Connect with us

18 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan / Nebok

lovebird

18 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan / Nebok

Loading...

Lovebird Turun Tangkringan / Nebok – Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sangat banyak diikutkan lomba oleh para kicaumania. Sebagai seorang yang mengurus semua urusan si burung, kita harus sigap dalam menghadapi semua masalah yang bisa saja menimpa lovebird kita.

Lovebird Turun Tangkringan, Penyebab Lovebird Turun Tangkringan, Cara Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan, Lovebird Nebok, Ranjau Burung, Ranjau Lovebird

Loading...

Salah satu masalah yang sering sekali ditemukan adalah lovebird yang turun tangkringan dan lebih betah berada di dasar sangkar “nebok“. Hal seperti ini sebenarnya cukup sederhana namun bagi orang yang kurang berpengalaman akan merasa kebingunan dengan tingkah si burung yang terlihat aneh.

Banyak orang yang mengsalah artikan hal tersebut disebabkan oleh stress atau sebuah penyakit. Sebaiknya Anda harus tahu penyebab dan cara mengatasi lovebird turun tangkringan agar tak mengganggun nantinya karena turung tangkringan saat lomba sangat buruk.

Sebagai seorang lovebird lovers, tentu tak mau burung mereka tiba-tiba ngotot tak mau berada ditangkringan padahal tempat itu adalah tempat di mana ia bisa ngekek saat lomba. Jangan bingung dan sebaiknya Anda tahu permasalahan ini sebelum mengalaminya di arena lomba.

Burung lovebird nebok bisa saja disebabkan oleh cara Anda yang merawat tidaklah baik atau buruk. Cobalah untuk mengubah setingan dan temukan setingan yang pass untuk lovebird Anda. Sebelum itu, Anda perlu tahu apa saja penyebab dari lovebird yang sering turun dari tangkringan ke dasar sangkar.

Penyebab Lovebird Turun Tangkringan Nebok :

1. Lovebird tak Merasa Nyaman

Tangkringan yang tak nyaman untuk si burung tentu membuat burung tak betah dan memilih untuk meninggalkan tangkringan. Hal seperti ini bisa saja terjadi jika tangkringan yang Anda siapkan jelek seperti tangkringan yang terlalu licin, terlalu besar, terlalu kecil, dan lainnya.

Sebenarnya masalah tentang apakah si burung suka dengan tangkringannya adalah urusan si burung tersebut dengan pemiliknya karena setiap burung beda sifatnya. Ada yang suka dengan tangkringan kayu namun ada juga yang suka dengan besi. Cobalah untuk mencari jawaban yang tepat sampai burung benar-benar berhenti melakukan kebiasaan turun ke bawah dasar sangkar.

2. Kandang Baru

Kebanyakan burung akan suka dengan rumah lamanya dibandingkan dengan rumah baru. Hal ini bisa saja membuat burung betah berada di dasar sangkar dari pada naik dan bertengker di tangkringan.

Ada banyak hal yang membuat sangkar baru kadang tak disukai oleh burung dan lebih suka dengan yang lama, salah satunya adalah ukurannya. Rata-rata burung suka dengan ukuran yang sedang, tak terlalu besar namun tak terlalu kecil juga. Kandang seperti ini sangat cocok untuk perawatan harian agar lebih sederhana dalam perawatannya.

3. Birahi tak Stabil Akibat Perawatan yang Salah

Birahi yang terlalu rendah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan lovebird sering naik turun dari tangkringan ke dasar sangkar. Biasanya ketidakstabilan birahi ada pada bagaimana cara Anda dalam merawat.

Banyak orang yang belum tahu bagaimana cara mengukur birahi yang baik, apakah ini sudah tepat atau kah belum atau malah berlebihan. Semuanya perlu pengalaman dan penyesuaian dengan si lovebird itu sendiri.

4. Kebersihan Sangkar Tidak Terjaga

Ketika menyiapkan atau mensetting sebuah burung diarena perlombaan, hal yang paling utama adalah kebersihan sangkar, terutama pada bagian tebok. Jika masih ada sisa-sisa makanan, maka akan dapat menjadi penyebab lovebird nebok atau turun tangkringan.

5. Burung Lapar

Lapar merupakan penyebab utama lovebird sering nebok. Hal tersebut wajar saya, karena lovebird juga merupakan makhluk hidup dan pastinya merasakan lapar juga.

