Burung Diare : Jenis, Ciri, Penyebab, Mengatasi dan Mengobati

  • Whatsapp

Ciri-ciri Diare, Cara Mengatasi dan Obatnya

Dalam hal kesehatan Burung, memang kebersihan adalah kunci utamanya. Karena apabila Burung mengalami sakit, pasti ada masalah dalam tempat ia tinggal. Bisa dari tempat yang kotor, yang jarang dibersihkan dan akhirnya mengundang banyak sekali penyakit bermacam-macam. Beberapa faktor penyebab Burung diare dan alami gangguan pencernaan juga bisa dikarenakan pakan yang kurang terjaga.

Tanda-tanda dari serangan penyakit Diare ini sangat mudah dikenali dengan melihat tekstur kotorannya, apakah seperti biasanya atau kah berair/encer. Apabila teksturnya encer, berarti Burung tersebut bisa dikatakan positif terserang diare. Ciri lain yang bisa menunjang argumen tersebut adalah dilihat dari tingkah-laku Burung yang akan terlihat beda dari biasanya. Burung tiba-tiba menjadi kurang aktif dan juga tidak sering mengoceh seperti sedia kala.

Langkah mengenali penyakit ini:

  1. Lihat dari kotorannya, biasa encer
  2. Burung sering haus
  3. Tiba-tiba kurang aktif
  4. Jarang mengoceh seperti sedia kala

Dan Burung yang sudah terkena diare, biasanya akan mengalami dehidrasi apabila pasokan minum si Burung tidak diperhatikan. Namun jangan menganggap dehidrasi hanya akan dialami oleh Burung yang diare saja, tidak, semua jenis Burung bisa mengalaminya. Karena faktor-faktor penyebabnya pun bisa dikarenakan terlalu lama menjemur Burung di bawah sinar matahari langsung, suhu sekitar yang sangat panas, kondisi cuaca yang ekstrem, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi Burung yang sedang terkena diare sebenarnya tidaklah sulit. Dan perlu diingat, ketika masa pengobatan berlangsung, harus pula dibarengi dengan pola perawatan yang tepat. Ini bertujuan agar pengobatan tidak menjadi sia-sia dan demi kesembuhan Burung yang lebih cepat.

Tindakan yang harus diambil ketika mengetahui benar bahwa Burung terkena diare adalah segera memindahkannya ke kandang isolasi, agar tidak menulari teman-temannya hang sehat yang berada di dekatnya. Setelah itu, lakukan juga beberapa hal berikut ini:

  1. Melapisi kertas pada bagian bawah sangkar, biasanya dengan kertas koran. Atau bisa juga dengan menempatkan karpet apabila tidak ada kertas lebar.
  2. Demi memudahkan Burung meraih tenggeran dan tidak mengeluarkan banyak tenaga, pindahkanlah tenggeran ke posisi paling bawah.
  3. Perlu juga untuk menepatkan cepuk pakan minum di tempat rendah yang mudah dijangkau Burung.
  4. Pasangkan bohlam warna putih dengan daya 5 watt di atas sangkar sebagai penghangat.
  5. Penggunaan kandang karantina memang tidak diharuskan, namun akan lebih baik. Dengan catatan, harus menjaga jarak dari teman-temannya yang sehat.
  6. Agar Burung tidak semakin drop dan stres, hindari terlalu sering memegang Burung yang sedang sakit.
  7. Setelah itu, lakukan pengobatan secara rutin sesuai anjuran sampai Burung sembuh.

Dan berikut ini adalah cara pengobatan terhadap Burung yang terkena diare, antara lain dengan:

  1. Berikan Larutan Obat

Berikan larutan obat berupa cairan yang bisa diteteskan langsung ke mulut Burung yang terkena diare. Larutan tersebut bisa Anda buat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah sekali didapat, atau Anda bisa memilih untuk membelinya saja di Toko bila ada.

Ada 2 jenis larutan yang bisa Anda berikan kepada Burung sebagai pengobatan diare, yaitu:

  1. Larutan Glukosa

Cara: Dengan mencampurkan 2 sendok teh larutan glukosa ke dalam 2 liter air bersih. Berikan 5 tetes setiap harinya dengan meneteskannya lewat mulut Burung, begitu seterusnya hingga kondisi Burung pulih kembali.

  1. Larutan Elektrolit

Cara: Dengan mencampurkan garam dan gula dalam air bersih. Larutan ini sangat berguna demi membantu Burung mengembalikan cairannya tubuhnya yang hilang berlebih lewat kotorannya.

  1. Berikan Minum Teh Herbal

Teh Herbal adalah teh yang menyehatkan karena tidak ada kandungan kafein di dalamnya. Misalnya seperti teh hijau atau teh kamomil, bisa juga dengan memberi olahan teh yang lain seperti teh madu atau pun teh jahe. Sudah banyak Penyuka Burung yang menggunakan teh herbal untuk mengatasi masalah pencernaan pada Burung. Khasiat lainnya adalah teh herbal mampu mencegah dan meredakan stres serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada Burung.

  1. Memberikan Pengobatan Secara Tepat

Cara yang paling efektif untuk memulihkan kondisi Burung adalah dengan memberikan obat yang tepat.

  1. BirdBlown.

BirdBlown sudah terbukti secara nyata mampu mengatasi diare atau masalah pencernaan lainnya pada Burung.

