26 Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi dengan Mudah - Hewan.id
Advertisements

26 Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi dengan Mudah

Cililin Macet Bunyi

Tangkar

26 Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi dengan Mudah

Macet bunyi sering terjadi pada setiap burung kicauan, termasuk juga cililin atau tangkar ongklet. Hal terburuk adalah macet bunyi di tengah lomba, hal tersebut bisa saja membuat Anda kalah dalam perlombaan. Masalah prilaku ini juga bisa menimpa burung cililin. Maka dari itu, Anda sebagai pemilik cililin yang sering mengikutkan burungnya dalam lomba harus tahu bagaimana cara merawat dan mengatasi cililin macet bunyi yang baik dan benar agar tak terulang lagi nantinya.

Cililin Macet Bunyi

Cililin merupakan burung jenis gagak dengan dua variasi warna dan jenis, yaitu cililin coklat dan dan juga hitam. Perbedaan warna atau jenis ini tak bisa dipungkiri bahwa semuanya bisa terkena masalah macet bunyi. Meski berbeda jenis dan sama-sama terkena macet bunyi, perawatannya terbilang sama saja dalam mengatasi masalah seperti ini.

Biasanya masalah seperti ini memang bisa mengenai si cililin, mengingat burung jenis ini sangat lemah dalam urusan mental dan mudah stress. Namun semua tergantung bagaimana Anda dalam merawat. Perawatan yang baik Akan membantu dalam mengatasi macet bunyi ini. Untuk selengkapnya, berikut ini dalah penyebab dan tips dalam mengatasi cililin macet bunyi yang baik dan benar.

Penyebab Cililin Macet Bunyi :

1. Pemberian Makanan yang Terlalu Banyak.

2. Penjemuran yang Terlalu Lama.

Loading...

3. Terlalu sering terkena angin kencang.

4. Minum air yang kotor.

5. Over birahi.

6. Kurang fit atau sedang sakit.

7. Dalam Kondisi Mabung.

8. Memakan Extra Fooding Basi.

9. Merasa Kebosanan.

10. Kurang Perawatan.

11. Burung Masih Bakalan atau Muda.

Jika ada sudah tahu apa saja ciri-ciri serta faktor yang menyebabkan cililin malas berbunyi “macet bunyi”. Maka anda perlu paham cara merawat dan mengatasinya. Nah berikut ini perawatan serta cara mengatasi cililin macet bunyi dengan cepat dan mudah.

Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi :

1. Pemberian Makanan Sewajarnya Saja

Jangan terlalu melebihkan, cukup sewajarnya saja. Makanan yang baik untuk cililin adalah voer, kroto, buah segar, biji-bijian, dan dengan takaran yang baik. Pemberian EF sebaiknya cukup 2 – 3 ekor jangkrik saja setiap pagi dan sore harinya. Sedangkan voer jangan terlalu banyak, boleh dicampur dengan kroto. Makanan lain seperti buah segar, vitamin, dan lainnya hanyalah makanan tambahan.

2. Penjemuran Jangan Terlalu Lama

Karena mudah stress, jangan sampai menjemur cililin terlalu lama. Jika terlalu lama mencapai 3 – 4 jam saja, bisa mengakibatkan burung cililin sakit bahkan bisa mati. Penjemuran yang terlalu lama juga bisa membuat cililin over birahi dan mengakibatkan macet bunyi. Durasi penjemuran yang baik adalah 15 – 30 menit saja setiap harinya.

3. Pastikan Tempat di Gantang dan Lembab dan Dingin

Simpan di tempat yang kering saja, jangan terlalu lembab atau ber suhu rendah karena bisa membuat burung sakit dan macet bunyi. Penempatan yang salah seperti tempat dengan angina kencang, dekat AC, dekat jendela, terkena kipas angina, dengan ventilasi, dan semacamnya sanga tidak disarankan.

5. Ganti Air Minum Menjadi Air Bersih

Air yang diberikan haruslah yang benar-benar bersih, kalau bisa diberikan yang sudah dimasak. Jika tak mau repot, Anda boleh membeli air kemasan di pinggir jalan kemudian ganti air di tempat minum dengan air mineral tersebut.

6. Tempatkan di Sangkar yang Lebih Luas

Biasanya burung cililin yang macet bunyi bisa diakibatkan karena sangkarnya terlalu kecil atau sedang. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menempatkan cililin Anda di tempat yang lebih luas seperti kandang atau sangkat dengan big size. Dengan begitu, tingkat stress si burung akan menurun karena keadaan disekitarnya menjadi lebih menarik dan luas. Cara ini juga ampuh dalam mengatasi masalah macet bunyi yang sering dialami oleh burung cililin.

7. Pemberian EF Sedikit Ditingkatkan

Meski salah satu penyebabnya adalah over birahi, namun tidak selamanya demikian. Jika burung Anda macet bunyi karena mental atau tenaganya sedang drop, maka tingkatkan dengan pemberian EF yang sedikit ditingkatkan. Pemberian EF seperti jangkrik dan kroto bisa ditingkatkan menjad 3 – 4 setiap pagi dan sore hari. Jika perlu, tambah sedikit makanan EF yang lain seperti ulat jerman dan kepompong.

