15 Cara Merawat Murai Batu Harian Agar Gacor dan Tidak Mudah Sakit - Hewan.id
Advertisements

15 Cara Merawat Murai Batu Harian Agar Gacor dan Tidak Mudah Sakit

Merawat Murai Batu Harian

Murai Batu

15 Cara Merawat Murai Batu Harian Agar Gacor dan Tidak Mudah Sakit

Cara merawat murai batu harian agar selalu gacor dan tidak mudah terkena penyakit. Para pencinta binatang terutama burung, tentunya tak asing lagi dengan burung murai. Murai batu yang terkenal dengan kualitasnya tentunya tak lepas dari cara merawatnya yang benar. Murai batu jawara hanya lahir dari perawatan yang bagus, karenanya akan percuma jika membeli murai batu yang mahal jika tak baik merawatnya.

Merawat Murai Batu Harian

Merawat murai batu harian tidak berbeda jauh dengan burung kicau lainya, seperti cucak hijau. Hanya saja berbeda dalam beberapa hal saja, seperti pakan dan saat berjemuranya. Burung kicau yang satu ini memiliki karakter petarung, hal tersebut menjadi salah satu mascot burung tersebut.

Harga murai batu memanglah sangat mahal walaupun hanya anakan. Dapat dipastikan setiap penghobi mempunyai cara tersendiri untuk merawat murai batu harian untuk mengantarkan ke kontes dan menjadi jawara. Berikut tips merawat murai batu harian yang benar.

Cara Merawat Murai Batu Harian :

Jika anda tertarik memelihara burung murai batu, maka perlu mengetahui cara merawat murai batu harian yang baik dan benar, berikut ini tipsnya:

1. Lakukan Pengembunan di Pagi Hari

Udara pagi memang sangatlah bagus untuk mental burung murai anda, hal tersebut dapat memberikan energy positif bagi burung murai. Selain membuat burung kicau anda rileks akan suasana pagi, Udara pagi juga memberikan rangsangan untuk berkicau dengan jernih.

Loading...

2. Angin-Anginkan Murai Batu Sebelum Di Mandikan

Angin-anginkan dengan cara menggantungkan burung murai di teras selama kurang lebih 30 menit sebelum dimandikan. Sebisa mungkin buatlah burung murai batu agar nyaman dan tak terganggu dengan kicauan burung lain. Tujuan dari tips pertama ini adalah agar burung murai dapat beradaptasi terlebih dahulu.

3. Mandikan Burung Murai Anda

Setelah selesai diangin-anginkan, selanjutnya adalah memandikan murai batu anda. Ketika dimandikan, anda dapat menggunakan keramba atau semprot. Anda dapat menyesuaikan dengan kebiasaan anda. Yang anda perlu diperhatikan ada lah mengenai cara memegang burung murai batu yang benar. Boleh jadi ketika anda memegang burung dengan salah, burung dapat sesak nafas dan tidak tenang.maka perhatikan kembali cara pegang burung.

4. Jemurlah Burung Murai Anda

Selesai dimandikan , anda wajib menjemur murai batu agar bulu-bulunya kering. Penjemuran dapat dilakukan selama 1 – 2 jam. Misalnya dari jam 9 – 10 pagi. Pada saat menjemur burung kicau anda, sebaiknya anda menjauhkan dari burung murai lainya, atau bahkan mendengar suara kicauan atau melihatnya secara langsung.

5. Bersihkanlah Sangkar Murai Batu

Kebersihan sangat penting bagi kesehatan dan kualitas burung kicau anda. Sangkar hendaklah dibersihkan secara rutin, meliputi wadah pakan, tempat minum dan juga tempat kotoran. Untuk hasil lebih baik, cucilah sangkar pada kandang yang mengalir. Berikan pakan voer yang bau dan gantilah minum dengan air yang baru pula. Selain itu, anda dapat memberikan extra food berupa jangkrik dengan cara pandu untuk memakannya secara langsung atau ditaruh di wadah pakan. Sembari makan, angin-anginkan lagu murai batu selama 10-15 menit.

6. Istirahat Sejenak

Setelah selesai penjemuran dan pembersihan sangkar, sebaiknya burung murai diistirahatkan sejenak dimasukan ke dalam kandang umbaran

7. Amati Karaketer Burung Murai Anda

Setiap burung murai memiliki karakter tersendiri, seperti memiliki porsi makan, jenis pakan dan juga perilaku atau kebiasaan hariannya. Pahami karakter burung kicau anda sebelum memulai proses extra maupun perawatan lainya. Contoh : merawat murai batu AK-48. Seperti namanya, murai batu AK-48 mempunyai cirri khas tersendiri. Burung jenis ini memiliki ciri suara kicauan seperti tembakan  yang tajam dan tembus. Burung ini didominasi oleh suara tembakan cililin.

8. Lingkungan Yang Nyaman

Seperti manusia, burung memiliki rasa stress. Maka dari itu hendaknya anda menempatkan burung murai seperti habitatnya. Untuk membuatnya nyaman, hendaknya untuk memberikan beberapa ranting pada kandang burung murai anda.

9. Pemasteram

Pemasteran dapat dilakukan dari jam 10 hingga jam 3 sore, pastinya dengan suara yang setipe dengan murai batu anda. ketika melakukan mastering, ada baiknya sangkar dikerodong. Selesai pemasteran, anda dapat memberikan dua jangkrik ekor saja sambil diangin-anginkan kembali.  Jika cuaca mendukung, maka boleh dimandikan lagi. Anda dapat membrondongnya sampai pagi hari.

10. Extra Food Lainnya

Berikan kroto dua kali seminggu untuk murai batu anda dengan porsi masing-masing satu sendok makan. Berikan cacing satu minggu sekali sebanyak satu ekor saja. Anda dapat memberikan multivitamin seperti EBOD VIT  tambahan dengan mencampurnya dengan air minum selama tiga kali satu minggu untuk menjaga stamina burung murai kesayangan anda.

11. Rutin

Rahasia burung murai jawara adalah melakukan perawatan dengan urutan langkah-langkah diatas secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Perawatan Burung Harian Mingguan :

  • Untuk perawatan mingguan, anda dapat melakukannya dua kali dalam seminggu atau saat akhir pekan. Murai batu dapat diberikan pakan tambahan dan ektstra vitamin.
  • Dalam seminggu, murai batu harus terus di master agar memiliki variasi lagu ini dah.
  • Jangan lupa untuk mengecek kebersian sangkar.
  • Jangan sampai kehabisan pakan harian, walaupun tidak memakai extra fooding.

Merawat murai batu harian sebenarnya tidak terlalu sulit tetapi cukup memakan waktu anda. Burung kicau ini memang kebanyakan dipersiapkan untuk mengikuti Lomba. Jika ingin melatih burung murai anda menjadi jawara, anda membutuhkan ketlatenan, kemauan dan konsekuensi dalam merawatnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Murai Batu

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top