Connect with us

20 Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Stres dengan Mudah

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Cililin Stres

Tangkar

20 Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Stres dengan Mudah

Loading...

Stres pasti akan dialamin oleh setiap burung, termasuk juga cililin. Akan tetapi jika anda paham penyebab dan cara mengatasi cililin stres maka tidak perlu khawatir. Cililin merupakan jenis burung yang sering digunakan dalam memaster burung. Burung jenis ini memiliki suara yang rapat, kencang, dan berdencing kuat. Pada umumnya, cililin termasuk burung yang mudah sekali terpancing oleh stres. Bahkan bisa mengakibatkan cililin mati. Stres bisa jadi penyebab utama dan Anda sebagai pemiliknya, harus tahu bagaimana mengatasi cililin stres.

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Cililin Stres, Penyakit Burung, Masalah Burung

Loading...

Cililin tidak termasuk burung petarung namun memiliki suara tembakan yang kencang nan rapat. Karena itulah banyak sekali yang menggunakan burung ini sebagai salah satu burung master karena mampu membuat potensi burung lain terkuak karena kemampuan cililin. Kematian cililin memang sering ditemukan dalam perawatannya. Bukannya cililin adalah burung yang manja, tapi kesalahan dalam perawatan bisa saja menjadi masalah utama.

Cililin yang mengalami stres sangat penting untuk Anda urusi, kalau perlu, hal itu menjadi hal utama dalam perawatan Anda. Stres juga menjadi salah satu penyebab utama kematian. Selain stres, dehidrasi, tak mau makan, sakit, dan lainnya juga bisa membuat cililin mati. Meski terdengar hal yang spele seperti sakit atau kurang minum, mengingat cililin adalah burung yang mudah sekali mati.

Penjemuran juga perlu Anda perhatikan. Banyak kasus yang menyebabkan cililin mati adalah penjemuran yang terlalu lama karena cililin adalah jenis burung yang tidak tahan panas. Berikut ini adalah bagaimana cara merawat dan mengatasi cililin stres yang baik dan benar beserta penyebabnya.

Penyebab Cililin Stres :

1. Penjemuran yang Terlalu Lama.

2. Birahi yang terlalu tinggi.

3. Perawatan yang salah.

4. Tidak mau makan voer.

5. Pemberian pakan yang terlalu berlebihan.

6. Air minum yang terlalu kotor.

7. Lokasi yang tidak baik.

8. Tidak nyaman dengan kandang atau sangkarnya.

9. Birahi yang rendah.

10. Sakit.

Jika ada sudah tahu apa saja ciri-ciri serta faktor yang menyebabkan cililin tampak kurung fit “stres”. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cililin stres dengan cepat.

Cara Mengatasi Cililin Stres:

1. Mengontrol Birahi Burung Cililin

Birahi tinggi dan birahi terlalu rendah bisa membuat cililin stres. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengontrol birahi si cililin. Jika terlalu tinggi, turunkan dengan pemangkas pemberian EF, taruh di kandang umbaran, tingkatkan mandi, dan kurangi penjemuran. Selain itu, pemberian EF penurun birahi juga sangat perlu.

Sedangkan untuk mengatasi cililin yang rendah, Anda boleh meningkatkan pemberian EF peningkat birahi, tingkatkan sediki penjemuran, mandi cukup 1 – 2 kali sehari, dan pemberian kroto yang cukup. Tentu saja harus diimbangi dengan perawatan tambahan lainnya yang baik.

2. Pemberian Pakan Sewajarnya

Pemberian pakan yang terlalu banyak untuk burung cililin bisa membuat burung menjadi stres. Akibat terparahnya adalah obesitas karena terlalu banyak makanan yang di makan. Meski makan sangatlah baik untuk kelangsungan hidup cililin, namun banyak kasus makan berlebihan membuat cililin mati. Pemberian yang baik bisa Anda cari setingannya. Boleh dimulai dari pemberian porsi kecil, jika masih tak cukup tingkatkan sedikit demi sedikit.

