15 Alternatif Pakan Ikan Selain Pelet, untuk Ikan Hias dan Budidaya
Advertisements

15 Alternatif Pakan Ikan Selain Pelet, untuk Ikan Hias dan Budidaya

Alternatif Pakan Ikan Selain Pelet

Pakan

15 Alternatif Pakan Ikan Selain Pelet, untuk Ikan Hias dan Budidaya

15 Alternatif Pakan Ikan Selain Pelet, untuk Ikan Hias dan Budidaya

Hewan.id – Hobi Memelihara Ikan tidak hanya menjangkiti anak kecil. Orang dewasa pun senang melakukannya bahkan memiliki standar gengsi tersendiri. Bukan ikan-ikan kecil sungai yang dipelihara. Melaikan juga ikan besar yang harganya selangit. Misalnya Ikan Arwana. Karena gencarnya hobi pelihara ikan ini, maka seseorang mesti paham tentang alternatif pakan ikan selain pelet. Semata-mata untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ikan agar lebih baik.

Sebelum bicara soal alternatif pakan ikan selain pelet. Perlu dulu diketahui bahwa ikan itu setidaknya ada 2 jenis jika dibedakan berdasarkan tujuan dipeliharanya, yaitu ikan hias dan ikan budidaya. Keduanya sama-sama dipelihara untuk tujuan “hobi” atau ‘konsumsi”. Kalau hobi, artinya ikan ini tidak untuk dimakan. Sedangkan kalau konsumsi, pada akhirnya ikan akan berakhir di wajan, piring dan perut manusia.

Alternatif Pakan Ikan Selain Pelet

Alternatif Pakan Ikan Selain Pelet

Selama ini pakan ikan yang sangat terkenal dan praktis yaitu pelet. Tinggal beli saja di toko, harganya murah, bisa dapat banyak sekali. Pelet adalah makanan ikan berbentuk butiran-butiran kecil. Bahan untuk membuat pelet adalah tepung ikan yang dicampur dengan aneka formula vitamin dan obat untuk ikan.

15 Alternatif Pakan Ikan Selain Pelet untuk Ikan Hias dan Budidaya:

1. Kroto

Siapa sangka, ternyata ikan sangat suka makan kroto. Ini adalah telur dari semut krangkang (rangrang) yang sengaja dibudidaya maupun tidak. Warna kroto itu putih susu agak bening dan terkadang bentuknya ada yang besar maupun kecil. Bahkan ada pula yang berbentuk mirip sekali dengan semut. Kroto bisa menjadi alternatif pakan ikan selain pelet.

2. Pupa

Pupa merupakan fase metamorfosis dari serangga. Ini adalah tahapan sebelum mencapai dewasa. Biasanya Pupa juga dikenal dengan nama Kepompong Dewasa karena bentuk tubuhnya seperti Kepompong tapi sudah menunjukkan tanda-tanda fisik yang lengkap. Pupa bisa menjadi alternatif pakan ikan selain pelet. Cocok diberikan kepada ikan karnivora maupun herbivora, seperti Ikan Nila.

3. Cacing

Cacing juga ampuh menjadi alternatif pakan ikan selain pelet. Bisa menggunakan jenis cacing tanah atau cacing darah.

Loading...

4. Bekicot

Bekicot sering dianggap hewan menjijikan karena lendirnya yang bau. Apalagi jalannya juga sangat lambat. Binatang yang juga dikenal dengan nama Siput ini rupanya bisa jadi pakan ikan loh! Bahkan bisa membantu mengurangi hama bekicot pula yang kadang menimpa lahan kebun dan sawah.

5. Keong

Keong adalah jenis hewan moluska (lunak, bercangkang) yang dapat diolah jadi alternatif pakan ikan selain pelet. Bisa memberikan keong pada ikan peliharaan. Sebaiknya keongnya dicuci bersih dulu dan dipotong lebih kecil-kecil.

6. Ikan Kecil

Ikan adalah binatang yang pada dasarnya memiliki sifat kanibal. Mereka bisa menyerang dan memakan satu sama lain. Terutama pada ikan besar atas ikan kecil. Tak heran bila ikan kecil pun pada akhirnya dapat diolah jadi alternatif pakan ikan selain pelet. Sebaiknya berikanlah ikan segar, jangan bangkai yang sudah bau.

7. Belalang

Belalang atau yang dalam bahasa Jawa disebut Walang juga bisa menjadi alternatif pakan ikan selain pelet. Jenis yang dipakai adalah belalang biasa yang warna hijau dan sering ditemukan di rerumputan.

8. Cicak

Cicak konon adalah binatang yang dilaknat pada hari kiamat. Dia adalah binatang melata yang menjijikan. Biasanya ditemukan di dinding rumah. Cobalah tangkap cicak dan potong-potong. Kemudian berikan pada ikan peliharaan. Karena binatang ini sungguh bisa menjadi pakan ikan selain pelet.

9. Brudu

Tahukah apa itu Brudu? Yaitu katak kecil. Brudu merupakan anakan kodok yang masih kecil-kecil. Ini ampuh sekali menjadi alternatif pakan ikan selain pelet. Membuat ikan cepat besar.

10. Bekatul

Bekatul dikenal pula dengan nama dedak. Ini adalah serbuk dari hasil penggilingan padi. Selain bisa dijadikan sebagai bahan membuat log jamur dan pupuk. Ternyata bekatul efektif menjadi alternatif pakan ikan selain pelet.

11. Ampas Tahu

Ampas tahu kalau di Jawa dijadikan makanan yang namanya Templek. Sebuah gorengan bola-bola ampas tahu yang dilapisi tepung. Nah, rupanya ampas tahu pun bisa jadi alternatif pakan ikan selain pelet loh!

12. Ampas Kelapa

Jika kesulitan mendapatkan ampas tahu, maka ampas kelapa pun bisa digunakan. Ampas bekas parutan kelapa yang tidak digunakan, sudah saatnya diolah jadi alternatif pakan ikan selain pelet.

13. Daun Talas

Banyak orang menanam pohon talas alias pohon keladi di pinggiran empang ikannya. Rupanya selain sebagai perindang, rupanya daun talas bisa digunakan untuk alternatif pakan ikan selain pelet. Tentunya ditujukan untuk ikan-ikan herbivora, alias pemakan tumbuhan. Seperti ikan gurame misalnya.

14. Limbah Sayur-Mayur

Untuk para peternak ikan, bisa mencoba menyiasati biaya pakan ikan agar tidak bengkak dengan cara memberi makan limbah sayur-mayur. Limbah ini bisa mudah didapatkan di pasar atau warung pedagang sayuran. Harganya pasti dipatok sangat murah. Meski disebut limbah, tapi ini sangat baik kandungan gizinya sebagai pakan ikan selain pelet loh!

15. Roti

Tidak hanya manusia yang makan roti. Ikan pun suka makan roti. Jika dirasa mahal menggunakan roti bagus, maka beli saja roti murahan untuk alternatif pakan ikan selain pelet. Namun disarankan jangan sampai memberikan roti kadaluwarsa.

Wah rupanya memang ada banyak alternatif pakan ikan selain pelet yang bisa dicoba. Ikan itu seperti manusia, kalau makan makanan yang monoton, maka gizinya kurang lengkap. Untuk mendapatkan gizi yang lengkap perlu diberi makanan yang beragam. Harapannya, ikan peliharaan bisa mencapai bobot tubuh yang maksimal dan selalu sehat hingga masanya panen atau masanya mati kelak.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pakan

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top