Advertisements
Connect with us

15 Ciri-Ciri Kucing Siam, Jenis, Sejarah, Cara Merawat, Harga & Gambarnya

Kucing Siam Modern

Kucing

15 Ciri-Ciri Kucing Siam, Jenis, Sejarah, Cara Merawat, Harga & Gambarnya

15 Ciri-Ciri Kucing Siam, Jenis, Sejarah, Cara Merawat, Harga & Gambarnya

Loading...

Hewan.id – Kucing Siam adalah ras kucing asal Thailand. Tubuh Kucing ini mirip dengan kucing kampung Indonesia, hanya saja lebih besar dan jangkung. Bentuk kepalanya sangat mirip dengan Anjing karena memiliki moncong mulut. Sedangkan telinganya berdiri kaku, mirip Serigala. Makanya Siamese Cat ini sering dijadikan sampel dalam usaha perkawinan silang kucing. Umumnya untuk mendapatkan ciri fisik Siam yang dianggap bagus karena tinggi dan besar. Misalnya Ras Kucing Himalaya, adalah hasil dari persilangan Siam dengan Persia.

Satu karakteristik paten dari Kucing Siam adalah warna bulunya yang homogen. Semua Siamese Cat memiliki bulu perpaduan coklat kehitaman dengan putih pucat. Wajahnya bisa merata warna coklat kehitaman. Kadang-kadang hanya bercampur putih pucat. Ekornya panjang warna hitam kecoklatan dengan bulu-bulu tipis. Warna matanya cukup beragam ada yang keputihan, kebiruan, kekuningan. Namun semua pupilnya membulat besar warna hitam.

Kucing Siam

Kucing Siam

Loading...

Kucing Siam memiliki ekspresi wajah yang dingin dan menyebalkan. Nampak seperti galak dan cuek. Tidak terlalu aktif, sebagaimana jenis kucing lokal kampung pada umumnya. Tubuhnya kekar dan kadang-kadang terkesan bagaikan seorang Preman dan Pertapa di dalam dunia kucing. Kulit tubuhnya yang putih pucat itu sangat mirip dengan warna domba. Kadang-kadang sekilas, pada Siam yang besar, juga jadi mirip dengan Kambing.

Pokoknya Siam ini adalah ras lokal yang dalam tubuhnya menyiratkan banyak binatang lain. Yang cocok memelihara kucing jenis ini adalah seorang anak atau dewasa laki-laki yang sibuk bekerja. Karena Kucing ini pasif dan kurang lucu di antara sebangsa kucing peliharaan lainnya. Namun Siam Cat bisa menjadi simbol dari kejantanan, sikap cool dan macho.

15 Ciri-Ciri Kucing Siam

  1. Bentuk tubuhnya panjang, besar dan tinggi
  2. Kepalanya kecil agak tirus, memiliki moncong bibir seperti Anjing
  3. Telinganya segitiga, kaku, berdiri ke atas, mirip serigala
  4. Warna bulu perpaduan putih pucat dengan coklat kehitaman, bagaikan domba
  5. Bulunya pendek seperti kucing kampung
  6. Warna matanya biru, putih, atau kekuningan dengan pupil mata hitam yang cukup besar dan tajam sorotannya
  7. Ekornya warna coklat kehitaman, panjang dan kecil dengan bulu tipis
  8. Hidungnya terkesan mancung, tapi bibirnya juga monyong
  9. Berat badan Siam Betina mencapai 5 kg
  10. Sedangkan berat badan Kucing Siam jantan bisa sampai 7 kg
  11. Tinggi tubuhnya mencapai 50-60 cm
  12. Semakin bertambah usia, warna tubuh Kucing Siam akan menggelap
  13. Meskipun nampak cool dan pendiam, tapi sebenarnya sifat aslinya aktif dan suka bermain dengan hewan lain. Maka jangan heran kalau Siam ini suka interaksi dengan binatang peliharaan lain, seperti Ayam atau Bebek misalnya
  14. Angka harapan hidupnya tinggi, bisa mencapai 20 tahun jika diberi makan dan perawatan yang tepat
  15. Bisa mengalami sakit mata juling, ginjal polikistik, hernia, gagal ginjal dan gagal jantung seiring bertambahnya usia

Jenis Kucing Siam

Sebagaimana ras kucing lainnya, ras Siam ini pun memiiki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan dengan karakteristik tubuhnya.

