4 Jenis Kucing Persia yang Hidungnya Pesek dan Sering Ikut Kontes
Advertisements

4 Jenis Kucing Persia yang Hidungnya Pesek dan Sering Ikut Kontes

Jenis Kucing Persia

Kucing

4 Jenis Kucing Persia yang Hidungnya Pesek dan Sering Ikut Kontes

4 Jenis Kucing Persia yang Hidungnya Pesek dan Sering Ikut Kontes

Hewan.id – Kucing Persia adalah kucing yang berasal dari Iran. Di masa lalu negara Iran disebut sebagai Persia, makanya kucing ini disebut Kucing Persia. Sepintas, bagi yang baru memasuki dunia kucing pasti bingung mengenali dan membedakan Jenis Kucing Persia dengan Anggora. Padahal mudah sekali karena ciri khas Jenis Kucing Persia ini ada pada hidungnya yang pesek. Hidung pesek seolah-olah jadi simbol identitas kucing yang banyak dipelihara dan sering ikut kontes ini.

Memang benar bahwa di dalam hobi memelihara kucing, ada yang namanya kontes kucing. Ini adalah ajang modelling ala kucing dengan berbagai kategori pula, sebagaimana dalam lomba-lomba modelling manusia. Kucing Persia yang dianggap paling cantik, lucu, pintar dan memiliki “kesan wah” pasti akan menang. Bahkan lomba terkait kucing ini pun kadang-kadang melibatkan media sosial dan fotografi. Misalnya lomba foto kucing, meme kucing persia, atau short story tentang kucing peliharaan masing-masing.

Jenis Kucing Persia

Jenis Kucing Persia, Hidung Pesek

Popularitas Jenis Kucing Persia di Indonesia masih cukup tinggi. Memang banyak kalangan anak-anak hingga dewasa suka sekali memelihara jenis kucing ini. Mereka rela mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membeli Persian Cat yang masih berumur 3 bulan atau 6 bulan. Atau ada pula yang rela mengadopsi bayi kucing ini dari seorang pengasuh yang “sudah kewalahan” karena kucingnya bunting terus. Jadi anakannya dibagi-bagikan secara gratis.

Kucing memang bukan lagi sebuah hewan belaka. Bicara soal kucing itu sangat luas kajiannya. Apalagi kalau soal  Kucing Persia ini. Dikulik lebih jauh, ternyata ada banyak sekali fakta dan informasi menarik. Tahukah kamu tentang jenis – jenis Kucing Persia yang ada di dunia ini? Dan tahukah kamu manakah yang hidungnya paling pesek dan sering ikut kontes?

Jenis Kucing Persia

1. Kucing Persia Himalaya

"<yoastmark

Kucing Persia Himalaya adalah jenis kucing Persia yang memiliki hidung tidak terlalu pesek. Penampakannya sangat lucu dengan bulu lebat warna putih. Pada bagian wajah, telinga, tangan, kaki dan ekornya warna coklat gelap. Membuat Kucing Himalaya ini begitu menggemaskan bagaikan boneka.

Loading...

Jenis Kucing Persia Himalaya memiliki badan yang agak gempal. Bulunya sangat halus dan tebal, seperti bulu domba saja. Kucing ini pada awalnya merupakan hasil perkawinan silang antara Kucing Persia dengan Kucing Siam. Jadilah lahir penampakkan lucu si Himalaya ini.

Bola mata Jenis Kucing Persia Himalaya tidak begitu besar. Sorot matanya nampak sendu dengan pupil berwarna putih keabuan atau putih kebiruan. Kucing ini sangat penurut kepada pemiliknya dan mudah untuk dilatih. Sebaiknya biasakan untuk memberikan tempat buang air kecil, agar si Himalaya ini tidak kencing sembarangan. Sedangkan untuk keperluan kontes, Himalaya juga bisa diikutkan dalam Kontes Kucing Persia, asal memenuhi syaratnya.

