10 Cara Membedakan Hwamei China dan Taiwan dengan Akurat - Hewan.id
Advertisements

10 Cara Membedakan Hwamei China dan Taiwan dengan Akurat

Membedakan Hwamei China dan Taiwan, Hwamei China, Hwamei Taiwan, Perbedaan Wambi, Wambi Gacor

Poksay

10 Cara Membedakan Hwamei China dan Taiwan dengan Akurat

Cara mudah membedakan hwamei Cihna dan Taiwan dengan mudah dan akurat. Bagi anda para pecinta kicau mania mungkin burung jenis poksay ini sudah tidak asing lagi. Namun taukah anda bahwa burung hwamei ini ternyata berasal dari dua negara yaitu Taiwan dan China? Lantas bagaimana cara membedakan hwamei China dan Taiwan?

Membedakan Hwamei China dan Taiwan

Banyak sekali yang merasa penasaran bagaimana cara membedakan hwamei China dan Taiwan karena performa serta gaya tarung di lapangan pun beda. Kita tahu di Indonesia sekarang ini jarang ditemukan ada yang menjual burung wambi di pasaran. Mereka semua merasa ketakutan karena adanya larangan dari pemerintah soal mengimpor burung yang ber asal dari negeri tirai bambu tersebut. Pada saat itu pemerintah merasa was-was soal kemunculan penyakit SARS di tahun 2000-an. Selain itu pada saat itu banyak sekali event perlombaan yang membuka kategori untuk burung jenis ini dan juga harga wambi pun mahal saat itu.

Jika selama ini kita hanya mengenal burung wambi atau hwamei hanya berasal dari China saja. Namun ternyata banyak sekali burung hwamei yang berasal dari Taiwan. Nah membahas soal perbedaan, berikut ini akan tersaji cara membedakan burung hwamei China dan Taiwan serta perbedaan yang lain antara kedua burung ini.

Cara Membedakan Hwamei China dan Taiwan dari Segi Ciri Fisik :

Hwamei Taiwan, Leucodioptron taewanum

Jika dilihat secara sekilas mungkin anda akan kesulitan membedakan burung hwamei China dan Taiwan. Untuk itu mungkin cara membedakan hwamei China dan Taiwan di bawah ini dapat membantu anda mengenali ciri-ciri hwamei Taiwan serta China.

Loading...

1. Cari Tau Nama Ilmiahnya

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk membedakan hwamei China dan Taiwan adalah mencari tau nama ilmiahnya. Kedua burung ini walaupun sekilas nampak sama pada bentuk fisiknya namun ternyata nama ilmiahnya berbeda.

Untuk burung hwamei China memiliki nama ilmiah Garullax Cannorus. Sedangkan burung hwamei asal Taiwan secara ilmiah disebut dengan Garullax Taewanus. Selain itu hwamei China juga dikenal dengan sebutan Chinesse Hwamei dan juga Melodius Lughingthrush. Sedangkan hwamei Taiwan juga dikenal dengan sebutan lain yaitu Leucodioptron Taewanum.

2. Perhatikan Area Matanya

Mungkin inilah perbedaan morfologi yang paling mencolok dan terlihat jelas antara burung hwamei Taiwan dan burung hwamei China.

Burung hwamei China memiliki strip di bagian mata yang menyerupai alis. Strip tersebut berwarna putih dan posisinya melingkar di bagian mata serta memanjang ke belakang. Inilah yang menjadi alasan burung ini dinamakan hwamei. Mengapa demikan? Karena kata hwamei diambil dari bahasa China “hua-mei” yang memiliki arti alis yang dicat.

Sementara pada hwamei Taiwan anda tidak akan menemukan ciri ini. Oleh karena itu adanya strip berwarna putih yang menyerupai alis ini adalah perbedaan antara hwamei China dan Taiwan yang paling mencolok dan paling terlihat. Itulah salah satu cara agar anda bisa membedakan mana burung wambai yang berasal dari Taiwan dan China.

3. Perhatikan Warna Bulu

Selain adanya strip berwarna putih di bagian mata hwamei China yang menjadi perbedaan paling mencolok, cara membedakan hwamei China dan Taiwan bisa juga dengan melihat warna bulunya. Jika diamati secara seksama anda akan mendapatkan warna bulu yang berbeda antara kedua burung ini.

Pada burung hwamei Taiwan anda akan mendapati bulu yang berwarna abu-abu kecoklatan. Selain itu burung hwamei Taiwan juga tampak memiliki garis-garis gelap di bagian tengkuk dan mahkotanya secara menyeluruh.

