12 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi - Hewan.id
Advertisements

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi

Lovebird Macet Bunyi, Lovebird Males Ngekek, Lovebird, Lovebird Juara

lovebird

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi

Lovebird Macet Bunyi atau Malas Ngekek – Macet bunyi sering terjadi pada kalangan lovebird dan hal itu bisa menjadi masalah besar dalam perlombaan atau sekedar menjadi penghibur di teras rumah. Jenis lovebird seperti ini titandai dengan kemalasan dalam berbunyi atau sama saja dengan tidak mau berkicau. Kejadian ini bukanlah hal yang baru dan bisa saja dialami oleh setiap burung bukan hanya lovebird saja.

Lovebird Macet Bunyi, Lovebird Males Ngekek, Lovebird, Lovebird Juara

Sebagai seorang lovebirdmania yang sering mengikutkan burung lovebird di arena lomba, tentu tak mau hal ini terjadi apalagi jika sudah berada di tempat lomba. Jangan panik karena banyak cara yang bisa Anda terapkan. Anda hanya perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi lovebird macet bunyi atau malas bunyi untuk menghindari semua itu.

Biasanya burung lovebird yang mengalami masalah tersebut hanya terlihat mengeluarkan suara kecil (Titik) dan terlihat hanya memompa saja. Jika burung sedang dalam masa tersebut, maka sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan burung lovebird yang bisa ngekek panjang dan menjadi juara.

Namun, keadaan ini bukanlah hal yang tidak bisa diatasi. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat lovebird Anda berhenti macet bunyi. Untuk selengkapnya, sebaiknya Anda ketahui dulu apa penyebab lovebird macet bunyi.

Penyabab Lovebird Macet Bunyi:

1. Malas

Burung malas sering kali membuat kita kesal jika keadaan sedang sangat mepet. Jangan terlalu bawah emosi karena sifat kemalasan pasti ada di setiap makhluk hidup. Biasanya burung yang malas memiliki banyak penyebab seperti burung yang baru saja mengalami masa mabung, burung yang sedang sakit, kurang makan, perawatan buruk, dan lainnya.

Loading...

Agar burung tak malas lagi, cobalah untuk meningkatkan cara perawatan Anda dengan baik dan benar seperti selalu memperhatikan makanan dan minuman serta pemberian EF terkontrol yang bisa membuat semangat atau birahi burung sedikit lebih tinggi.

2. Birahi Kurang

Sudah sangat wajar jika burung akan malas berbunyi jika birahinya kurang. Birahi tinggi dan tidak over sangat bagus untuk lovebird lomba karena bisa membuat ngekeknya lebih panjang dan ngeroll. Jika Anda hanya memberikan perawatan yang biasa saja dengan asupan nutrisi terbatas, pemberian EF yang minim, mandi dan penjemuran tak teratur serta lainnya, besar kemungkinan birahi yang dihasilkan sangatlah kecil. Untuk loverbird, sebenarnya hal itu sudah menjadi pengetahuan dasar untuk penangkarnya.

3. Bad Mood

Malas dan bad mood sedikti berbeda. Malas mungkin bisa berasal dari pikiran burung itu sendiri, tapi perasaan bad mood bisa saja disebabkan oleh cara Anda memelihara.

Burung yang sedang bad mood biasanya disebabkan karena suasana hatinya yang sedang tidak baik karena beberapa factor seperti keadaan lingkungan yang tak disukainya atau kah cara perawatan Anda yang tak disukai burung.

4. Sedang Dalam Masa Mabung

Perlu anda tahu, bahwa tidak semua burung yang sedang mabung akan menyababkan macet bunyi atau malas ngekek. Jika pada saat lovebird anda macet ngekek dan banyak sekali bulu kecil  berjatuhan, maka dapat disimpulkan burung tersebut sedang dalam kondisi mabung maupun nyulam. Rata-rata lovebird ngurak atau mabung akan macet atau malas untuk berkicau.

5. Drop Mental Menginjak Usia Dewasa

Drop mental pada lovebird rata-rata dapat mengakibatkan burung macet bunyi atau malas ngekek. Banyak sekali faktor serta penyebab yang menimbulkan lovebird malas untuk ngekek. Mulai dari pola perawatan, habis mabung, serta mental drop atau kalah setelah di gantangkan.