2. Kucing Persia Medium

"<yoastmark

Persia Medium adalah Jenis Kucing Persia yang memiliki hidung agak pesek. Ini adalah jenis yang sangat populer di Indonesia. Harganya pun tidak terlalu mahal dan sering pula dilelang atau ditawarkan dalam forum-forum adopsi kucing.

Warna bulu Jenis Kucing Persia Medium beragam, mulai dari putih, coklat bahkan abu-abu. Sekilas, wajahnya sangat mirip dengan kucing lokal Indonesia. Hanya saja buntutnya lebih panjang dan lebat bulunya. Tidak seperti Persia Himalaya yang wajahnya juga penuh bulu lebat, kalau Persmed ini wajahnya pendek bulu. Tapi terkadang dijumpai Persia Medium yang seolah-olah punya brewok karena bulu lehernya sangat lebat.

Rata-rata jenis Kucing Persia Medium ini memiliki badan yang tidak terlalu gemuk. Kecuali kalau mendapatkan perawatan tepat, badannya bisa sangat bulat. Bagi para pecinta kucing lucu, Persmed sering dianggap kurang menarik karena penampakannya yang sangat biasa, medium alias menengah saja. Persmed boleh saja ikut kontes, namun kemungkinan besar kalah saing dengan jenis Persia lain yang lebih lebat-lebat dan lucu bulunya.

3. Kucing Persia Flatnose (Hidung Datar)

Kucing Persia Flatnose, Jenis Kucing Persia, Kontes Kucing Persia, Perawatan Kucing Persia

Kucing Persia Flatnose, Jenis Kucing Persia, Kontes Kucing Persia, Perawatan Kucing Persia

Persia Flatnose adalah Jenis Kucing Persia yang memiliki wajah dan hidung sangat datar. Nampak sekali hidungnya pesek, rata dengan dahi dan dagu. Warna bulunya bermacam-macam sebagaimana kucing lokal. Perawakannya tidak terlalu besar dan kadang-kadang sorot wajahnya begitu jutek dan menyebalkan. Tapi malah inilah sisi lucunya.

Jenis Kucing Persia Flatnose ini memiliki bulu-bulu yang sangat halus. Merata di sekujur tubuhnya dan cenderung sama panjang. Telinganya berbentuk segitiga warna pink. Mulutnya begitu kecil dan ada kumisnya yang agak panjang. Kucing Flatnose ini harganya pun cukup mahal, di atas Persia Medium. Tapi karena bentuk tubuhnya yang terkesan kecil, kadang orang jadi kurang suka memeliharanya. Karena kadang ada orang yang ingin pelihara kucing, berasa pelihara macan karena ukurannya yang besar.

Meski begitu, kalau dipelihara dengan baik, sudahlah pasti jenis Kucing Persia Flatnose ini akan mengalami kenaikan bobot tubuh secara signifikan. Jangan lupa buat vaksin dan mengontro selalu kebersihannya. Apalagi kalau ingin diikutkan ke dalam kontes kucing.

4. Kucing Persia Peaknose (Hidung Pesek)

Kucing Persia Peaknose, Jenis Kucing Persia, Kontes Kucing Persia, Perawatan Kucing Persia

Kucing Persia Peaknose, Jenis Kucing Persia, Kontes Kucing Persia, Perawatan Kucing Persia

Ini adalah Jenis Kucing Persia yang berhidung paling pesek. Namanya saja Persia Peaknose. Bentuk dagu dan mulutnya sangat kecil. Hidungnya pesek dan wajahnya agak cekung. Tapi dahinya jadi nampak jenong. Bulunya agak lebat dan badannya bisa juga gempal kalau memang umurnya sudah banyak.

Jenis Kucing Persia Peaknose ini rupanya paling sering diikutkan dalam kontes kucing. Biasanya mereka juga menang. Banyak orang bilang Persia Peaknose ini memiliki seribu ekspresi wajah. Kadang nampak judes, kadang sayu depresi, dan kadang-kadang datar sekali seperti sedang bete dan malas.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kucing

Advertisements

Lihat Juga

Advertisements

Pencarian Populer

To Top