10 Cara Merawat Hwamei Lomba Agar Selalu Tampil Juara - Hewan.id
Advertisements

10 Cara Merawat Hwamei Lomba Agar Selalu Tampil Juara

Merawat Hwamei Lomba, Merawat Wambi Lomba

Poksay

10 Cara Merawat Hwamei Lomba Agar Selalu Tampil Juara

Cara merawat hwamei lomba agar selalu tampil juara disetiap event perlombaan. Salah satu burung yang popular di kalangan kicau mania adalah burung hwamei atau wambi. Burung ini merupakan jenis poksay yang impor dari Cina. Burung hwamei memiliki harga yang cukup mahal. Selain itu, banyak kontes melombakan yang melombakan burung kicau satu ini.

Merawat Hwamei Lomba, Merawat Wambi Lomba

Memelihara burung Hwamei dapat mendatangkan potensi ekonomi yang menjanjikan. Akan tetapi untuk mendapatkan atau menghasilkan Hwamei gacor saat lomba tentu melakukan perawatan ekstra. Jadi buat kamu yang belum tahu atau ingin merawat burung hwamei untuk perlombaan, berikut ini cara jitu merawat hwamei lomba

Cara Merawat Hwamei Sebelum Lomba :

Berikut ini cara merawat Hwamei lomba yang harus anda lakukan menjelang perlombaan di laksanakan:

1. Perawatan Yang Lama

Hwamei harus dipersiapkan dalam kondisi prima. Kondisi prima ini tidak dapat dicapai secara instan, namun harus melalui perawatan yang tidak sebentar. Perawatan yang lama akan membuat Hwamei lebih siap dalam berkompetisi melawan burung-burung yang sudah berpengalaman. Hal tersebut menjadi penting, karena Hwamei termasuk burung yang sulit dijinakkan. Selain itu, fisik dan mental Hwamei akan menjadi lebih matang lagi, sehingga tak akan down menghadapi lawannya.

2. Perawatan Yang Teratur

Selain membutuhkan waktu yang cukup lama, Perawatan Hwamei harus juga berkelanjutan atau teratur. Hal ini juga berlaku bagi semua burung. Penggemar Hwamei seharusnya membuat jadwal yang teratur dan terpola. Hal tersebut menjadi penitnga agar Hwamei dapat terbiasa dengan pola perawatan yang diterapkan oleh penggemar. Perawatan yang baik dan teratur akan membuat Hwamei lebih cepat jinak. Perawatan ini dapat berlangsung sampai satu tahun lebih. Maka dari itu, diperlukan ketlatenan dalam merawat agar Hwamei memiliki kicauan yang istimewa dan dapat diandalkan.

Loading...

3. Mengamati Perkembangan Burung dengan Cermat

Pengamatan yang cermat berfungsi untuk mengetahui perkembangan Hwamei. Sebab, pengamatan inilah yang menjadi dasar dalam pengikutsertaan Hwamei dalam kontes adu kicau. Pengamatan ini penting, karena jika hanya asal mengikutsertakan Hwamei dalam kontes, Hwamei terkadang tidak mau untuk berkicau lagi.

4. Menjemur Hwamei

Hwamei yang dijemur di bawah terik matahari akan lebih bergairah dalam mengeluarkan kicauannya saat kontes. Selain itu, cara ini juga membuat Hwamei lebih sehat, karena hal ini berfungsi untuk menjaga kelembaban tubuh Hwamei. Manfaatnya, jamur tidak akan tumbuh di tubuh Hwamei.

5. Tidak Memandikan Hwamei

Cara ini berfungsi agar Hwamei lebih bernafsu dan agresif dalam berkicau. Yang perlu diperhatikan, cara ini tidak boleh sering dilakukan. Jika sering dilakukan, bakteri dan kuman akan menyerang Hwamei dan akhirnya, kesehatan Hwamei terganggu. Cara ini sebaiknya dilakukan beberapa hari menjelang perlombaan.

Cara Merawat Hwamei Sesudah Lomba :

Setelah mengetahui cara merawat hwamei lomba sebelum perlombaan dilakukan, maka anda juga harus melakukan perawatan setelah lomba dilaksanakan. Berikut ini cara perawatannya:

1. Mendampingkan Hwamei Jantan dengan Betina

Pendampingan ini dilakukan ketika Hwamei dijemur di bawah terik matahari pagi. Hal ini berfungsi agar Hwamei sedikit nyaman setelah lomba. Dengan demikian, Hwamei yang terkadang mengalami stress dapat disembuhkan. Cara ini sangat efektif dilakukan saat sampai di rumah sesudah kontes kicau. Selain itu, Hwamei betina juga berperan dalam meningkatkan mental Hwamei jantan. Hal ini banyak dipraktikkan oleh para penggemar Hwamei.

2. Memberi Pakan Alami

Pakan Alami harus diberikan kepada Hwamei agar tetap dalam kondisi baik dalam jangka yang panjang. Burung ini tak perlu diberi pakan yang sifatnya merangsang saraf dalam waktu singkat atau disebut doping. Pakan seperti ini hanya baik untuk sesaat, tetapi setelah itu, kondisi fisik dan mental Hwamei akan menurun.

3. Menjaga Kebersihan Sangkar

Seperti burung yang lainnya, kandang Hwamei harus dijaga dari kotoran yang menumpuk. Selain untuk menjaga kesehatan Hwamei, hal juga berfungsi untuk menjaga kenyaman Hwamei sehingga terhindar dari stress. Dengan demikian, Hwamei akan lebih nyaman untuk berkicau dan akan lebih baik lagi untuk lomba selanjutnya.

4. Menjauhkan Hwamei Dari Gangguan

Cara ini juga berfungsi untuk menjaga Hwamei dari stress. Gangguan dari luar dapat menyebabkan Hwamei mogok untuk berkicau. Sebaiknya, Hwamei diletakkan di tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan. Cara ini dapat membuat nyaman dan segar kembali setelah mengikuti lelahnya lomba. Sebaiknya, setelah lomba, Hwamei harus segera dijauhkan dari keramaian.

5. Menutup Sangkar Hwamei dengan Kain

Setelah mengikuti lomba, Hwamei harus sering-sering ditutup sangkarnya dengan kain. Ketika menjemurnya, kandang Hwamei harus dibuka penutupnya. Setelah itu, penjemuran selesai, tutup kembali kandang tersebut dengan kain penutup yang gelap tadi. Jika cara ini dipraktikkan dengan baik, hwamei akan bernafsu untuk berkicau lagi dan terhindar dari stress setelah mengikuti lomba. Sebab, ketika sangkar itu ditutup dengan kain, Hwamei merasa tenang dan nyaman.

Cara ini juga harus dilakukan saat perjalanan membawa Hwamei ke tempat kontes. Namun, jika tempat tersebut jauh, kain penutup harus dibuka sedikit agar sirkulasi udara berjalan lancar dan baik.

Baca Juga : 10 Cara Merawat Hwamei Harian Agar Cepat Gacor

Itulah ulasan mengenai cara untuk merawat Hwamei lomba agar dapat tampil dalam kontes secara maksimal. Cara tersebut dapat Anda praktikkan untuk hwamei anda di rumah. Yang terpenting adalah ketereaturan. Sebab, hwamei merupakan salah satu burung kicau yang cukup sulit dijinakkan. Kesabaran dan ketelatenan menjadi prioritas utama untuk dapat menjinakkan Hwamei. Jika Hwamei dapat dijinakkan, potensi berkicaunya akan mudah untuk dilatih. Anda juga dapat membaca cara merawat hwamei lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Poksay

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top