Sedangkan bulu burung hwamei China tampak memiliki warna seperti warna karat. Artinya warnanya coklat kemerahan. Selain itu warna bulu pada burung hwamei China cenderung lebih terang dibandingkan dengan hwamei Taiwan.

4. Amati Ukuran Tubuhnya

Cara membedakan hwamei China dan Taiwan berikutnya adalah dengan mengamati ukuran tubuhnya. Sebenarnya ukuran tubuh antara kedua burung ini tidak ada perbedaan yang signifikan.

Burung hwamei baik asal China maupun Taiwan pada umumnya memiliki ukuran tubuh sekitar 20 sampai 25 sentimeter panjangnya. Namun burung hwamei China umumnya tampak lebih gempal dan berisi jika dibandingkan dengan burung hwamei Taiwan.

5. Perhatikan Bentuk Paruhnya

Mungkin cara membedakan hwamei China dan Taiwan dari bentuk paruhnya terbilang cukup sulit. Hal ini dikarenakan bentuk paruh antara kedua burung ini terlihat sama persis. Burung hwamei China yang masih liar dan hidup di alam terbuka memiliki bentuk paruh yang bengkok.

Hal ini dikarenakan burung hwamei China memiliki karakter fighter yang sangat kuat. Sehingga dia menggunakan paruhnya untuk bertarung. Sementara pada burung hwamei Taiwan pun juga memiliki karakter petarung namun tidak sekuat burung hwamei China. Sehingga bentuk paruh burung hwamei Taiwan tidak nampak bengkok.

6. Dengarkan Suara Kicauannya

Sebenarnya sara kicauan dari kedua burung ini pun mirip. Akan tetapi jika didegarkan lebih teliti terdapat perbedaan suara ngerolnya. Burung hwamei Taiwan memiliki suara ngerol yang lebih panjang, merdu dan bervariasi jika dibandingkan dengan burung hwamei China.

  • Video Suara Burung Hwamei Taiwan

  • Video Suara Burung Hwamei China

7. Tes DNA Akurat 99%

Cara membedakan wambi China dan Tiwan dapat menggunakan DNA yang dapat diambil dari darah atau bulu. Keakuratan tes DNA hwa mei diklaim mencapai 99 persen. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya dapat membedakan kedua jenis burung tersebut.

Perbadaan Hwamei China dan Taiwan Dari Segi Habitat Penyebaran :

Hwamei China, Wambi China, Garrulax canorus

Di atas telah disebutkan cara membedakan hwamei China dan Taiwan yang bisa anda lakukan, jika di lihat dari segi fisik kedua burung tersebut. Selanjutnya di sini kita akan membahas perbedaan yang lain antara kedua burung ini dari segi habitat penyebaran atau daerah mereka berasal.

1. Perbedaan Area Penyebaran

Burung wambi atau hwamei Taiwan seperti namanya ialah merupakan burung endemik negara Taiwan. Artinya burung ini hanya akan anda temui di area negara taiwan saja. Namun berbeda dengan hwamei China yang wilayah penyebarannya bukan hanya di negara China saja.

Namun hwamei China juga banyak ditemukan di area asia tenggara seperti Singapore, Vietnam, dan Thailand. Sementara di Indonesia sendiri tidak ditemukan adanya habitat asli burung hwamei China.

2. Habitat Asli Yang Berbeda

Dilihat dari namanya saja anda sudah pasti tahu kalau habitat asli antara kedua burung ini berbeda. Ya, hwamei China tentunya memiliki habitat asli di negara China. Sedangkan hwamei Taiwan yang merupakan burung endemik Taiwan sudah pasti habitat aslinya ada di negara Taiwan.

3. Perbedaan Spesies

Pada awalnya para ilmuwan menggolongkan hwamei Taiwan sebagai subspesies dari hwamei China. Namun baru-baru ini hwamei Taiwan dipisahkan sebagai spesies yang berbeda dari hwamei China. Hal ini disebabkan adanya penemuan bahwa spesies hwamei Taiwan telah menyimpang dari hwamei China sejak sekitar 1,5 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina Paling Akurat

Itulah beberapa cara yang anda dapat gunakan untuk membedakan burung Whamei China dan Taiwan. Kenali duru ciri fisik kedua burung tersebut, jika dirasa suli maka ada dap mencari perbedaan dari segi habitat penyebarannya:

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Poksay

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top