> > 10 Jenis Makanan Hwamei Untuk Menunjang Gacor Si Burung - Hewan.id
Connect with us

10 Jenis Makanan Hwamei Untuk Menunjang Gacor Si Burung

Makanan Hwamei, EF Makanan Hwamei, Extra fooding Hwamei, Pakan Hwamei

Poksay

10 Jenis Makanan Hwamei Untuk Menunjang Gacor Si Burung

Macam dan jenis makanan hwamei atau wambi untuk menunjang gizi serta kegacoran si burung. Dilihat dari perbedaan masing-masing pengkategorian, ada berbagai macam jenis poksay di belahan bumi ini. Mulai dari perbedaan wilayah habitat hidupnya, jenis makananya, cara merawatnya, dan lain sebagainya.

Makanan Hwamei, EF Makanan Hwamei, Extra fooding Hwamei, Pakan Hwamei

Hwamei merupakan salah satu burung dari Cina yang ikut serta meramaikan keberadaan burung di Indonesia. Sekarang Hwamei terdaftar kedalam golongan burung langka, namun salah satu jenis poksay tersebut masih menjadi incaran bagi para pengoleksi burung, karena suara kicauannya yang unik.

Tapi perlu diketahui juga, bahwasannya Hwamei akan bertahan dengan kicauannya yang merdu apabila perawatannya juga maksimal. Perawatan yang biasa dilakukan adalah dengan memandikan Hwamei setiap hari, menempatkan sangkar di tempat ramai, dan lain sebagainya. Satu hal penting yang perlu diperhatikan lagi dalam perawatan Hwamei adalah dari segi makanannya. Ada beberapa jenis makanan Hwamei yang biasanya digunakan untuk menunjang pemenuhan gizi pada Hwamei.

Jenis-jenis makanan yang bisa diberikan ke Hwamei harus mengandung gizi tinggi serta dapat membuat kegacoran burung bertambah.

Jenis Makanan Hwamei Untuk Menunjang Gacor Si Burung :

1. Pisang

Sudah tidak asing lagi apabila pisang menjadi rekomendasi terbaik makanan untuk segala jenis burung. Kandungan vitamin yang banyak serta teksturnya yang lembut, dapat memudahkan segala jenis burung bisa mengkonsumsinya dengan baik. Dalam penyajiannya, pisang tidak boleh diletakkan di sangkar selama lebih dari 1 hari. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan burung apabila sampai dimakan dalam keadaan membusuk.

Loading...

2. Ulat Hongkong

Ulat hongkong sangat bermanfaat untuk Hwamei karena mengandung banyak protein dan kalori. Protein sendiri berguna dalam membantu pertumbuhan burung, menjaga stamina serta kebugaran fisik burung. Setiap kali pekan waktu makan, biasanya diberikan 2 sampai 3 ekor ulat hongkong. Penyajian ulat hongkong pun beragam, ada yang diberikan ketika masih berwarna putih dan ada juga di saat sudah berbentuk ulat hongkong kering.

3. Jangkrik

Dalam sejarahnya, Hwamei menyukai makanan dengan basic serangga dan salah satunya adalah jangkrik. Jangkrik mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh Hwamei, diantaranya adalah protein, lemak, dan karbohidrat. Pemberian jangkrik untuk Hwamei bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kicaunya sehingga keberadaannya mampu mewarnai persaingan dengan burung-burung yang lain.

4. Pepaya

Menurut sudut pandang gizi, pepaya memiliki beberapa kandungan yaitu seperti vitamin A, vitamin K, magnesium, folat, alfa, dan lain sebagainya. Untuk beberapa fungsi dari masing-masing kandungan pepaya untuk Hwamei yaitu vitamin K bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang-tulang pada Burung Hwamei, bisa menurunkan suhu tubuh Hwamei akibat seharian di jemur di terik matahari, serta buah pepaya mampu berperan sebagai antioksidan pada Hwamei.

5. Belalang

Belalang termasuk dalam kategori serangga yang mempunyai spesies sama dengan jangkrik. Serangga ini sering digunakan sebagai alternatif makanan Hwamei apabila tidak ada jangkrik. Dan alternatif lain yang biasanya digunakan juga adalah kecoa. Ada beragam jenis belalang yang ada, dan biasanya belalang yang diberikan ke Hwamei adalah belalang kayu yang berwarna hijau dan belalang setan yang memiliki warna dominan coklat.

6. Voer (racikan kombinasi)

Voer merupakan salah satu jenis makanan Hwamei yang dikombinasikan dengan kuning telur rebus. Racikan kombinasi ini dibuat secara alami dengan memperhatikan prosedur-prosedur pembuatannya. Langkah pertama, adalah merebus 3 butir telur kemudian diambil bagian kuningnya saja. Mencampurkan kuning telur dengan voer berprotein tinggi, lalu di haluskan. Setelah menjadi adonan, kemudian keringkan di terik matahari atau di dalam oven. Ketika keringnya sudah merata, anda dapat menyimpannya dan memberikan sedikit demi sedikit untuk makanan Hwamei.

7. Kroto

Kata lain dari kroto adalah angkrang, yang terkenal sebagai serangga dengan gigitan panasnya. Tapi jangan salah, serangga ini mempunyai kekuatan super dalam menjaga stamina Burung Hwamei. Ukuran makan yang pada umumnya diberikan adalah 35-40% dari berat badannya. Pemberian kroto secara berlebihan juga akan berdampak kurang baik karena dapat mempengaruhi suara burung.

8. Kelapa

Bagian kelapa yang biasanya dimanfaatkan untuk burung adalah air kelapanya. Seperti yang kita tau, bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang tinggi. Pengkonsumsian air kelapa yang terlalu berlebihan juga akan berdampak negatif pada burung. Jadi pemberian air kelapa harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan burung.

9. Vitamin

Vitamin disini lebih dominasi terhadap yang siap saji. Di toko-toko pakan burung terdekat biasanya menyediakan vitamin khusus burung. Hal ini berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh Hwamei sehingga nantinya tidak mudah terserang penyakit.

10. Cacing

Ternyata tidak semua jenis cacing bisa dijadikan sebagai makanan burung. Perbedaan tersebut disebabkan karena adanya perbedaan kandungan nutrisinya yang akan berpengaruh pada burung. Ada beberapa jenis cacing yang pada umumnya digunakan sebagai makanan burung yaitu cacing bayam, cacing merah, cacing fosfor, dan cacing tanah.

Baca Juga: 23 Cara Membedakan Hwamei Jantan dan Betina Paling Akurat

Bagi anda yang sedang memelihara Hwamei, mengetahui jenis makanan Hwamei menjadi persoalan yang harus diperhatikan. Karena sekali salah dalam memberikan makanan, maka bisa jadi akan mempengaruhi kesehatan dan nafsu makan Hwamei. Hal fatal yang biasanya terjadi adalah pengaruh Hwamei yang jarang berkicau. Apa lagi soal merawat hwamei sehari-hari. Semoga dengan semua penjelasan diatas dapat membantu meringankan anda dalam mencari daftar makanan untuk Hwamei yang dipeliharanya.

Loading...

Continue Reading

More in Poksay

To Top