21 Cara Menjinakkan Murai Batu Liar dengan Cepat dan Mudah - Hewan.id
Advertisements

21 Cara Menjinakkan Murai Batu Liar dengan Cepat dan Mudah

Menjinakkan Murai Batu

Murai Batu

21 Cara Menjinakkan Murai Batu Liar dengan Cepat dan Mudah

Cara menjinakkan murai batu bakalan, bahan, ombyokan, liar atau hasil tangkapan hutan dengan mudah. Selain itu cara ini juga bisa di gunakan untuk semua jenis murai batu. Contohnya saja untuk murai batu medan bakalan, murai borneo, murai nias dan murai-murai lainnya.

Menjinakkan Murai Batu

Perawatan murai batu yang baru saja dipelihara memang tidak mudah. Butuh ketelatenan dalam merawatnya. Burung murai batu butuh waktu yang sedikit lama untuk jinak pada tuannya. Butuh perawatan yang bertahap sebelum menjadi burung yang berkualitas.

Burung murai batu hasil tangkapan dari hutan dan baru saja dipelihara membutuhkan waktu untuk adaptasi dengan lingkungan baru. Jika sudah beradaptasi burung akan cenderung gesit, giras, dan liar. Tentunya akan berbeda jika murai batu yang anda beli dari hasil penangkaran.

Menjinakkan murai batu memang menarik sekali untuk kita bahas. Tahap menjinakkan ini memang sangat menentukan kualitas dari burung peliharaan anda, apalagi jika nantinya peliharaan anda akan diikut sertakan dalam perlombaan.

Hal yang harus diperhatikan sebelum anda berniat menjinakkan murai batu, anda harus sabar dan telaten dalam merawatnya. Berikut akan membahas mengenai tips cara menjinakkan murai batu liar.

Loading...

Cara Menjinakkan Murai Batu :

1. Menggantung Murai Batu Liar

Proses penjinakan burung murai batu liar sebenarnya dapat dilakukan melalui beberapa metode. Yang sering dilakukan oleh para penghobi biasanya menggantung burung ini di tempat yang ramai. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mental burung untuk dilatih. Dengan menggantung sangkar burung di tempat yang ramai, murai batu liar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

2. Posisi Menggantung Murai Batu Yang Tepat

Posisi ketika menggantung jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu pendek, kira-kira setinggi bahu orang Dewasa. Secara tidak langsung, anda melatih burung untuk terbiasa di tempat yang ramai, sehingga ketika nanti diikuti Lomba tidak akan kaget.

3. Proses Metode Menggantung Membutuhkan Waktu Yang Tak Sebentar

Tetapi hal ini tidak semata-mata adalah metode paling jitu, karena setiap burung murai mempunyai karakter berbeda-beda. Ketika melakukan metode ini setelah beberapa minggu, ada murai batu yang langsung jinak tetapi ada juga yang stress dan menabrak-nabrakkan diri ke jeruji. Selain itu anda dapat meletakkan sangkar di atas lantai, tidak digantung. Pada tahap ini, biasanya murai batu melompat-lompat. Anda cukup menerapkan 1 sampai 2 minggu saja.

4. Memandikan Murai Batu

Para penghobi pasti tahu, bahwa memandikan burung juga salah satu metode agar dapat menjinakkan burung murai yang liar dan giras. Jika perawatan harian hanya menyemprotkan air namun tak basa kuyup.

5. Memandikan Murai Batu (Pembelajaran Demokrasi)

Saat burung dimandikan hingga basah kuyup, ada pembelajaran bagi murai batu liar. Meskipun burung hanya diam, nyatanya manusia berlalu lalang di dekatnya, hal tersebut bukan merupakan ancaman. Proses pembelajaran ini dinamakan pembelajaran demokratisasi.

6. Memandikan Murai Batu (Adaptasi dengan Manusia)

Jika kita takut burung murai batu glabakan ke sana kemari bahkan sampai menabrak jeruji sangkar dan tidak memaksakan metode ini. Boleh jadi burung tersebut akan terlalu lama giras dan tak bisa jinak. Jika ini terjadi, burung akan selalu grabakan atau takut jika dibawa kemana-mana atau tempat lomba. Tentunya, yang stress bukan hanya burungnya namun juga pemiliknya. Maka dari itu fungsi memandikan adalah burung dapat beradaptasi dengan manusia lebih cepat

7. Memandikan Murai Batu dengan Semprotan

mandikan burung tersebut dengan keramba mandi dengan waktu yang lumayan lama. Hal tersebut melatih burung untuk terbiasa mandi sendiri di dalam keramba. Anda dapat secara langsung menyemprotkan dengan semprotan hingga burung benar-benar basah kuyup. Lakukanlah cara ini setiap hari hingga burung murai batu mau untuk mandi sendiri di dalam keramba. Jika cara ini dilakukan secara rutin, burung akan cepat jinak.

8. Memandikan Murai Batu dengan Memegangnya

cara yang kedua sebenarnya cara yang cukup terbilang ekstrim. Alternatif lain memandikan burung murai batu liar dengan cara memegang burung. Cara pegang burung murai batu merupakan salah satu cara yang memiliki peluang keberhasilan 90 persen. Yang perlu diingat adalah hati-hati ketika memegangnya, jangan sampai burung sesak nafas.

Jika menekannya cukup keras, bulu akan mudah rontok. Dibutuhkan konsentrasi untuk melakukan teknik ini. Untuk memandikan burung dengan cara memegang, diperlukan baskom yang berisi air. Dengan kepala di atas, burung murai batu diusap-usap tubuhnya secara merata dengan telapak tangan. Tentunya butuh ketelatenan yang ekstra.