8. Jauhkan dari Keramaian dan Full Krodong

Penyebab macet bunyi bisa jadi adalah stress, karena itulah Anda perlu untuk menurunkan stress si cililin Anda. Pertama, cobalah untuk menempatkan cililin Anda pada tempat yang sunyi, kering, dan jauh dari keramaian atau orang banyak. Pastikan juga tempatnya jauh dari hewan pengganggu seperti tikus, anjing, kucing, ular, dan lainnya. Untuk memaksimalkan istirahat si cililin, lakukan full krodong. Cara ini membantu dalam menurunkan stress cililin.

9. Pemasteran Langsung

Tidak menggunakan alat mp3player, melainkan master langsung dengan burung master. Burung yang bagus untuk memaster cililin adalah kenari, robin, blackthroat, dan lainnya. Cara ini membantu dalam menurunkan stress si burung. Selain itu, dengan cara ini bisa meningkatkan semangat si cililin agar bangkit dari keterpurukan. Meski memaster dengan mp3player juga berefek, namun sepertinya master secara langsung juga sangat ampuh dalam mengatasi macet bunyi pada burung cililin.

10. Kandang dan Sangkar yang Bersih

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang. Bersihkan juga tempat makanan dan minum si cililin. Jika air minumnya kurang atau sudah kotor, ganti dengan air mineral yang baru. Kandang atau sangkar bisa dibersihkan dua kali sehari, minimal satu kali sehari untuk menghindari perkembangan bakteri yang bisa menyebabkan sakit. Sakit pada burung bisa mengakibatkan banyak masalah seperti macet bunyi, mencret, dan lainnya.

11. Memindahkan Sangkar

Ukuran sangkar yang terlalu kecil dan sempit juga dapat membuat cililin malas berbunyi. Selain itu burung yang memiliki nama lain tangkar ongklet bisa merasa stress dan akhirnya macet bunyi. Untuk itu bagi para memilik dianjurkan memindahkan burung ke sangkar yang lebih luas. Anda bisa juga mengganti sangkar cililin yang ukuran kecil dengan sangkar murai batu. Namun apabila anda suka dengan model sangkar persegi atau kotak, maka anda dapat membeli di pasar atau memesan sendiri di pengrajin.

12. Menurunkan Birahi

Birahi tinggi atau over birahi sering kali menjadi masalah yang membuat cililin macet bunyi. Hal yang perlu Anda lakukan adalah menurunkan birahi dengan cara memangkas pemberian EF peningkat birahi, meletakkannya di kandang umbaran, kurangi durasi penjemuran menjadi 10 menit saja, dan lainnya.

Birahi yang tinggi akan membuat burung khususnya cililin mudah stress. Maka dari itu, makanan EF seperti jangkrik, ulat jerman, kepompong, dan lainnya sangat berpengaruh. Jangan lupa untuk tahu seperti apa karakter si burung. Over birahi bisa memengaruhi prilaku dan mental si cililin, jadi temukanlah setingan yang pas untuk cililin Anda.

13. Pemakaian Kerodong / Kerudung pada Sangkar

Ketika burung cililin sedang macet bunyi karnena adanya hewan penggangu, anda bisa memberikan kerodong pada sangkarnya. Tujuan memberikan kerodong yaitu untuk menghindari berbagai macam binatang pengganggu. Binatang penggagu seperti tikus dan kucing dapat membuat mental cililin terganggu dan mengakibatkan burung macet bunyi.

14. Memberi Asupan Multivitamin

Selain pakan cililin  berkualitas dan baik, anda juga dapat memberi beberapa tetes multivitamin kedalam cepuk yang telah berisi air. Selain itu multivitamin tersebut juga dapat anda berikan langsung ke mulut burung tersebut. Vitamin sendiri sangat membantu sistem imun tubuh burung cililin yang anda miliki. Vitamin untuk burung juga bermanfaat melawan virus atau bakteri. Maka dari itu berilah beberapa tetes agar tubuh burung selalu dalam kondisi fit dan cepat terbebas dari masalah macet bunyi.

15. Konsisten Dalam Perawatan Harian

Burung cililin akan macet bunyi jika perawatannya setengah-setengah atau asal-asalan, kadang diberi makan dan di ganti air minum, kadang juga tidak. Hal tersebut lah yang membuat burung malas berbunyi. Jadi jangan sepelekan dalam urusan merawat cililin harian. Konsisten dan tepat waktu dalam merawat burung yang anda punya.

Baca Juga: Cara Merawat Cililin Anakan Agar Tidak Mudah Mati dan Gacor

Itu dia tentang bagaimana cara mengatasi cililin macet bunyi beserta dengan penyebabnya. Penjemuran dan pemberian EF peningkat birahi menjadi cara mengatasi yang umum jika cililin sedang macet bunyi. Poin tersebut sangat perlu Anda pahami. Selain itu, penjemuran tak boleh terlalu lama meningat mental burung cililin sangat lemah. Untuk melatih mentalnya, sebaiknya cililin Anda jangan terlalu dimanjakan. Anda juga dapat membaca cara merawat cililin lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tangkar

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top