25 Pakan Sapi yang Bikin Gemuk dan Susu Melimpah
Advertisements

25 Pakan Sapi Bikin Gemuk dan Susu Melimpah

Penggemukan Sapi

Pakan

25 Pakan Sapi Bikin Gemuk dan Susu Melimpah

25 Pakan Sapi Bikin Gemuk dan Susu Melimpah

Pakan Sapi yaitu makanan untuk sapi agar sapinya jadi gendut-gendut. Gemuknya sapi membuat harganya jadi naik. Karena semakin besar dan berdaging, maka sapinya punya bobot yang banyak pula.

Pakan sapi yang tepat juga bisa menunjang peningkatan produksi susu sapi perah. Tak dapat dipungkiri, makanan sangat mempengaruhi banyak tidaknya sapi mampu memproduksi susu. Untuk itu, para peternak mesti paham tentang cara membuat pakan sapi perah.

Pakan Sapi Gemuk

Supaya sapi gemuk-gemuk dan produksi susunya melimpah, ada 25 pakan sapi yang bisa dipraktekkan. Seperti di bawah:

Olahan Makanan Fermentasi untuk Sapi

Penggemukan Sapi

1. Fermentasi Jerami Padi

Pakan sapi yang pertama bisa dibuat dari fermentasi jerami padi. Mudah saja membuatnya. Tinggal mencampur jerami padi dengan larutan SOC.

Loading...

2. Fermentasi Kulit Kacang

Begitupun saat membuat makanan sapi dari kulit kacang. Namun karena kulit kacang ini keras, sebaiknya proses fermentasinya dilakukan dengan lebih lama. Sampai kulit kacangnya jadi lunak.

3. Fermentasi Batang Pohon Jagung

Untuk membuat pakan sapi juga bisa memakai batang pohon jagung. Biasanya, selepas masa panen banyak terbuang pepohonan jagung. Daripada habis dibakar, mending difermentasi untuk makanan ternak sapi ini.

4. Fermentasi Titen Kedelai

Titen kedelai adalah sisa-sisa kedelai kualitas buruk. Yang biasanya agak banyak di industri pengolahan bahan makanan dan minuman yang mengandung kedelai. Daripada dibuang, lebih baik diolah jadi pakan sapi. Kandungan gizinya melimpah sekali.

5. Fermentasi Titen Kacang Hijau

Jika kesusahan mendapatkan titen kedelai, bisa pula kok pakai titen kacang hijau. Proses mengolahnya sama saja dengan pakan sapi fermentasi yang lainnya.

Pemberian Suplemen dan Obat untuk Sapi

Sapi Gemuk Banget

6. Suplemen Organik Cair (SOC)

SOC banyak dipakai sebagai bahan utama fermentasi sapi. Larutan ini bisa dibeli di semua toko pakan ternak. Banyak peternak memilih SOC karena olahan pakan ternak fermentasi dipandang punya kandungan gizi yang lebih kompleks.

7. Urea

Urea tidak hanya digunakan sebagai pupuk saja. Namun bisa diolah jadi pakan sapi. Biasanya dicampurkan dalam fermentasi biji-bijian.

8. Probiotik

Probiotik adalah salah satu zat yang mampu membantu pencernaan sapi jadi lebih baik. Memberikan probiotik pada sapi akan memicu pertumbuhan fisiknya jadi lebih baik.

9. Em4

Em4 merupakan zat dan obat yang bagus sekali untuk menunjang kesehatan sapi. Pakan sapi yang dicampur dengan suplemen ini akan membuat sapi jadi gemuk-gemuk.

10. Viterna Plus

Jika sedang mencari alternatif suplemen sapi yang bisa memicu kenaikan produksi susu, viterna plus bisa dicoba. Selain itu juga baik untuk mencegah sapi kena penyakit kulit.

Rerumputan yang Bagus untuk Pakan Sapi

Rumput Sapi

11. Rumput Gajah

Rumput gajah memiliki ukuran yang besar. Jenis rumput ini memang begitu disukai binatang ternak herbivora. Sehingga cocok sekali dijadikan pakan untuk sapi.

