Connect with us

9 Cara Melatih Cililin Makan Voer Dalam 1 Minggu

Melatih Cililin Makan Voer.Cililin Hitam,Cililin Gacor, Cililin Tembakan Panjang

Tangkar

9 Cara Melatih Cililin Makan Voer Dalam 1 Minggu

Loading...

Cara melatih cililin makan voer dengan mudah dan cepat. Voer menjadi salah satu makanan wajib yang harus dimakan oleh burung kicauan terutama yang masih anakan atau trotolan. Manfaat voer banyak sekali dan sangat baik untuk dijadikan sarapan. Khususnya cililin, voer sangat bermanfaat untuk memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan cililin. Namun kadang terjadi ketika cililin tak mau makan voer. Entah kenapa, namun Anda sebagai penghobbi sekaligus pemilik burung cililin harus tahu bagaimana melatih cililin makan voer agar jika masalah tersebut datang, Anda dapat menyikapinya dengan benar.

Melatih Cililin Makan Voer.Cililin Hitam,Cililin Gacor, Cililin Tembakan Panjang

Loading...

Voer menjadi makanan pokok bagi burung pemakan serangga seperti cililin, jalak suren, jalak putih, anis kembang, cucak ijo, cucak cungkok, dan lainnya. Dalam perawatannya, voer sering kali dicampur dengan kroto agar rasa dan nutrisinya bertambah lebik banyak. Selain itu, voer membantu dalam meningkatkan volume tubuh sehingga burung terhindar dari kekurusan, ibarat nasi bagi manusia.

Rata-rata cara melatih makan voer pada cililin di terapkan untuk burung bakalan atau anakan. Karena kedua jenis tersebut memang susah untuk memakan voer. Seng pemilik diwajibkan untuk telaten dan konsisten, karena jika tidak anakan serta bakalan cililin mudah mati.

Bukan hanya burung kicauan pemakan serangga, voer juga banyak disajikan untuk burung kicauan pemakan buah dan biji-bijian. Untuk mengatasi cililin yang susah atau tidak mau makan voer, sebaiknya Anda mulai dengan niat. Pastikan konsisten, ketekunan, dan kesabaran ada sudah benar-benar dipersiapkan karena cililin kadang kali susah dalam perawatan. Apalagi cililin merupakan burung yang mudah sekali terkena stress. Berikut ini adalah bagaimana cara mengatasi dan melatih cililin makan voer untuk cililin.

Cara Melatih Cililin Makan Voer :

1. Menggunakan Pisang atau Buah-Buahan

Cililin biasanya juga suka dengan buah-buahan. Buah segar bisa digunakan sebagai pancingan agar cililin mau memakan voer. Cobalah untuk menaburkan voer pada pisang atau buah-buahan lain. Lebih baik menggunakan buah yang memiliki kadar air yang banyak agar voer kering bisa menempel dengan baik. Pemakaian voer jenis lain bisa digunakan dalam metode ini, asal semuanya menempel.

Dengan memberikan makanan yang disukai cililin seperti buah pasti akan dimakannya. Jadi pancingan seperti ini sangat bermanfaat. Selain itu, pemberian campuran buah dan voer bukanlah hal yang berbahaya, malah bisa menambah asupan nutrisi yang diperlukan burung.

2. Perlahan namun Pasti

Jika cililin Anda benar-benar tak mau makan voer, maka jangan lakukan dalam sekali langkah. Hal yang harus Anda ingat adalah sabar dan konsisten. Mulailah dengan sedikit demi sedikit. Di hari pertama, berikan voer yang sedikit bisa dicampur makanan lain agar menarik perhatikan. Di hari kedua, tingkatkan sedikit untuk memberikan kesan bahwa voer juga nikmat rasanya. Begitu terus sampai burung cililin mau memakan voer secara langsung tidak dengan campuran apapun. Untuk menggunakan metode pertama, pisang hari demi hari dipangkas namun pemberian campuran voer tetap pada takaran

3. Letakkan Voer di Bawah Gantungan Jangkrik

Pelatihan selanjutnya masih dengan sedikit pancingan. Bahannya adalah tali, seekor jangkrik, dan capuk makanan yang telah di isi voer. Voer jenis apapun bisa diberikan asalkan cililin suka dengan voer tersebut. Gantung satu ekor jangkrik sehingga tepat berada di atas capuk makanan yang berisi voer. Meski cara ini memiliki sedikit keberuntungan, berdoa saja agar cililin Anda mau memakan voer yang ada di bawah sembari ia tergoda dengan jangkrik di atasnya.

