Connect with us

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

Lovebird Over Birahi, Lovebird OB, Penyebab Lovebird Over Birahi, Cara Mengtasi Lovebird Over Birahi

lovebird

13 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi

Loading...

Lovebird Over Birahi atau OB – Lovebird sangat banyak diperlombakan karena memiliki suara yang unik. Untuk menghasilkan suara yang bagus, para penangkar biasanya melakukan bermacam metode agar suaranya dapat ngekek panjang di arena perlombaan, salah satunya adalah menaikkan birahi.

Lovebird Over Birahi, Lovebird OB, Penyebab Lovebird Over Birahi, Cara Mengtasi Lovebird Over Birahi

Loading...

Burung yang biasanya diikutkan dalam lomba telah diberikan sebuah setingan baik itu saat akan lomba atau hari-hari sebelum lomba di mana birahi burung akan ditingkatkan sedikit agar nantinya burung bisa ngekek panjang dengan semangat yang membara.

Namun ternyata hal ini tidaklah mudah sekedar Anda memberikan makanan yang yang bisa meningkatkan birahi. Perlu anda ketahui birahi yang terlalu tinggi ternyata bisa membuat burung menjadi tak terkendali. Maka dari itu, penyebab dan cara mengatasi lovebird over birahi sangatlah dianjurkan untuk Anda pahami.

OB atau over birahi bisa saja di alami oleh setiap burung. Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan dalam perawatan harian. Banyak akibat yang bisa ditimbulkan dari burung ini, mulai dari burung berkicau tak jelas sampai melakukan hal-hal aneh seperti bergesek pada tangkringan atau selalu menempel di jeruji sangkar.

Selain itu, bisa jadi lovebird over birahi bisa mengakibatkan burung menjadi tak tekendali dan susah untuk dirawat jadinya. Sebelum Anda mengetahui cara-cara dalam menurunkan birahi tinggi pada lovebird, sebaiknya Anda ketahui dulu apa saja yang menjadi sumber atau penyebab lovebird yang over birahi.

Penyebab Lovebird Over Birahi:

1. Terlalu Banyak Pemberian EF

Jangan terlalu agresif dalam merawat burung. Kemauan Anda yang ingin membuat burung ngekek dengan kencang di arena lomba malah mendorong Anda untuk memberikan EF yang sedikit tinggi di hari-hari sebelumnya. Hal ini bisa meningkatkan birahi sehingga over birahi dan kesalahan terbesar untuk seorang pemula.

Sebaiknya Anda mengetahui betul bagaimana tingkat birahi yang baik untuk burung Anda karena setiap burung berbeda karakternya. EF seperti jagung mudah, kangkung dan lainnya memiliki kandungan protein tinggi yang bisa membuat birahi lovebird meningkat tajam jika diberikan terlalu banyak, maka kurangi itu.

2. Ingin Kawin

Secara alamia dengan ditambah pemberian EF tinggi, rasa ingin kawin tapi tak diberi kawin juga bisa menjadi penyebab overbirahi. Ciri-ciri yang bisa dilihat dari lovebird yang ingin kawin adalah menggigit jeruji sangkar, nangkring di jeruji, mengesek tangkringan, turun kedasar sangkar, dan bagi betina akan mengepakkan sayapnya seperti pesawat.

Jika Anda melihat burung lovebird dengan ciri tersebut padahal pemberian EF menurut Anda tidak terlalu banyak, maka bisa jadi burung Anda kebelet kawin.

3. Sering Mendengar Suara Lovebird Betina

Lovebird jantan yang siap di lombakan biasanya di jauhkan dari burung betina. Sebab jika lovebird berkelamin jantan mendengar suara kicauan betina maka birahi akan naik kembali bahkan bisa over birahi. Hal tersebut akan berdapak pada susahnya menyeting birahi lovebird.

4. Full Krodong

Full krodong pada lovebird secara terus menerus merupakan hal yang memicu sang burung over birahi.

5. Porsi Waktu Jemur Terlalu Lama

Menjemur lovebird terlalu lama dapat menyebabkan burung over birahi. Selain itu menjemur burung sampai di atas jam 11 akan menyebabkan kesehatan menurun serta mudah terkena penyakit.

Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi:

1. Sering Mandi atau Mandi Es

Cara ini bisa Anda terapkan dengan mudah di mana Anda hanya perlu memandikan burung sesering mungkin di mulai dari pagi hari, siang hari, sore hari, atau di tambah dengan malam hari. Selain itu, mandi es juga bisa dilakukan sesudah melakukan proses pengembunan pada subuh agar burung tak kaget dengan rasa dingin. Setelah itu, Anda boleh memandikannya dengan air dingin dari kulkas dengan hati-hati. Rasa dingin dan sering terkena air akan membuat birahi burung menipis.

2. Hentikan Pemberian EF

EF memiliki kandungan protein tinggi yang bisa membuat birahi burung bisa meningkat tajam. Salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah hentikan pemberian EF seperti jagung muda, kangkung, biji kuaci, dan lainnya. Perlu diingat juga pemberian EF jangan terlalu banyak, boleh banyak namun disesuaikan saja dengan kondisi si burung.

3. Berikan EF Penurun Birahi

EF tidak hanya bisa meningkatkan birahi sang burung, namun juga ada EF yang bisa memebantu dalam menurunkan birahi burung yang OB. Diantaranya adalah pemberian daun cemangi, daun mengkudu, dan potongan mentimun. Pemberian yang disarankan adalah secara bergantian. Maksudnya berikan secara bergantian misalnya pada pagi hari mentimun dan pada sore hari daun mengkudu. Jika sudah di rasa birahi burung telah kembali normal, perlahan kurangi pemberian EF penurun birahi tersebut.

4. Melakukan Pengumbaran

Kandang umbaran adalah sebuah kandang besar yang terbuat dari ram atau besi kecil yang di desain besar agar burung bisa bergerak dengan leluasa dan berjalan ke sana ke sini. Tujuan utamanya adalah membuat lovebird berolahraga agar staminanya terlatih dan nafas menjadi lebih panjang untuk ngekek di arena lomba. Selain itu, pada umumnya birahi tinggi adalah burung yang memiliki energy lebih.

Maka dari itu, kita perlu mengeluarkan sebagian energi itu dengan membuat burung berolahraga menggunakan metode kandang umbaran ini. Lakukan selama berhari-hari atau sampai birahi burung sudah terlihat mengurang dan kembali stabil.

5. Rutin Mandi Malam

Rutin mandi malam merupakan kegiatan wajib dalam merawat lovebird over birahi. Lakukan proses mandi malam pada lovebird ketika sudah menginjak pukul 19.00 ke atas. Dijamin birahi lovebird anda akan turun. Lakukan cara tersebut selama 3 sampai 7 hari secara berturut – turut.

6. Jangan Full Krodong

Walaupun melakukan full krodong pada lovebird ketika ingin dilombakan sangat baik, namun ketika dilakukan secara terus menurus burung tersebut malah over birahi dan kurang baik utuk kesehatan. Maka solusinya yaitu melakukan full krodong pada lovebird lomba saja, dan itu dilakukan hanya h-2.

7. Melakukan Pengembunan

Melakukan pengembunan lovebird di waktu sebelum matahari terbit atau fajar sebenarnya sangat disukai oleh semua jenis burung berkicau. Di waktu tersebut hembusan udara masih sangat segar dan bebas dari polusi. Hal tersebut akan berdampak pada pernafasan serta dapat mengakibatkan lovebird ngekek panjang dan birahi stabil.

8. Jodohkan dengan Lovebird Betina

Mengatasi lovebird over birahi yaitu mengkawinkan atau menjodohkan dengan burung betina. Untuk cara menurunkan birahinya yaitu anda memasukkan lovebird jantang dan betina ke kandang koloni. Akan tetapi jika memang sudah ada pasangan yang cocok, maka masukkan dalam satu kandang atau kandang ternak yang lebih besar. Hal tersebut bertujuan agar leluasa saat melakukan proses kawin.

Banyak sekali lovebirdmania yang menggunakan cara ini. Bahkan tren lovebird 2018 yaitu menyeting lovebird menggunkan sistem koloni. Mereka mempunyai pikiran agar burungnya bisa konslet atau ngekek sambil tidur.

Baca Juga: 12 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi

Itu dia cara bagaimana paham akan penyebab dan cara mengatasi lovebird over birahi. Cara tersebut dapat anda terapkan dengan mudah di rumah, asalkan satu kuncinya yaitu konsisten. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda pecinta burung lovebird. Jangan lupa untuk membaca tips lovebird lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in lovebird

To Top