6. Lovebird Kaget Saat Pindah ke Sangkar Baru

Sebenarnya tujuan para pemilik menempatkan lovebird ke sangkar baru yaitu memberikan tempat yang nyaman dan indah untuk peliharaannya. Akan tetapi memang kebanyakan atau rata-rata jika lovebird pindah sangkar pasti akan mengalai macet bunyi atau malas ngekek. Proses tersebut marupakan hal yang biasa bagi para kicau mania.

Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi:

1. Kontrol Birahi

Sebenarnya burung yang malas bebunyi atau macet bunyi tidak hanya bisa disebabkan oleh birahi yang minim, tapi bisa juga terjadi jika birahi terlalu tinggi. Maka dari itu, Anda harus tahu betul bagaimana dalam mengontrol birahi yang baik dan benar. Sebenarnya tips ini harus Anda yang melakukan percobaan karena setiap burung berbeda sifatnya.

Jadi hal yang harus Anda lakukan adalah terus mencoba dan temukan setingan yang baik dalam mengontrol birahi. Namun disarankan agar mendapatkan suara yang bisa ngekek dalam arena lomba, sebaiknya dilebihkan sedikit birahinya dengan memberikan makanan EF seperti jagung dan kangkung.

2. Jaga Mental Agar Tidak Stress

Stress bisa membuat burung menjadi malas untuk berkicau. Sederhana saja, burung yang sedang stress cenderung tak semangat dalam melakukan kegiatan termasuk ngekek atau berkicau, bahkan bergerak saja sedikit susah. Namun dalam beberapa kasus, lovebird stress bisa ditandakan dengan gerak-gerik aneh seperti terlalu bersemangat dan sering bergerak kesana kemari.

Penyebab stress beragam, bisa jadi karena kurangnya hiburan atau suasana hatinya sedang buruk. Anda boleh mencoba beberapa tips seperti memperdengarkan suara alam, memberikan makan, pengembunan, mandi, dan pengumbaran.

3. Obesitas atau Kegemukan

Seperti yang Anda ketahui, burung yang memiliki berat berlebihan bisa menjadi malas karena terlalu susah dalam bergerak sehingga maunya hanya diam terus di tempat. Sudah menjadi pengetahuan dasar burung yang memiliki postur normal akan lebih baik kinerjanya dari pada yang gemuk atau terlalu kurus. Hal yang harus Anda lakukan adlaah bagaimana cara menurunkan berat badan si burung dengan cara membuat burung bisa berolahraga, salah satunya adalah melakukan pengumbaran pada si burung.

4. Drop Mental Menginjak Usia Dewasa

Rawatlah lovebird dengan teratur mulai dari mandi, jemur dan mastering. Berilah beberapa asupan vitamin pada minumannya. Selain itu anda dapat mengasingkan lovebird di tempat atau ruangan sendiri. Hal tersebutlah dapat memicu serta membangkitkan kembali mental lovebird seperti semula. Jangan sering-sering menggantang lovebird sejak usianya masih paud atau balibu.

5. Sedang Mabung dan Nyulam

Jika kita tahu burung lovebird macet bunyi karena sedang mabung maupun nyulam maka segera asingkan burung tersebut. Tujuan mengasingkan burung cinta tersebut supaya berada dalam suasana tenang untuk mempercepat proses pergantian bulunya. Jangan lupa juga untuk mengkrodong lovebird ketika sedang nyulam.

Ciri utama lovebird yang sedang masuk fase ngurak adalah malas bergerak dan selalu ingin makan, lalu tidur. Agar tidak terjangkit obesitas, maka aturlah pemberian extstra fooding dan biji-bijan supaya tidak berlebihan.

6. Kaget Saat Pindah ke Sangkar Baru

Solusi atau cara mengatasi lovebird macet bunyi karena sangkar baru yaitu dengan membuat situasi atau kondisi burung seolah-olah berada pada sangkar lamanya. Membuat situasi yang sama dengan tempat lamanya yaitu dengan meletakkan cepuk makan dan minum seperti sangkar lamanya. Selain hal tersebut warna sangkar serta pangkringan buatlah seperti sangkat lama. Dari situlah lama-kelamaan lovebird akan ngekek panjang kembali seperti semula.

Baca Juga: 14 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan

Itu cara mudah bagaimana mengetahui penyebab dan cara mengatasi lovebird macet bunyi atau malas ngekek. Rata-rata burung yang malas berbunyi itu datangnya dari hati yang memiliki suasana tidak baik. Maka dari itu, Anda harus benar-benar mengerti bagaimana cara membuat suasana hati lovebird tetap berada di tingkatan yang normal. Jangan lupa untuk membaca tips lovebird lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in lovebird

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top