BirdBlown termasuk anti parasit yang diberikan dalam bentuk tepung sebagai larutan oral yang berkhasiat efektuf menyembuhkan penyakit pencernaan, biasanya diakibatkan oleh parasit atau bakteri.

 

Selain sebagai obat diare, BirdBlown juga termasuk obat multifungsi yang bisa menyembuhkan lebih banyak penyakit pada Burung:

  1. Untuk menyembuhkan mata berair atau mata bengkak
  2. Mampu menghilangkan sesak nafas pada Burung
  3. Mengatasi masalah pencernaan akibat Kutu Kantung Udara
  4. Mampu menumpas parasit dan bakteri lainnya

Cara pemakaiannya:

Ambil dan masukkan ½ saset kecil serbuk BirdBlown ke dalam 30-50 ml air bersih, biasanya hampir setara satu wadah air minum Burung dengan ukuran tanggung, lalu konsumsikan pada Burung

Bisa juga dengan mengoleskan BirdBlown yang sudah dilarutkan dengan air sebanyak 3-4 tetes ke pakan Burung (ekstra fooding atau makanan tambahan lainnya). Khusus untuk Love Bird, cukup mengolesi cairan pada separuh atau seperempat tongkol jagung muda yang telah digarisi dengan pisau sehingga cairan dapat terseram dan nantinya termakan oleh Burung.

Kemudian untuk pengobatan pada Burung Kenari, bisa dengan mengoleskan cairan ke telur rebus atau pada buah yang nantinya akan dimakan oleh Kenari.

Apabila Burung sudah kesulitan untuk makan dan minum sendiri, bisa dengan menyedot cairan terlebih dahulu ke pipet atau memasukkannya ke botol kecil dengan dilubangi, atau bisa dengan mencelupkan kapas ke cairannya kemudian tetes-teteskan ke paruh Burung. Anda bisa melakukannya bahkan tanpa memegang Burung. Lakukan secara telaten agar cairan BirdBlown tersebut bisa masuk ke mulut Burung sampai sekitar 6-7 tetes. Apabila Burung sudah dalam kondisi lemah, berikan juga Bird Fisrt Aid yang bisa diberikan secara bersamaan dengan BirdBlown. Berikan pada pagi dan sore selama 4 sampai 7 hari.

Harga dari BirdBlown ini adalah Rp.  75.000 per 10 gram. Dalam 1 saset besar BirdBlown ini berisi 10 saset kecil yaitu seberat 1 gram.

Peracikan obat/suplemen untuk Burung  Kicau di bawah pengawasan, kontrol dan konsultasi dokter hewan.

  1. Pedialyte

Pertolongan pertama sangat perlu dilakukan demi mencegah kondisi Burung agar tidak bertambah parah. Salah satunya adalah dengan memberikan larutan khusus Pedialyte. Larutan ini sangat dipercaya mampu memberikan energi lebih pada Burung sebelum diberi obat-obatan. Ingat ya, pedialyte termasuk dalam larutan sebagai pertolongan pertama.

 

Pedialyte termasuk dalam jenis larutan seperti oralit yang tidak asing bagi kita. Berfungsi menggantikan elektrolit serta cairan tubuh yang hilang karena diare, ataupun disebabkan dehidrasi. Setelah Burung sudah pulih, bisa dengan segera Anda berikan obat-obatan yang tepat.

 

Bagaimana tentang penggunaan cairan infus?

Jangan sekali-kali memakai cara ini apabila Anda tidak punya pengetahuan tentang tata-caranya. Karena apabila nekat memberikan cairan infus tanpa adanya pengetahuan yang komplit, malah akan menyebabkan masalah lainnya.

 

Bahan baku dari pembuatan pedialyte:

 

Pedialyte ini adalah jalan yang lebih aman. Ada resepnya juga, yang bisa Anda buat di rumah sendiri. Berikut bahan bakunya:

  1. Air panas ½ gelas
  2. 1 gelas air dingin
  3. Madu, cukup 1 sendok
  4. Air perasan jeruk nipis, cukup 2 sendok makan

Cara meramunya:

  • Air panas tersebut, dicampurkan dengan madu dan garam. Kemudian adik sampai semua bahan menjadi homogen atau tercampur rata.
  • Jika sudah, lalu tuangkan segelas air putih dingin ke dalam larutan yang pertama.
  • Berikan sebanyak 2 sendok air perasan jeruk nipis.
  • Aduk, kemudian dinginkan(cukup dengan suhu ruangan)
  • Setelah panasnya hilang, segera berikan pada Burung.

Larutan Pedialyte juga mampu diberikan dalam bentuk air minum selama Burung masih sakit. Nah, ketika kondisi berangsur membaik, barulah segera Anda berikan BirdBlown demi mengatasi diare dan  Bird First Aid untuk mengatasi dehidrasi, seperti yang saya ungkap di atas. Ini demi mempercepat penyembuhan Burung dan membuatnya aktif kembali.

Pedialyte juga bisa diberikan dengan cara merendamkan pakan berupa biji sebelum diberikan pada Burung Parkit, Kenari atau Love Bird. Dengan pakan yang sudah menyerat cairan Pedialyte, tentu akan bermanfaat baik bagi Burung karena mampu mendongkrak staminanya.

Related posts