12. Rumput Teki

Rumput teki adalah pakan sapi yang sangat umum digunakan. Jenis rumput ini memang gampang sekali ditemukan di kawasan persawahan dan lapangan. Sehingga kalau dicarinya pakai metode ngarit bakal gampang.

13. Rumput Gulma

Rumput gulma sebenarnya bukan tanaman rumput. Namun murni tanaman gulma kecil-kecil yang biasanya mengganggu tanaman budidaya di sawah maupun kebun. Gulma bisa dimanfaatkan jadi pakan sapi loh!

14. Rumput Jarum

Salah satu jenis rumput yang aman dan banyak dipakai untuk pakan sapi yakni rumput jarum. Rumput ini sebaiknya diberikan beriringan dengan rumput lain. Agar sapi tidak mudah bosan.

Baca Lagi: 50 Contoh Aquarium Ikan Hias Air Tawar dan Air Laut

15. Rumput Meksikan

Kalau ingin mencoba jenis rumput impor untuk sapi, bisa pakai Meksikan. Namun untuk mendapatkannya agak susah. Pasalnya, rumput ini tidak tersedia di semua toko pakan rumput di Indonesia.

Makanan Sapi dari Limbah Biji dan Ampas

Sapi Gemuk Maksimal

16. Dedak

Dedak memiliki nama lain bekatul. Merupakan serbuk sisa penggilingan padi. Biasanya dedak memang dikumpulkan untuk dijual kembali. Maklum, serbuk ini banyak khasiatnya. Terutama untuk pakan ternak dan bahan campuran media tanam dan pupuk.

17. Menir

Menir juga masih bagian dari padi. Ini adalah beras berukuran kecil-kecil sekali yang biasanya merupakan hasil sortir dari beras ukuran normal. Namun menir juga bukan beras patah-patah. Konon menir ini memang ada di beberapa jenis beras. Dan cocok sekali buat pakan sapi.

18. Bungkil Jagung

Bungkil jagung cocok banget buat pakan sapi. Ini adalah sisa-sisa dari tanaman jagung yang sudah tidak dimanfaatkan manusia.

19. Bungkil Kedelai

Jika sedang mencari pakan sapi yang bagus untuk pertumbuhan binatang ternak ini. Cobalah bungkil kedelai. Ini adalah sisa dari pemanfaatan kedelai. Berupa pepohonan dan cangkangnya.

20. Bungkil Kacang

Bungkil kacang sama saja dengan bungkil lainnya dalam pemanfaatannya untuk pakan sapi. Menunjang kebutuhan protein yang baik untuk perkembangan sel-sel tubuh sapi.

Pohon Buah untuk Sapi

Sapi Perah Gemuk

21. Batang Buah Naga

Memberi makan buah pada sapi memang tidak boleh sembarangan. Para peternak sapi di Banyuwangi mencoba batang buah naga yang ternyata berhasil membuat sapi tumbuh besar.

22. Daun Jeruk

Jika sedang mencari pakan sapi yang baik untuk perkembangan sel-sel tubuhnya sehingga gemuk dan produksi susunya lancar. Cobalah beri daun jeruk padanya. Daun jeruk rupanya mampu merangsang sapi jadi lebih baik. Seperti yang banyak dilakukan para peternak pemasok susu untuk pabrik nestle.

23. Pisang

Pisang pun menjadi pakan sapi yang baik. Namun kebanyakan peternak sapi hanya memberikan kulit pisangnya saja untuk menghemat biaya pakan.

24. Daging Buah Maja

Buah maja amat terkenal di Indonesia. Memiliki nilai histori yang tinggi karena dikaitkan dengan kerajaan majapahit. Meski rasanya pahit, ternyata daging buah maja pun bagus banget loh buat pakan sapi.

25. Kulit Buah Kakao

Kulit buah kakao amat baik sekali untuk pertumbuhan sapi. Limbah dari buah coklat ini ada baiknya memang dimanfaatkan untuk pakan alternatif sapi. Daripada malah dibakar dan jadi polusi.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pakan

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top