5 Jenis Makanan Cililin Agar Lebih Gacor dan Tidak Mudah Mati - Hewan.id
Advertisements

5 Jenis Makanan Cililin Agar Lebih Gacor dan Tidak Mudah Mati

Jenis Makanan Cililin, Pakan Cililin, Extra Fooding Jenis Makanan Cililin

Tangkar

5 Jenis Makanan Cililin Agar Lebih Gacor dan Tidak Mudah Mati

Macam jenis pakan makanan cililin agar lebih gacor dan tidak mudah mati. Burung cililin atau tangkar ongklet merupakan salah satu jenis burung yang memiliki variasi kicauan yang bagus. Secara visual juga cukup enak untuk dilihat. Dalam perawatannya, makanan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena pada umumnya, makananlah yang berperan penting untuk setiap hewan. Makanan cililin tak jauh berbeda dengan burung-burung pemakan serangga yang lain seperti kacer, cucak hijau, dan lainnya. Makanan cililin di alam liar yaitu jangkrik, ulat, belalang dan jenis serangga lainnya.

Jenis Makanan Cililin, Pakan Cililin, Extra Fooding Jenis Makanan Cililin

Dalam perawatan cicilin khususnya makanannya harus benar-benar terkontrol. Banyak penghobbi yang berpikiran sempit di mana jika burung sudah makan sehari, maka tak perlu lagi diberikan makanan tambahan. Memang burung seperti cicilin dapat bertahan seharian walaupun hanya diberi makan pada pagi hari saja. Akan tetapi tetap saja jika terlalu dibatasi oleh hal itu tak bisa membuat kicauan burung cililin menjadi lebih gacor.

Makanan yang diberikan khusus untuk cililin ternak, lomba, dan harian biasanya sama saja. Khusus ternak biasanya lebih dipentingkan makanan yang bisa mengontrol perut dan birahinya tanpa makanan yang bermanfaat untuk membuat burung sering berkicau dan gacor. Untuk burung cililin lomba dan harian tentu membuat cililin kenyang dan birahi terkontrol juga perlu, namun lebih penting lagi bagaimana cara membuat suara cililin tetap dalam performa baik.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas suara burung cililin, salah satunya adalah memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Satu hal yang harus Anda berikan adalah makanan yang segar, bersih, dan alami untuk cililin. Berikut ini adalah tips-tips jenis makanan yang baik dan sehat untuk burung cililin Anda.

Macam Jenis Makanan Cililin :

1. Jangkrik

Makanan ini biasanya dimakan oleh burung pemakan serangga seperti murai batu, ciblek, kenari, dan lainnya. Jangkrik bisa ditemukan di area persawahan atau hutan. Makanan cililin jenis ini memberikan manfaat yang bagus untuk burung, khususnya mendongkrak kualitas suaranya karena membantu meningkatkan birahi cililin. Selain itu jangkrik juga dapat membuat cililin tambah gacor.

Loading...

Bagi cililin, jangkrik memiliki cita rasa yang sangat enak. Jarang sekali burung cililin menolak jika diberikan jangkrik kecuali cicilin Anda sedang sangat kenyang atau sakit. Pemberian jangkrik tak sembarangan, tak boleh diberikan secara utuh lengkap dengan kepala dan kaki. Berikan bagian perutnya saja yang kaya akan protein. Untuk kaki dan kepalanya, pisahkan saja karena tak terlalu bermanfaat dan keras sehingga merusak tenggorokan cililin, apalagi yang masih anakan.

Suara cililin memiliki ciri khas kicauan yang rapat. Untuk memperkuat kicauannya tersebut, diperlukan tingkat birahi yang sempurna untuk mempertahankan durasi berkicau. Jangkrik bisa membantu hal tersebut. Namun beberapa ahli berpendapat, jangkrik kering markel menjadi pilihan yang sangat baik sebagai pengganti jangkrik pada umumnya dalam hal mendongkrak kualitas suara burung cililin.

Untuk pemberian jangkrik markel pun sedikit berbeda dengan jangkrik biasa. Pertama, lunakkan jangkrik markel menggunakan air dengan cara direndam hingga menjadi lunak kemudian diberikan kepada cililin Anda. Anda juga bisa mencoba cara lain yaitu menghancurkan jangkrik markel sebesar pur kemudian letakkan hancuran markel tadi di atas pur capuk makanan si cililin.

