Connect with us

20 Jenis Rumput untuk Pakan Ternak yang Terbaik

Rumput untuk Pakan Ternak

Pakan

20 Jenis Rumput untuk Pakan Ternak yang Terbaik

20 Jenis Rumput untuk Pakan Ternak yang Terbaik

Loading...

Rumput untuk Pakan Ternak adalah jenis rumput yang bisa digunakan dalam usaha ternak. Memang, makanan yang paling utama dari hewan ternak adalah rumput. Jika sedang mencari pakan ternak alternatif, maka sebaiknya pilih saja rumput. Sebab, rumput itu bermacam-macam jenisnya. Jadi cocok buat rolling makanan tiap harinya.

Tak dapat dipungkiri, hewan ternak seperti sapi misalnya, adalah komoditas hewan konsumsi paling penting di Indonesia. Masyarakat Indonesia memang sangat gemar makan “daging sapi” ini. Baik yang asli, maupun sudah diolah jadi bakso, fast food, maupun diawetkan.

Peternakan Sapi

Loading...

Saking besarnya permintaan sapi di Indonesia, sampai-sampai pemerintah suka mengimpor sapi dari luar negeri, terutama Australia. Apakah ini karena peternak sapi lokal gagal memenuhi kuota permintaan sapi? Atau ini menjadi permainan dari pemerintah semata?

Rupanya untuk menjawab pertanyaan tersebut sangat susah. Para peternak sapi pastinya akan menganggap bahwa pemerintah tidak pro terhadap mereka. Bagaimana bisa membuka keran impor, sedangkan sebenarnya sapi domestlk sudah melimpah.

Ternak, Rumput untuk Pakan Ternak

Tapi percuma juga protes bermacam-macam. Sekarang adalah era perdagangan bebas. Ekspor dan Impor menjadi hal biasa yang tidak bisa dibendung. Maka untuk para peternak sapi domestik agar sabar dan terus semangat saja dalam menjalani bisnisnya ini.

Salah satu wujud dari perjuangan peternak domestik tentu saja dengan mampu mengolah pakan ternak sapi dan hewan yang lainnya, dengan tepat. Sebenarnya apa saja jenis rumput untuk pakan ternak? Berikut adalah alternatif rumput yang bisa dipakai:

Rumput untuk Pakan Ternak

1. Rumput Tuton

Tuton adalah jenis rumput untuk pakan ternak. Para peternak pasti sudah tahu khasiat rumput ini yang ampuh untuk melancarkan dan memperbanyak air susu sapi.

2. Rumput Grinting

Sebagai salah satu jenis rumput pakan ternak, rumput Grinting memang baik untuk kesehatan hewan ternak. Membuat nafsu makan selalu tinggi. Membantu pembentukan daging pula.

3. Rumput Cakar Ayam

Rumput untuk pakan ternak ini namanya cakar ayam. Amat baik diberikan pada hewan ternak. Takaran memberi makan rumput ini sebaiknya 2 kali dalam sehari. Sisanya bisa diberikan jenis makanan lain.

4. Rumput Lulangan

Jenis rumput untuk pakan ternak yang bernama lulangan ini begitu baik untuk kesehatan binatang ternak. Bisa membuat badannya menjadi lebih gempal dan timbangannya selalu bagus, ketika akan dijual kelak.

5. Rumput Lamuran

Selanjutnya, jika sedang mencari rumput untuk pakan ternak bisa pakai jenis rumput lamuran ini. Harganya cukup terjangkau dan cocok sekali untuk peternakan besar yang ingin menghemat budget.

6. Rumput Gajah

Inilah rumput untuk pakan ternak yang sangat terkenal. Namanya rumput gajah. Sesuai dengan wujudnya yang memang tinggi-tinggi dan besar tanaman rumputnya ini.

7. Rumput Ganjuran

Jenis rumput untuk pakan ternak ini memang namanya ganjuran. Begitu berkhasiat dalam membentuk tubuh binatang ternak, agar segar-segar dan gemuk.

8. Rumput-Rumput Gulma

Rumput gulma adalah jenis rumput untuk pakan ternak yang diambil dari tanaman-tanaman gulma. Biasanya yang begini banyak ditemukan di area persawahan. Jadi para peternak harus ngarit dulu.

9. Rumput Kolonjono

Rumput kolonjono adalah rumput untuk pakan ternak yang begitu digemari sapi dan kambing. Membuat nafsu makan mereka sungguh melejit.

10. Rumput Raja

Rumput raja memiliki nama lain King Grass. Merupakan spesies rumput hibrida yang amat cocok untuk ternak. Rumput untuk pakan ternak ini bisa diberikan kepada semua binatang ternak yang herbivora.

11. Rumput Mexicana

Rumput untuk pakan ternak ini tentu saja berasal dari Meksiko. Sangat digemari binatang ternak. Namun budidayanya agak sulit. Sebab, hanya selama lima kali panen saja, biasanya rumput ini sudah hampir mati.

12. Rumput Benggala

Rumput Benggala berasal dari Afrika. Namun sudah diekspor dan disebar ke seluruh dunia hampir seabad. Rumput untuk pakan ternak ini juga ditanan secara khusus dan sengaja di Indonesia, sejak lima dekade yang lalu.

13. Rumput Australia

Sesuai dengan namanya, rumput ini memang berasal dari Australia. Bagus sekali sebagai rumput untuk pakan ternak. Membuat badan ternak jadi gendut-gendut.

14. Rumput Teki

Rumput teki amat mudah didapatkan. Sangat dikenal oleh manusia. Dan harganya pun murah. Cocok buat peternakan yang ingin efisiensi dalam pengeluaran uang untuk pakan ternak.

15. Rumput Bermuda

Rumput untuk pakan ternak yang bagus selanjutnya bernama rumput Bermuda. Memang rumput ini punya daun-daun yang seolah muda terus. Binatang ternak amat suka makan ini.

Baca Lagi: 24 Cara Beternak Kambing Etawa untuk Pemula dan Profesional

16. Rumput Setaria

Jenis rumput setaria ini juga bagus sekali dijadikan rumput untuk pakan ternak. Meskipun harganya agak mahal, namun akan sebanding dengan hasilnya nanti saat binatang ternaknya dipanen.

17. Rumput Bede

Adapula rumput bede yang juga cocok sebagai rumput untuk pakan ternak. Bisa memperlancar produksi air susu sapi sehingga melimpah saat dipanen.

18. Rumput Jarum

Jenis rumput jarum juga amat baik untuk pertumbuhan binatang ternak. Rumput untuk pakan ternak ini memang sudah amat dikenal baik di kalangan para peternak.

19. Rumput Carulang

Nama rumput carulang sepertinya kurang dikenal masyarakat. Tapi rupanya jenis rumput untuk pakan ternak ini sangatlah ampuh sebagai alternatif pakan ternak, biar badannya gemuk-gemuk.

20. Rumput Liar

Namanya memang rumput liar, ini adalah jenis rumput yang tidak memiliki teknik budidaya khusus. Namun tumbuh secara liar di alam. Rumput untuk pakan ternak ini amat baik sekali dalam menunjang pertumbuhan.

Loading...

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pakan

To Top