Connect with us

16 Cara Menjinakkan Cililin Dalam Waktu 1 Minggu

Cara Menjinakkan Cililin, Cililin Jinak, Cililin Coklat, Cililin Hitam

Tangkar

16 Cara Menjinakkan Cililin Dalam Waktu 1 Minggu

Loading...

Cara menjinakkan cililin bakalan, liar, muda hutan dan bahan dengan mudah dalam Menjinakan merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat burung mengalami yang namanya giras atau galak. Cililin menjadi burung yang susah-susah gampang untuk dijinakkan, apalagi tingkat stress yang tinggi membuatnya kadang susah untuk dijinakkan. Sebagai pemilik dari burung ini, cara Menjinakkan cililin menjadi pengetahuan dasar yang harus Anda tahu.

Cara Menjinakkan Cililin, Cililin Jinak, Cililin Coklat, Cililin Hitam

Loading...

Ada tiga golonga yang alaminya mengapai bisa menjadi giras atau galak. Pertama berasal dari hutan, dan kedua berasal dari bakalan, yang ketiga adalah perubahan emosi secara mendadak dari normal menjadi tiba-tiba galak. Semua permasalahan tersebut bisa Anda atasi dengan perawatan yang baik. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah melatih dan menenangkan mental si burung. Untuk cililin bakalan dan tangkapan hasil hutan, perlu penanganan yang lebih ekstra dan bagaimana Anda memperkenalkan pada lingkungan dan diri Anda.

Penyebab giras secara tiba-tiba bisa disebabkan karena perawatan Anda yang salah. Bisa jadi Anda terlalu meningkatkan birahinya sehingga over birahi. Bisa juga dari factor kenyamanan seperti sangkar, lokasi digantang, atau setingan harian Anda yang kurang cocok untuk cililin. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana cara dalam Menjinakkan cililin yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah.

Cara Menjinakkan Cililin:

1. Proses Memandikan

Mandi sebaiknya dilakukan dengan dua cara dalam keadaan cililin sedang giras. Pertama, mandikan dengan cara disemprot karena akan memberikan rasa aman. Kedua, memandikan dengan cara memegang agar memberikan kesan yang baik dari Anda kepada si cililin. Namun untuk yang kedua, sebaiknya dilakukan oleh orang yang terbiasa memegang burung agar cililin Anda tak terluka.

2. Pemberian Jangkrik Pasca Mandi

Setelah mandi, cililin akan basah kuyup. Di saat itu juga, berikan satu ekor jangkrik menggunakan tangan Anda. Dengan trik ini Anda dapat memberikan pengertian pada si cililin bahwa selain Anda memandikannya dengan baik, tapi juga memberikan makanan untuknya.

3. Posisi Sangkar Sedikit Rendah

Jika cililin Anda termasuk burung yang baru saja Anda beli atau baru saja dirawat oleh Anda, lakukan pengadaptasian. Salah satunya dengan cara menggantang sangkar sedikit lebih rendah. Gunanya untuk memperlihatkan lokasi sekitar pada cililin giras Anda.

4. Lokasi yang Aman, Bersih, dan Sepi

Pastikan lokasi yang Anda berikan jauh dari hewan pengganggu seperti tikus, kucing, anjing, atau bahkan burung sejenisnya. Jangan tempatkan pada tempat kotor dan panas atau dingin karena bisa membuat cililin sakit dan mati. Tempatkan juga di tempat yang sunyi agar mudah untuk beradaptasi. Jika Anda menggantangnya, jangan terlalu rendah. Kira-kira 1 setengah meter dari lantai sudah cukup agar tak terganggu dengan hewan-hewan yang siapa tau bisa masuk meski tempatnya serasa sudah aman.

5. Penempatan Malam Hari

Berbeda dengan siang hari, pada malam hari sebaiknya letakkan di lantai rumah dengan orang ramai. Gunanya untuk mempercepat proses penjinakkan. Tentu saja semuanya tergantung pada karakter cililin. Jika cililin merasa tak suka seperti terlihat takut, sebaiknya tak perlu dilakukan dan lakukan hal tersebut secara perlahan, jangan mendadak.

6. Jangan Tempatkan pada Tempat yang Sama dengan Burung Giras

Untuk tidak memancing girasnya keluar lebih ganas, sebaiknya jangan ditempatkan pada satu tempat sama si burung giras juga. Jika melihat, tentu saja cililin Anda akan ikut galak karena birahinya bisa terpacu secara drastic.