1. Traditional Siamese Cat (Kucing Siam Tradisional)

Kucing Siam Tradisional

Kucing Siam Tradisional

Ini adalah jenis Kucing Siam yang punya tubuh terbesar di antara Siam lainnya. Wajahnya lebar dengan pipi yang besar tapi memiliki kesan kempot. Hidungnya mancung dan warna tubuhnya standar, yaitu perpaduan putih pucat dengan coklat gelap.

2. Classic Siamese Cat (Kucing Siam Klasik)

Kucing Siam Klasik

Sepintas, Kucing Siam klasik mirip dengan Siam Tradisional. Hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil. Wajahnya segitiga tirus, tapi pipinya kecil, tidak seperti Siam Tradisional yang pipinya besar. Harapan hidupnya rendah, maksimal hanya 5 tahun saja. Makanya kucing ini agak susah dipelihara dan kurang disenangi.

3. Modern Siamese Cat (Kucing Siam Modern)

Kucing Siam Modern

Kucing Siam Modern

Ini adalah Kucing Siam dengan tubuh paling ramping di antara yang lainnya. Warna tubuhnya dominan putih seperti albino. Dengan wajah yang coklat muda. Kucing ini sering dijuluki Lynx, nama salah satu rasi bintang di langit yang memang bersimbol kucing. Tubuhnya sangat ramping dan wajahnya super tirus. Bobot tubuhnya hanya kisaran 5-7 kg.

Baca Lagi: 15 Ciri-Ciri Kucing Himalaya, Jenis, Harga, Cara Merawat dan Gambarnya

Sejarah Kucing Siam

Sejarah Kucing Siam

Sejarah Kucing Siam

Tentu saja di negeri asalnya, Thailand. Siam ini hal yang lumrah dan biasa. Binatang yang kalau di Indonesia sliweran bebas sebagaimana Kucing Kampung. Namun seiring naiknya popularitas Siam di negara barat, khususnya Eropa. Keberadaan kucing ini di alam bebas semakin langka karena gencarnya penangkapan. Makanya mulai banyak bermunculan peternakan Siamese Cat.

Kucing Siam masuk Eropa pada abad ke-18. Ketika Duta Besar Britania Raya pulang dari lawatannya ke Thailand mendapatkan hadiah seekor Siamese Cat dari Kerajaan Thailand. Sejak itulah, kucing ini ramai diperbincangkan di kalangan masyarakat Eropa, khususnya Britania Raya.

Di dunia sendiri, tren memelihara Kucing Siam masih ada. Biasanya jenis Siam modern yang paling banyak dicari karena keunikan tubuhnya. Tapi kucing ini biasanya dipelihara untuk tujuan kawin silang saja, untuk mendapatkan anakan kucing yang berwujud bagus.

Cara Merawat dan Harga Kucing Siam

Cara Merawat dan Harga Kucing Siam

Cara Merawat dan Harga Kucing Siam

Untuk merawat Siamese Cat tidak dibutuhkan teknik khusus. Apalagi bulunya pun tipis, sehingga mudah untuk dibersihkan. Yang perlu diperhatikan adalah kesehatannya saja. Meski angka harapan hidupnya bisa mencapai 20 tahun, tapi ini sangat tergantung pada pola asuhnya. Biasakan untuk memberikan makan di jam yang sama. Patuhi jadwal vaksinnya dan jaga kebersihan kandangnya. Kucing ini kadang suka jalan-jalan, jadi mesti diawasi jangan sampai hilang.

Harga Kucing Siam beragam. Untuk jenis Siam Tradisional dibandrol dengan harga Rp300.000 – Rp900.000 untuk yang umur 3-6 bulan dan sudah divaksin. Sedangkan jenis Siam Klasik harganya lebih mahal, kisaran Rp400.000 – Rp1500.000 untuk yang umur 3-6 bulan dan sudah vaksin. Lalu yang terakhir adalah jenis Siam Modern paling mahal kisaran Rp1000.000 – Rp3000.000 untuk yang berumur 3-6 bulan dan sudah vaksin.

Sebaiknya kalau mau beli Kucing ini di peternaknya langsung atau di Pet Shop terpercaya. Jangan membeli atau mengadopsi dari orang yang tidak jelas, seperti beli di online shop. Ini rentan sekali. Karena kita tidak tahu kucing ini berasal dari mana dan sehat atau tidak.

 

Loading...
Advertisements

Continue Reading

More in Kucing

To Top