18 Jenis Sugar Glider, Harga Terbaru dan Karakteristiknya
Advertisements

18 Jenis Sugar Glider, Harga Terbaru dan Karakteristiknya

Jenis Sugar Glider, Warna Sugar Glider, Harga Sugar Glider

Sugar Glider

18 Jenis Sugar Glider, Harga Terbaru dan Karakteristiknya

18 Jenis Sugar Glider, Harga Terbaru dan Karakteristiknya

Hewan.id – Sugar Glider memiliki nama Indonesia Wupih Sirih. Sedangkan nama ilmiah spesiesnya adalah Petaurus breviceps. Binatang yang mirip Tupai atau Bajing ini memiliki kemampuan meloncat bagaikan terbang. Ia suka memakan yang manis-manis, seperti nektar. Makanya jenis sugar glider ini akhirnya dinamai “sugar” yang artinya gula.

Binatang kecil ini tergolong hewan nokturnal. Yang artinya aktif mencari makanan dan interaksi dengan alam di malam hari. Habitat aslinya berasal dari Australia dan Papua. Memang seluruh Sugar Glider endemik di kedua daerah itu. Karena di masa lalu seperti kita ketahui, bahwa Australia dan Papua itu pernah menyatu daratannya.

Tren memelihara Sugar Glider belum lama munculnya di Indonesia. Sekitar tahun 2008-an baru mulai menjamur komunitas ini. Biasanya para pemilik sugar glider akan berkumpul meramaikan hari minggu pagi di alun-alun kota. berbagai atraksi dan kontes digalakkan untuk menjaring lebih banyak peminatnya.

Jenis Sugar Glider, Warna Sugar Glider, Harga Sugar Glider

Di dunia ini, telah dikenal 18 sugar glider yang sangat bagus dan menggemaskan. Cocok dijadikan peliharaan karena pintar dan jinak.

1. Jenis Sugar Glider Albino

Sugar Glider Albino merupakan binatang yang cacat. Pigmen kulitnya tidak ada sejak ia lahir. Sehingga kulitnya jadi putih pucat dan seperti tanpa bulu. Warna putih ini hampir mirip dengan sugar glider leucistic. Hanya saja kalau yang albino ini punya warna mata merah. Sedangkan Leucistic warna hitam. Harganya Rp5000.000.

Loading...

2. Jenis Sugar Glider Leucistic

Leucistic memang punya warna tubuh putih. Tapi ini karena memang bulunya warna putih. Bukannya karena kelainan. Bola matanya pun normal warna hitam. Meskipun putih begini, tapi penggemar Leucistic banyak, loh! Harganya bisa lebih dari 10 juta per ekor. Harganya Rp6000.000.

3. Jenis Sugar Glider Classic Gray

Bisa dibilang ini adalah versi original dari Sugar Glider. Dengan warna tubuh kelabu yang khas, dipadu dengan garis lurik hitam. Ini adalah jenis yang paling banyak dipelihara orang karena jumlahnya paling banyak pula di alam. Selain itu harganya juga lebih murah. Harganya Rp4000.000.

4. Jenis Sugar Glider White Face

Jenis white face ini sering dianggap sebagai Classic Gray. Padahal ada perbedaan mendasar pada wajahnya yang putih bersih tanpa corak. Kalau si Classic Gray kan ada loreng hitamnya, kalau ini tidak. Harganya Rp5000.000.

5. Jenis Sugar Glider White Tip

Secara warna dan corak sangat mirip dengan classic gray. Perbedaannya ada pada ekornya. Kalau si gray itu ekornya kan kelabu. Kalau yang sugar glider white tip ini ekornya warna putih. Harganya Rp4500.000.

6. Jenis Sugar Glider Powdered Mosaic

Jenis ini sering pula disebut sugar glider mosaic saja. Namun lebih paten disebut Powdered Mosaic. Sepintas wujudnya mirip dengan White Face. Hanya saja si mosaic ini punya warna putih lebih dominan. Harganya Rp4000.000.

7. Jenis Sugar Glider Cinnamons

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata sugar glider ada yang jenisnya Cinnamons. Sesuai dengan namanya, warna dari hewan ini adalah coklat seperti cinnamon alias kayu manis. Pada bagian kepala hingga punggung dekat ekor sama saja ada garis coklat kehitamannya yang membujur. Harganya Rp5000.000.

8. Jenis Sugar Glider Creamino

Sugar Glider Creamino ini punya warna tubuh seperti kopi susu. Dengan tekstur bulu yang lembut. Membuatnya tampak seperti cream, sungguh creamy! Harganya Rp6000.000.

9. Jenis Sugar Glider Platinum

Jenis Sugar Glider Platinum punya warna coklat muda. Ekornya warna coklat tua. Dan ada garis coklat tua khas sugar glider pula yang membentang vertikal dari kepala hingga punggung. Tapi garisnya ini tipis. Haerganya Rp7000.000.

10. Jenis Sugar Glider Lions

Sugar glider lions ini hampir mirip dengan Platinum. Tapi bulunya lebih tebal sehingga tubuhnya kesan lebih terang. Lurik khas di atas kepala hingga punggungnya juga lebih tebal dan jelas. Harganya Rp6000.000.

11. Jenis Sugar Glider Champagne

Kalau jenis ini punya tubuh warn abu-abu dengan telinga dan ujung tangan-kaki ada putih-putihnya. Bola matanya hitam legam, lengkap dengan lingkar mata yang hitam pula. Harganya Rp4000.000.

12. Jenis Sugar Glider Butter Cream

Sugar glider ini warnanya coklat. Hidungnya warna pink. Bola matanya nampak besar dengan lingkaran hitam. Pada bagian kepalanya ada simbol khas loreng yang membujur ke punggung pula. Harganya Rp4500.000.

Baca Lagi: 13 Harga Marmut Hias dan Lokal Terbaru, Penjelasan dan Gambar

13. Jenis Sugar Glider Black Beauty

Meski namanya black beauty, bukan berarti warnanya hitam. Karena ternyata sugar glider ini warnanya abu-abu campur putih keruh. Harganya Rp5000.000.

14. Jenis Sugar Glider Gucci White-Mosaic

Sugar glider gucci white-mosaic ini tidak begitu dikenal orang. Warna tubuhnya putih seperti albino dan leucistic. Hanya saja pada bagian pingganya ada totol hitam besar, seperti tompel. Harganya Rp4000.000.

15. Jenis Sugar Glider Xavier Ringtail-Mosaic

Warnanya putih keruh. Dengan perpaduan corak lurik warna abu-abu. Ekornya juga berwarna putih dengan ring-ring panjang warna abu-abu. Harganya Rp5000.000.

16. Jenis Sugar Glider Dark Cinnamons

Sugar glider dark cinnamons warnanya mirip dengan cinnamons. Hanya saja lebih gelp dan tua. Bagian kepalanya juga punya lurik  yang lebih tegas, disertai dengan semacam noktah bulat yang tebal. Harganya Rp5000.000

17. Jenis Sugar Glider Chocolate Apricot

Disebut Chocolate Apricot karena warna kulit sugar glider ini seperti buah aprikot. Dengan warna bulu coklat muda soft dipadu dengan lurik coklat tua. Dan pada bagian samping wajah, pipi hingga menyentuh mulut ada merah-merahnya. Harganya Rp7000.000.

18. Jenis Sugar Glider Calico

Sugar Glider Calico punya tubuh warna abu-abu. Lurik putihnya hanya tegas pada bagian kepala. Sampai pada tengkuk leher dan punggungnya memudar luriknya. Harganya Rp3000.000.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sugar Glider

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top