> > 20 Cara Merawat Murai Batu Mabung Yang Benar - Hewan.id
Connect with us

20 Cara Merawat Murai Batu Mabung Yang Benar

Merawat Murai Batu Mabung

Murai Batu

20 Cara Merawat Murai Batu Mabung Yang Benar

Cara merawat murai batu mabung dengan mudah dan benar agar gacor kembali seperti semula. Para pengoleksi burung tentunya tak asing dengan fase moulting atau biasa disebut mabung. Mabung merupakan masa cuti bagi burung atau unggas lainya. Selama fase mabung, burung akan pasif atau banyak mengurangi berbagai aktivitasnya termasuk berkicau.

Merawat Murai Batu Mabung

 

Kesalahan dalam memperlakukan dan merawat burung mabung akan menimbulkan berbagai masalah. Karenanya, perlu penanganan khusus terhadap burung ketika dalam fase mabungnya. Salah satu burung yang akan dibahas dalam artikel ini adalah burung murai batu.

Burung murai batu mempunyai bulu yang indan dan mengkilap. Namun tak terkecuali jenis murai batu semuanya pasti akan mengalami masa ganti bulu. Dimasa seperti ini, pemilik haruslah lebih perhatian dan merawatnya secara khusus. Ciri-ciri murai batu mabung biasanya ditandai dengan jatuhnya bulu sayap satu persatu. Berikut mengenai cara merawat murai batu mabung dengan benar.

Cara Merawat Murai Batu Mabung :

1. Pengontrolan Pakan Setiap 2 Hari Sekali

Biasanya perawatan harian akan mengontrol makanan selama dua kali seminggu. Namun, ketika burung sedang mabung, maka perlu adanaya perhatian ekstra dari segi pakan. Pemberian ekstra food seperti jangkrik atau cacing, sebaiknya dihentikan terlebih dahulu.

Anda dapat menggantinya dengan memberikan ulat hongkong dibarengi ketika memberikan kroto, ulat diberikan sebanyak 20 ekor. Sedangkan pemberian kroto seminggu dua kali. Jika anda sulit mencari kroto anda juga dapat membuat 2 racikan pakan murai penganti kroto.

Loading...

Ketika bulu telah tumbuh, perawatan mulai dirubah dengan memberikan kroto setiap hari sebanyak satu sendok. Pakan jangkrik sudah boleh diberikan kembali dan pemberian ulat hongkong dapat dihentikan.

2. Pembersihan Sangkar

Biasanya perawatan harian membersihkan sangkar selama seminggu sekali. Namun ketika burung dalam fase ini, lakukanlah pembersihan sangkar selama tiga hari sekali. Ada baiknya anda menggunakan shampoo jatilahar agar sangkar terhindang dari kutu. Lakukaknlah pembersihan terhadap tempat pakan dan air minum.

3. Pemasteran

Setelah diangin-anginkan, murai batu dapat kembali di krodong. Masa-masa Inilah yang sangat baik untuk krodong. Pelajari karakter burung lebih dalam lagi dan pilihlah burung-burung master yang sesuai.

Pemasteran dilakukan jangan terlalu dekat, hanya cukup terdengar saja diarea burung murai mabung. Setelah dua minggu, sampai buntut telah tumbuh full. Murai batu dapat dirawat seperti perawatan harian. Jika murai mabung ingin diadu, perhatikan terlebih dahulu kondisi burung mabung. Sudah siap diadu atau belum.

4. Pamberian Vitamin

Vitamin sangat penting untuk membuat mabung pada murai batu cepat tuntas atau cepat berganti bulu baru. Selain bermanfaat untuk mempercepat tumbuhnya bulu baru, vitamin juga berguna untuk menjaga kondisi burung murai batu mabung tersebut. Kondisi yang sehat akan mudah membuat murai gacor lagi setelah mabung.

