu tinggi (Over birahi). Untuk masa mabung, sebaiknya cililin jangan dimandikan untuk sementara waktu.

5. Proses Penjemuran

Menjemur burung sangat penting karena membantu dalam meningkatkan birahi dan merontokkan para kutu yang ada pada bulu burung. Namun perlu diperhatikan karena hal ini sangat penting. Cililin tak boleh dijemur sampai berjam-jam dengan suhu panas. Cukup jemur cililin sekitar 15 menit sampai 30 menit saja untuk setiap harinya.

Resiko tertinggi yang bisa diakibatkan jika menjemur cililin lama hingga berjam-jam adalah kematian karena cililin merupakan jenis burung yang sangat sensitive. Untuk masa mabung, penjemuran bisa sedikit ditingkatkan menjadi 40 menit karena akan sangat membantu dalam mempercepat proses mabungnya. Penjemuran yang baik bisa dilakukan mulai dari pukul 8.00 pagi, atau di bawah pukul 11.00 siang.

6. Pembersihan Kandang atau Sangkar

Sangkar menjadi rumah untuk cililin, karena itulah sangkar harus benar-benar bersih. Rutinlah untuk membersihkan sangar setiap hari, jangan sampai membuat kotoran menumpuk dan menyebabkan banyak bakteri. Sangkar kotor bisa mengakibatkan burung sakit mencret atau diare.

7. Pemasteran

Untuk tetap menjaga suara burung cilikan tetap bagus, rutinlah untuk melakukan pemasteran padanya. Proses ini bisa dilakukan pada saat pagi hari, siang hari, sampai malam hari. Jika baru Anda beli bakalannya disarankan untuk tidak dimaster terlalu lama karena akan membuat burung merasa tak nyaman. Jika beberapa hari berlalu, cobalah untuk memaster burung dengan durasi lama seperti semalaman mulai dari pukul 6.00 sore sampai esok harinya.

8. Memberikan Multivitamin

Vitamin sangat penting sekali untuk burung, termasuk juga cililin. Karena dengan adanya supan vitamin membuat burung bakalan selalu dalam kondisi vit. Untuk vitamin sendiri ada juga harus memberikannya pada minuman burung cililin tersebut. Berikan seminggu 2 sampai 3 kali. Jika tangkar ongklet dalam kondisi vit maka akan tejaga dari beberapa serangan penyakit.

Ingat yang anda berikan vitamin, bukan doping penggacor cililin. Jika doping yang anda berikan dan tidak sesuai takaran maka cililin bakalan akan mati.

Baca Juga: Cara Memilih Cililin Bakalan Prospek dan Calon Juara

Itu dia tips tentang bagaimana cara merawat cililin bakalan atau omyokan yang baik dan benar serta mudah diterapkan di rumah Anda. Mental menjadi masalah utama, karena itulah Anda harus benar-benar hati-hati jangan sampai mental burung cililin bakalan menjadi rusak. Cililin jinak saja jika dibentak sedikit pun bisa menjadi giras, apalagi jika cililin tersebut masih baru Anda beli dari penangkar burung. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tangkar

To Top