2. Ulat Hongkong dan Ulat Lainnya

Sama seperti jangkrik, ulat hongkong memiiliki kandungan protein tinggi yang bisa membantu meningkatkan birahi. Maka dari itu, jika jangkrik tidak ada atau kurang, bisa ditambah dengan ulat hongkong. Pemberian ulat lainnya seperti ulat bambu juga bisa dilakukan selama masih disukai oleh cicilin Anda. Selain membantu memenuhi asipan nutrisi yang diperlukan tubuh cililin, ulat hongkong juga bisa membantu meningkatkan kualitas suara cililin.

Jenis Ulat Untuk Makanan Cililin :

  • Ulat Hongkok
  • Ulat Kandang
  • Ulat bambu

3. Voer

Berbagai macam voer dapat anda gunakan sebagai pakan cililin. Pemberian voer bisa dilakukan pada saat cililin masih anakan atau piyikan, namun voer yang dipakai adalah voer halus. Jika sudah mencapai usia sekitar 2-3 bulan, baru bisa diperkenalkan dengan voer dan kroto. Voer menjadi menu sarapan yang sangat baik untuk cililin. Setelah pemberian voer pada pagi hari, Anda boleh memberikan sekitar 3 – 8 ekor jangkrik setiap paginya sebagai nutrisi tambahan.

Pemberian voer sangat wajib. Namun kadang sering terjadi kasus cililin susah untuk makan voer. Biasanya hal ini disebabkan karena voer yang diberikan tak disukainya. Jika perlu, cobalah untuk mengganti merk voer yang direkomendasikan oleh penghobby ahli lainnya. Untuk cara penanganan lain, sebaiknya voer dicampur kroto yang bisa menarik perhatikan cililin Anda.

3. Biji-Bijian, Buah dan Sayuran

Biji-bijian dan sayuran kadang tak disukai oleh burung cililin, namun sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatannya. Buah-buahan juga bisa berkhasiat sebagai pengganti air dalam tubuh dan sangat bagus diberikan saat cililin sedang sakit. Cobalah untuk memberikan buah seperti papaya, pisang, apel, dan lainnya. Sedangkan untuk biji-bijian, boleh diberikan biji kacang-kacangan dan lainnya.

4. Kroto

Sama dengan jangkrik atau ulat hongkong, pemberian kroto juga bisa membantu meningkatkan birahi. Bedanya hanya saja kroto memiliki asupan nutrisi yang lebih lengkap mencakup protein, karbohidrat, dan lemak. Pemberian kroto baik dilakukan pada pagi hari dan sore hari sesudah diberikan voer. Cara pemberiannya sendiri cukup mudah, cukup taruh saja di capuk makanan cililin.

Untuk anakan cicilin atau piyikannya, pemberian kroto sebenarnya tak terlalu disarankan. Baru boleh diberikan pada saat anakan sudah sedikit lebih besar agar tak terkejut dengan cita rasa kuat. Jenis extra fooding ini dipercaya dapat membuat cililin tambah gacor.

5. Vitamin dan Mineral

Mineral dan vitamin merupakan hal yang wajib diberikan kepada setiap burung termasuk cililin karena sangat bermanfaat untuk pertumbuhan yang meliputi pertahanan tubuh, pertumbuhan tulang, merapikan bulu, memperkuat kesehatan mata, kaki, paruh, dan lainnya. Semuanya terikat dengan vitamin yang diberikan untuk burung cililin. BirdVit bisa menjadi merk yang wajib Anda berikan karena sudah dipercaya banyak mengatasi setiap keganjalan yang ada di si burung cililin.

Mineral juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang burung cililin. Berbagai mineral wajib Anda berikan untuk membantu kebutuhan zat mineral dalam tubuh cililin. Selain itu, jangan lupa untuk terus mengisi air minum pada capuk air minum cililin. Jangan sampai burung kehabisan asupan mineral

Baca Juga: Cara Memilih Cililin Bakalan Prospek dan Calon Juara

Itu dia tips-tips tentang makanan cililin yang wajib Anda berikan dan sangat berkhasiat. Pemberian voer, kroto, dan EF menjadi hal utama mengingat jenis burung cililin pemakan serangga. Tentu saja makanan selain itu juga bermanfaat baik untuk kesehatan maupun suaranya. Pemberian pakan cililin pun harus diimbangi dengan perawatan tambahan lainnya. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tangkar

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top