Cara Merawat Murai Batu Mabung Lainnya :

5. Berikan nutrisi yang cukup

6. Berikan asupan mineral

7. Kurangi kadar protein

8. Kurangi pemberian jangkrik

9. Berikan campuran fur/pur dan susu bubuk

10. Kurangi pemberian ulat hongkong

11. Kurangi pemberian jangkrik

12. Jaga kondisi sekitar kandang agar tetap tenang dan adem

13. Letakkan di tempat kering dan lembab

14. Jaga dari terpaan angin malam

15. Jangan diikutkan lomba apapun atau diadu dengan murai batu lain

5 Pantangan Dalam Merawat Murai Batu Mabung :

Terkadang banyak sekali penghobi pemula tidak tahu pantangan apa saja yang harus dihindari ketika merawat murai batu sedang mabung.

1. Jangan Memandikan Burung Ketika Proses Mabung

Ada yang beranggapan bahwa ketika burung mabung harus seding-sering dimandikan. Mandi baru daoat diberikan ketika burung sudah melewati proses mabungnya. Jika burung mabuk dimandikan pada saat proses perontokan bulu-bulu, dampak yang terjadi adalah menghambat proses mabung itu sendiri.

2. Jangan Menjemur Burung Ketika Proses Mabung

Anggapan lain yang kerap dilakukan oleh penghobi adalah burung mabung boleh dijemur. Hal ini tentunya salah, karena burung mabung tidak membutuhkan panas matahari ketika sedang meluruhkan bulunya.

Ada baiknya, burung murai batu mabung ditempatkan ditempat kering dan sedikit lembab. Kelembaban dapat membantu untuk menjatihakan bulu-bulunya. Ketika sudah mulai tumbuh, juga jangan dijemur terlebih dahulu.

Kemungkinan besar jika hal tersebut terjadi maka mengakibatkan pertumbuhan bulu tidak sempurna. Bahkan dalam beberapa kasus, hal tersebut dapat menyebabkan kelainan atau abnormal. Biasanya bulu lebih kering dan cepat rusak.

3. Jangan Biarkan Burung Sering Berkicau Ketika Mabung

Kesalahan yang sangat umum bagi para pencinta kicau burung yang baru adalah membiarkan burung terus berkicau ketika mabung. Bahkan tidak memberikan perawatan khusus. Membiarkan burung tetap berkicau ketika mabung dapat menghambat pertumbuhan bulu dan akan lama pulih dari proses mabungnya.

Selama masa mabungnya, biarkan burung dalam keadaan ngedrop, dengan demikian burung akan lebih fokus pada masa mabungnya. Jika dibiarkan tetap bergairah, maka hal tersebut dapat membuat mabung yang berkepanjangan.

Sebaiknya burung mabung tidak dilombakan terlebih dahulu. Selain menghambat masa mabung, juga akan memperpendek masa hidupnya. Biarkan selama 1 – 2 bulan selama dan setelah mabung. Selain kicaunya lebih bergairah, burung akan berpresrasi lebih lama.

4. Jangan Berikan Pakan Dengan Kadar Protein Terlalu Tinggi

Pakan berprotein tinggi memang penting bagi kesehatan burung-burung yang sedang mabung. Sebab, sebagian besar bahan penumbuh bulu berasal dari salah satu jenis protein, yaitu keratin.

Berikan pakan protein sekitar 15 / 20 % saja. Jika lebih dari 30 % burung akan bersemangat yang justru menghambat mabung. Protein yang tinggi biasanya berada di pakan burung yang hidup. Maka selama mabung, dikurangi atau dihentikan terlebih dahulu.

5. Jangan Terus Menerus Full Krodong

Mengkrodong burung selama mabung memang bagus, namun harus selalu dipantau. Jangan sampai kotoran burung dibiarkan terlalu lama. Ketika sangkar full kerodong, burung dapat keracuna gas ammonia yang dihasilkan dari kotoranya sendiri. Jadi berikanlah waktu dimana kerodong tetap dibuka.

Baca Juga: Harga Murai Batu Terbaru Januari – Februari 2018

Berbagai cara merawat murai batu mabung  di atas perlu anda lakukan di rumah. Ketika kita sedang merawat murai batu sedang dalam kondisi mabung perlu kesabaran dan ketelitian supaya burung tetap sehat. Jika hal-hal tersebut sering terlalaikan maka akan berdampak fatal. Contohnya saja macet bunyi serta dapat menyebabkan kematian.

Loading...

Continue Reading

More in Murai Batu

To Top