> > 12 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Galak dengan Mudah - Hewan.id
Connect with us

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Galak dengan Mudah

Lovebird galak

lovebird

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Galak dengan Mudah

Lovebird Galak – Sering sekali sebagai seorang lovebird lovers menjumpai burung lovebird-nya yang memasuki masa giras atau galak. Meski bukan termasuk hal yang langka, namun permasalahan lovebird seperti ini kadang membuat kita bingun dalam menyikapinya. Tingkatan paling parah jika lovebird Anda sedang sangat galak adalah merusak apa yang ada didekatnya, termasuk kandang atau sangkarnya sendiri. Bahkan tak jarang terjadi, lovebird galak perlahan merusak kandangnya karena terus digigit sampai rusak.

Lovebird galak

Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan sangar yang terbuat dari bahan kayu karena akan cepat rusak apalagi burung sedang dalam masa galak. Selain itu, penyebab dan cara mengatasi lovebird galak juga harus Anda ketahui agar jika menghadapi burung seperti ini, Anda tak bingung lagi.

Sebagai permulaan, Anda harus tahu seperti apa ciri-ciri lovebird yang sedang galak. Pada umumnya, lovebird yang galak akan sedikit agresif atau bahkan agresif sekali tentang apa yang ada disekelilingnya termasuk diri Anda sendiri. Dalam tingkatan parahnya, lovebird bisa saja merusak bulunya sendiri karena terlalu bersemangat. Selain itu lovebird galak rata-rata akan malas bunyi dan ketika bunyi durasinya hilang. Salah satu penyebab hal tersebut yaitu birahi burung anda terlalu tinggi.

Meski jarang terjadi, over birahi lovebird bisa saja menjadi penyebab hal tersebut. Jadi  sebaiknya anda tahu pemberian EF yang benar agar tak membuat birahi burung terlalu tinggi. Untuk selengkapnya, berikut ini adalah penyebab lovebird galak yang baik.

Penyebab Lovebird Galak :

1. Birahi yang Terlalu Tinggi.

Loading...

2. Terlalu Jinak dan Sering Dijahili oleh Tangan.

3. Perawatan yang Terlalu Kasar.

4. Kurangnya Perhatian.

6. Burung Terbilang Baru dengan Anda dan Lingkungannya.

7. Tidak Dijinakkan.

8. Lovebird diternak / sedang mengerami telur.

Cara Mengatasi Lovebird Galak :

1. Atur Tingkat Birahi Lovebird

Biasanya lovebird yang sedang giras, galak, atau terlalu agresif disebabkan oleh birahi yang terlalu tinggi atau over birahi. Maka dari itu, cobalah untuk menurunkan tingkat birahi si burung dengan cara memberikannya pakan EF khusus penurun birahi seperti cemangi dan lainnya.

Meski begitu, tak banyak burung jika sedang galak terjadi akibat birahinya yang tinggi. Bisa saja terjadi karena masalah stress, penyakit, kurang nyaman, dan lainnya. Ciri lain dari lovebird yang sedang over birahi adalah gesek tangkringan, ngeruji, turun ke dasar sangkar, dan bagi betina sering terlihat mengepakkan sayap.

2. Pemberian Makanan Lovebird yang Baik

Over birahi bisa mengakibatkan burung giras, maka dari itu sebaiknya hentikan pemberian EF peningkat birahi untuk sementara sampai burung tak galak lagi. Untuk menurunkannya, berikan lah makanan EF penurun birahi.

EF untuk menurunkan birahi yang baik adalah mentimun, daun kemangi, vitamin khusus penurun birahi seperti misalnya Natural Over Birahi dan lainnya. Sebagai pengganti dari EF yang dihentikan pemberiannya, cukup diberikan millet putih saja yang bisa menunjang asupan nutrisi yang baik untuk si burung.

3. Proses Memandikan Lovebird

Mandi juga bisa berguna untuk menurunkan birahi. Jangan malas dalam memandikan burung yang giras karena over birahi. Mandikan dengan frekuensi sering, mandikan sebanyak 3 kali sehari atau jika diperlukan, bisa 4 kali sehari yaitu pagi, siang, sore, dan malam. Atau 3 kali sehari yaitu pagi, sore, dan malam.

Mandi yang sering bisa membantuk menurunkan birahi karena rasa dingin yang dirasakan oleh lovebird. Selain itu, banyak ahli yang menyarankan untuk memandikan lovebird dengan air dingin dari kulkas atau juga dikenal dengan metode mandi es khusus lovebird dalam menurunkan tingkat birahi.

4. Jangan Lakukan Penjemuran Lovebird

Setelah proses memandikan, pada umumnya burung akan dijemur namun hal itu tak perlu jika lovebird Anda giras atau galak. Pemberian jemur yang lama pada burung giras malah bisa membuat burung menjadi lebih giras dari sebelumnya.

Untuk itu, hentikan penjemuran dan cukup dilakukan angin-anginan saja setelah mandi. Namun, banyak orang yang menyarankan untuk dijemur tapi tak selama 1 atau 2 jam seperti biasanya melainkan cukup 15-30 menit saja. Semua itu tergantung dari Anda dan seperti apa karakter lovebird milik Anda.

5. Proses Penjinakan Lovebird

Burung yang baru akan galak pada umumnya, maka dari itu, Anda perlu melakukan proses penjinakkan. Jika memang lovebird Anda terbilang baru dan giras, maka cobalah untuk mengenalkan diri Anda dan tempat Anda pada si burung. Caranya antara lain adalah membiasakan burung berada di tempat sunyi, pemberian makan melalui tangan, dimandikan dengan tangan, dan lainnya.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan

Selain itu, menu makanan yang Anda berikan juga sangat membantu dalam mengatasi burung giras karena baru Anda beli atau Anda dapatkan dari teman Anda. Penjinakan didukung dengan penjagaan mental yang baik, jangan sampai Anda mengagetkan burung Anda hingga terkejut karena bisa membuatnya makin giras.

Berbagai cara serta penyebab untuk mengatasi lovebird galak wajib anda lakukan. Cara mengatasi lovebird galak dan jarang ngekek di atas bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah. Hal utama adalah jangan pernah membuat mental burung jadi down karena bisa membuat ia semakin galak. Jangan lupa untuk membaca tips lovebird lainnya.

Loading...

Continue Reading

More in lovebird

To Top