4. Lihat Kotorannya

Makan voer membuat kotoran cililin menjadi padat. Secara otomatis, cililin yang tak mau makan voer memiliki kotoran yang kurang padat. Perkembangan apakah cara Anda berhasil bisa dilihat dari kotorannya. Jika kotorannya berbeda dari biasanya (Saat cililin tak mau makan voer), maka metode yang Anda gunakan berhasil. Jika tidak, perlu Anda tingkatkan atau menggunakan metode yang lain.

5. Pemberian Voer Lembut

Biasanya cililin memakan segala jenis voer, namun sering kali voer lembut lebih menarik perhatikan si cililin dan enak di makan baginya. Maka dari itu, cobalah untuk memberikan voer lembut yang ditempatkan pada capuk makanan. Voer halus juga sangat bagus untuk kelangsungan nutrisi burung cililn, tidak hanya voer kasar atau jenis voer lainnya. Pemberian voer ini bisa dilakukan pada saat pagi hari.

6. Membuatnya Lapar

Meski cara ini terbilang sedikit menyiksa cililin, tapi tak menutup kemungkinan bisa berhasil. Dengan membuatnya lapar tentu saja mengundang kemauan untuk memakan voer. Membuatnya lapar cukup tidak diberikan makan seharian, cukup air minum dan sedikit tambahan makanan EF seperti jangkrik atau sedikit kroto.

Keesokan harinya cililin akan merasa lapar dan saat itu juga, letakkan voer halus pada capuk makanan burung cililin. Dengan rasa lapar tinggi akan membuat cililin terpaksa untuk memakan voer. Pastikan yang hanya diberikan adalah voer saja, tidak yang lain. Sekali memakan, cililin akan kecanduan dengan voer.

7. Memancingnya Menggunakan Kroto

Kroto adalah telur semut yang sangat baik untuk kesehatan burung, khususnya burung pemakan serangga seperti cililin. Biasanya cililin yang tak mau makan voer mau memakan kroto. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkannya dengan memberikan taburan kroto pada voer halus yang hendak diberikan. Dengan begitu, Anda bisa melatih burung cililin untuk memakan voer.

Pada umumnya juga hal ini sama dengan mencampur voer dan kroto. Hal tersebut sangat baik untuk tubuh dan sebaiknya Anda lakukan hingga cililin terbiasa untuk memakan voer.

8. Menggunakan Ulat Hongkong

Ulat hongkong sama dengan jangkrik yaitu makanan EF. Pancing cililin menggunakan ulat hongkong dengan cara menggantung ulat hongkong di atas capuk isi voer halus. Anda juga bisa menaburkan ulat hongkong di atas voer sebagai pancingan.

9. Konsisten

Tips terakhir adalah konsisten dan jangans setengah-setengah. Hanya karena cililin Anda tak mau memakan voer dengan sekali percobaan, bukan berarti Anda berhenti untuk melatihnya. Latih terus sehingga burung cililin mau memakan voer. Setelah cililin mau memakan voer, baru diimbangi dengan pemberian jangkrik dan makanan EF lainnya.

Mau mencoba melatihnya? Bagi yang sudah bisa dan biasa melatih burung cililin makan voer, sebaiknya teruskan saja cara lama. Metode atau cara melatih cililin makan voer hanya untuk kicaumania yang belum pernah atau sering mengalami kesulitan. Biasanya hal ini di terapkan untuk burung bakalan atau anakan.

Baca Juga: Cara Merawat Cililin Mabung Agar Cepat Tuntas

Itu dia tips tentang pengetahuan bagaimana cara melatih cililin makan voer yang mudah diterapkan di rumah Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga perawatan harian seperti penjemuran, mandi, pemberian makanan, dan pelatihan-pelatihan yang lain untuk membentuk cililin yang berkualitas. Salah satu penyebab cililin tak mau makan voer adalah tingkat stress tinggi. Karena itulah, Anda harus tetap menjaga mental burung cililin beserta kesehatan fisiknya. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Tangkar

To Top