Connect with us

10 Cara Memilih Hwamei Bakalan Prospek Juara

Memilih Hwamei, Cara Memilih Hwamei, Hwamei Anakan, Hwamei Bakalan, Hwamei Ombyokan, Hwamei Cina

Poksay

10 Cara Memilih Hwamei Bakalan Prospek Juara

Loading...

Cara memilih hwamei anakan, bakalan, ombyokan yang prospek dan bermental juara. Sekitar era 90-an, Indonesia sempat digemparkan dengan mendominasinya Burung Hwamei atau sering dikenal dengan Wambi. Hwamei ini bukanlah burung asli dari Indonesia, melainkan burung yang diimpor dari negeri China. Wambi sendiri merupakan salah satu jenis poksay yang terkenal di Indonesia.

Memilih Hwamei, Cara Memilih Hwamei, Hwamei Anakan, Hwamei Bakalan, Hwamei Ombyokan, Hwamei Cina

Loading...

Tetapi sayang, sekarang populasinya kian menurun dan bahkan sekarang Hwamei masuk kedalam kategori binatang yang langka di Indonesia. Hwamei ini mempunyai suara kicau yang unik hingga mampu menarik burung lawan jenisnya.

Terkadang orang yang mencari Hwamei lebih tertarik dengan Hwamei yang jantan, karena mempunyai suara yang bervariasi. Tapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa mereka akan tertarik dengan Hwamei yang betina, karena ingin dibudidayakan. Disisi lain, dalam mencari anakan Burung Hwamei yang berkualitas pastinya harus diperhatikan juga bagaimana cara memilih Hwamei, agar bisa mendapatkan kriteria burung seperti yang diinginkan.

Cara Memilih Hwamei Bakalan :

Berikut ini cara memilih Hwamei yang perlu anda perhatikan. Ingat perhatikan ciri-ciri Hwamei yang prospek untuk lomba.

1. Perhatikan Ciri-Ciri Umum Pada Burung Hwamei

Bagi mereka yang sudah pernah melihat Burung Hwamei, tidak akan kesulitan dalam menentukan perbedaan dengan burung-burung lainnya. Tetapi bagi mereka yang sama sekali belum mengetahuinya bahkan bukan penggemar burung, akan mengalami sedikit kesulitan. Karena jika dilihat sekilas, fisik Hwamei hampir mirip dengan Burung Pipit.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam setiap perbedaannya. Hwamei ini mempunyai ciri-ciri bulu yang berwarna cokelat, sedikit kusam (untuk Hwamei muda) dan tidak kusam (Hwamei Dewasa), mempunyai alis putih tebal, dan suara yang merdu.

2. Jangan Terpengaruh Dengan Harga Yang Ditawarkan

Harga memanglah sangat menentukan kualitas dari sebuah produk. Seperti halnya Hwamei ini, yang biasanya di jual dengan harga yang mahal. Karena pada dasarnya, Hwamei didapatkan dari hasil impor dari daerah China. Jadi bagi anda yang mendapatkan hargai Hwamei yang murah di pasaran, harus berhati-hati dan teliti dengan kualitas Hwamei itu sendiri.

3. Amati Kelincahan Burung Hwamei

Di China, Hwamei terkenal dengan burung yang sangat temperamental sehingga sering diikutkan dalam setiap ada perlombaan burung. Bagi mereka yang mencari Hwamei dewasa, sisi kelincahan pada burung ini harus sangat diperhatikan. Kelincahan disini tidak hanya diperuntukkan dalam perlombaan, tetapi juga sebagai pemenuhan kepuasan fisik burung itu sendiri.

4. Putuskan Jika Akan Memilih Hwamei Jantan Atau Betina

Setiap pembeli mempunyai selera masing-masing dalam menentukan pilihan yang akan dibelinya, seperti harus memilih Hwamei yang jantan ataupun betina. Ada beberapa perbedaan yang harus diperhatikan dalam memilih jenis kelamin Hwamei. Hwamei jantan mempunyai badan yang lebih kecil dari Hwamei betina, biasanya Hwamei jantan memilki ekor yang yang lebih panjang. Selain itu, Hwamei jantan identik dengan suara kicauannya yang lantang dan bervariasi.

5. Jangan lupa Untuk Memperhatikan Kesehatan Pada Burung

Memperhatikan kesehatan pada burung, menjadi hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan sebelum menjatuhkan suatu pilihan. Kesehatan disini tidak harus melakukan pengecekan ke dokter hewan, melainkan pengamatan terhadap fisik dari burung tersebut. Dalam arti, kita sebagai pembeli harus teliti dalam mengamati setiap anggota tubuh pada burung.

Jika dirasa dari fisiknya sudah mendukung, berarti burung tersebut bisa dikatakan sehat. Tapi biasanya seorang pembeli burung mengecek melalui suara kicaunya. Apabila Hwamei yang menjadi targetnya berkicau tidak lantang atau bahkan tidak berkicau, berarti ada masalah kesehatan pada Hwamei tersebut.

6. Pahami Sisi Keunikan Kicau Hwamei

Hwamei sudah digariskan dengan suara kicauannya yang bervariasi serta kemampuan kicau yang unik. Selain itu Hwamei juga pandai dalam menirukan suara burung lain, tapi sayangnya suara-suara tersebut akan dikicaukan apabila Hwamei sedang sendiri. Kemampuan lain yang bisa dilakukannya yaitu bergaya cantik pada saat berkicau.

7. Pastikan Anda Mampu Menjinakkan Hwamei

Tujuan dilakukannya penjinakkan pada Hwamei yaitu agar Hwamei rajin berkicau. Proses penjinakkan biasanya memerlukan waktu sekitar 3 minggu. Hal-hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah yang terkait dengan perawatan sangkar burung hingga perawatan burung setiap harinya.

8. Pastikan Pilihan Anda Tepat Sasaran

Sebelum memutuskan pemilihan Hwamei, akan lebih baik jikalau cara memilih Hwamei disesuaikan dengan rencana awal sebelum keputusan. Dalam arti, jika rencana awal menginginkan Hwamei jantan maka anda harus pandai-pandai dalam memilih Hwamei jantan yang berkualitas. Dengan berbagai kriteria Hwamei yang ada, bisa kemungkinan menjadi pengecoh dalam menentukan pilihan.

9. Setelah Memilih, Jangan Lupa Untuk Bertanya Terkait Cara Perawatannya

Secara garis besar, perawatan untuk Hwamei ini ada pada sangkar dan burung itu sendiri. Perawatan yang tidak boleh dilupakan adalah memandikan Hwamei setiap hari, yang bertujuan untuk membantu Hwamei dalam berkicau. Untuk peletakkan sangkar harus dibiasakan di temapat ramai agar Hwamei tidak turun mental nantinya.

10. Akan Lebih Baik Jika Mencari Informasi Dahulu Terkait Hwamei

Informasi terkait Hwamei bisa saja didapatkan dari kerabat yang sebelumnya telah mengetahui Hwamei atau bahkan bisa searching dari media sosial. Anda juga dapat melihat beberapa video wambi yang ada di facebook.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Hwamei Harian Agar Cepat Gacor

Bagi yang hendak memilih Hwamei, tips cara memilih Hwamei diatas bisa dilakukan. Sebelum akhirnya harus menyesal dibelakang, akan lebih baik jika difikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan suatu pilihan. Beberapa ciri fisik Hwamei juga harus sangat diperhatikan dalam menentukan Hwamei berkualitas tersebut. Anda juga dapat membaca cara merawat hwamei lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in Poksay

To Top