23 Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina Paling Akurat - Hewan.id
Advertisements

23 Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina Paling Akurat

Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina, Hwamei Jantan, Hwamei Betina, Wambi Jantan, Wambi Betina

Poksay

23 Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina Paling Akurat

Cara membedakan hwamei jantan dan betina paling akurat. Burung Hwa Mei, Hwamei atau yang juga biasa disebut Wambi merupakan salah satu burung yang terkenal dengan kicauannya. Burung ini memiliki kicauan yang mantap, keras, dan rapat. Sehingga, tidak heran apabila banyak orang yang memberikan julukan burung ini sebagai burung rocker. Jenis poksay ini digemari oleh banyak orang dan sering dijadikan sebagai burung kontes karena memiliki kicauan yang bagus dan fisik yang kuat.

Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina, Hwamei Jantan, Hwamei Betina, Wambi Jantan, Wambi Betina

Tetapi, hanya burung Wambi jantan yang sering diikutkan kontes karena memiliki kicauan yang bervariasi dan mampu menirukan kicauan burung yang lain. Sedangkan Burung Wambi betina hanya memiliki satu nada kicauan saja. Oleh karena itu, penting sekali untuk bisa membedakan Hwamei jantan dan betina agar tidak salah ketika hendak membelinya.

Wambi sendiri merupakan burung yang sangat istimewa dan memiliki banyak sekali variasi lagu. Nah banyak sekali kicau mania mencari wambi berjenis kelamin jantan digunakan untuk masteran burung lomba. Contoh murai batu, cucak ijo, kacer dan pleci. Jenis burung tersebut sering menggunakan suara wambi sebagai isian.

Burung Hwa Mei yang berasal dari wilayah Cina bagian selatan. Burung wambi ini dulunya pernah mengalami kelangkaan akibat serangan wabah flu burung sedang mewabah, sehingga aktivitas impor burung ini sempat dihentikan. Namun, aktivitas impor burung ini langsung kembali aktif ketika penyebaran virus flu burung sudah mereda.

Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina :

Bagi para penggemar burung, pasti akan sangat mudah untuk membedakan jenis burung Hwa Mei  jantan atau betina. Tetapi sebaliknya, hal itu akan sangat sulit dilakukan bagi orang awam yang tidak terlalu hobi dengan burung. Namun tidak perlu khawatir, berikut ini terdapat cara mudah yang sangat membantu untuk membedakan hwamei atau wambi jantan dan betina.

Loading...

1. Ukuran Tubuh

Memperhatikan ukuran tubuh merupakan salah satu cara untuk membedakan Burung Wambi jantan dan betina. Burung Wambi jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan Burung Wambi betina. Hal ini yang menyebabkan Burung Wambi jantan bisa bergerak lebih gesit, sehingga sangat cocok diikutkan saat kontes.

2. Mata

Warna mata Burung Hwa Mei jantan yang lebih biru dibandingkan dengan Burung Hwa Mei betina bisa dijadikan sebagai salah satu pembeda dari keduanya. Selain itu, Burung Hwa Mei jantan suka membelalakkan matanya saat dipegang, tetapi tidak dengan burung betina yang lebih suka menutup matanya.

3. Lubang Hidung

Selain mata, Burung Wambi jantan dan betina juga memiliki perbedaan yang mencolok pada lubang hidung. Burung Wambi jantan memiliki bentuk hidung yang lancip dan mancung, sedangkan Burung Wambi betina hidungnya lebih lebar dan bulat.

4. Proporsi Tubuh

Burung Hwa Mei jantan memiliki proporsi tubuh yang kecil dan padat berisi, sehingga tampak lebih gagah dibandingkan Burung Hwa Mei betina yang memiliki bentuk agak bulat dan lebih besar.

5. Leher

Apabila diperhatikan secara seksama, antara Burung Wambi jantan dan betina juga memiliki perbedaan dilehernya. Burung Wambi jantan memiliki leher yang lebih panjang dan kekar serta bulu yang tegas. Sedangkan Burung Wambi betina memiliki bulu yang lembut dengan struktur leher yang lebih pendek. Perbedaan ini akan semakin jelas terlihat ketika Burung Wambi meliukkan tubuhnya.

6. Tulang Panggul

Fungsi reproduksi yang menyebabkan panggul Burung Wambi jantan dan betina memiliki perbedaan. Struktur panggul Burung Wambi betina lebih lebar dibandingkan dengan struktur panggul Burung Wambi jantan.