Cara Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan :

1. Ganti Tangkringan yang Lovebird Sukai

Sekali lagi, tips ini harus lah sang pemilik dan burung yang mengatasinya. Setiap burung termasuk lovebird memiliki karakternya masing-masing. Namun sebagai awal atau permulaan, sebaiknya Anda memberikan tangkringan dengan ukuran sedang, tak terlalu lebar dan tak terlalu kecil. Anda juga melihat bagaimana kaki si burung dan cobalah untuk menyesuaikan dengan ukuran si tangkringan.

2. Melakuakn Perawatan yang Benar

Ada banyak hal yang harus diperbaiki dalam hal perawatan jika ingin membuat burung Anda berhenti untuk selalu turun dari tangkringan. Salah satunya adalah bagaimana cara mengontrol birahi pada burung.

Pertama, sebaiknya Anda mengetahui tingkat birahi yang pas untuk si burung. Untuk membantu dalam menurunkan birahi jika terlalu tinggi, sebaiknya lakukan langkah-langkah diantaranya mandi es, kurangi pemberian EF, pengembunan rutin, mandi sering, dan lainnya.

Jika birahi terlalu rendah, cobalah untuk meningkatkan pemberian EF secara wajar, kurangi mandi terlalu pagi agar burung tak dingin, penjemuran sampai 2 jam dan lainnya.

3. Pilihlah Kandang atau Sangkar yang Terbaik

Kandang atau sangkar memiliki banyak ragam, baik dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuat maupun ukuran yang tersedia. Sebaiknya Anda perlu tahu seperti apa karakter burung mengenai sangkar yang ia sukai.

Jika Anda bingun, cobalah untuk memberikan sangkar dengan ukuran sedang agar burung dapat berpindah dengan leluasa namun tak mengurangi tenaga terlalu banyak karena ruangan yang telah dibatasi. Pemberian sangkar yang kecil bisa jadi membuat burung tak bias bergerak dan begitu juga sebaliknya.

4. Menjaga Kebersihan Sangkar

Hal wajib ketika sedang dalam sebuah perlombaan, sang pemilik atau joki harus menjaga sangkar burung dari segala jenis kotoran. Anda bisa membersihkan sangkar menggunakan kanebo keseluruh bagian, terutama pada bagian tebok. Bagian tersebut merupakan pemicu utama lovebird nebok.

5. Menjaga Asupan Gizi / Makanan

Burung jika di gantang kondisi lapar pasti akan turun tangkringan. Nah sebagai pemilik cara mengatasi lovebird turun tangkringan karena lapar yaitu dengan memberikan EF atau makanan supaya burung tersebut kenyang. Dengan kondisi kenyang maka dapat meminimalisir burung lovebird nebox.

6. Warna Karpet / Alas Sangkar

Memberi alas pada pada bagain atas tebok dapat mengatasi lovebird untuk turun tangkringan. Perlu diketahui juga bahwa warna karpet tersebut sangat berpengaruh. Maka pilihlah warna yang paling ditakuti lovebird anda.

7. Menggunakan Ranjau Duri

Ranjau duri merupakan perlengkapan umum yang sering lobird lovers bawa untuk mengatasi burung yang sering turun tangkringan. Ranjau duri tersebiut merupakan sebuah alat yang terbuat dari bahan lunak dibentuk berduri. Letakkan ranjau duri tersebut di atas tebok supaya lovebird takut untuk turun tankringan.

Meski terlihat berbahaya, namun sebenarnya ranjau ini terbuat dari bahan lunak seperti kertas kaku atau bahan plastic namun dengan kelenturan tinggi sehingga tak membuat sakit pada kaki lovebird, namun cukup membuatnya risih.

8. Menaruh Air atau Baby Oil di Dasar Sangkar

Pemberian air atau baby oli yang diletakkan di atas karpet cukup ampuh dalam mengatasi burung yang selalu turun ke dasar sangkar. Burung akan merasa enggan untuk turun ke dasar sangkar, kecuali kalau ingin mandi. Meski begitu, cara ini masih layak dipergunakan.

Baca Juga: Cara Membuat dan Mencetak Lovebird Ngekek Sambil Tidur

Cara Mengatasi Lovebird nebok Lainnya :

9. Menggunakan Rumput Palsu Terbuat dari Plastik
10. Menggunakan Es Batu
11. Letakkan Bola Kecil di Dasar Sangkar
12. Menggunakan Shampoo
13. Dengan menggunakan Metode Lilinr

Berbagai percobaan dalam mengatasi lovebird turun tangkringan atau nebok wajib anda lakukan. Namun cara di atas cukup ampuh untuk mengatasi lovebird sering nebok ketika di perlombaan. Intinya hidari semua penyebab turun tangkringan pada burung lovebird kesayangan anda. Jangan lupa untuk membaca tips lovebird lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in lovebird

To Top