7. Gantang Burung Jinak Disebelahnya

Menggantang burung giras didekat cililin Anda jangan dilakukan, tapi tidak apa jika burung tersebut jinak. Dengan memperlihatkan kejinakan si burung tersebut, secara perlahan bisa membuat cililin ikut-ikutan untuk jinak juga. Untuk memaksimalkan, pastikan untuk si cililin giras Anda melihat bagaimana Anda memberikan makanan pada burung yang jinak tersebut.

8. Penggunaan Sangkar Ukuran Sedang

Saat dalam masa penjinakkan, sebaiknya gunakan sangkar yang ukurannya sedang. Gunanya agar cililin terbatas gerak geriknya supaya tak mudah kelelahan. Biasanya cililin giras saat didekati akan terbang ke sana ke sini, sangkar sedang bisa membuat cililin tak terlalu banyak bergerak yang bisa menguras tenaganya.

9. Gunakan Tangkringan Tunggal

Banyak orang yang berpikir menggunakan dua tangkringan bisa membuat cililin cepat jinak, namun faktanya hal itu tak terlalu berpengaruh. Tangkringan tunggal menjadi pilihan yang tepat dalam perawatan cililin yang giras. Jika menggunakan dua, cililin cenderung bebas dan sangat susah di atur.

10. Memberikan Pasangan

Cobalah untuk memberikan pasangan lawan jenis yang sudah sangat jinak. Saat sesudah mandi tepatnya sedang basah kuyup, tempelkan si giras dengan burung betina yang jinak tadi. Untuk lebih memaksimalkan, Anda dapat memberikan jangkrik langsung dari tangan Anda agar cililin dapat jinak dengan cepat. Anda juga boleh sedikit menggoda cililin betina seperti memancingnya untuk datang ke tangan dan mematuknya. Pastikan si cililin giras jantan melihat kalau Anda adalah tuan yang baik.

11. Menggunakan Kata-Kata

Seringlah menggunakan suara Anda jika sedang berhadapan dengan cililin giras. Dengan demikian, perlahan cililin akan lunak dan jinak. Khususnya panggilan seperti bersiul, selamat pagi, dan lainnya akan membuat cililin cepat jinak.

12. Bermain Tangan

Tidak hanya memberikan jangkrik atau pakan menggunakan tangan secara langsung, teknik bermain tangan pada cililin sangat banyak. Bisa mengelus-elus kepala, mengelus bagian bawah paruh, sayap, ekor, dan lainnya. Dengan begitu, cililin akan jinak. Semakin lama Anda bermain tangan dengan cililin, semakin tinggi proses penjinakan berhasil.

Jika Anda sering bermain tangan dengan cililin kesayangan, Anda bahkan bisa bermain di luar sangkar tanpa takut cililin kabur dari Anda. Tentu saja tingkat jinaknya sudah sangat bagus. Jika tak mau ambil resiko, Anda boleh melatih cililin keluar dari sangkar di ruangan tertutup, tidak di luar ruangan tanpa adanya pembatas.

13. Berprilaku Baik

Jangan membentak, membentur, dan lainnya ketika cililin masih giras. Maka dari itu, Anda sangat perlu sifat sabar dalam berhadapan dengan cililin giras karena bisa memakan waktu yang lama, bahkan berbulan-bulan.

14. Memelihara Sejak Masih Anakan

Cara paling mudah dalam menjinakkan burung yaitu sudah dirawat sejak trotolan atau anakan. Karena biasanya burung yang dipelihara dari trotolan atau anakan akan lebih mudah membuatnya jinak. Bahkan kita tidak usah menjinakkan burung tersebut bisa jinakdengan sendirinya. Hal tersebut berbeda terbalik dengan kita merawat burung dari hasil membeli bahan atau bakalan di pasar, maka burung akan sulit untuk jinak.

15. Meletakkan di tempat Ramai

Salah satu cara dalam menjinakkan burung cililin yaitu dengan cara meletakkan di tempat yang ramai dilalui oleh orang. Anda bisa menempatkan di pinggir jalan, depan rumah, ruang tamu dan lainnya. Coba lakukan cara tersebut dalam waktu satu minggu dan amati perubahannya.

16. Sering Diajak jalan Jalan

Jika anda memiliki banyak waktu luang, maka cara terbaik untuk menjinakkan cililin yaitu dengan sering mengajak jalan-jalan. Selain burung mejadi jinak, cara ini juga dapat mengasah mental burung tersebut.

Baca Juga: Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina Paling Akurat

Itu dia tips tentang bagaimana cara menjinakkan cililin yang baik dan benar serta bisa Anda terapkan dengan mudah. Dalam menjinakkan burung yang terpenting jangan membuatnya jadi stres, apa lagi burung tesebut masih bahan atau bakalan. Stres pada cililin juga dapat menyebabkan kematian. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tangkar

To Top