7. Alat Vital

Alat vital burung atau yang juga sering disebut kloaka. Salah satu perbedaan yang dapat dilihat dari Burung Hwa Mei jantan dan betina adalah alat vitalnya. Burung Hwa Mei jantan memiliki bentuk alat vital yang lebih menonjol dibandingkan dengan Burung Hwa Mei betina yang memiliki bentuk alat vital mendatar.

8. Ekor

Ukuran bulu ekor juga menjadi salah satu pembeda antara Burung Wambi jantan dan betina. Ekor yang dimiliki oleh Burung Wambi jantan lebih panjang dibandingkan ekor Burung Wambi betina.

9. Kaki

Antara Burung Hwa Mei jantan dan betina juga dapat dibedakan melalui kakinya. Burung Hwa Mei betina memiliki struktur kaki yang lembut dengan daging yang agak tipis, sedangkan Burung Hwa Mei jantan memiliki kaki dengan struktur kuat, kokoh, dan memiliki kulit yang lebih tebal.

10. Warna Bulu

Warna bulu Burung Wambi yang bagus dan cokelat mengkilat merupakan salah satu pembeda antara Burung Wambi jantan dan betina. Burung Wambi betina memiliki warna bulu yang cenderung lebih kusam dibandingkan dengan Burung Wambi jantan.

11. Suara Kicauan

Suara kicauan adalah salah satu hal yang sangat disukai dari burung. Pembeli pasti akan memilih burung dengan kicauan yang lebih merdu. Tidak hanya berfungsi sebagai peliharaan, tetapi kicauan burung juga bisa menjadi sarana hiburan saat mendengarnya. Begitu juga dengan Burung Hwa Mei yang memiliki kicauan merdu sehingga banyak diminati oleh pembeli.

Terutama burung Hwa Mei jantan yang memiliki variasi kicauan dengan volume kencang dan bisa menirukan kicauan burung yang lain. Sedangkan Burung Hwa Mei betina hanya memiliki satu kicauan yang monoton sebagai suara panggilan saja.

Ciri Hwamei Jantan :

Hwamei Jantan, Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina

  1. Mempunyai ukuran tubuh ramping, panjang dan besar di bandingkan dengan Hwamei betina.
  2. Memiliki warna bulu coklat serta jika dilihat tampak mengkilap.
  3. Mempunyai alis mata yang tajam dan tebal.
  4. Pandai dalam menirukan suara burung lain.
  5. Mempunyai suara bervariasi.
  6. Ranjin berkicau atau gacor.

Ciri Hwamei Betina :

Hwamei Betina, Cara Membadakan Hwamei Jantan dan Betina

  1. Memiliki unkuran tubuh pendek dan kecil dibandingkan Hwamei jantan.
  2. Mempunyai warna bulu agak terlihat kusam atau coklat pudar.
  3. Memiliki alis mata tipis.
  4. Kurang pandai dalam meniru suara burung lain atau monoton.
  5. Sering mengeluarkan suara sieerr… sieerr… siierr.
  6. Kurang rajin bunyi.

Cukup mudah bukan, untuk membedakan wambi atau hwamei jantan dan betina. Anda cukup dilihat pada pebedaan Hwamei melalui suara dan fisik saja. Namun demikian melihat banyaknya spesies dan macam burung khususnya yang berada di indonesia, kita harus lebih teliti lagi dalam mengenali ciri- ciri hwamei maupun karakter burung yang kita inginkan.

Sekarang kita sudah mengetahui apa saja yang bisa digunakan untuk membedakan hwamei jantan dan betina dilihat dari ciri-cirinya. Sehingga tidak akan khawatir keliru ketika hendak membeli dan memilih hwamei ini. Jangan sukan atau gensi dalam mengajak pakar wambi jika anda kesulitan dalam memilihnya. Pecuma kan kalau burung hwamei yang kita pilih ternyata berkelamin betina.

Baca Juga: 10 Cara Memilih Hwamei Bakalan Prospek Juara

Ada beberapa kasus sulit dalam membedakan kelamin hwamei yaitu ketika masih anakan. Burung wambi anakan, trotolan atau bakalan memang sangat sulit dilihat kelaminnya bagi pemula. Maka saya sanrankan untuk mengajak yang sudah pakar ketika ingin memilih atau membeli wambi anakan berkelamin jantan. Anda juga dapat membaca cara merawat hwamei lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Poksay

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top