> > 8 Cara Memilih Cililin Bakalan Prospek dan Calon Juara - Hewan.id
Connect with us

8 Cara Memilih Cililin Bakalan Prospek dan Calon Juara

Memilih Cililin Bakalan, Cililin Bahan, Cililin Ombyokan, Cililin Muda Hutan

Tangkar

8 Cara Memilih Cililin Bakalan Prospek dan Calon Juara

Cara memilih cililin bakalan, omyokan, bahan, tangkapan liar atau muda hutan yang prospek dan calon juara. Cililin atau Tangkar ongklet (Platylophus galericulatus) menjadi salah satu burung yang sangat banyak dipelihara oleh penghobbi. Burung cililin juga memiliki ciri khas suara yang rapat serta unik dan sering digunakan untuk masteran murai batu, cucak ijo, sulingan dan lainnya. Karena itu lah banyak sekali yang mencoba untuk membeli bakalan burung cililin. Namun sebelum berangkat untuk membelinya ke pasar burung atau di mana pun, sebaiknya Anda harus tahu bagaimana cara memilih cililin bakalan yang baik dan berpotensi baik dalam hal suara dan kesehatan.

Memilih Cililin Bakalan, Cililin Bahan, Cililin Ombyokan, Cililin Muda Hutan

Cililin biasanya memiliki bulu berwarna coklat atau hitam dengan variasi yang sederhana. Jadi jika memandingkan mana jantan mana betina dari segi bulu sepertinya sedikit susah. Burung ini juga disebut sebagai Crested Jay dan merupakan anggota burung gagak. Tapi dilihat dari manapun, cililin tak terlalu mirip dengan gagak. Meski termasuk jenis gagak, suaranya sangat berbeda dengan gagak pada umumnya, lebih mirip dengan kompresor yang sedang dinyalakan.

Dalam perawatan cililin sebenarnya cukup mudah. Burung jenis ini termasuk burung yang cerdas, mampu menerima segalanya dengan cepat. Maka dari itu, tak banyak keluhan dari para penghobbi cililin yang menemukan burungnya tak mau gacor atau macet dalam berkicau. Tentu saja untuk mendapatkan cililin rajin berkicau harus melalui perawatan yang baik.

Bagi Anda yang ingin memulainya dari cililin bakalan, Anda harus tahu ciri-ciri yang baik dalam memilih cililin bakalan. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih cililin bakalan yang baik dan benar.

Cara Memilih Cililin Bakalan :

1. Perhatikan Jenis Kelamin

Burung memiliki dua jenis kelamin yang jantan dan betina. Pemilihan tergantung dari sang pembeli dan tujuan apa yang ingin dicapainya. Untuk ternak cililin, tentu keduanya haruslah dimiliki dan pastikan sehat dengan birahi bagus. Sedangkan untuk keperluan harian dan lomba, sebaiknya pilih yang jantan karena sangat bagus dalam hal suara. Tentu saja jika Anda ingin mencoba menternaknya sendiri di rumah, beli juga cililin betina.

Loading...

2. Pilih Burung yang Sehat

Cililin sehat bisa dilihat dari sisi fisik si cililin. Pastikan untuk memilih bentuk fisik yang lengkap dan tidak cacat. Selain itu, pilih yang terlihat semangat, tidak terlihat lesu, dan lincah bergerak ke mana-mana. Jika Anda tak menemukan ciri-ciri yang disebutkan, bisa jadi cililin tersebut sedang sakit atau memiliki riwayat kesehatan yang buruk. Jika demikian jangan dipilih karena bisa merugikan nanti dalam fase perawatan.

3. Pilih Burung yang Bermental Kuat

Mental yang kuat bisa membuat cililin juga kuat jika tiba-tiba ditimpa oleh setingan yang berat. Biasanya ciri dari cililin yang memiliki mental baik adalah selalu lincah, jika didekati tak terlalu menjauh, dan jika Anda ulurkan tangan, cililin akan perlahan mendekat. Jangan lupa juga untuk memerhatikan seperti apa nafsu makannya. Pada umumnya, burung yang bermental baik memiliki nafsu makan yang tinggi atau minimal normal.

Namun sering kali cililin yang dicari tak bermental kuat. Maka dari itu, pilihlah cililin yang terlihat biasa-biasa saja atau normal. Untuk masalah mental dan kesehatan, bisa Anda tingkatkan dengan sedikit perawatan di rumah Anda.