3. Penempatan yang Baik

Jangan tempatkan di tempat yang basah atau terlalu panas. Cukup di tempat yang bersuhu normal. Menempatkan sangkar cililin di tempat yang bersuhu rendah akan membuat cililin stres, sakit dan mati. Begitu juga sebaliknya, jangan tempatkan di tempat yang panas karena bisa membuat burung kepanasan dan akhirnya mati.

4. Rutin Ganti Air dengan Air Bersih atau Mineral

Cililin bisa stres karena air minum yang tak bersih. Selain itu, air minum kotor bisa membawa kotoran yang bisa membuat cililin menjadi sakit dan stres yang bisa berujung kematian. Air yang baik untuk cililin adalah air yang sudah dimasak atau air mineral kemasan.

5. Kandang atau Sangkar yang Nyaman

Sering kali tiba-tiba cililin menjadi terlihat stres. Hal ini bisa disebabkan karena kurang nyaman terhadap tempat tinggal yang dimilikinya. Jika Anda baru saja mengganti sangkar dan terlihat sedikit perbedaan tingkah laku pada cililin, bisa jadi hal tersebut menjadi penyebab utaman.

Untuk mengatasinya, sebaiknya sangkar baru di setting sama dengan sangkar lama. Baik itu tinginya tangkringan maupun ukuran yang disukai. Kebersihan kandang atau sangkar juga menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Bersihkan tiap hari termasuk capuk makanan dan tempat air minum.

6. Jangan Menjemur Terlalu Lama

Akibat dari menjemur terlalu lama bisa mengakibatkan cililin stres dan bahkan bisa mati. Pada umumnya jika kepanasan, cililin akan terlihat lemah dan secara perlahan akan mati. Penyebab semua itu karena penjemuran yang terlalu lama mencapai 4 sampai 5 jam sehari. Pada burung lain biasanya cukup dijemur selama 1 sampai 2 jam saja, namun khusus untuk cililin, durasi penjemuran yang baik adalah 15 sampai 30 menit saja untuk setiap harinya.

7. Angin-Anginkan Terlebih Dahulu

Saat selalu ingin melakukan hal-hal seperti mandi, menjemur, dan memberi makan, ada baiknya di diamkan terlebih dahulu atau diangin-anginkan. Dengan begitu, cililin bisa isitrahat sebentar kemudian melakukan aktivitas lagi. Selain itu, dengan diangin-anginkan terlebih dahulu bisa membantu dalam menurunkan stres.

8. Pengembunan

Pengembunan yang baik dilakukan pada pukul 05.00 pagi. Saat itu, udara sangat dingin dan membantu dalam merawat tingkat stress cililin. Pengembunan juga berfungsi untuk menurunkan birahi jadi cara ini juga patut Anda coba jika cililin Anda over birahi. Durasi pengembunan tergantung Anda, disarankan sekitar 30 menit saja agar cililin tak terlalu kedinginan karena bisa membuatnya menjadi stres.

9. Memandikan

Mandi bisa membuat pikiran burung cililin lebih plong karena sejuk yang ia rasakan. Disamping itu, bulu akan lebih indah dan rapi serta dengan mandi bisa membuat tubuh cililin lebih bersih.

Dengan tubuh yang bersih membuat burung merasa segar serta akan terhidar dari penyakit atam masalah burung stres. Namun jangan lupa untuk membersihkan sangkar, karena jika sangkar kotor juga dapat menimbulkan penyakit dan membuat burung tambah stres.

10. Penanganan yang Baik

Karena cililin adalah burung yang sangat lemah apalagi sudah menyangkut mental, cara mengatasi oleh Anda jangan asal-asalan. Salah sedikit bisa membuat stress cililin makin bertambah. Hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan selama penanganan mengatasi cililin stress adalah membentak, terlalu banyak menggoda, benturan, dan terlalu perhatian.

Baca Juga: Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina Paling Akurat

Itu dia tentang pengetahuan bagaimana cara mengatasi cililin stress yang baik dan benar. Istirahat menjadi nomor satu karena dengan begitu, stress cililin bisa menurun. Dalam keadaan stress sebaiknya pemasteran tak perlu dilakukan terlalu lama dan sering karena bisa mengganggu burung untuk istirahat full. Lakukan full krodong juga untuk membantunya cepat tidur dan fit keesokan harinya. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tangkar

To Top