9. Kosongkan Tempat Pakan di Malam Hari

Jika anda dapat melakukan dua metode di atas, maka metode yang satu ini akan mudah anda lakukan. Kosongkan tempat pakan pada waktu malam hari. Tujuannya agar burung murai batu kelaparan di pagi harinya, dalam kondisi seperti ini, kita dapat melakukan proses penjinakan.

Penjinakan murai batu liar dilakukan dengan cara menyodorkan jangkrik dengan lidi. Jika burung tidak menyambar jangkrik tersebut, anda hanya butuh menaruh beberapa jangkrik di tempat pakan.

10. Pelatihan di Dalam Ruang Tertutup

Jika burung murai batu liar dewasa sudah mulai terbiasa dengan tangan pemilik dengan proses meloloh pakan. Burung bisa mulai dikeluarkan dari sangkar. Lakukan cara penjinakkan ini di dalam ruangan yang tertutup. Tujuannya yaitu agar burung aman dan sang pemilik tidak takut burung terbang bebas di alam. Burung murai batu yang dijinakkan seperti ini lama kelamaan akan mudah terbiasa.

11. Pelatihan di Luar Ruangan

Jika kamu telah merasa sudah cukup yakin murai batu dapat meloloh di tangan dengan baik. Kamu juga bisa dapat mencoba metode penjinakkan dengan melatih di luar ruangan atau di alam bebas. Cara atau metode ini dapat dilakukan dengan hati – hati. Selain itu berikan juga pengaman pada kakinya supaya kamu dapat mengontrol jika suwaktu-waktu terbang jauh..

12. Masukan Kedalam Sangkar Kecil

Untuk burung murai batu yang masih sangat liar, maka anda perlu menempatkan ke dalam sangkar kecil, walaupun dengan resiko ekor burung rusak. Cara ini dapat membuat murai batu bakalan menjadi jinak.

13. Beri Nama Burung Tersebut

Cara yang sering orang lakukan untuk menjinakkan burung murai bakalan tapi meraka tidak sadar melakkukannya yaitu sering menyebut nama burung tersebut. Sebenarnya sumua macam jenis hewan termasuk juga burung mempunyai naluri untuk merespon suara manusia. Contohnya saja seperti siulan, panggilan sapaan atau nama burung tersebut. Karena dengan kita terbiasa memanggil nama burung tersebut maka secara tidak sadar burung tesebut akan jinak.

14. Mencarikan Pasangan

Beberapa jenis burung salah satunya yaitu murai bati bisa jinak karena ada pasanganya. Salah satu caranya yaitu ada terlebih dahulu menjinakkan murai batu yang berkelan betina tersebut. Dari situ barulah sang jantan rata-rata akan ikut jinak.

15. Melatih Burung Berada di Keramaian

Burung murai batu bakalan dapat anda langsung jinakkan dengan cara menempatkannya di tempat yang ramai. Cara tersebut bertujuan agar burung terbiasa dan tidak kaget di tempat yang ramai. Memang awal mulanya burung akan terbang tidak jelas serta gelisah, namun lama-kelamaan akan terbiasa. Anda bisa menempatkan burung murai bakalan di depan rumah, di pinggir jalan dan tempat-tempat ramai lainnya.

16. Pemindahan Sangkar

Serinbg melakukan pemindahan sangkar pada murai batu bakalan akan membuatnya jinak. Namun cara ini harus ada terapkan pada kondisi lingkungan yang tenang. Coba lah melakukan perpindahan dari sangkar satu ke yang lain seminggu sekali.

17. Mencium Kepala Burung

Walaupun cara menjinakkan murai bakalan ini terdengar aneh tapi dulu banyak sekali dilakukan oleh para nenek moyang kita. Cara ini sebagai wujud kasih sayang kita terhadap burung yang dipelihara.

18. Melakukan Pelatihan dengan Suasana Alam

Hal ini merupakan cara menjinakkan burung murai melalui segi psikis. Karena jika menggunakan cara ini ada bukan hanya menjinakkan tapi juga membantunya meringankan rasa stres pada burung. Burung murai bakalan yang memiliki sifat liar karena baru saja ditangkap dari hutan akan merasakan ketenangan dan tidak stres. Menjinakkan burung dengan segala cara boleh asalkan jangan sampai burung tersebut stres.

19. Melakukan Pelatihan dengan Kerodong

Pelatihan dengan kerodong terhadap murai batu bakan dapat membuatnya cepat jinak. Walaupun hari pertama sampai ketiga dia belum terbiasa, namun lama-kelamaan baklan murai tersebut akan jinak karena sudah beradaptasi.

20. Melakukan Pelatihan Mandi Sauna

Caranya melatih bakalan murai agar dapat jinak yaitu dengan melakukan penyemprotan pada kerodong dan di jemur ketika matahari telah muncul. Anda dapat melakukan penyemproton sampai basah kemudian baru di jemur.

21. Pahami Konsekuensi Setiap Metode

Sebelum memutuskan melakukan beberapa metode di atas, yang harus anda tahu konsekuensinya. Misalnya, burung yang semula sudah mau berkicau jadi sedikit terhambat karena stress. Burung yang semulanya bulunya halus, jadi sedikit rusak dan rontok. Semua adalah proses penjinakan yang anda harus lalui dengan sabar. Selamat mencoba bagi para kicau mania.

Baca Juga: Harga Murai Batu Terbaru Januari – Februari 2018

Nah itu dia tips tentang pengetahuan cara menjinakkan murai batu bakalan atau liar dengan mudah. Namun yang perlu anda pahami yaitu dalam menjinakkan murai jangan sampai membuatnya stres. Karena jika sampai burung stres maka burung tersebut akan mudah mati. Apa lagi burung bakalan yang memang sangat rentan mati.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Murai Batu

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top