4. Bentuk Kepala yang Besar, Kotak, dan Jambul Tinggi

Salah satu ciri dari cililin adalah memiliki jambul pada kepalanya. Hal ini juga menjadi patokan dalam memilih mana jantan dan betina. Pada umumnya, jantan memiliki jambul yang sedikit lebih panjang dengan kepala besar dari betina. Untuk betinanya sendiri, biasanya kepalanya lebih kecil dari si jantan baik ukuran dan panjangnya jambul.

Untuk jantan, pilihlah cililin yang memiliki bentuk kepala yang besar dan sedikit berbentuk kotak atau bundar besar. Pilih juga cililin yang memiliki jambul sedikit panjang dan tebal. Biasanya ciri tersebut menandakan cililin jantan yang sangat sehat dan memiliki kicauan yang indah. Warna pada kepala juga harus diperhatikan. Pilihlah warna bulu kepala yang memiliki coklat cerah atau coklat tua dengan warna yang tegas.

5. Bintik Putih pada Alis Mata

Pilihlah bintik putih pada alis mata cililin yang lebih kecil atau bintik-bintik kecil. Dengan ciri tersebut, bisa disimpulkan bahwa itu adalah cililin jantan dengan potensi yang baik. Untuk betina, terlihat bintik putih yang lebih besar. Selain itu, pilih warna bulu yang tegas dan tajam di area kepala khususnya bintik khas ini.

6. Badan Tegak dan Proposional

Badan cicilin yang bagus adalah tegak, dada membusung ke depan, dan serasi antara ekor, kepala, dan kaki. Jika Anda menemukan ciri tersebut kemudian disandingkan dengan patokan dalam hal mental dan kesehatan, maka cililin seperti itu sangat patut Anda beli. Tentu saja harus melalui tahap yang benar-benar diperhitungkan.

Jangan pilih cililin yang memiliki bentuk tubuh jelek dan terlihat loyo. Biasanya jika ditemukan begitu, cililin tersebut telah mengalami kecacatan sebelumnya dan tentu saja akan sedikit kurang baik untuk di rawat. Pastikan juga untuk melihat bagian detail lainnya seperti paruh. Pilihlah paruh yang terlihat sedikit panjang, tebal, dan terlihat kuat.

7. Suara yang Rapat dan Berdencing Kuat

Perhatikan bagaiman cililin berbunyi. Pilihlah yang memiliki suara rapat dan sering berbunyi. Normalnya, suara cililin sangat rapat jadi hal ini sudah sangat wajar untuk dijadikan patokan memilih cililin bakalan yang baik dan berpotensi. Selain itu, pilihlah yang memiliki volume suara besar dan berdencing kuat. Tentu saja frekuensi waktu juga perlu diperhatikan. Pilihlah burung yang memiliki kebiasaan berbunyi sering karena hal itu sangat baik untuk dilakukan perawatan nantinya.

Selain itu, ada hal dalam bidang suara yang membedakan mana yang berpotensi baik dan mana yang tidak. Cililin yang berkicau rapat dan cenderung lebih panjang sangat berpotensi baik dibandingkan dengan kicauan yang putus-putus dengan durasi lama atau rapat dan mendecit namun durasi pendek. Selain itu, pilih juga cililin yang memiliki suara sedikit kasar atau serak namun tak berlebihan.

8. Pehatikan Kesehatan

Hal yang utama dalam memilih cililin atau tangkar ongklet ombyokan yang di beli dari pasar yaitu kesehatan. Kesahatan merupakan hal yang utama jika ingin membeli salah satu bagian dari jenis cililin tersebut. Maka disaran kan untuk membeli serta memilih cililin bakalan yang sehat. Percuma jika membeli burung dari pasar tidak sehat, maka sampai rumah pasti akan mati dalam hitungan hari.

Itu dia tips tentang bagaimana cara memilih cililin bakalan yang baik dan benar. Setelah melakukan pemilihan dan membelinya, hal yang harus Anda lakukan adalah merawat cililin dan membentuk mental dan suaranya. Namun sebelum itu, Anda sangat wajib untuk melakukan penjinakkan karena biasanya cililin yang di beli (Bakalan) sangat giras atau liar. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tangkar

To Top