Advertisements
Connect with us

25 Pakan Sapi Alternatif, Bikin Sapi Gemuk-Gemuk

Pakan Sapi Alternatif

Sapi

25 Pakan Sapi Alternatif, Bikin Sapi Gemuk-Gemuk

25 Pakan Sapi Alternatif, Bikin Sapi Gemuk-Gemuk

Loading...

Pakan Sapi Alternatif adalah jenis pakan alternatif sapi yang bisa dipakai untuk ternak. Memang dalam beternak suatu hewan, dibutuhkan racikan makanan khusus yang di luar mainstream. Bahkan seorang peternak sejati, pastilah memiliki resep rahasia yang menunjang bisnis ternak sapinya ini.

Pakan Sapi Alternatif

Loading...

Jika sedang mencari informasi mengenai makanan alternatif untuk sapi, sebaiknya dianalisis dulu secara mendalam. Pasalnya, masing-masing sapi peliharaan terkadang memiliki pola makan yang berbeda. Alergi terhadap pakan tertentu juga sangat mungkin terjadi.

Adapun 25 pakan sapi alternatif yang dapat dicoba, seperti:

Rumput

Pakan Alternatif Sapi Rumput

1. Rumput Gajah

Perlu dicoba memberikan pakan sapi alternatif berupa rumput gajah. Jenis rumput berukuran raksasa ini memang sangat baik untuk pertumbuhan sapi.

2. Rumput Teki

Jika kesulitan mendapatkan rumput gajah, bisa juga pakan sapi alternatif nya diganti dengan rumput teki. Jenis rumput ini kan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga gampang ditemukan.

3. Rumput Tuton

Rumput tuton memang terkenal ampuh sebagai pakan sapi alternatif. Jenis rumput ini mudah ditemukan di pedagang rumput khusus ternak.

4. Rumput Liar

Jenis umput liar merupakan pakan sapi alternatif yang berasal dari jenis wild grass. Rumput ini dinamakan wild grass disebabkan karena biasanya tumbuh sendiri di alam dengan mudah, tanpa dengan campur tangan manusia.

5. Rumput Gulma

Rumput gulma adalah pakan sapi alternatif yang berasal dari tanaman-tanaman gulma di area persawahan yang biasanya dicari dengan teknik ngarit.

Ampas

Pakan Alternatif Sapi Ampas

6. Ampas Kelapa

Seusai memarut kelapa biasanya ada sisa ampasnya. Nah, ini bisa dijadikan pakan alternatif sapi loh!

7. Ampas Kedelai

Pada pabrik pembuatan tahu, tempe, kecap dan produk kedelai lainnya pasti ada ampasnya. Ini juga bisa jadi alternatif pakan sapi.

8. Ampas Penggilingan Padi

Ampas penggilingan padi terkenal dengan nama bekatul atau dedak. Sebagaimana hewan ternak lainnya, sapi pun sangat suka dengan ampas padi ini. Maka jangan ragu jadikannya sebagai pakan sapi alternatif.

9. Ampas Kelapa Sawit

Sisa hasil produksi kelapa sawit menjadi minyak kelapa sawit akan menyisakan ampas. Janganlah buang ampas ini karena bisa diolah jadi pakan sapi alternatif.

10. Ampas Tahu

Ampas tahu juga membuat nafsu makan sapi melonjak. Untuk mendapatkan pakan alternatif untuk sapi ini, sebaiknya kerjasama dengan pabrik tahu.

Dedaunan

Pakan Alternatif Sapi Dedaunan

11. Daun Tebu

Sebagai binatang herbivora, tentu saja sapi sangat doyan dedaunan. Salah satu pakan sapi alternatif yang terbaik adalah daun tebu. Bisa pula gunakan yang telah kering atau sudah selesai dipanen.

12. Daun Jagung

Begitu pun daun jagung, bisa pula dijadikan pakan alternatif sapi. Daripada tanaman jagung usai dipanen langsung dibuang, mending memang untuk sapi saja.

13. Daun Dadap

Salah satu daun favorit sapi adalah daun dadap. Coba saja daun ini untuk jadi pakan alternatif sapi. Pasti akan berdampak baik bagi pertumbuhan fisiknya.

14. Daun Waru

Pohon waru memang semakin sulit dicari. Tapi bisa banget menjadikannya daunnya sebagai pakan alternatif sapi. Pohon berbunga kuning ini memang begitu berkhasiat pula untuk kesehatan sapi.

15. Daun Jeunjing

Daun favorit sapi selanjutnya adalah daun jeunjing. Coba saja memberikan pakan alternatif sapi ini dengan dosis 2 kali seminggu. Ini jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Baca Juga: 20 Jenis Rumput untuk Pakan Ternak yang Terbaik

Biji-Bijian

Pakan Alternatif Sapi Biji-Bijian

16. Jagung

Pakan alternatif sapi selanjutnya adalah biji-bijian. Terutama jagung. Binatang ternak ini sangat suka. Namun karena jagung keras, sebaiknya direbus dulu. Atau bisa digiling hingga jadi tepung. Kemudian tepungnya diseduh dengan air hangat.

17. Kedelai

Sama dengan jagung, kedelai juga bisa jadi pakan alternatif sapi. Proses pembuatannya sama, kedelai mesti dihaluskan dulu sebelum diberikan pada sapi.

18. Beras

Beras di sini bisa berwujud tepung maupun nasi. Tinggal dipilih dan dilihat respon sapi, apakah mau makan atau tidak.

19. Kacang Hijau

Pakan alternatif sapi yang tak kalah bergizi adalah kacang hijau.  Pengolahannya sama saja, dengan dijadikan bubur kacang hijau dulu. Tapi tentu saja bubur kacang hijau ini tidak diberi gula dan santan.

20. Wijen

Biji-bijian favorit sapi selanjutnya adalah biji wijen. Mudah didapatkan di toko-toko bahan kue. Bahkan toko makanan ternak juga menyediakan.

Jerami

Pakan Alternatif Sapi Jerami

21. Jerami Padi

Jerami merupakan tanaman sisa panen yang telah mengering. Jenis jerami yang paling terkenal tentu saja jerami padi. Jika sedang mencari pakan alternatif sapi, bisa banget pakai jerami padi.

22. Jerami Kacang Tanah

Selain itu, pakan alternatif sapi juga bisa terbuat dari jerami kacang tanah. Pohon-pohon sisa kacang yang sudah dipanen, itu baik sekali untuk sapi.

23. Jerami Jagung

Pakan alternatif sapi dari jerami jagung amat baik untuk kesehatan sapi. Mudah pula mendapatkannya.

24. Jerami Kacang Hijau

Pohon kacang hijau yang sudah selesai panen juga bisa jadi jerami pakan alternatif sapi.

25. Jerami Kedelai

Begitu pun kedelai, dapat dijadikan makanan alternatif untuk sapi. Pilihlah pohon kedelai yang masih cukup bagus, ya!

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Sapi

To Top